Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Melacak HP Smartphone Android Samsung, iPhone, Windows Phone yang Hilang Untuk Awam Lengkap

Kehilangan sebuah ponsel baik itu handphone Android seperti Samsung, Asus, Oppo, maupun hendphone iOS seperti iPhone dan Windows Phone bagi sebagian orang awam adalah kejadian yang sangat menjengkelkan.

Cara Melacak HP Smartphone Android Samsung, iPhone, Windows Phone yang Hilang Untuk Awam Lengkap


Selain akan mengeluarkan uang extra karena harus membeli HP Smartphone baru, juga harus menerima kenyataan kehilangan data-data dan kontak-kontak penting lainnya.

Melacak Smartphone Android, iOS ataupun Windows Phone yang hilang atau pun untuk melacak kebaradaan anak-anak kita, yang mencemaskan kita karena mereka belum juga pulang dari sekolah, semua dapat kita lakukan berkat teknologi GPS yang telah tertanam di HP Smartphone (Android, iOS, Windows Phone) sekarang ini.

Bahkan juga bisa kita gunakan sebagai cara untuk melacak dan mengetahui keberadaan dari pasangan kita.  Kasarnya memata-matai pasangan kita. 

Semua bisa kita lacak dengan sangat akurat. Namun cara melacak nya berbeda-beda tergantung Merk HP Smarphone kamu (Samsung, Oppo, Sony, Asus, dll), Sistem Operasi (Android, iOS, Windows), juga tentu saja tergantung HP siapa yang mau kamu lacak, milik kamu sendiri atau milik orang lain.

Untuk HP Smartphone Android berbagai merk, dapat kamu lacak dengan Akun Google kamu. Terutama bagi kamu yang memiliki HP ASUS, bisa kamu lacak dengan akun Google, maklumlah HP Smartphone ASUS sudah jadi HP satu juta umat, mengalahkan produk Samsung.

Selain Asus dan Samsung merk yang sangat terkenal di Indonesia adalah OPPO dan kamu bisa melacak HP Smartphone OPPO dengan Nearme Find Phone.

Cara-cara melacak HP Samsung seperti series J, Samsung A Series, Samsung Note Series, dan sebagainya, selain untuk melacak HP Samsung yang hilang, juga bisa digunakan untuk me-reset atau mengatur ulang password (Kata Sandi), Pola Pattern, yang telah kamu buat dan kamu lupa password dan Pola Pattern nya.

Selain cara melacak HP android merk Samsung yang hilang, juga untuk melacak HP Smartphone Android, berbagai merk, iPhone, dan Windows Phone.

Berikut cara melacak HP Smartphone Android Samsung, Sony, Oppo, Asus yang hilang. HP Smartphone iOs iPhone, HP Smartphone Windows Phone, yang hilang. Baik kepunyaan diri sendiri ataupun milik orang lain untuk awam, untuk selanjutnya dapat kamu baca dan pelajari bagaimana cara menemukannya.

Cara Melacak HP Smartphone Android yang Hilang

Melacak HP yang hilang dengan menggunakan Android Device Manager ini bisa digunakan untuk semua merk HP Android, baik itu Samsung, Asus, OPPO, Sony dan sebagainya.

1. Gunakan dan Buka Android Device Manager. 

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Android Device Manager merupakan alat yang dapat kamu gunakan untuk melacak perangkat Android yang hilang atau dicuri, dan aplikasi ini ada disemua HP Smartphone Android berbagai merk. 

Kamu dapat mengunduh aplikasi Android Device Manager ke perangkat Android yang lain, atau kamu dapat mengaksesnya dengan browsing di laptop atau komputer.

2. Log In dengan Akun Google mu. 

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Kamu harus log in atau masuk ke Android Device Manager, dengan akun Google mu yang kamu gunakan di HP Smartphone Android mu yang hilang atau yang ingin kamu lacak. 

3. Temukan Perangkat Mu. 

Cara Melacak HP Android yang Hilang

Android Device Manager akan mencari HP Smartphone kamu, berdasarkan dari lokasi terakhir dari aktifnya HP Smartphone dan GPS kamu yang diketahui, dan akan ditampilkan di Maps. 

Lebih rinci nya HP Smartphone Android kamu akan ditampilkan dalam jendela kecil di pojok kiri atas.

4. Tentukan Pilihan Mu. 

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang
Jika sudah tampil, kamu bisa melakukan :
  1. Ring - Atau berbunyi. Hal ini dapat kamu lakukan jika HP Smartphone Android mu hilangnya tidak jauh dari lokasi kamu, atau dengan kata lain kamu lupa terselip dimana HP Smartphone Android mu.
  2. Lock - Atau Kunci. Maksudnya, kamu memasukkan kode penguncian baru di HP Smartphone Android mu sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain. Kamu juga dapat menyisipkan pesan yang akan muncul di layar pengunciannya.
  3. Erase - Atau Hapus. Maksudnya, kamu akan menghapus data yang ada di HP Smartphone Android mu yang hilang, dengan maksud sebagai safety atau berjaga-jaga jika memang HP Smartphone Android mu benar-benar dicuri atau hilang. 

Hati-hati dalam memilih opsi ini karena data yang dihapus tidak dapat di restore atau dikembalikan lagi.

Cara Melacak iPhone yang Hilang

1. Buka Situs iCloud. 

Cara Melacak HP iPhone yang hilang
Melacak iPhone atau iPad yang hilang melalui browsing di website/ situs iCluod dapat kamu lakukan jika kamu telah menggunakan iPhone atau iPad dan memiliki ID Apple. 

Sebagaimana HP Smartphone lainnya, pelacakan lokasi atau GPS haruslah aktif, agar opsi-opsi untuk mengatasi HP Smartphone yang hilang dapat dilakukan. 

Namun secara default pelacakan lokasi di iPhone atau iPad sudah aktif pada semua perangkat yang telah memiliki ID Apple.

- Kamu harus login dengan memasukkan ID Apple dan kata sandi agar bisa masuk ke situs iCloud.

2. Buka Find My iPhone. 

Cara Melacak HP iPhone yang hilang
Find My iPhone, berada di halaman utama situs iCloud. Selain melalui perambatan web, kamu juga bisa mendownload aplikasi Find My iPhone di iPhone atau iPad milik orang lain atau teman mu.

3. Pilih iPhone Mu. 

Cara Melacak HP iPhone yang hilang
Di bagian atas halaman Find My iPhone, ada link tautan "All Devices". 

Klik tautan ini untuk memilih HP Smartphone iPhone yang ingin kamu lacak. Lokasi dari HP Smartphone iPhone mu akan ditampilkan di Maps di mana posisi terakhir nya.

Jika perangkat dimatikan atau kehabisan baterai, lokasi terakhir ketika perangkat tersebut login akan ditampilkan.

4. Tentukan Pilihan Mu. 

Cara Melacak HP iPhone yang hilang
Klik titik yang mewakili perangkat kamu di peta, lalu klik tombol "I" yang muncul. 

Di pojok kanan atas peta akan muncul sebuah jendela yang menampilkan beberapa opsi yang dapat kamu pilih:
  1. Play Sound - Berbunyi. Fungsinya sama dengan "Ring" di HP Smartphone Android, iPhone mu akan berbunyi sehingga kamu bisa melacaknya jika HP Smartphone iPhone tersebut berada di dekat Anda.
  2. Lost Mode - Mode Hilang. Kamu bisa mengunci iPhone mu dan menampilkan nomor telepon kamu yang dapat dihubungi.
  3. Erase iPhone - Hapus iPhone. Fungsinya sama dengan "Erase" HP Smartphone Android, jika iPhone tersebut dicuri atau kamu anggap telah hilang untuk selamanya, kamu bisa menghapus semua isinya dari jarak jauh. 

Ini dilakukan supaya data sensitif tidak jatuh ke tangan yang keliru. Hati-hati jika memilih opsi ini karena data yang dihapus tidak dapat dikembalikan lagi.

Cara Melacak Windows Phone yang Hilang

1. Kunjungi Situs Windows Phone.

Cara Melacak HP Windows Phone yang hilang
Kamu bisa melacak HP Smartphone Windows Phone mu melalui situs Windows Phone jika kamu memiliki Windows Phone dengan Akun Microsoft yang terkait.

2. Pilih Menu My Phone. 

Cara Melacak HP Windows Phone yang hilang
Menu ini berada di pojok kanan atas halaman. Pilih "Find My Phone", lalu kamu akan diminta untuk masuk dengan akun Microsoft. 

Kamu harus masuk dengan akun yang sama dengan akun yang terkait pada HP Smartphone Windows Phones kamu.

3. Pilih Apa yang Ingin Dilakukan Terhadap Windows Phone Mu yang Hilang. 

Cara Melacak HP Windows Phone yang hilang

Jika lokasi HP Smartphone Windows Phone telah ditemukan, petanya akan menunjukkan tempatnya dan perincian ponsel akan ditampilkan di bagian atas peta. 

Kamu dapat memilih beberapa opsi yang disediakan:
  1. Print - Opsi ini akan mencetak peta yang menampilkan lokasi terakhir Windows Phones yang diketahui.
  2. Ring - Ini akan membuat Windows Phone mu berdering sehingga kamu bisa menemukannya dengan mudah jika perangkat tersebut berada di dekat mu.
  3. Lock - Ini akan memasukkan kode penguncian baru di Windows Phone mu sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain. Kamu juga dapat menyertakan pesan yang akan muncul di layar pengunciannya.
  4. Erase - Ini akan menghapus data yang ada di Windows Phone mu untuk berjaga-jaga jika Windows Phone tersebut benar-benar dicuri atau hilang. 
Hati-hati jika memilih opsi ini karena data yang dihapus tidak bisa dikembalikan lagi.

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

1. Tambahkan akun Samsung ke HP Smartphone Kamu.

Cara Melacak HP Samsung yang hilang
Agar dapat menggunakan layanan Find My Mobile dari Samsung, kamu harus mengaitkan akun Samsung mu dengan HP Samsung mu yang hilang. 

Untuk melakukannya, masuk ke Settings, pilih "Accounts and sync",  pilih "Add account", kemudian pilih "Samsung account". 

Kamu akan diminta untuk memasukkan informasi log in Samsung atau kamu bisa membuat akun baru.

2. Aktifkan Remote Controls. 

Cara Melacak HP Samsung yang hilang

Untuk menggunakan layanan "Find My Mobile" Samgsung, opsi ini haruslah diaktifkan. 

Default nya, opsi ini sudah aktif ketika kamu mendaftarkan akun Samsung di HP Smartphone Samsung. 

Kamu bisa memeriksanya untuk memastikan apakah opsi ini telah diaktifkan atau belum dengan membuka menu Settings, pilih "Location and security",  kemudian mencentang kotak "Remote controls".

3. Masuk ke Situs "Find My Mobile" SAMSUNG. 

Cara Melacak HP Samsung yang hilang
Bisa kamu akses melalui situs resmi Samsung. 

Kamu akan diminta untuk masuk dengan akun Samsung, dan selalu pastikan bahwa akun yang selalu ingin kamu lacak adalah akun yang dikaitkan dengan HP Smartphone yang hilang tadi.

4. Temukan Ponsel Kamu. 

Cara Melacak HP Samsung yang hilang
Klik tombol "Locate my device" di menu sebelah kiri. Sebuah peta akan muncul yang menunjukkan lokasi terakhir ponsel yang diketahui.

5. Tentukan Pilihan Mu. 

Cara Melacak HP Samsung yang hilang
Gunakan menu di sebelah kiri untuk memilih beberapa tindakan yang bisa dilakukan terhadap HP Smatphone Samsung yang hilang:
  1. Lock my mobile - Ini bisa kamu gunakan untuk memasukkan kode baru untuk mengunci HP Samsung tersebut. Kamu juga bisa menampilkan pesan dan nomor telepon yang dapat dihubungi oleh orang yang menemukan HP Samsung tersebut.
  2. Ring my mobile - Ini membuat HP Samsung kamu berdering sehingga kamu bisa menemukannya dengan mudah bila perangkat tersebut hilang di dekat mu.
  3. Call logs - Dengan opsi ini, kamu bisa memeriksa semua panggilan yang dilakukan baru-baru ini. Kamu akan mengetahui bila ponsel tersebut telah digunakan orang lain tanpa izin.
  4. Wipe my device - Ini akan menghapus semua data yang ada di HP Smartphone Samsung kamu jika HP Samsung tersebut benar-benar dicuri atau hilang. Hati-hati jika memilih opsi ini karena data yang dihapus tidak bisa dikembalikan lagi. 

Kamu bisa memilih untuk menghapus penyimpanan medianya saja, atau menghapus seluruh isi ponsel dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik.

Cara Melacak HP Smartphone Orang Lain

1. Pasang Aplikasi Pelacak di HP Smartphone. 

Cara Melacak HP Orang Lain

Install Aplikasi Pelacak Pihak Ketiga di HP Smartphone yang ingin kamu lacak. Banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk melacak perangkat yang telah terpasang program pelacak. 

Setiap HP Smartphone yang ingin dilacak harus memasang aplikasi tersebut. 

Berikut Aplikasi-aplikasi yang paling awam dan populer,  di antaranya: 
  • GPS Tracking Pro (Android) 
  • GPS TRACKER (iOS).

Aplikasi Pelacak Pihak Ketiga ada yang setelah di Install bisa kita sembunyikan di HP Smartphone target, sehingga orang yang memiliki HP Smartphone tadi tidak menyadarinya. 

Misalnya : "GPS Tracker Hidden" untuk Android. 

Sedangkan di iPhone, untuk menginstall Aplikasi GPS Tracker yang tersembunyi ini, Kamu harus melakukan "jailbreak" terlebih dahulu pada iPhone yang ingin kamu lacak.

Kamu TIDAK AKAN BISA melacak sebuah HP Smartphone, kecuali HP Smartphone tersebut telah dipasangi aplikasi pelacak tadi, atau Kamu telah diizinkan oleh pemiliknya untuk melacak ponsel tersebut.

Berhati-hatilah, melacak HP Smartphone tanpa izin adalah merupakan suatu tindak pidana, dan diancam dengan pidana penjara atau kurungan.

2. Daftar di Penyedia Layanan Jaringan Seluler untuk Melacak HP Smartphone Anggota Keluarga Mu. 

Bila kamu telah memiliki paket layanan keluarga di penyedia layanan jaringan seluler, mungkin kamu bisa mengaktifkan fitur pelacakan di paket layanan tersebut. 

Ini sangat berguna jika ponsel anak-anak Kamu juga menggunakan paket layanan tersebut dan kamu ingin mengawasi mereka.

Salah satu penyedia layanan seluler yang menawarkan paket lokasi keluarga adalah XL dengan tarif Rp16.500/ 30 hari atau Rp1.000/ hari

3. Mintalah Keluarga atau Teman-teman Mu untuk Bergabung ke Jejaring Sosial yang Sama. 

Ada beberapa aplikasi pelacak yang bisa kamu gunakan untuk berbagi lokasi kamu dengan pengguna lain di jejaring sosial tersebut. 

Ini sangat cocok untuk keluarga yang memiliki banyak HP Smartphone supaya dapat saling mengawasi. 

Setiap anggota keluarga atau teman harus mendaftar di layanan tersebut dan setuju untuk berbagi lokasi. 

Beberapa program yang awam terdengar dan populer di antaranya:
Cara Melacak HP Orang Lain
  1. Find My Friends
  2. Live360
  3. Cozi
  4. Google+
  5. Glympse
Demikianlah, cara melacak HP Smartphone Android, iPhone, Windows Phone, Samsung dan HP Smartphone yang hilang untuk awam. Terimakasih, selamat mencoba.


TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Cara Melacak HP Smartphone Android Samsung, iPhone, Windows Phone yang Hilang Untuk Awam Lengkap"