Ingin Merintis Bisnis Startup? Cek Bakat Mu Disini

Ingin Merintis Bisnis Startup? Cek Bakat Mu Disini

Sering dilihat:

Startup? Istilah ini sering kali kita dengar, namun masih banyak yang belum mengetahui apa itu Startup. 

Merintis Bisnis Startup


Kata Startup merupakan serapan dari Bahasa Inggris yang berarti Perusahaan Rintisan (menurut wikipedia, yang ejaan lainnya yakni start-up) yang merujuk pada semua perusahaan atau bisnis yang belum lama beroperasi. 

Usaha bisnis ini biasanya sebagian besar adalah perusahaan yang baru didirikan dan masih berada dalam fase atau tingkat pengembangan dan penelitian untuk menemukan dan menentukan pangsa pasar yang tepat bagi usaha bisnisnya. 

Istilah startup sendiri menjadi populer secara global pada masa gelembung dot-com, yang mana pada periode ini banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.

Baca: Persiapkan Diri Anda, Lowongan CPNS Diumumkan Bulan Maret 2018

Jadi bisa dikatakan Bisnis Startup adalah perusahaan rintisan generasi Y atau Generasi Milenial, yang saat ini lebih banyak digunakan orang dengan istilah Kids Zaman Now. 
Ingin Merintis Bisnis Startup? Cek Bakat Mu Disini


Ingin Merintis Bisnis Startup? Cek Bakat Mu Disini


Anda seorang generasi Y? Generasi Milenial? dan berencana untuk membangun Perusahaan Rintisan atau Bisnis Startup? Sudah paham apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dipersiapkan? 

Membangun sebuah usaha, tidak selalu tentang modal materi saja, malah terkadang tidak harus ada modal materi. Ah yang bener? Serius!!.. yang harus anda miliki sebagai kalangan generasi milenial selain modal materi, juga harus memiliki banyak hal lainnya. Seperti: 
  1. relasi, 
  2. strategi, 
  3. perencanaan, dan 
  4. lain sebagainya. 

Akan tetapi, faktor terpenting yang wajib anda miliki dari semua faktor-faktor pendukung lainnya adalah "ANDA SENDIRI".

Iya, anda tidak salah, faktor terpenting dalam membangun suatu perusahaan rintisan/ bisnis startup adalah diri anda sendiri. Jadi, sebelum anda memulai untuk merintis sebuah perusahaan bisnis startup, sebaiknya anda menggali potensi diri anda sendiri, dan kenali apa yang anda miliki dari diri anda sendiri. 

Nah, untuk itu, kenali 7 Potensi diri ini, apakah anda memilikinya, dan jika jawabannya adala "IYA" maka bisa dipastikan anda memiliki bakat untuk membangun sebuah usaha rintisan atau bisnis startup. Apa saja itu? 

1. Jeli Melihat dan Menangkap Peluang

Seorang pebisnis sejati apalagi dia merupakan seorang pebisnis dari generasi milenial harus mampu melihat sebuah peluang. Harus mampu melihat dari sudut pandang yang berbeda dari orang kebanyakan, yakni memiliki sudut pandang yang luas dan jauh kedepan. Mampu mengukur tingkat kesulitan dan memprediksi masalah-masalah yang akan dihadapi nanti, serta juga mampu dalam mengatasinya, menemukan dan memberikan jalan keluar dari semua permasalahan dan kesulitan yang nanti akan muncul. 

Maka anda jangan heran jika dalam suatu kondisi anda melihat seseorang yang mempunyai cara pandang yang berbeda dari yang lainnya. Misalnya, saat pebisnis zaman old sibuk dengan merancang usaha menyangkut komoditas dan pertambangan, pebisnis zaman now sibuk membuka usaha dengan memberikan peluang untuk mereka yang ingin merintis usaha pertambangan dan komoditas-komoditas lainnya.

2. Sang Pemimpi

Seorang pebisnis yang sukses tidak akan pernah berhenti bermimpi. Mereka selalu memiliki mimpi yang besar, jika mimpi-mimpi besar mereka sebelumnya telah terlaksana atau mungkin telah diraih pebisnis lain, dia akan bermimpi hal yang baru lagi, hal yang jauh berbeda dan lebih besar dari mimpi-mimpi yang sebelumnya. Karena jika mimpi yang dimiliki sebelumnya sudah hampir terwujud, baik oleh dirinya sendiri ataupun oleh pelaku bisnis lainnya, maka dia selalu memiliki ‘mimpi baru’ lagi yang jauh lebih besar lagi dari sebelumnya.

3. Gokil dan Unik

Mereka yang pandai dan jago dalam merintis usaha bisnis startup biasanya selalu berorientasi untuk mencari sesuatu yang unik, lain dari pada yang lain. Sesuatu yang nyeleneh, gokil, unik dan lucu, serta memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan yang lain. 

Karena itu, jangan heran jika pebisnis-pebisnis seperti ini punya ide-ide yang sangat berbeda dengan pebisnis jaman old. Ide yang muncul dari pebisnis handal para perintis usaha bisnis startup ini sering kali dinilai gila, aneh, sekaligus gokil, unik dan lucu atau bisa dikatakan dengan ‘nyeleneh’. 

Akan tetapi disinilah letak perbedaan dari pebisnis zaman now dengan pebisnis zaman old (zaman dulu). Pelaku bisnis startup ini sering kali menjadi pioner atau pelopor untuk usaha bisnisnya nanti. 

Seperti contohnya: 

Contoh pertama: Startup ojek online oleh GO-Jek, ide dari pelopor bisnis ojek online ini pada awalnya merupakan ide yang dikategorikan "gila", karena pastinya akan banyak menimbulkan pro dan kontra, dan bahkan membuat pemerintah merubah regulasi nya menyangkut tentang angkutan umum.

Contoh kedua: Teh Botol Sosro, pada waktu pertama kali bisnis ini dirintis, banyak orang mengira bahwa usaha ini adalah usaha yang sia-sia, karena masih banyak yang berpendapat bahwa untuk menikmati teh haruslah dalam keadaan hangat dan panas, bukan dingin seperti yang diusahakan oleh Teh Botol Sosro ini. Namun, karena perbedaan dan keunikannya inilah, teh botol sosro menjadi pelopor dan pioner untuk bisnis minuman teh ini, yang kemudian diikuti oleh perusahaan-perusahaan bisnis yang telah lama dan besar lainnya, seperti coca-cola dengan freshtea nya, dan lain sebagainya.

4. Creative Lover

Creative lover bisa dikatakan hampir sama atau masih ada kaitannya dengan perilaku yang ‘gokil dan unik’ diatas. Pebisnis sejati sangat menyukai kreatifitas, dan akan selalu memberikan penghargaan yang tinggi terhadap sebuah bentuk kreativitas. Baik itu yang muncul dari dirinya sendiri, lingkungan sekitarnya atau mungkin dari rekan-rekan bisnisnya dan karyawan-karyawannya. 

Karena pebisnis sejati beranggapan bahwa, modal utama dalam membangun sebuah perusahaan rintisan di zaman now ini adalah kreatifitas yang tak terbatas.

5. Selalu Kurang

Pebisnis sejati adalah seorang "Fighter" - Pejuang. Mereka tidak mudah berpuas diri, bahkan terkadang, mereka menyukai tantangan, cemoohan, kecaman sekaligus pujian baik dari lingkungan sekitarnya ataupun dari pelaku usaha lainnya. 

Pelaku perintis usaha atau startup tidak pernah merasa berpuas diri, selalu merasa kurang, menilai banyak yang salah, banyak yang kurang, dan lain sebagainya. Dan oleh sebab faktor inilah yang membuat para pebisnis rintisan sejati tidak pernah bisa puas diri sehingga mereka terus memperbaiki diri untuk menjadi yang terbaik. Mereka menyukai tantangan dan tak ingin semuanya berjalan statis.

6. Bermental Baja dan Tahan Banting

Semakin banyak masalah yang muncul dan yang mereka hadapi, akan membuat pebisnis startup sejati teruji dan tahan banting. Dari permasalahan itu akan membuat mereka terus mencari celah untuk memperbaiki diri dan sebagai jalan keluar. Mereka bermental baja dalam segala situasi, karena membangun bisnis startup harus kuat akan hal ini. 

Dan di saat terjatuh pun mereka akan mampu bangkit untuk lebih baik lagi. Karena mereka selalu beranggapan bahwa kegagalan adalah sebuah sukses yang tertunda.

7. Motivator Agresif

Pebisnis handal harus bisa menjadi motivator atau penggerak bagi tim dan lingkungannya agar bisa terus maju. Maka tak heran jika anda pernah melihat seorang pelaku usaha yang terkesan ‘berlari’ sendiri. 

Jadi kalau anda ingin membangun sebuah perusahaan rintisan atau bisnis startup, anda harus mampu menjadi seorang motivator, menjadi sebuah penggerak untuk terus maju. Menjadi nahkoda bagi perusahaan rintisan anda, dalam mengarahkan ide-ide kreatif yang anda miliki atau yang tim anda miliki, agar bisnis startup anda bisa selangkah lebih maju dibanding yang lainnya.

Baca: Mengapa Profesi PNS Selalu Jadi Primadona? Ternyata Ini Sebabnya!

So, apakah anda termasuk dalam ketujuh karakteristik tersebut? Jika iya, tangkap peluang yang anda lihat, teruslah bermimpi, cintai lingkungan sekitar anda, jangan pernah anda merasa berpuas diri atas mimpi-mimpi anda yang telah tercapai, jika gagal, bangkitlah tempa mental anda atas kegagalan anda, jadikan motivasi bagi tim anda untuk meraih sukses dan selangkah lebih maju. Bangkit, mulakan Perusahaan Rintisan/ Bisnis Startup Anda. Jika ada hal lain yang ingin anda tambahkan, silahkan masukkan kedalam kolom komentar kami!
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar