Cara Merawat Mobil Berwarna Cerah Agar Tetap Kinclong

Cara Merawat Mobil Berwarna Cerah Agar Tetap Kinclong

Sering dilihat:

Merawat mobil tidak selalu tentang mesin dan performanya saja, namun juga tentang penampilannya.
cara merawat mobil berwarna cerah agar tetap kinclong

Semua pemilik mobil pasti ingin memiliki mobil yang selalu tampil kinclong dan menawan, apalagi untuk mobil-mobil yang berwarna cerah seperti merah, kuning, orange, putih, dan sebagainya.

Cara Merawat Mobil Berwarna Cerah Agar Tetap Kinclong


Mobil yang bercat cerah memerlukan perawatan ekstra dan khusus, apalagi jika sang pemilik menginginkan mobilnya selalu tampil mewah dan menawan.

Mobil yang bercat dan berwarna terang, awalnya memang terlihat indah dan elegan, namun jika tidak diiringi dengan perawatan yang benar, maka akan menjadi bumerang bagi pemiliknya.

Apabila sang pemilik mobil berwarna cerah tadi tidak pandai merawat cat mobilnya tersebut.

Indonesia terkenal dengan sebagai negara tropis. Negara yang hanya memiliki dua musim, yakni musim hujan dan musim panas.

Panas dan hujan adalah sebuah perpaduan alam yang dapat dengan sangat cepat membuat mobil bercat cerah menjadi terlihat suram dan kusam.

Teriknya sinar matahari akan membuat mobil bercat cerah terlihat bersinar terang, mengkilat dan mewah ketika pertama kali keluar dari showroom mobil.

Lihat: Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) beserta Dendanya

Namun, dengan berjalannya waktu, terik sinar matahari dapat membuat mobil bercat cerah tadi cepat terlihat kusam, jika tidak diikuti dengan perawatan yang ekstra.

Apalagi jika menghadapi hujan panas, yang memang sering terjadi di daerah tropis seperti negara kita ini.

Begitu juga dengan mereka yang tinggal di daerah perkotaan, selain teriknya matahari, udara yang panas akibat polusi udara, serta debu dan sebagainya tentu tidak bisa dihindari bagi pemilik mobil baik mobil yang bercat cerah maupun gelap.

Bahkan, dimusim penghujan debu yang basah terkena air akan menempel pada body mobil, sehingga hal tersebut bisa membuat cat mobil cepat kusam bahkan bisa juga mengakibatkan keretakan pada cat mobil.

Karena itu, untuk Anda pemilik mobil berwarna cerah seperti bercat merah terang, putih, kuning dan sebagainya, Anda harus memberikan perawatan khusus serta ekstra untuk menjaga kondisi cat dan kebersihan mobil Anda dari serangan-serangan alam tadi.

Sehingga mobil Anda selalu tampil mewah dan elegan.

Berikut 6 cara menjaga cat mobil berwarna cerah agar selalu tampil mewah nan elegan.

1. Hindari parkir mobil dibawah sinar matahari langsung


Kita tinggal di negara tropis, negara yang memiliki dua musim saja, yakni musim hujan dan musim panas.

cara merawat mobil berwarna cerah agar tetap kinclong

Pada saat musim panas, teriknya sinar matahari, serta efek yang ditimbulkannya tidak hanya merugikan makhluk hidup/ manusia saja, namun juga dapat merugikan mobil Anda.

Sinar matahari langsung dapat menyebabkan warna cerah cat mobil Anda akan cepat kusam dan tampak tidak berkilau.

Selain berdampak pada cat mobil Anda, teriknya sinar matahari langsung pada mobil Anda dapat mengakibatkan eksterior dan interior mobil Anda juga berpengaruh.

Seperti karet wiper yang mengeras, yang dapat mengakibatkan goresan pada kaca mobil, atau akan membuat dashboard mobil Anda akan terlihat lebih cepat kusam.

Karena itu, sedapat mungkin hindari memarkirkan mobil Anda dibawah sinar matahari langsung. Jika Anda pergi ke Mall, maka carilah tempat parkir didalam Mall, yang biasanya ada di basement Mall.

Jangan mentang-mentang Anda hanya ingin mampir sebentar di Mall, kemudian Anda mencari tempat parkir yang memudahkan Anda untuk keluarnya, atau mungkin karena Anda ingin menghindari biaya parkir yang mahal.

Jadi hindari itu, lebih baik meluangkan waktu dan mengeluarkan sedikit uang dari pada mengeluarkan banyak uang untuk perbaikannya.

Apalagi pada saat musim penghujan, jangan sampai Anda membiarkan mobil berwarna cerah Anda terkena guyuran air hujan. Negara kita ini adalah negara tropis, panas dan hujan itu bisa datang dalam sekejab.

Bahkan tidak jarang ada hujan disaat sinar matahari sedang terik-teriknya bersinar, yang biasa kita sebut dengan hujan panas.

Membiarkan mobil Anda terguyur hujan yang kemudian kering dengan sendirinya karena angin atau sinar matahari akan membuat mobil Anda yang bercat warna cerah terlihat lebih cepat kusam dan hilang kilauannya.

2. Perhatikan tempat cucian mobil Anda


Jika Anda memilih mencuci mobil dengan berlangganan pada satu tempat cucian mobil, maka pilihlah tempat cucian mobil yang memahami sepenuhnya bagaimana menjaga kecerahan, kilauan warna mobil Anda.

cara merawat mobil berwarna cerah agar tetap kinclong

Jangan memilih tempat cucian yang asal-asalan, yang tidak memperhatikan kecerahan warna mobil serta ketidak pahaman mereka dalam memilih bahan untuk mencuci mobil Anda.

Saya sendiri sering mendapati banyak cucian mobil yang hanya memberikan pelayanan mencuci saja, tanpa memberikan perawatan ekstra pada mobil yang bercat warna cerah.

Misalnya menggunakan sabun atau sampo yang sama yang digunakan pada mobil-mobil bercat gelap, atau tidak memberikan perlindungan ekstra saat selesai mencuci mobil.

Jika Anda lebih memilih untuk mencuci mobil sendiri, maka saat Anda mencuci mobil, hindari mencuci mobil di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Carilah tempat yang teduh, yang tidak terkena sinar matahari langsung pada saat Anda mencuci mobil Anda sendiri.

Karena, warna cat mobil yang cerah, seperti putih, merah, kuning ataupun silver, pada saat disiram air, atau pada saat disabun/ sampo, sinar matahari langsung berpadu dengan warna cat mobil yang cerah, akan menyebabkan air ataupun busa sabun/ sampo akan cepat kering.

Sehingga jika sudah demikian, air, apalagi busa sabun/ sampo yang kering di body mobil akan membuat cat mobil yang berwarna cerah maupun gelap akan cepat kusam.

Mencuci di bawah sinar matahari justru dapat menimbulkan flek dan mempercepat kehancuran warna cerah cat pada mobil Anda karena air yang digunakan untuk membilas mobil biasanya kering sendiri sebelum Anda keringkan.

Atau sabun/ sampo yang Anda aplikasikan pada seluruh bagian eksterior mobil saat mencuci, akan cepat kering sebelum Anda sempat untuk membilasnya.

3. Bersihkan dan bilas mobil Anda pada waktu-waktu tertentu


Sekali lagi, yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa Anda tinggal dinegara tropis, yang memiliki musim hujan dan musim panas.

cara merawat mobil berwarna cerah agar tetap kinclong

Jika pada musim panas, mobil Anda rentan terhadap teriknya sinar matahari langsung dan debu serta kotoran lainnya.

Dan pada saat musim hujan, mobil bercat cerah Anda rentan terhadap lumpur, dan air hujan yang kering dengan sendirinya tanpa Anda bersihkan, yang biasanya dapat menyebabkan keretakan pada cat mobil.

Karena itu, ketika Anda menggunakan mobil Anda dan Anda tidak dapat menghindari genangan air, lumpur atau kotoran burung sekalipun, maka setelah Anda tiba dirumah atau tempat tujuan Anda, segeralah untuk membilas dan mengeringkan mobil Anda.

Karena, jika tidak langsung dibilas, bekas air hujan, lumpur dan kotoran lainnya bisa membuat kondisi mobil terlihat semakin kotor bahkan bisa menjadi noda yang susah dihilangkan.

Sebab, air hujan dan kotoran burung mengandung zat asam, yang akibatnya akan membuat warna cat mobil Anda akan cepat memudar. 

Untuk menanganinya, segeralah bilas dengan menggunakan air bersih setelah mobil Anda kehujanan atau terkena kotoran lainnya.

Jika kotoran sudah terlanjur mengering, bilas dengan air dan sikat dengan kain lembut secara perlahan agar tidak meninggalkan bekas.

4. Gunakan sabun atau shampo mobil yang berkualitas


Seperti pada tips ke 2 kami diatas, ketika Anda memilih mencuci mobil ditempat cucian mobil, maka carilah tempat cucian mobil yang benar-benar memahami bagaimana mereka memilih bahan (sabun/ sampo) untuk mencuci mobil Anda.

cara merawat mobil berwarna cerah agar tetap kinclong

Karena tempat cucian yang benar-benar memperhatikan konsumennya, maka mereka akan memilih sabun dan/ atau sampo mobil yang berkualitas, yang biasanya mengandung pH yang seimbang, serta pastinya tidak mengandung deterjen.

Sehingga dengan demikian, kilauan warna cerah cat mobil Anda akan tetap terjaga dan tahan lama.

Sabun atau shampo yang dikhususkan untuk mobil biasanya tidak akan meninggalkan bercak putih yang biasa kita temukan pada sabun atau shampo yang mengandung deterjen, ketika kering sebelum sebelum dibilas.

Memang untuk harga, biasanya sabun atau shampo khusus mobil ini terbilang cukup mahal, namun walaupun harganya lebih tinggi dari sabun atau shampo mobil biasa, menggunakan sampo yang tepat sangat dianjurkan mengingat mobil bercat warna cerah lebih rawan memudar.

5. Perhatikan cara Anda mencuci mobil


Jika Anda lebih memilih mencuci mobil sendiri, selain memperhatikan shampo yang digunakan, cara serta teknik mencuci mobil juga harus Anda pahami.

cara merawat mobil berwarna cerah agar tetap kinclong

Perhatikan rentang waktu ketika Anda mengaplikasikan shampo mobil dengan waktu saat Anda membilasnya.

Karena, jika Anda terlalu lama membilas mobil yang telah Anda aplikasikan dengan shampo mobil, dapat mengakibatkan ada bagian-bagian tertentu yang berbusa telah terjadi proses pengeringan.

Nah, disinilah mengapa Anda harus mencuci mobil ditempat teduh, yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, agar proses pengeringan tidak cepat terjadi pada bagian-bagian tertentu mobil Anda ketika dicuci dan diaplikasikan dengan shampo mobil.

Untuk menghindari bagian mobil yang telah dishampo dan berbusa cepat mengering, ada baiknya Anda membilas bagian yang sudah Anda aplikasikan dengan shampo, sebelum Anda pindah untuk membersihkan bagian lain mobil Anda.

Tujuannya, tidak lain dan tidak bukan adalah agar tidak ada busa shampo yang tersisa yang menempel serta mengering di bodi mobil Anda, yang dapat mengakibatkan warna cerah cat mobil anda rusak, kusam dan hilang kilauannya.

6. Jangan meletakkan benda-benda yang berbahaya dimobil atau sekitar mobil Anda


Biasanya, untuk menjaga rumah tetap rapi, kita akan menyimpan benda-benda yang jarang atau tidak terpakai didalam garasi mobil kita.

cara merawat mobil berwarna cerah agar tetap kinclong

Contohnya: Tabung gas, oli bekas, perkakas kebun seperti mesin rumput, dan lain sebagainya.

Atau karena kita tidak ingin ribet, sering kali kita menyimpan barang-barang keperluan kita didalam mobil, yang biasanya kita lakukan untuk menghindari lupa atau karena terburu-buru.

Contohnya: korek api gas, parfum, dan lain sebagainya.

Singkat kata, jangan jadikan mobil Anda sebagai lemari berjalan Anda.

Barang-barang seperti tabung gas, mesin rumput (berbahan bakar bensin), korek api gas dan parfum adalah bahan-bahan yang sangat mudah terbakar.

Untuk korek api gas, atau parfum yang disimpan dimobil ini misalnya adalah bahan yang sangat berbahaya untuk disimpan didalam mobil, karena benda-benda ini memiliki titik maksimal panasnya sendiri.

Dan jika telah melewati titik panasnya maka akan meledak dan menyebabkan kebakaran didalam mobil, sehingga tentunya sudah pasti akan merusak interior mobil Anda.

Begitu juga dengan tabung gas dan mesin rumput atau benda apapun yang sangat mudah terbakar, jangan simpan didalam garasi mobil Anda.

Oli misalnya, ini sangat mudah tercecer, dan menempel didinding, ataupun pada bodi mobil Anda. Dan jika sudah demikian, maka sudah barang tentu kilauan cerah cat mobil Anda akan mudah kusam.

Apalagi bahan-bahan yang mudah terbakar tadi, akibatnya tidak hanya mobil Anda yang terbakar, rumah Andapun bisa hangus seketika.

Jadi, janganlah meninggalkan benda-benda berbahaya baik didalam mobil maupun disekitar mobil Anda. Apalagi bahan yang mudah terbakar, seperti tabung gas, perkakas kebun, korek gas, parfum dan sebagainya.

Menjaga dan Merawat Mobil dengan Baik


Ketika Anda memutuskan untuk memiliki kendaraan roda empat (mobil), maka sudah menjadi tanggung jawab dan kewajiban Anda untuk selalu menjaga dan merawatnya.

Untuk menghindari adanya kerusakan baik pada mesin maupun pada cat mobil Anda.

Membeli dan memiliki sebuah mobil tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit, karena itu ingatlah selalu akan hal ini, ketika Anda merasa malas untuk merawat mobil Anda.

Anda mengeluarkan sejumlah uang yang besar untuk memiliki sebuah mobil, jangan sampai uang yang telah Anda keluarkan tadi tidak memberikan kesan dan manfaat yang mendalam akibat dari cepatnya mobil Anda mengalami kerusakan dan cepat memiliki penampilan yang buruk.

Untuk merawat dan menjaga kondisi warna cerah mobil Anda, kami telah memberikan 6 tipsnya, dan semoga bermanfaat untuk Anda. Terimakasih!
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar