Cara Menjawab Soal Psikotes Gambar Beserta Tips dan Penjelasannya

Cara Menjawab Soal Psikotes Gambar Beserta Tips dan Penjelasannya

Sampailah kita pada pembahasan soal psikotes gambar.

Sebelumnya, kami telah memberikan soal soal psikotes mulai dari psikotes tes kemampuan numerik, psikotes tes kemampuan verbal yang termasuk dalam kategori Tes Potensi Akademik (TPA).

Soal Psikotes Gambar

soal psikotes gambar

Tahap ujian psikotes ini biasanya dilakukan untuk menentukan posisi tertentu dari seseorang. Baik itu untuk lulus ditempat kuliah yang diinginkan maupun juga untuk lulus diterima sebagai karyawan disebuah perusahaan.

Bahkan juga merupakan sebuah tahap ujian bagi seseorang yang ingin mengejar suatu jabatan serta sebagai ujian yang dilakukan sebuah perusahaan untuk meningkatkan atau menaikkan gaji karyawannya.

Jika pada psikotes potensi akademis Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal, kita belajar menjawab soal sesuai yang diujikan.

Dan biasanya, cara menjawab serta pembahasannya pun seperti pelajaran-pelajaran pengetahuan umum biasanya.

Namun kali ini kita akan membahas masalah Psikotes gambar. Salah satu tes psikotes yang banyak dikeluhkan oleh para peserta tes.

Bahkan ada yang bingung, stress dengan ujian Psikotes Gambar ini.

Padahal ujiannya hanyalah meneruskan gambar yang ada, atau disuruh menggambar sebuah bentuk, benda, dan orang.

Sebenarnya tes psikotes menggambar ini tidaklah susah, tes ini dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta tes dalam hal ketelitian, bakat, minat dan cara berpikir peserta.

Biasanya. durasi tes ini memakan waktu yang lama cukup lama, sehingga dapat dipastikan akan menguji fisik dan mental Anda. 

Karena itu untuk anda yang akan menghadapi tes Psikologi atau tes psikotes lakukanlah persiapan fisik dengan beristirahatlah yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang sehat. 

Menjaga kesehatan dengan olahraga teratur, tidur teratur serta pada hari H ujian psikotes sempatkan untuk sarapan terlebih dahulu.

Sedangkan untuk persiapan penguasaan materinya, lakukanlah dengan banyak berlatih soal soal psikotes yang sering kali keluar dan diujikan.

Anda bisa belajar dan mencoba tips menjawab soal soal psikotes dari kami di kategori Psikotes Awambicara ini.

Tips Menjawab Soal Psikotes Gambar dan Penjelasanya


Dan berikut ini kita akan membahas Soal Psikotes Gambar, yang mudah-mudahan akan menambah wawasan Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi Tes Psikotes nanti.

Soal Psikotes Gambar Wartegg


Biasa disebut dengan tes melengkapi gambar ini adalah sebuah Tes psikometri yang paling sering diujikan dalam seleksi karyawan atau tenaga kerja baru dalam perusahaan. 

Tes Wartegg merupakan sebuah tes psikotes yang dibuat oleh Krugger dan Sander dari University of Leipzig, yang selanjutnya dikembangkan oleh Ehrig Wartegg dan Marian Kinget. 

Tujuan dari tess wartegg ini adalah untuk meneliti emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol dan reality function seseorang.

Kali ini awambicara akan memberikan beberapa kiat dan rahasia sukses mengerjakan Tes Wartegg dengan tepat.

Tes wartegg ini terdiri dari 8 kotak yang memiliki pola yang berbeda-beda. Dari mulai titik sampai dengan garis lengkung.

Adapun cara mengerjakannya adalah anda diharuskan untuk menggambar dengan melanjutkan pola-pola yang sudah ada sesuai dengan kreatifitas dan imajinasi anda.

Anda juga akan disuruh memberikan nomor urut pada gambar mana yang terlebih dahulu Anda dikerjakan, serta memilih gambar mana yang tersulit, termudah, paling disukai, dan yang paling tidak disukai disertai dengan alasannya. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan contoh tess wartegg.

soal psikotes gambar wartegg

Penjelasan Psikotes Gambar Wartegg

  • Gambar 1 menunjukkan kemampuan proses adaptasi seseorang terhadap lingkungannya
  • Gambar 2 menunjukkan fleksibilitas perasaan
  • Gambar 3 menunjukkan motivasi atau dorongan hasrat untuk maju
  • Gambar 4 menunjukkan standar bagaimana cara seseorang mengatasi kesulitan dan masalah
  • Gambar 5 menunjukkan bagaimana cara seseorang bertindak dan mengambil keputusan
  • Gambar 6 menunjukkan analisa dan pola pikir
  • Gambar 7 menggambarkan perasaan dan emosi seseorang
  • Gambar 8 menunjukkan bagaimana cara seseorang dalam menjalin sebuah hubungan sosial.

Gambar atau pola yang berbeda-beda dalam delapan kotak tersebut adalah gambar yang belum selesai dan anda diminta untuk:
  • Menyempurnakan Gambar yang belum selesai dibuat tersebut.
  • Biasanya gambar tersebut terdiri dari beberapa gambar masing-masingnya didalam sebuah kotak.
  • Menuliskan Nomor urut dibagian luar kotak gambar sesuai dengan urutan gambar yang belum selesai mana yang anda buat terlebih dahulu, dan harus anda tulis diluar kota gambar, karena jika ditulis didalam kotak gambar maka nomor urut tersebut akan dianggap sebagai bagian dari gambar.
  • Dari beberapa gambar didalam kotak tersebut, yang telah anda selesaikan, anda biasanya akan diminta untuk menunjukkan gambar mana yang anda sukai dan menjelaskannya mengapa anda menyukai gambar itu.
  • Kemudian biasanya anda akan diminta untuk menunjukkan gambar mana yang paling mudah anda selesaikan dan sebaliknya menunjukkan gambar yang mana yang paling sulit untuk anda selesaikan.

Tips mengerjakan Psikotes Gambar Wartegg

  • Boleh menggambar apa saja, karena tidak ada batasan apa yang harus digambar seperti pada tes menggambar pohon, tapi usahakan untuk menggambar sesuatu yang kreatif karena akan menambah penilaian. Boleh dimulai dari simbol mana saja yang menurut anda paling mudah.
  • Ketika menggambar tidak harus urut dari simbol yang pertama (paling kiri atas) , namun yang perlu diingat adalah untuk mencantumkan nomor setelah selesai. Misal , anda memualai dari simbol kotak hitam (pojok kanan atas), maka setelah selesai berilah nomor 1 di luar kotak yang tersedia dan begitu seterusnya. Tapi jika anda seorang laki-laki sebaiknya jangan memulai gambar dari pola lengkung begitu juga sebaliknya karena anda akan dianggap memiliki kepribadian aneh oleh penilai.
  • Menggambarlah dengan goresan tajam dan jelas. Jangan menggambar dengan goresan tipis dan buram karena akan menggambarkan kepribadian yang lemah dan ragu-ragu.
  • Usahakan agar jangan terlalu banyak coretan karena terlalu banyak coretan menggambarkan kurangnya perencanaan.
  • Gambar sesuatu yang jelas orang tahu itu gambar apa ketika melihat. Misal, ketika menggambar pensil maka harus jelas itu gambar pensil dan bukan objek yang lain.
  • Usahakan agar dari 8 gambar yang anda buat, ada paling tidak 1 gambar mahluk hidup seperti tanaman, hewan atau manusia pada simbol dengan bentuk dasar lengkung yaitu pada simbol nomor 2,7 dan 8), namun jika anda seorang muslim sebaiknya menggambar pohon atau bunga saja karena menggambar manusia dan hewan dilarang dalam Islam.
  • Gunakanlah pensil 2B ketika menggambar wartegg test agar lebih terlihat jelas. Gambar yang dibuat tidak harus berkaitan satu sama lain (tidak harus membentuk sebuah cerita), gambarlah sesuai imajinasi dan kreatifitas anda.
  • Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the law‘.
  • Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda.


Soal Psikotes Gambar Pohon


Tes Psikotes Gambar Pohon atau Tes Baum Tree adalah jenis tes psikologi berupa soal psikotes gambar yang meminta para peserta untuk menggambar sebuah pohon dengan kreteria tertentu. 

Adapun tujuan pelaksanaan tes psikologi: Tes Baum Tree ini adalah untuk menilai karakteristik atau kepribadian seseorang melalui gambar, yakni gambar pohon yang dibuat peserta. 

Untuk itu apabila menemukan bentuk tes kepribadian soal psikotes gambar seperti ini, yang harus dilakukan adalah menggambar pohon selengkap dan sedetail mungkin, yakni yang terdiri dari; Akar, batang, ranging, daun, buah, bunga atau bagian lainnya yang anda ketahui dan ada pada sebatang pohon. 

Semakin detail gambar pohon yang dibuat semakin menunjukkan kepribadian anda yang memiliki tingkat kecerdasan, kedewasaan dan kematangan pikiran yang tinggi.

Lebih jelasnya, berikut contoh soal psikotes gambar pohon:

contoh soal psikotes gambar pohon


Tips Mengerjakan Soal Psikotes Gambar Baum Tree Test

  • Gambarlah struktur sebatang pohon secara lengkap, mulai dari akar, batang, ranting, daun, buah, bunga, dan sebagainya.
  • Jangan menggambar pohon kelapa, pohon pisang, padi, jagung, dan pohon lainnya yang tidak bercabang.
  • Gambar secara presisi dan proporsional antara letak gambar dan kertas, serta bawah kertas.
  • Tulis judul pohon atau nama pohon, dibawah gambar pohonnya.
  • Ingat disini anda disuruh membuat gambar pohon, bukan melukis pohon, jadi gambar tidak mesti bagus, yang terpenting adalah sudah mencakup hal-hal diatas, yakni proporsional/ presisi, lengkap dan detail.
  • Gambarlah dalam waktu 15-20 menit, jangan terlalu lama dan jangan pula terlalu cepat.


Soal Psikotes Gambar Orang


Soal Psikotes Gambar Orang atau dikenal dengan Psikotest Draw a Person (DAP) sering juga disebut dengan tes psikologi gambar DAM (Draw a Man) atau tes kepribadian DAM adalah salah satu bentuk tes psikologi yang paling sering dijumpai pada proses assessment psikologi.

Dalam tes psikotes gambar orang ini, peserta tes psikotes, tes kepribadian diharuskan untuk menggambar seseorang yang kemudian mendeskripsikan orang tersebut, seperti usia, jenis kelamin, dan aktifitas orang tersebut.

Tes psikotes gambar orang ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan diri, dan ketahanan kerja calon karyawan.

Tes psikotes gambar orang DAP atau DAM ini diciptakan oleh Goodenough (1921).

Lebih jelas, berikut contoh soal psikotes gambar orang:

soal psikotes gambar orang
image: youtube

Tips Mengerjakan Soal Psikotes Gambar Orang "DAP":

  • Gambarlah orang secara utuh, detil dari ujung kepala sampai ujung kaku termasuk detail wajah seperti mata, hidung, mulut dagu, telinga, dan sebagainya.
  • Mereka yang pernah mengikuti tes psikotes ini, menyarankan agar menggambar orang itu dalam keadaan sedang melakukan suatu aktifitas tertentu, misalnya seorang dokter lengkap dengan pakaian dokter dan stateskopnya, karyawan yang sedang presentasi atau didepan komputer, dan sebagainya.
  • Selain itu, mereka yang telah berhasil melewati tes psikotes ini dan bekerja di perusahaan-perusahaan terkenal dan ternama, menyarankan untuk menggambar seseorang yang sudah kita kenal dengan baik, atau jika bisa menggambar diri sendiri yang sedang dalam kondisi prima ketika beraktifitas.


Soal Psikotes Gambar Rumah, Pohon, Orang


Soal Psikotes Gambar Orang, Pohon, Rumah atau dikenal dengan Tes House Tree Person (HTP) adalah tes dimana anda diminta untuk membuat gambar orang, rumah dan pohon. 

Pada soal psikotes gambar ini anda diminta untuk menggambar sebuah rumah, sebuah pohon dan orang, yang kemudian hasil dari masing masing gambar tersebut dievaluasi dari berbagai aspek untuk menilai karakteristik dan kepribadian anda.

Untuk lebih jelas, berikut ini contoh soal psikotes gambar rumah, pohon dan orang:

soal psikotes gambar rumah pohon orang
image: youtube

Tips mengerjakan tes psikotes gambar orang, pohon dan rumah atau tes kepribadian HTP:

  • Dalam mengerjakan soal tes psikotes menggambar HTP ini gunakan waktu sekitar 10-15 menit. Jangan terlalu cepat dan jangan juga terlalu lama.
  • Proporsionalitas, yakni besar masing-masing bagian rumah dan orang harus seimbang dan wajar.
  • Seluruh bagian-bagian rumah yang pokok harus lengkap, seperti dinding, atap, pintu, jendela, tanah tempat berpijak.
  • Detail. Semakin detail gambar anda, semakin tinggi nilai anda. Semakin cerdas dan matang kedewasaan mental dan pikiran anda, maka gambar andapun semakin kompleks dan detail, tidak sederhana seperti gambar anak kecil.

Dalam menjawab soal psikotes gambar, yang menjadi penilaian dari hasil tes adalah ketelitian, kecermatan dari gambar yang dihasilkan, bukan dari indah dan tidaknya gambar tersebut.

Demikianlah cara menjawab soal psikotes gambar yang disertai dengan tips dan penjelasannya.
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar