Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata Menpan RB: Penerimaan CPNS 2021 Dilaksanakan Mulai April-Mei

Informasi terbaru tentang pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil - CPNS TA 2021 akan dimulai pada bulan April-Mei 2021.

penerimaan cpns 2021 dimulai april

Info terkini penerimaan CPNS 2021 ini secara langsung diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan-RB) Tjahjo Kumolo.  

Menpan RB Tjahjo Kumolo meyebutkan bahwa pendaftaran CPNS TA 2021, bisa dilaksanakan pada April hingga Mei tahun depan.

Baca: Pangkat dan Gaji PNS Berubah

Pendaftaran CPNS TA 2021 Dimulai April-Mei 

Sebagaimana pelaksanaan penerimaan CPNS tahun lalu, penerimaan CPNS tahun depan dimulai dengan usulan dari formasi kebutuhan pegawai dari kementerian/ lembaga, pemerintah pusat dan daerah.

Draf progres usulan formasi pegawai dan rencana rekrutmen CPNS tahun 2021 yang diterima oleh Kemenpan RB, mulanya akan diperpanjangan hingga Maret 2021, dan diperpanjang lagi hingga akhir Mei, lalu diperpanjang lagi hingga akhir Agustus 2021.

Jumlah Formasi CPNS TA 2021

Pada saat Menteri PAN RB mengatakan pendaftaran CPNS 2021 bisa dilaksanakan pada April-Mei tahun depan pada hari Sabtu, 12/ 12/ 2020 yang lalu, total usulan formasi yang masuk ke Kemenpan RB ada 551.342 formasi.

Baca: Contoh Soal SKD CPNS

Dimana 113.172 formasi diusulkan oleh kementerian/ lembaga, pemerintah pusat dan 438.170 formasi diusulkan oleh pemerintah daerah. 

Khusus untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) jabatan Guru, sesuai dengan kesepakatan beberapa menteri.

Untuk memfasilitasi hal tersebut, khusus usulan formasi Guru PPPK akan diperpanjang hingga 31 Desember 2021 yang akan datang.

Sebab, pemerintah daerah, yakni 32 Provinsi, 459 Kabupaten/ Kota, baru mengusulkan sekitar 174.077 formasi Guru PPPK.

Untuk seleksi Guru PPPK itu sendiri, rencananya akan dilaksanakan sebanyak tiga kali selama kurun waktu tahun 2021.

Kemenpan RB akan mem-verifikasi dan mem-validasi usulan formasi ASN dari instansi pusat dan daerah tersebut pad bulan Januari-Februari 2021 mendatang.

Baca: PNS vs Karyawan Swasta vs BUMN, Lebih Sejahtera Mana?

Sehingga apabila semua proses usulan, verifikasi dan validasi berjalan sesuai rencana, maka diharapkan pada awal bulan Maret 2021, formasi penerimaan CPNS tersebut sudah bisa ditetapkan dan diumumkan.

Untuk selanjutnya KemenPANRB kembali menyusun dan menetapkan Peraturan Menteri PANRB untuk pelaksanaan penerimaan ASN TA 2021 sebagai dasar hukumnya, baik itu untuk penerimaan CPNS maupun penerimaan PPPK. 


TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Kata Menpan RB: Penerimaan CPNS 2021 Dilaksanakan Mulai April-Mei"