4/20/2017

Melacak HP Android dengan Akun Google Untuk Semua Merk HP

Handphone Android Anda Hilang? atau lupa? atau jangan-jangan dicuri? Yang intinya, kita tidak bisa menemukan Handphone kita saat kita mau menggunakannya.

Langkah yang paling mudah untuk menemukan Handphone (HP) yang hilang adalah dengan cara melakukan panggilan atau misscall ke nomer HP yang hilang tersebut. 

Masalahnya pun selesai, karena kebetulan HP nya berada di sekitar kita, dan dalam keadaan suara atau getar nya aktif.

Namun masalahnya akan runyam apabila HP yang hilang itu jaug dari posisi kita, atau suara dan nada getar tidak dihidupkan. Mungkin yang kita lakukan bakal sia-sia. Apalagi jika HP kita dicuri orang dan diganti nomor nya.

Smartphone Android mempersyaratkan penggunanya untuk menyematkan akun Google pada saat pengaturan awal. Akun ini sangat penting karena berhubungan dengan kinerja aplikasi dan kinerja sistem android.

Salah satu manfaat akun google yang bisa kita manfaatkan adalah mencari atau melacak HP yang hilang tadi. Tips kali ini dari Awambicara.id akan berbagi cara untuk melacak HP yang hilang menggunakan akun Google.

Untuk melacak Smartphone (HP) berdasarkan Sistem Operasi nya, dapat kamu lihat di Cara Melacak HP Smartphone Android, iPhone, Samsung, Windows Phone dan Punya Orang Lain Untuk Awam Lengkap.

Jangan menunggu HP hilang baru mau mengaktifkan cara ini. Cara Melacak HP yang hilang menggunakan akun Google ini lebih efektif daripada menggunakan cara kovensional sebelumnya.

Kelebihan menggunakan cara Akun Google ini adalah :
  1. Bisa menderingkan HP yang hilang walaupun kondisinya dalam keadaan suara disenyapkan (dinonaktifkan).
  2. Bisa menghapus aplikasi yang berhubungan dengan privasi kita agar tidak diketahui orang lain dari jarak jauh.
  3. Bisa mengunci HP dan mengirimkan pesan ke orang yang lain yang menemukan HP kita yang hilang.

Baiklah, tanpa panjang lebar lagi, mari kita mulai mengaktifkan dan menguji coba Smartphone Android kita menggunakan akun Google, dalam hal ini saya menggunakan HP Samsung N750 (Note 3 - Neo)

Untuk mengantisipasi HP hilang Aktifkan Fitur Kemanan di Pengaturan Google. (Google Setting)

Pastikan HP yang mau kita kontrol keberadaannya telah aktif fitur keamanannya. Untuk mengatur fitur ini, ikuti langkah berikut ini :
  1. Pastikan HP Anda sudah memiliki akun Google
  2. Buka Setelan Google (Google Setting)
  3. Pilih Keamanan
  4. Aktifkan Izinkan Mengunci dam Menghapus Perangkat Hilang
Selengkapnya Lihat Gambar dibawah ini :

 

Jika langkah di atas telah selesai dilakukan, selanjutnya kita akan coba melacak HP tersebut dengan bantuan fitur pencarian HP yang hilang pada akun Google, Langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Silahkan buka Akun Google Anda melalui alamat http://accounts.google.com, silahkan masukkan username (email) dan password yang anda pakai pada HP android Anda yang hilang.
  2. Pilih Temukan Ponsel Anda dan tekan mulai cara Melacak HP yang hilang dengan Akun Google
  3. Pilih Ponsel atau Tablet ; Pada tampilan layar akan muncul perangkat yang pernah menggunakan akun Google seperti yang dipakai pada HP kita yang hilang.
  4. Masukkan kembali kata sandi akun google anda.
  5. Pilih HP jenis/merk HP Anda Hilang.
  6. Anda bisa pilih Deringkan HP anda atau
  7. Anda bisa pilih "Cari"
  8. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke Pengelola Perangkat Android





Kita akan menemukan banyak opsi yang bisa kita lakukan terhadap HP kita yang hilang, seperti terlihat digambar dibawah ini.


Kita dapat menderingkan, mencari, mengunci, menelpon atau keluar dari HP.

Pada tampilan Pengelola Perangkat Android, disajikan peta lokasi keberadaan HP yang hilang beserta statusnya apakah online atau offline. Jika HP kita yang hilang dalam keadaan hidup, terhubung dengan internet dan masih menggunakan akun kita maka statusnya online, begitu pula sebaliknya. 

Jika GPS dalam keadaan non aktif, maka dibawah status Online/Offline akan bertuliskan “Lokasi Google Telah dinonaktifkan”, begitupula sebaliknya. Keuntungan jika GPS dalam keadaan aktif, maka posisi HP yang hilang akan muncul dalam peta. 

Dibagian bawah Tampilan ini ada tiga pilihan menu :


Deringkan : menu ini bertujuan untuk menderingkan/ memanggil HP kita yang hilang. Walaupun modus senyap/ modus tanpa suara, kita bisa menderingkannya. Bunyi dering yang terdengar bervolume maksimum. Untuk menghentikan deringnya caranya dengan menekan tombol home.

Kunci : menu ini jika dipilih otomatis akan mengunci HP yang hilang dengan password yang kita tentukan.

Hapus : menu ini akan menghapus berbagai aplikasi dan pengaturan sehingga kembali ke pengaturan pabrik. Data-data kita akan terhapus sehingga privasi kita tidak diketahui orang yang menemukan HP kita.

Selesai

Demikian tips sederhana Melacak HP Android Akun Google Mu yang bisa awam bagikan untuk Anda. Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada yang lain. Sekadar Berbagi..Terima kasih.

No comments:

Post a Comment