51+ Cara Agar Blog Banyak Pengunjung Secara GRATIS (Update 2019)

loading...
Loading...
Setiap pemilik situs web atau blogger PASTI menginginkan lebih banyak trafik ke situs web atau blog mereka. Akan tetapi sampai sekarang bagaimana cara pasti untuk meningkatkan traffic pengunjung blog masih tidak jelas.

Cara Agar Blog Banyak Pengunjung


Artinya masih menjadi sebuah perdebatan bagaimana cara mendapatkan lebih banyak trafik di blog atau situs web kita tanpa harus menggunakan Google Adwords atau layanan iklan berbayar lainnya.

cara agar blog banyak pengunjung

Teknik dasar SEO bagi pemula sudah banyak dan sering kali kita temui dihasil pencarian google jika kita menggunakan kata kunci "cara meningkatkan trafik organik".

SEO atau Search Engine Optimization juga masih merupakan sebuah ketidak pastian. Terkadang tanpa optimasi SEO, postingan/ artikel blog kita bisa mendapatkan rangking terbaik di google search engine. 

Sebaliknya juga begitu, terkadang kita telah melakukan dan mempraktekkan segala cara yang diajarkan di situs-situs yang membahas tentang teknik dasar SEO bagi pemula di internet.
Namun tidak juga berhasil untuk meningkatkan rangking artikel/ blog posting kita di google search engine.

51+ Cara Agar Blog Banyak Pengunjung Secara GRATIS


Cara Agar Blog Banyak Pengunjung

Karena itu, saya pribadi lebih menomor duakan SEO, artinya saya tidak mengenyampingkan SEO, namun lebih menomor duakannya saja.

SEO itu pada dasarnya adalah bagaimana cara agar blog posting atau artikel kita dibaca oleh search engine, atau dengan kata lain dibaca oleh "mesin".

Karena itu, alangkah lebih baiknya, saat kita membuat artikel blog, kita membuatnya menjadi lebih disukai dan dibaca orang/ manusia, dari pada dibaca oleh mesin.

Dengan kata lain, alangkah lebih baiknya jika kita mengutamakan bagaimana artikel atau blog posting kita menjadi lebih disukai untuk dibaca bagi Human atau Manusia.

Jadi, jika artikel blog posting kita telah menarik, informatif, dan berguna bagi pembaca (orang) maka dengan sendirinya artikel blog posting tersebut juga akan disukai oleh robot google/ mesin.

Nah, jika artikel blog yang telah kita buat dirasa cukup menarik, informatif dan berguna bagi pembaca (orang), selanjutnya baru kita melakukan langkah-langkah SEO yang telah banyak diajarkan di internet itu.

Baca: Cara Menghasilkan Uang dari Google dengan Blog di Tahun 2020

Itu semua, agar postingan artikel blog kita lebih mudah lagi dirangking Goolge search engine, yang pada akhirnya akan mendapatkan banyak trafik pengunjung kedalam situs web atau blog kita. 

Artinya semakin banyak pengunjung ke blog kita, maka semakin banyak pula penghasilan yang didapatkan.

Intinya adalah penghasilan berbanding lurus dengan pengunjung blog.

Awambicara.id di sini ada akan membagikan setidaknya 51 tips dan trik tentang cara mendapatkan lebih banyak trafik ke situs web atau blog secara GRATIS.

Semoga tips dan trik bagaimana cara meningkatkan trafik organik/ pengunjung blog dapat membantu Anda dalam mengembangkan blog/ situs web Anda seperti yang telah awambicara.id hasilkan saat ini. 

1. Riset Kata Kunci - Riset Keyword 


Untuk berhasil dalam menerapkan SEO pada blog atau situs web dimulai dari strategi SEO, dan Strategi SEO Dasar adalah dengan meneliti kata kunci atau dengan kata lain melakukan riset keyword

Pengguna internet melakukan pencarian informasi yang mereka butuhkan selalu dimulai dengan kata-kata yang diketik ke dalam kotak pencarian search engine, misalnya google search engine. 

Untuk itu sangat penting bagi seorang blogger untuk mengetahui apa yang dicari pengguna internet (user) dan kata-kata (keyword) apa yang mereka masukkan kedalam kotak pencarian di search engine semacam google search engine. 

Jika seorang blogger tidak tahu apa yang dicari orang atau pengguna internet, maka dia tidak akan pernah dapat memberikan informasi yang diinginkan pengguna.

Sehingga dengan demikian, kita juga tidak akan pernah mendapatkan pengunjung/ trafik seperti yang kita inginkan.

Mendapatkan trafik atau pengunjung kedalam situs web/ blog bukan sekedar hanya mendapatkan trafik/ pengunjung saja, namun lebih kepada mendapatkan trafik yang tepat dan sesuai dengan niche atau tema blog yang kita angkat. 

Meneliti atau meriset kata kunci (keyword) sama halnya seperti kita membaca apa yang ada dipikiran audiens (user) dan pelanggan blog kita.

Melakukan riset keyword, berarti kita juga belajar tentang bagaimana audiens (user) dan pelanggan kita sebenarnya. 

Memahami perilaku audiens serta memprediksi kearah mana perkembangan dari sebuah permintaan atau trend yang sedang berlangsung dikalangan pemirsa blog.

2. Gunakan Pengoptimalan Search Engine (SEO)


Untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google, dari banyak teknik dasar SEO yang ada, yang paling sering kita baca dan yang paling kita butuhkan adalah backlink.

Hal ini memang masih menjadi perdebatan, namun jika dipikirkan secara logis, sebuah situs web atau blog yang mendapatkan backlink secara alami, natural dan relevan dengan artikel postingan, tentu saja mengidentifikasikan bahwa blog atau situs web tersebut sangat berguna dan bermanfaat bagi pembaca (orang). 

Karena itu tautan balik atau backlink sangat diperlukan dan masih menjadi sinyal kuat dalam merangking blog atau situs web agar dapat berada dihalaman pertama search engine. 

Teruslah membaca artikel ini untuk mendapatkan beberapa kiat-kiat menarik dalam mendapatkan backlink atau tautan balik tersebut. 

3. Jawab Pertanyaan di Forum yang Terkait dengan Tema atau Niche Blog Anda 


Bergabunglah di situs-situs forum yang terkait dengan niche/ tema blog Anda, serta cobalah untuk berinteraksi dan memberikan jawaban dengan menautkan kembali (backlink) ke materi yang relevan di situs web atau blog Anda. 

Untuk menemukan situs-situs forum terkait atau se-niche dengan situs web atau blog Anda, gunakan kata kunci "keyword" niche blog dan forum di Google Search Engine.

4. Jawab Pertanyaan di Quora


Quora adalah situs pertukaran pengetahuan.

Quora mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan dan jawabannya pada topik-topik tertentu dan memperbolehkan penggunanya untuk ikut berkolaborasi dengan memberikan suara atau mengusulkan perbaikan jawaban.

Bergabunglah dengan situs Quora, buat halaman profil pribadi anda sendiri secara gratis di Quora, dan letakkan tautan blog atau situs web Anda di sana. 

Posting jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan blog Anda dan tambahkan tautan kembali ke situs web atau blog yang Anda miliki. 

Namun perlu diingat, dalam menjawab dan menambahkan tautan blog Anda sendiri harus relevan dengan pertanyaan yang akan anda jawab tersebut.

5. Buat Profil Twitter 


Bergabunglah dengan situs media sosial Twitter, dan tambahkan tautan kembali (backlink) ke situs web atau blog Anda di profil Twitter Anda.

6. Buat Profil Facebook


Ulangi cara di atas seperti di profil Twitter Anda pada akun Facebook Anda juga.

Akan tetapi di Facebook, Anda perlu untuk dibuat halaman bisnis serta tambahkan tautan blog atau situs web anda di halaman bisnis facebook tersebut.

Serta pastikan bahwa Anda mengisi informasi profil Anda sepenuhnya.

7. Buat Profil LinkedIn


Sama seperti Twitter dan Facebook, Anda dapat menambahkan tautan balik (backlink) ke info kontak Anda di profil LinkedIn pribadi Anda.

Tambahkan juga tautan di bagian deskripsi posisi Anda saat ini.

8. Buat Halaman Bisnis di LinkedIn 


Jangan lupa juga membuat halaman bisnis Anda di LinkedIn serta mengisi semua informasi termasuk tautan ke situs bisnis.

Juga buat halaman Produk / Layanan untuk bisnis dengan lebih banyak tautan ke situs web Anda.

9. Buat Profil dan Channel YouTube


Buat channel YouTube situs web atau blog Anda sendiri.

Jika Anda telah memiliki 100 subscriber, Anda dapat memasukkan backlink atau tautan balik kesitus web atau blog Anda didalam header channel YouTube Anda.

Anda juga dapat memasukkan backlink didalam deskripsi video Anda.

Serta tambahkan juga (embed) video YouTube Anda kedalam artikel blog postingan Anda yang relevan.

10. Buat Akun Pinterest


Buat akun Pinterest dan pastikan Anda menambahkan tautan kembali (backlink) ke situs web/ blog Anda di profil Pinterest Anda.

11. Buat Akun Instagram 


Buat akun profil pribadi dan juga profil untuk blog atau situs web Anda dan tambahkan tautan situs web atau blog Anda di profil IG untuk blog dan IG profil Anda sendiri.

12. Buat Postingan Blog atau Artikel yang Panjang


Buat artikel yang sangat informatif dan rinci, yang tentu saja akan menjadi artikel yang panjang.

Kemudian posting artikel tersebut ke akun media sosial Anda di Twitter, Facebook, LinkedIn, dll. 

Jangan hanya posting sekali saja.

Anda dapat mempostingnya berulang kali secara manual atau gunakan alat bantu seperti Hootsuite untuk menjadwalkan posting blog dalam beberapa hari.

Atau Anda dapat menjadwalkannya dengan memperhatikan saat-saat pengguna media sosial dijaringan Anda paling aktif.

13. Lakukan Posting Tamu di Situs Lain (Quest Posting)


Cobalah untuk membuat postingan tamu (quest posting) di situs atau blog lain yang menerima postingan tamu.

Atau bisa juga di blog-blog yang walaupun tidak menginformasikan menerima artikel tamu, dengan cara mengirimkan email/ pesan kepada pemilik blog, bahwa Anda tertarik untuk menulis diblognya.

Pastikan bahwa Anda boleh dan diperkenankan untuk menambahkan tautan kembali (backlin) ke situs web Anda pada postingan tamu tersebut.

Namun, jika blog yang menerima artikel tamu, mau memposting artikel Anda, akan tetapi tidak mengizinkan untuk memberikan tautan balik (backlink), Anda masih bisa menonjolkan diri Anda didalam artikel tersebut.

Dan saat pengunjung membaca artikel Anda di blog lain, serta mereka menyadari dan mulai mengenal Anda, maka dengan sendirinya para pengguna akan mencari Anda di internet.

Karena quest posting dapat membuat nama Anda dikenal para audiens (pengunjung) baru yang tentunya akan mencari Anda di Google jika posting blog Anda bagus.

Anda juga bisa bergabung di grup-grup facebook yang khusus memberikan informasi tentang situs web atau blog yang menerima blog quest posting.

14. Ngeblog di Situs Komunitas Blog


Cobalah untuk mencari dan bergabung dengan situs komunitas blogger, dan memposting disana, serta jika memungkinkan, masukkan backlink situs/ blog Anda disana.

Bahkan ada beberapa situs komunitas blog yang akan membayar Anda untuk setiap postingan yang Anda buat, seperti misalnya Web Designer Depot.

15. Masukkan Bisnis Anda di Direktori Publik


Masukkan bisnis Anda dan situs web atau blog Anda direktori-direktori publik, seperti Yellow Pages dan Hotfrog.

Serta direktori publik lainnya, karena diluar sana ada banyak direktori yang tersedia yang dapat Anda cantumkan backllink situs web atau blog Anda disana.

Cukup gunakan Google search engine untuk menemukannya.

16. Gunakan Groupon 


Gunakan Groupon untuk membuat penawaran kupon untuk diskon pada produk atau layanan Anda untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda (dengan asumsi bahwa situs web/ blog Anda menjual sesuatu).

Kalaupun situs web atau blog Anda bukanlah situs web atau blog jualan, Anda dapat membuatnya seolah-olah situs web atau blog Anda adalah situs/ blog jualan.

Buat kupon diskon disana, dan tambahkan link situs/ blog Anda. Dengan demikian Anda telah mendapatkan backlink dari sana.

17. Gunakan Situs e-Commerce


Bergabunglah dan gunakan situs-situs e-commerce seperti eBay dan Amazon untuk e-commerce dunia.

Atau situs-situs e-commerce dalam negeri seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, JD.id, Blibli, Zalora, AliExpres, Zilingo Shopping, dll.

Untuk menjual produk Anda, apabila situs/ blog Anda adalah situs web/ blog jualan.

Kemudian dalam wadah pengiriman (packing), tambahkan selebaran dengan mencantumkan nama situs web atau blog Anda di dalamnya. 

Atau bahkan jika perlu, anda dapat memberikan kupon diskon untuk digunakan berberlanja langsung dari situs web atau blog Anda sendiri.

18. Membuat Kupon di Hotfrog


Di Hotfrog Anda dapat membuat kupon untuk bisnis Anda sendiri. Manfaatkan tawaran itu karena gratis dan dapat meningkatkan bisnis Anda serta menarik pengguna baru.

19. Tambahkan Signature (Tandatangan) di e-Mail dan Buletin Anda


Ingat! Selalu.. selalu.. tambahkan situs web atau blog Anda dalam tanda tangan (signature) email dan buletin Anda.

Tidak ada yang dapat mendorong penjualan secara lebih baik daripada pelanggan setia dan tetap Anda.

20. Buat e-Book 


Buatlah e-Book yang berisi tautan balik (backlink) ke situs web Anda di dalamnya dan jual atau bagikan e-Book tersebut secara gratis di Amazon.

Atau bagikan e-Book Anda secara gratis di academia, yumpu, dll dengan menyertakan backlink disana. 

Tambahkan juga ke Lender’s Library program di Amazon.

Taruh harga rendah di atasnya seperti $ 0,99 sehingga orang cenderung untuk membelinya.

Jadikan E-book Anda sangat relevan dan bermanfaat. 

Meskipun menambah banyak kerjaan, e-book ini akan sangat membantu menetapkan Anda sebagai pemimpin pemikiran juga.

21. Berbagi Semua Penjualan, Penawaran, e-Book, dan Lain-lainnya


Pastikan juga bahwa Anda selalu berbagi semua penjualan, penawaran dan e-book serta lainnya di akun-akun media sosial Anda.

Kemudian bagikan lagi pada hari berikutnya atau minggu atau bulan berikutnya, secara teratur.

22. Buat Video YouTube 


Buat konten atau video YouTube yang memberikan informasi relevan tentang subjek Anda yang terkait dengan bisnis Anda.

Serta, selalu sertakan tautan (backlin) kedalam deskripsi video dan tautan di video itu sendiri.

23. Cantumkan bisnis Anda di Laman Google My Business 


Buat dan cantumkan bisnis Anda di halaman Google My Business sehingga, Anda akan dapat mendapatkan ulasan-ulasan dari raksasa Google.

Selain itu, ini juga dapat membangun branding/ nama blog atau situs web Anda.

Karena, setiap pengguna mengetik nama blog/ situs web Anda, maka hasil pencarian Google akan menyertakan informasi bisnis serta maps lokasi bisnis/ situs web Anda.

24. Posting ke Grup LinkedIn


Posting ke Grup LinkedIn dan jawab pertanyaan orang lain disana. Dan cobalah untuk bantu orang-orang.

Kemudian masukkan tautan balik (backlink) ke situs atau blog Anda sesekali.

25. Buat Grup LinkedIn Anda Sendiri


Buat grup LinkedIn Anda sendiri. Grup tersebut harus relevan dengan bisnis Anda.

Jika bisnis Anda adalah bisnis lokal, maka targetkan ke pasar lokal Anda dengan memasukkan nama provinsi atau kabupaten/ kota Anda dalam judul grup.

26. Bergabunglah dengan Grup Facebook 


Bergabunglah dengan grup FB atau jika perlu anda bisa membuat grup Facebook sendiri untuk bisnis dan blog Anda.

Posting informasi terkini, relevan, atau yang sedang viral secara konsisten dan dengan bahasa serta gaya yang ramah dan sesantai mungkin. 

Anda juga bisa berbagi foto-foto lucu, meme-meme lucu, dan lain sebagainya, karena pengguna Facebook sangat menyukai hal-hal semacam itu.

27. Buat Presentasi di Slideshare 


Buatlah presentasi di Slideshare yang memiliki tautan kembali (backlink) ke situs Anda.

Tambahkan Slideshare ke halaman LinkedIn pribadi Anda atau situs media sosial lainnya.

28. Promosi Offline


Jika Anda memiliki lokasi fisik, pastikan untuk memasang tanda-tanda situs web Anda.

Buat dan bagikan brosur atau selebaran yang memberikan manfaat ketika pengunjung menuju situs web atau blog Anda seperti kupon khusus misalnya.

Anda juga bisa membuat stiker, dan ditempelkan pada kaca belakang mobil, helm, plat nomor dan sebagainya.

Jika perlu, buat kaos, jaket atau topi yang mencantumkan nama blog/ situs web Anda disana.

29. Buat Agar Blog Anda Tersedia untuk Blogger atau Penulis Lain 


Buat blog Anda menerima Quest Posting, atau penulis tamu untuk menulis postingan tamu di blog atau situs web Anda.

Cobalah untuk bekerjasama dan menjangkau mereka.

Anda mungkin memulai blog dengan visibilitas rendah dan kemudian bekerja sama dengan cara Anda untuk bergabung dalam komunitas mereka. 

Para blogger atau penulis tamu membuka kesempatan untuk mempromosikan postingan tamu blog mereka di blog Anda kepada pengikut mereka di media sosial dan juga blog-blog mereka yang lain.

30. Adakan Kontes


Cobalah sesekali untuk mengadakan kontes, di mana Anda memberikan produk atau sertifikat atau kartu discount bagi yang memposting di situs web mereka.

Seperti contohnya kontes SEO terbaik tentang bidang atau niche Anda yang relevan.

31. Lakukan Promosi Silang 


Cobalah untuk melakukan promosi silang untuk produk atau situs web Anda dengan seseorang yang sama dengan Anda.

Mungkin melalui newsletter atau penawaran produk atau layanan bersama.

32. Lihatlah Apa yang dilakukan Pesaing Anda dan Catat


Lihat, intip, perhatikan dan riset apa yang dilakukan oleh pesaing Anda, lalu kemudian catat dan simpan.

Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan tool atau alat seperti Moz 'Open Site Explorer" atau menggunakan Google untuk mencari url situs web pesaing Anda.

Lihat, dari mana mereka atau pesaing Anda mendapatkan tautan balik atau backlink.

33. Komentar di Posting Blog atau Situs Web Lain 


Cobalah untuk membuat komentar yang relevan dan sertakan tautan kembali ke situs Anda ketika Anda memiliki artikel serupa atau materi terkait.

34. Buat Situs Web Blogging Kedua, Ketiga.., dst (Web 2.0)


Buatlah dua, tiga atau sebanyak yang Anda mampu situs web atau blog lain untuk membuat backlink kedalam blog utama Anda.

Anda bisa menggunakan WordPress.org atau Blogger dan sertakan tautan balik atau backlink ke situs utama Anda di beberapa halaman/ artikel.

Memang, hal ini akan menambah banyak pekerjaan untuk Anda, atau jika Anda tidak mau repot, Anda dapat memanfaatkan postingan tamu (quest post) untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan backlink.

Bahkan, jika Anda bersedia untuk membayar atau mengeluarkan uang sedikit lebih banyak, Anda dapat memanfaatkan layanan jasa backlink atau lebih dikenal dengan Private Blog Network (PBN).

Akan tetapi, untuk mendapatkan PBN yang berkualitas, Anda harus benar-benar jeli dan memahami layanan yang diberikannya.

Jangan sampai situs web/ blog Anda di blacklist Google hanya kaena Anda salah memilih jasa PBN.

35. Mendaftar di Help a Reporter Out 


Mendaftarlah di Help a Reporter Out. Jika Anda dihubungi, maka jadilah orang yang membantu.

Jika Anda disebutkan dalam artikel maka itu dapat membuat jumlah lalu lintas yang signifikan untuk situs web/ blog Anda. (terutama untuk blog-blog bule).

36. Cari Ringkasan Blog 


Temukan ringkasan blog yang menerbitkan artikel terbaik minggu ini di bidang/ tema atau niche Anda atau bidang bisnis Anda.

Buatkan mereka artikel, dan jika mereka menerima artikel Anda maka hal ini dapat mempermudah pekerjaan mereka.

Bahkan mungkin mereka akan terus melihat ke situs web atau blog Anda di masa-masa mendatang untuk mendapatkan lebih banyak artikel dari Anda.

37. Ajukan Pertanyaan di Posting Blog 


Berinteraksilah di blog-blog lain, terutama blog yang se-niche atau setema dengan blog Anda.

Misalnya dengan memberikan komentar di postingan blog lain, atau menjawab pertanyaan dari komentar-komentar pengunjung diblog lain.

Juga dengan mengajukan pertanyaan untuk membuat orang lain berbagi ide serupa dengan yang ada di postingan Anda.

Dimasa-masa yang akan datang, Anda mungkin ingin menghubungi mereka untuk menulis postingan tamu diblog Anda.

38. Pastikan untuk Menambahkan Tautan Balik Antar Artikel (Internal Link)


Internal link, atau tautan antar artikel didalam blog Anda ini bertujuan untuk membantu pengguna dalam memudahkan mereka dalam berselancar disitus web/ blog Anda.

Selain baik untuk menurunkan Bounce Rate atau Rasio Pentalan, juga dapat membuat pengunjung betah untuk tetap berada di situs web atau blog Anda dalam waktu yang lebih lama.

Serta memungkinkan mereka untuk menemukan informasi-informasi lain yang mungkin sangat berguna bagi mereka dan ingin mereka bagikan kedalam media sosial mereka.

39. Bertanya Kepada Blogger Lain 


Cobalah untuk bertanya kepada blogger atau pemilik situs web lain, tips dan trik apa yang mereka temukan, dalam menghasilkan traffic atau pengunjung dan backlink.

Jika Anda ragu atau malu untuk bertanya kepada pemillik blog pesaing/ saingan Anda, maka Anda dapat bertanya kepada orang-orang di bidang terkait yang sangat mungkin akan bersedia untuk membantu Anda.

40. Mendaftar di Google News 


Cobalah untuk mendaftar di Google News. Pelajari aturan yang telah mereka tetapkan, dan bagaimana mereka mengharuskan Anda untuk menyusun postingan agar Anda bisa terdaftar.

Setelah terdaftar, Anda dapat melihat banyak calon pengunjung baru.

41. Singkat URL Situs Web atau Blog Anda


Blog atau situs web Anda mungkin memiliki url yang panjang.

Jika demikian maka buatlah short url dengan google sort url (saat ini sudah tidak aktif lagi) atau juga dengan bitly dan yang lainnya.

Dengan begitu URL blog Anda akan mudah untuk diingat serta dibagikan ke radio atau di podcast sehingga orang-rang lebih mudah dalam mengingatnya dan dapat mengunjungi blog Anda.

42. Posting ke Reddit dan Situs Sejenis


Bantu dan jawab pertanyaan orang lain dengan postingan Anda, dan pastikan Anda memberikan tautan balik (backlink) yang relevan untuk menjawab pertanyaan orang lain tersebut.

Karena jika tidak, redditor akan memanggang Anda hidup-hidup karena menjadi spam.

Untuk membuka Reddit, Anda harus menggunakan VPN, karena untuk situs ini entah karena diblokir pemerintah atau Reddit sendiri yang memblokir negara kita, karena banyaknya spammer.

43. Lakukan AMA Reddit untuk Bidang Keahlian Anda 


Cari subreddit yang tepat untuk memposting.

Terkadang ini bisa menjadi Viral dan kadang juga Anda bisa menemukan bahwa anda mengajukan sebuah pertanyaan atau membuat jawaban/ postingan yang tidak pantas.

44. Berikan Produk atau Layanan Anda ke Blogger Lain


Cobalah untuk memberikan produk atau layanan Anda secara gratis kepada blogger-blogger lain dan lihat bagaimana nanti mereka akan melakukan review produk atau layanan Anda di Blog mereka.

Pastikan Anda memiliki produk atau layanan yang bagus atau pendekatan ini dapat menjadi bumerang bagi Anda.

Pastikan juga untuk melakukan pekerjaan terbaik Anda disini, karena itulah yang diharapkan.

45. Lakukan Uji Coba Gratis dari Layanan atau Produk Lain 


Cobalah untuk menguji coba layanan atau produk dari blog atau situs web lain yang dapat membantu meningkatkan blog/ bisnis Anda.

Beberapa situs web yang dapat membantu Anda adalah Hootsuite atau Moz dengan uji coba gratis 1 bulan dari mereka. 

Pastikan untuk mengajukan banyak pertanyaan dalam mode gratis atau 1 dari 1 sesi.

Ingatlah, itu gratis dan Anda tidak perlu membeli. 

Cobalah juga untuk mendapatkan layanan gratis selama sebulan dari agen-agen SEO.

Dimana Anda dapat merencanakan aksi terperinci untuk meningkatkan peringkat situs web atau blog Anda di Google secara gratis.

46. Telusuri Web dengan Kata Kunci "cara agar blog banyak pengunjung secara gratis" 


Anda akan menumukan banyak sekali artikel-artikel yang bagus di luar sana yang dapat membantu Anda dan dapat membuat Anda menemukan banyak ide-ide yang inovatif.

47. Buat Kursus untuk Situs Seperti Udemy 


Kursus ini akan membantu Anda menetapkan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran dan dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web atau blog Anda.

Pastikan untuk mengeluarkan penawaran kupon untuk kursus dan mencoba mendorong lebih banyak orang untuk mendaftar.

48. Gunakan Agregator Blog 


Gunakanlah agregator blog untuk menempatkan konten Anda di depan lebih banyak orang.

Agregator blog yang populer adalah Alltop, Blogarama, dan Blogrific.

Ada banyak pengguna lain yang harus Anda periksa juga.

Serta taruh juga tautan kembali (backlink) ke situs web atau blog Anda di artikel Anda sehingga orang dapat dengan mudah memeriksa situs web Anda.

49. Cobalah Mewawancarai Orang Lain untuk Situs Web Anda 


Cukup hubungi dan lihat apakah mereka tertarik. Lakukan kebalikannya juga.

Cobalah untuk melihat apakah ada situs web lain yang ingin mewawancarai Anda.

50. Minta Teman untuk Mempromosikan Situs Web atau Blog Anda 


Minta teman Anda untuk mempromosikan situs web atau blog Anda di akun-akun media sosial mereka seperti Facebook, LinkedIn, Twitter, dll.

Anda bisa meminta mereka untuk membagikannya secara langsung di akun medsos mereka atau bisa juga dengan hanya dari mulut ke mulut.

Jika mereka bersedia merekomendasikan Anda, itu bisa menjadi cara klasik untuk membuat orang lain berkunjung ke situs web atau blog Anda.

51. Menyelenggarakan Webinar 


Orang suka menonton hal-hal ini daripada membaca materi yang sama di postingan blog.

Rekam webinar Anda dan posting di Youtube dan situs web Anda sendiri. 

Jangan mencoba menjual barang di webinar pertama Anda dan sediakan sebanyak mungkin informasi yang berguna.

Penonton dapat mengajukan pertanyaan yang membantu Anda memikirkan ide-ide baru.

52. Buat Akun Dailymotion dan Video Disana


Cobalah untuk mendaftar di dailymotion. Upload konten video yang relevan dengan situs web atau blog Anda.

Serta jangan lupa untuk memasukkan backlink situs web Anda disana.

53. Buat Profil Backlinks


Buat akun dengan register di situs-situs seperti cplusplus, cycling74, appsplit, telldc, vayable, gamesfort, viki, dll.

Lengkapi profil Anda disana, dan juga sertakan link situs web/ blog Anda disana (backlink).

54. Memilih Platform Blog yang Tepat


Memilih platform blog yang sesuai dan tepat juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengunjung blog.

Platform blogging yang akan Anda pilih sebaiknya disesuaikan dengan tema atau kegunaan dari blog yang akan Anda bangun.

Membangun blog di era perkembangan teknologi saat ini bisa dikatakan sangatlah mudah.

Dengan menggunakan platform blogging yang tepat, Anda bisa menulis di blog semudah Anda menulis di notepad atau Ms. Word.

Platform blogging dibagi lagi menjadi 2 yakni platform blogging hosted dan self-hosted.

Platform blogging hosted yang populer saat ini ada 2 yakni Blogger (Blogspot) dan Wordpress.com.

Platform bloggin yang Anda pilih sebaiknya menggunakan yang hanya fokus dari menulis dan menerbitkan konten.

Namun sebelum itu, ada baiknya Anda memilih platform blogging yang sesuai dengan blog yang Anda bangun.

Sebagai contoh, misalnya Anda ingin membangun blog pribadi, atau blog yang berisi informasi untuk membantu pengguna, mungkin akan lebih baik jika Anda menggunakan layanan hosted blogging.

Seperti di blogger ataupun wordpress.

Akan tetapi, walaupun Anda membangun blog pribadi atau blog yang berisi konten informasi yang bermanfaat bagi pengguna,

dan agar pengunjung blog Anda nanti meningkat, ada baiknya Anda menggunakan Top Level Domain, bukan domain gratisan yang masih ada embel-embel blogspot atau wordpress nya.

Untuk hostingnya sendiri Anda bisa memanfaatkan hosting blogger (blogspot) jika tidak ingin membayar biaya tahunan yang lebih besar.

Sedangkan domainnya, dapat Anda beli sendiri yang kemudian selanjutnya Anda gunakan di platform hosted tadi.

Untuk layanan domain nya sendiri Anda bisa cek domain murah disini.

Sedangkan jika Anda ingin memiliki kendali penuh atas semua layanan blogging Anda, maka Anda bisa menggunakan atau menyewa hosting sendiri, yang biasa disebut dengan self-hosted.

Self-hosted ini biasanya digunakan untuk blog atau situs web layanan jasa, situs web jualan online, atau situs web yang fokus pada mencari pelanggan.

Dalam memilih hosting untuk self-hosted, maka gunakanlah platform blog dengan sistem manajemen konten (CMS).

Karena dengan memilih CMS untuk menjadi platform blogging, Anda tidak harus memahami bahasa pemograman atau coding, cukup fokus pada menerbitkan konten.

Anda dapat menambahkan fitur-fitur baru dengan bantuan plugin atau modul. Mengonfigurasi tampilan desain web/ blog dengan memanfaatkan kumpulan theme gratis.

CMS atau sistem manajemen konten yang populer saat ini di kalangan user atau pemilik website ada 3 yakni WordPress, Joomla dan Drupal.

Anda harus bisa memilih layanan hosting yang tidak hanya menyediakan CMS-CMS tersebut tapi juga memberikan kemudahan bagi Anda dalam menyiapkannya.

Anda bisa memilih hosting unlimited ini untuk menginstall ketiga platform tersebut dengan hanya sekali klik.

Keuntungan lain ketika menggunakan hosting sendiri atau self-hosting adalah ada banyak sekali plugin-plugin untuk penerapan SEO Onpage.

SEO Onpage sendiri adalah salah satu cara yang cukup efektif dalam meningkatkan pengunjung blog/ user.

51+ tip dan trik berupa ide-ide tentang cara mendapatkan lalu lintas atau trafik kedalam situs web atau blog diatas dapat membantu Anda dan juga membuat Anda berpikir dan menjadi blogger yang lebih kreatif lagi agar bisa Anda kembangkan dengan teknik dan trik anda sendiri. 

Namun, jika 51+ cara mendapatkan trafik blog dan web secara gratis diatas menurut anda masih kurang, dan Anda memiliki lebih banyak ide lainnya lagi, silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah.

Karena dengan memberikan informasi yang berguna bagi pembaca adalah salah satu teknik SEO yang paling handal dan terbaik yang pernah ada. Happy blogging, dan selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

21 Komentar untuk "51+ Cara Agar Blog Banyak Pengunjung Secara GRATIS (Update 2019)"

  1. banyak juga ternyata cara2 yang bisa di tempuh untuk meningkatkan pengunjung pada blog.

    terimakasih banyak infonya.

    BalasHapus
  2. Ijin Praktekin yang gampang gampang dulu,,,dan yg gratis gratis dulu hehehe

    BalasHapus
  3. Ijin bookmark gan.. sangat bermanfaat, ternyata masih banyak yang harus dilakukan untuk mendapatkan visitor unique dari mesin pencari Google..

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya, izin praktek gan tengkyyuu

    BalasHapus
  5. Oke terimakasih info nya sayah seorang bloger pemula mohon bantuan nya https://www.kustiana.xyz

    BalasHapus
  6. Boleh nih Informasinya, buat ane bermanfaat. Trimakasih informasinya ya gan...

    BalasHapus
  7. Terima kasih info nya aaya sangat menyukai usahanya,
    Saya harap blog saya juga di kunjungi.
    Dan kita bisa sharing bersama

    BalasHapus
  8. Terima kasih infonya saya sangat berterima kasih atas upaya nya
    Kunjungi blog saya ya

    BalasHapus
  9. Sangat bermanfaat untuk trafik website
    Thanks ya

    BalasHapus
  10. min ada privat online ga ?

    https://is.gd/3oQl58

    BalasHapus
  11. mas kalau daftar amazon gratis/bayar ya?

    BalasHapus
  12. Terima Kasih atas tips artikelnya, sangat membantu
    akan saya terapkan di dalam blog saya.
    Sukses selalu ^_^

    BalasHapus
  13. Apakah komen disini bisa nambahin trafik blog ku? Haha..

    BalasHapus
  14. Terimakasih atas informasinya. Jika sekitar 80% telah melakukan hal diatas, tapi masih nggak begitu banyak juga pengunjungnya, permasalahannya dimana ya?

    BalasHapus
  15. Manteb om. Bisa sampai 51 cara.
    Nambahin:
    - Struktur blog yang baik.
    - Judul yang menarik
    - Judul yang unik walau dengan topik yang sama.
    - Topik yang belum ada atau masih sedikit.

    BalasHapus
  16. Busyet enda habis 20 menit bacanya ini gan...

    BalasHapus
  17. terimakasih kak, saya blogger pemula, sangat bermanfaat sekali ilmunya :)
    silahkan mampir dan beri kritik juga :)
    https://opinimey.blogspot.com/

    BalasHapus
  18. makasih gan... tak coba ya. mudah2an berhasil

    BalasHapus

CPNS

Soal CPNS

Drama Korea

Tips blogging

hukum