Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana, Beasiswa dan Sponsorship

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana, Beasiswa dan Sponsorship

Contoh Surat Permohonan - Kenyataannya hidup tidaklah selancar dan semudah seperti yang kita harapkan dan rencanakan.
contoh surat permohonan dana, beasiswa dan sponsorship

Terkadang dalam merencanakan dan mengerjakan sesuatu, sering kali kita dihadapkan pada berbagai permasalahan yang menghadang.

Contoh Surat Permohonan


Saya yakin, kita semua adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna, dengan segala kelebihan-kelebihan yang masing-masing dari kita miliki.


Ada yang memiliki bakat dibidang olahraga, bakat dibidang scince dan ilmu pengetahuan dan lain sebagainya.

Atau mungkin Anda adalah orang yang memiliki rasa dan jiwa sosial yang tinggi, sehingga ketika melihat ada musibah yang menimpa saudara sebangsa dan setanah air, Anda merasa wajib untuk membantu mereka.

Namun, terkadang kelebihan dan kemampuan yang dimiliki tidak dapat dikembangkan karena keterbatasan dalam hal pendanaan atau materi.

Tidak memiliki uang yang dapat disumbangkan untuk korban bencana alam, atau membantu orang lain, namun Anda memiliki kewajiban untuk membantu sesama.

Memang benar uang bukanlah segalanya, namun untuk melakukan segala hal kita membutuhkan uang.

Karena itu, jika Anda adalah seseorang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi, memiliki bakat dan kemampuan lebih sudah saatnya Anda tidak menyerah pada keadaan, menyerah karena tidak memiliki dana untuk membantu sesama dan mengembangkan bakat dan kemampuan Anda.

Sebab, bisa jadi, kelebihan dan bakat yang Anda miliki memiliki manfaat untuk banyak orang.

Anda memiliki ide untuk mengembangkan usaha Anda, memiliki sebuah rencana besar untuk kemajuan daerah Anda, atau apapun itu yang bisa memberikan manfaat untuk orang lain serta memerlukan dana yang tidak sedikit.

Saat itulah Anda memerlukan bantuan orang lain.

Baik itu pemerintah, pengusaha maupun teman dan rekan-rekan Anda.

Untuk meminta bantuan itu tentu Anda memerlukan sebuah pengantar yang baik, sebuah surat yang resmi agar usaha Anda untuk mewujudkan ide dan rencana Anda.

Dan sebagai pengantar atau surat yang baik dalam meminta bantuan dana, maka Anda harus membuat sebuah surat permohonan bantuan dana.

Karena itu, kami dari Awam Bicara akan membantu Anda membuat sebuah surat permohonan bantuan dana, sponsorship dan beasiswa yang baik, resmi dan benar sehingga memiliki kesempatan yang besar untuk dikabulkan.

Surat permohonan ini bertujuan agar orang yang kita mintai tolong mengetahui dengan pasti maksud dan tujuan kita.

Sebuah surat permohonan bantuan dana haruslah bersifat resmi, apalagi permohonan bantuan tersebut ditujukan kepada instansi pemerintah atau perusahan-perusahaan baik swasta maupun BUMN.

Selain sifatnya resmi juga harus memenuhi syarat-syarat penulisan yang benar, serta memiliki kata-kata yang baik dan tepat sehingga dapat mempengaruhi dan menggerakkan mereka untuk dapat mengabulkan permohonan kita.

Surat permohonan adalah surat yang berisi tentang permintaan atau permohonan kepada pihak yang kita tuju misalkan seperti lembaga, organisasi, instansi dan lain sebagainya.

Namun sebelumnya, Anda harus membedakan antara surat permohonan kepada pihak-pihak seperti tersebut diatas dengan surat permohonan yang diajukan di pengadilan.

Surat permohonan yang diajukan di pengadilan, adalah surat permohonan yang sifatnya hampir sama dengan surat gugatan, yakni permintaan untuk membuat sebuah keputusan hukum atas permohonan yang kita ajukan.

Misalnya surat permohonan perwalian atas anak yang belum dewasa, yakni surat permohonan kepada pengadilan dimana kita meminta untuk ditetapkan sebagai wali bagi anak yang belum dewasa.

Untuk surat permohonan bantuan kali ini kita akan membahas:

  • Surat permohonan bantuan dana
  • Surat permohonan sponsorship 
  • Surat permohonan bantuan beasiswa.

Surat permohonan bantuan ini dibuat agar bisa menjadi bukti tertulis bahwa apa yang kita mohonkan benar-benar adalah sebuah kegiatan benar kita laksanakan, bukan sebuah kegiatan fiktif.

Dan juga sebagai bentuk pertanggung jawaban atas bantuan dana yang telah diberikan.

Karena itu, dalam membuat sebuah surat permohonan bantuan dana resmi, maka surat permohonan yang akan dibuat wajib memenuhi syarat-syarat, seperti:

Perihal, tanggal dan kepada siapa surat permohonan ditujukan.


Pada bagian awal surat permohonan, Anda harus memuat perihal surat, tanggal surat permohonan dibuat, serta kepada siapa surat permohonan tersebut ditujukan.

Misalnya, jika Anda ingin meminta bantuan dana amal untuk bencana alam maka perihal yang harus Anda buat diawal surat permohonan bantuan dana Anda adalah "Permohonan Bantuan Dana Kegiatan Amal membantu Korban Gempa dan Tsunami Palu"

Tanggal surat permohonan adalah tanggal saat Anda membuat surat permohonan tersebut, serta kepada siapa dan alamat tujuan surat permohonan  tersebut.

Memuat identitas pemohon 


Pada pembukaan surat permohonan, Anda harus menjelaskan Identitas Anda sebagai pemohon dengan benar, yakni berupa nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomor ktp serta informasi-informasi penting lainnya yang menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang nyata-nyata ada, bukan fiktif.

Karena biasanya pihak yang dimintai tolong akan mengecek dan kroscek apakah benar nama, alamat serta identitas pemohon surat permohonan bantuan dana tersebut.

Dan jika Anda membuat surat permohonan dana amal bantuan korban bencana alam, ada baiknya Anda memberikan identitas organisasi atau wadah yang menjadi tempat Anda mengumpulkan Dana Bantuan Korban Bencana Alam.

Jadi, jika permohonan yang diajukan adalah untuk meminta dana bantuan korban bencana alam, seharusnya Anda berdiri sebagai sebuah organisasi atau badan, atau LSM yang memiliki AD/ ART yang jelas sehingga memiliki laporan pertanggung jawaban penggunaan dana yang jelas.

Surat permohonan bantuan dana yang dibuat haruslah ditulis secara ringkas dan mudah di cerna oleh pembaca. Namun juga  tetapi harus menjelaskan tujuan dan latar belakang mengapa surat permohonan bantuan dana tersebut dibuat dan ajukan.

Selain itu, agar Anda mendapatkan kepastian jawaban dari pihak yang Anda mintai bantuannya, maka Anda juga harus menjelaskan serta mencantumkan batasan waktu kapan Anda dapat menerima bantuan dana tersebut.

Dalam penulisan surat permohonan, pada umumnya dibuat dengan format yang teratur dengan tata letak yang rapi sehingga juga dapat mempengaruhi pembaca yang menjadi tujuan surat permohonan tersebut.

Dan jika surat permohonan tersebut berupa bantuan dana amal korban bencana alam, yang seharusnya dilakukan oleh sebuah organisasi atau LSM maka surat permohonan tersebut wajib di lengkapi dengan kop surat serta cap basah organisasi tersebut.

Tujuannya adalah untuk menunjukkan identitas organisasi atau LSM sebagai pemohon bantuan dana tersebut.

Serta tidak lupa pula dibawah kop surat tersebut di isi dengan nomor surat dan tanggal kapan surat di buat.

Isi Surat Permohonan


Setelah bagian awal surat yang berisi dengan format pembuatan surat permohonan yang resmi, pada bagian dari isi surat seharusnya di mulai dengan ucapan salam, mencantumkan isi dari surat permohonan tersebut dan di akhiri dengan tandatangan.

Dan jika surat permohonan bantuan dana yang dibuat tersebut adalah berupa surat permohonan dana bantuan korban bencana alam (yang dibuat oleh organisasi atau LSM) seharusnya Anda juga mencantumkan bahwa Anda akan memberikan laporan pertanggung jawaban penggunaan dana bantuan tersebut.

Dan jika surat permohonan tersebut berupa surat permohonan sponsorship maka seharusnya Anda melampirkannya dengan proposal acara yang akan Anda adakan yang mana membutuhkan sponsorship tersebut.

Lain halnya dengan surat permohonan bantuan dana beasiswa, Anda tidak harus memberikan atau mencantumkan laporan penggunaan dana, namun cukup dengan menjelaskan dan melampirkan bahwa Anda layak untuk mendapatkan beasiswa.

Misalnya dengan melampirkan nilai akademis yang Anda peroleh selama sekolah/ kuliah, sehingga Anda memang benar-benar layak untuk mendapatkan beasiswa.

Berikut ini adalah contoh surat permohonan bantuan dana amal, sponsorship dan beasiswa:

Contoh surat permohonan bantuan dana


1. Contoh surat permohonan bantuan sumbangan untuk korban bencana alam

contoh surat permohonan dana, beasiswa dan sponsorship

SURAT PERMOHONAN BANTUAN SUMBANGAN KORBAN BENCANA ALAM
Nomor:  6006/ Awam/ IX/ 2018

Pangkalpinang, 30 September 2018
Lampiran : 1 Lembar
Perihal : Permohonan Bantuan Dana
             Untuk Korban Bencana Alam
Kepada Yth.
Bapak/ Ibu 
…………………..
Di –
Pangkalpinang

Assalamualaikum Wr.Wb.

Segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah Nya kepada kita semua. Semoga kita semua selalu di berikan kesehatan dan dalam lindungan Nya.

Kami yang bertandatangan dibawah ini:

Organisasi : Awam@Net 
Alamat : Jl. A Yani Pkpinang
Izin pendirian organisasi : 12345/po/X/2017

Sebagai mana yang telah kita ketahui bahwa saudara-saudara kita yang berada di lombok baru saja mendapatkan musibah, berupa bencana alam gempa bumi.

Sebagai sesama, sebangsa dan setanah air, sudah seharusnyalah kita ikut berduka dan merasakan kesedihan yang mereka rasakan. Dan kita disini dapat memberikan bantuan kepada mereka yang tertimpa bencana alam tersebut.

Untuk itu, kami dari Organisasi yang berbadan hukum “Awam@Net”, bermaksud untuk mengumpulkan dana bantuan korban bencana alam lombok untuk disalurkan kepada korban bencana lombok.

Adapun dari dana yang dikumpulkan akan kami buatkan laporan pertanggungjawabannya, dan akan kami kirimkan kepada semua pihak yang berkepentingan, sebagai bentuk pertanggungjawaban dari kami.

Demikianlah surat permohonan ini kami buat. Atas keikhlasan dan bantuan yang di berikan, kami segenap panitia mengucapkan banyak terima kasih. Mudah-mudahan apa yang kita sumbangkan kali ini dapat menjadi manfaat dan menjadikan lebih banyak amal kita kepada Allah SWT. Amiin.
Wassalamualaikum. Wr.Wb

Ketua,


(Netizen)


Sekretaris,


(Awam)
   

Bendahara,


(Bicara)

contoh surat permohonan dana, beasiswa dan sponsorship


2. Surat permohonan bantuan dana pembangunan mushola - mesjid

SURAT PERMOHONAN BANTUAN DANA
Nomor:  6006/ Awam/ IX/ 2018

Pangkalpinang, 30 September 2018
Lampiran : 1 Lembar
Perihal : Permohonan Bantuan Dana
             
Kepada Yth.
Bapak/ Ibu 
…………………..
Di –
Pangkalpinang

Assalamualaikum Wr.Wb.

Segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah Nya kepada kita semua. Semoga kita semua selalu di berikan kesehatan dan dalam lindungan Nya.

Kami yang bertandatangan dibawah ini:

Organisasi : Panita Pembangunan Mesjid Ar-Rahman 
Alamat : Jl. A Yani Pkpinang

Berdasarkan rapat dewan pengurus mesjid Ar-rahman, yang mana direncanakan pada bulan November 2018, akan dimulai rehab dan pembangunan Mesjid Ar Rahman, kami dari selaku panitia meminta Bapak/ Ibu bersedia untuk memberikan bantuan dana yang seikhlasnya, demi untuk membantu kelancaran rehab dan pembangunan mesjid kita.

Perkiraan dana yang dibutuhkan untuk rehab dan pembangunan Mesjid adalah Rp2.100.000.000,00; dengan rincian :

Biaya bahan ……………Rp1.800.800.000;
Biaya tukang…………………………………………….Rp200.200.000,-

Demikianlah surat permohonan bantuan dana ini kami buat. Atas keikhlasan dan bantuan yang bapak/ ibu berikan, kami segenap panitia pembangunan mesjid Ar rahman mengucapkan banyak terima kasih. Semoga apa yang telah kita sumbangkan ini dapat menjadi manfaat dan menjadikan lebih banyak amal kita kepada Allah SWT. Amiin.

Wassalamualaikum. Wr.Wb

Ketua Panitia,


(Netizen)


Sekretaris,


(Awam)
   

Bendahara,


(Bicara)

Contoh surat permohonan beasiswa


Perihal : Permohonan Beasiswa
Lampiran : 1 Berkas

Kepada Yth,

Rektor Universitas Awambicara

Jalan Gandaria 1, pangkalpinang

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi bahwa Universitas Awambicara menerima pendaftaran beasiswa mahasiswa unggulan tahun ajaran 2018/ 2019, yang mana telah di umumkan pada tanggal 30 September 2018, Nomor: 124/ Pengumuman/ ABI/ IX/ 2018, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: Citizen Awam
NIM : 191919197458
Fakultas : Hukum
Jurusan  : Hukum Perdata
Semester : III (tiga)
Tempat/tanggal lahir : Pangkalpinang, 30 Februari 1998
Alamat : Jalan A Yani Pangkalpinang

Untuk memenuhi syarat penerimaan beasiswa mahasiswa unggulan 2018/ 2019 seperti yang telah ditentukan, bersama ini saya lampirkan:

1. Foto copy tanda penduduk (KTP)
2. Foto copy kartu tanda mahasiswa (KTM)
3. Surat keterangan penghasilan orang tua
4. Foto copy transkip nilai semester 1-2
5. Foto copy buku rekening tabungan
6. Fotocopy rekening Listrik 3 bulan berakhir
7. Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan
8. Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)
9. Surat pernyataan tidak sebagai penerima beasiswa dari tempat lain
10. Pas foto 4 x 6 (empat lembar)
11. Surat rekomondasi dari dekan bidang kemahasiswaan

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya agar permohonan beasiswa yang saya inginkan ini dapat dikabulkan. Atas perhatian dan perkenan Bapak/ Ibu, Saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya



Citizen Awam
NIM. 191919197458

Contoh surat permohonan sponsorship


contoh surat permohonan dana, beasiswa dan sponsorship

Surat Permohonan Sponsorship
Nomor : 2525/ ABI/ 09/ 2018

Lampiran : 1 (satu) Proposal
Perihal : Permohonan Sponsorship

Kepada Yth.
Jajaran Direksi PT Infomedia ID
Di-Tempat

Sehubungan dengan akan diadakannya seminar SEO (Search Engine Optimization) dari kami Blogger Babel Community (BBC), yang akan kami adakan di:

Tempat: Hotel Novotel Bangka Belitung 
Hari/ tanggal: Jumat, 30 November 2018

Pembicara: 
- Owner Umiku ID  
- Owner Sedulur ID
- Owner Umahliyu 
- Owner Awambicara ID, 
- Owner Duniasa
- Owner Sembikai

Maka kami dari Awam@Net - Blogger Babel Community (BBC) memiliki misi untuk memberikan masyarakat khususnya pegiat blogger dan vlogger Babel untuk lebih baik dan lebih sukses lagi dalam meningkatkan trafik pengunjung blog dan vlogger mereka.

Adapun acara seminar tersebut untuk para peserta tidak kami pungut biaya.

PT Infomedia ID sebagai perusahaan terkemuka dibidang Internet Marketing, yang telah memiliki jaringan kerjasama yang luas dengan pengembang aplikasi dan situs web serta startup online lainnya, dapat memberikan bantuan demi kelancaran acara tersebut. 

Berhubung dengan hal tersebut dan demi dukungan supaya acara seminar SEO ini berjalan dengan lancar, kami dari Blogger Babel Community mohon kesediaan dari PT Infomedia ID untuk berpatisipasi sebagai donator. 

Proposal dalam sponsorship akan kami lampirkan dalam surat permohonan ini. 

Untuk pembayarannya sendiri bisa di transfer melalui :

No. Rekening : 1234567890
Atas Nama : AwamNet
Nama Bank : Bank BCA Cabang Pangkalpinang

Untuk konfirmasi kesediaan PT Infomedia ID dapat menghubungi Telp/ Fax. 0717-721217, atau e-mail: awambicara@gmail.com.

Atas kerjasama dan perhatian kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

CEO Awam@Net


Citizen Awam

Itulah tadi, contoh surat permohonan untuk keperluan bantuan dana, beasiswa dan sponsorship dari kami. Semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dan dapat menambah wawasan Anda. Terima Kasih.
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar