11+1 Tips SEO Terbaik Untuk Blogger Pemula
11+1 Tips SEO Terbaik Untuk Blogger Pemula

11+1 Tips SEO Terbaik Untuk Blogger Pemula

Sering dilihat:

SEO itu apa sih?

Pertanyaan ini pasti dimiliki oleh setiap blogger pemula, begitu juga saya.
Tips SEO Terbaik Untuk Pemula

Jujur saja sampai saat ini yang saya ketahui tentang SEO adalah dari singkatannya saja, yakni Search Engine Optimizing, atau Optimasi Mesin Telusur. 

Yang maksudnya adalah cara mengoptimasi konten kita agar bisa berhasil menduduki peringkat teratas atau setidaknya berada di halaman pertama dari hasil pencarian dari mesin telusur semacam google, bing, yandex, duckduckgo, yahoo dan sebagainya.

Dalam istilah awam, SEO dapat diartikan alat baru yang memiliki kemampuan untuk membuat pengguna/ pemirsa menemukan situs atau blog kita di halaman pertama mesin pencari, atau peringkat teratas dari hasil penelusuran.


Tips SEO Terbaik untuk Blogger Pemula


Bagi seorang blogger, pengetahuan tentang SEO itu sangat penting, karena didalam dunia blogging konten yang kita buat mempunyai pesaing yang sangat banyak, untuk satu niche atau tema yang sama saja memiliki ratusan hingga ribuan bahkan jutaan pesaing.

Sehingga menjadi seorang blogger tidak hanya cerdik, kreatif dan berpandangan jauh kedepan saja yang harus menjadi perhatian, namun juga memiliki sedikit pengetahuan tentang teknik SEO dasar bagi blogger pemula.

Seorang blogger professional sekalipun tidak pernah meninggalkan SEO untuk setiap konten yang diterbitkannya, dan SEO sendiri selalu berkembang dan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, seiring dengan perbaikan-perbaikan dan penyempurnaan algoritma dari mesin pencarian itu sendiri.

Apalagi bagi seorang blogger pemula, walaupun tidaklah mahir dalam SEO atau baru sekedar kenal dan tahu saja, setidaknya mengetaui dasar dari SEO itu sendiri.

Hampir setiap start up atau merek yang sudah mapan dan terkenal memiliki satu devisi khusus di bidang SEO, dan mengandalkan tim SEO mereka untuk menghasilkan popularitas di internet, yakni dengan membawa perusahaan ke halaman paling atas dari mesin pencari terpopuler di dunia!

Untuk memudahkan Anda agar lebih mengerti, berikut ini adalah beberapa pengertian mengenai apa itu SEO.

  • Anggaplah seseorang sedang mencari 'Contoh Soal CPNS 2018' di mesin pencari populer seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex, duckduckgo dan sebagainya, dan dari hasil pencarian tadi, situs-situs atau blog yang masuk dalam daftar teratas hasil pencarian dianggap sebagai SEO terbaik dengan konten relevan yang terkait dengan Contoh Soal CPNS 2018. Karena hanya halaman dan konten yang relevan lah yang didorong ke atas mesin pencarian dan berada pada slot teratas.
  • SEO mempengaruhi berbagai jenis penelusuran organik seperti penelusuran gambar, penelusuran video, penelusuran akademis atau lokal.
  • Search Engine Optimization (SEO) memperhitungkan apa yang orang cari, kata kunci yang mereka gunakan untuk mencari dari berbagai search engine yang disukai oleh pengguna.
  • SEO juga mencakup tentang mengumpulkan lalu lintas di situs web dengan dukungan, pengindeksan, dan inbound link.
Sekarang, setidaknya anda sudah sedikit memiliki pemahaman tentang SEO, dan jika anda sudah memahaminya secara menyeluruh, maka akan sangat mudah bagi Anda untuk mengembangkan strategi SEO situs atau blog Anda. 

Jika semua teknik SEO berhasil Anda kuasai dan disatukan dan diterapkan didalam situs atau blog Anda, sudah dapat dipastikan bahwa situs atau blog Anda akan menjadi pusat perhatian dan dikenal orang banyak, serta menciptakan brand tersendiri dari blog atau situs anda.

Saya telah mengumpulkan beberapa tips SEO yang ditujukan untuk pemula atau blogger pemula, berdasarkan pengalaman dan apa yang telah saya pelajari selama ini yang akan membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google Search Engine!

Berikut 11+1 Tips SEO Terbaik Untuk Pemula:

1. Jadikan Blog atau Situs anda Mobile Friendly:


Berdasarkan data yang ada, semenjak dari tahun 2015, penelusuran seluler telah melampaui penelusuran desktop. 

Dengan kata lain, pengguna internet versi mobil atau seluler semakin meningkat setiap tahunnya dan melebihi para pengguna desktop (PC). 

Untuk itu, mau tidak mau, anda HARUS membuat situs atau blog anda tersedia untuk tampilan mobile/ seluler, agar peluang besar yang ada pasar internet ini dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Bahkan beberapa analisa pasar internet, mengungkapkan, bahwa situs atau blog mobile lebih baik daripada situs atau blog yang responsif. 

Optimasi mobile memperhitungkan desain situs/ blog, kecepatan halaman, dan struktur situs/ blog. 

Penyajian dinamis, dengan URL terpisah adalah beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan saat membuat situs Anda tersedia untuk tampilan seluler. 

Sebagai dasar SEO, seseorang harus mengikuti langkah ini untuk menampilkan peringkat Google dari situs Anda.

2. Gunakan Meta Title Tag dan Meta Deskripsi Tag yang Unik:


Tips SEO untuk pemula ini tentang Meta Title dan Meta Deskripsi adalah hal yang paling penting! Deskripsi meta tag adalah deskripsi kecil yang ada di bawah tautan web/ blog yang muncul dihasil pencarian. 

Beberapa baris tersebut adalah cuplikan informasi tentang situs yang muncul setelah hasil pencarian. 

Deskripsi meta tag unik akan meningkatkan rasio klik-tayang dan meningkatkan pengunjung dari penelusuran organik. 

Meta Title dan Meta Diskripsi ini juga akan meningkatkan kunjungan dari media sosial seperti Facebook, Twitter, dll. 

Penting untuk menulis konten yang menarik dengan 1 atau 2 kata kunci dalam hampir dari 150 karakter. 

Untuk mengoptimasinya Anda harus menghindari Meta Title Tag dan Meta Deskirpsi Tag Duplikasi serta menghilangkan karakter alfanumerik.

3. Buat URL Postingan yang SEO Friendly:


Sebagai seorang blogger pemula untuk mengoptimasi mesin pencari postingan blog kita bisa kita lakukan dengan membuat URL postingan yang SEO Friendly untuk setiap posting. 

Membuat URL postingan yang SEO Friendly tidak hanya bagus buat mesin telusur, namun juga bisa membuat konten atau postingan blog kita mudah diakses dan meningkatkan klik-tayang.

Karena Anda benar-benar dapat membuat pengguna mengingat posting dengan mudah, alih-alih URL postingan berupa angka atau kode-kode angka tertentu.

Namun, pastikan URL Postingan itu mudah dibaca dan dilengkapi dengan kata kunci yang sesuai. Serta buat URL yang tidak terlalu panjang atau lebih pendek karena lebih disukai robot mesin pencari!
  • Contoh URL Postingan Tidak SEO Friendly: https;//www,bloganda,com/p-s829238339,html
  • Contoh URL Postingan SEO Friendly: https;//www,bloganda,com/tips-seo-untuk-pemula,html


4. Format Konten dengan Heading Tags (H1, H2, H3):


Sebagai salah satu tip dasar SEO untuk blogger pemula, tags posting tidak hanya penting untuk menyusun konten namun membuat situs web Anda user-friendly. 

Ini mengkategorikan konten Anda dan memungkinkan Anda menggabungkan kata kunci dalam teks Anda. 

Pastikan Anda memberi prioritas pada judul dengan tag H1, tag H2 untuk sub judul, tags H3 untuk sub-bagian artikel dan seterusnya. 

Sangat penting bagi anda untuk memahami penggunaan masing-masing tags Heading didalam konten postingan anda, namun harus diingat penggunaannya haruslah seefektif dan seefisien mungkin. 

Teks yang terstruktur, dikategorikan, dan mudah dimengerti akan membuat robot mesin pencari mudah untuk mengindeks dan menentukan hasil pencarian yang relevan untuk artikel postingan kita.

5. Buat Konten Halaman Anda Selalu Terupdate:


Agar mendapat peringkat lebih tinggi di hasil pencarian mesin telusur seperti Goolge, konten unik dan terupdate di situs web atau blog adalah sangat penting. 

Karena sesuai pedoman Google, setiap halaman di web dianalisis untuk keunikannya. 

Teruslah perbarui halaman Blog anda untuk menjaga kesegarannya dan agar blog anda terlihat hidup karena selalu diupdate dan diperbaharui, terutama dalam teks penting seperti bodi utama. 

SEO mengadopsi konten yang paling unik dan segar dan menilainya di sebagian besar halaman. Ide ini bisa anda implementasikan dengan menerapkan tips SEO untuk blogger pemula diartikel ini.

6. Hindari Memasukkan Kata Kunci Target Secara Berlebihan - Gunakan Kata Kunci Terkait/ Turunannya:


Penggunaan kata kunci (keyword) memang penting, namun pakar-pakar SEO menghindari memasukkan kata kunci ke manapun dan di mana saja, karena hal ini tidak baik untuk SEO. 

Sebagai gantinya, selalu jaga penempatan, kedekatan, dan penggunaan kata kunci yang sesuai. 

Anda bisa menggunakan sinonim atau kata kunci/ keyword LSI (Laten Semantic Indexing) di seluruh teks dan membuat konten Anda unik dan relevan dengan pencarian.

8. Enable Breadcrumbs:


Breadcrumbs adalah alat navigasi penting yang membantu orang untuk memahami lokasi mereka di situs anda. 

Pakar SEO menyarankan bahwa ini adalah salah satu tip pengoptimalan terbaik untuk blogger pemula karena Breacrumps membantu navigasi yang mudah dan mudah dalam menavigasi isi dari keseluruhan situs/ blog, Google membantu mencantumkan situs dengan Breadcrumps dengan cara yang lebih tinggi. 

Manfaat lain dari penggunaan breadcrumbs termasuk antarmuka yang mudah digunakan, estetika yang hebat, dan navigasi yang mudah.

9. Optimasi Image untuk Mesin Telurus/ Search Engine:


Hal ini memang tidak akan memaksimalkan lalu lintas di situs/ blog kita, namun akan meningkatkan rangking blog/ situs kita di laman hasil pencarian Google mengingat fakta bahwa Anda telah menggunakan kata kunci untuk hal yang sama. 

ALT Texts juga merupakan cara yang bagus untuk mengoptimalkan gambar karena juga menambahkan nilai SEO ke situs/ blog Anda. 

Hal ini juga penting untuk mengatur dimensi gambar. Namun ingat, jangan terlalu banyak meletakkan kata kunci yang sama dibanyak gambar dalam satu postingan yang sama didalam ALT Text. 

Selain dari pada itu, ukuran Image juga mempunyai peranan tersendiri dalam optimasi SEO, yakni dengan mengecilkan ukuran Image sehingga waktu render atau loading blog/ situs kita tidak membutuhkan waktu lama.

10. SEO On Page - Internal Link:


Ini adalah proses SEO yang sangat penting atau bisa kita katakan benar-benar tip dan trik SEO untuk pemula. Dengan menghubungkan subpages atau antar postingan blog Anda. 

Dengan membuat internal link yang menghubungkan antara postingan anda yang satu dengan yang lainnya, akan membuat pengunjung anda tetap berada di halaman blog anda. 

Dengan cara ini halaman situs atau blog Anda akan ditandai relevan oleh Google. Interlinking adalah salah satu metode optimasi mesin pencari yang paling mudah dan paling efektif.

Namun ingat, dalam membuat internal link, sangat disarankan untuk membuat postingan link yang relevan masing-masing artikel. 

Yang artinya, jika ingin membuat tautan keluar dengan halaman postingan sendiri (internal link) masih ada hubungannya dengan postingan itu sendiri.

11. Sharing di Social Media:


Cara ini adalah metode termudah dan relevan untuk meningkatkan rangking Anda di Google. 

Dengan cara membagikan postingan blog anda di berbagi halaman media sosial Anda seperti Facebook, Instagram, Twitter atau ke situs media sosial profesional lainnya semacam LinkedIn, selain akan menghasilkan citra merk (brand) untuk blog anda, juga akan meningkatkan popularitasnya dan menjangkau sejumlah orang sekaligus!

11+1. Backlink dari Situs yang memiliki Otoritas yang Baik:


Mengapa tahap akhir dari tips SEO untuk Blogger Pemula ini tidak saya lanjutkan dengan nomor 12? 

Namun dengan menambahkan 1 lagi menjadi 11+1?

Adalah karena backlink memang cara yang sangat cepat dan efektif dalam meningkatkan peringkat blog kita dihasil pencarian mesin telusur. 

Apalagi backlink yang didapatkan dari situs-situs yang memiliki populeritas tinggi atau memiliki DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) yang tinggi.

Selain itu, mendapatkan backlink dari situs yang memiliki otoritas yang baik, tidaklah mudah dan juga merupakan salah satu teknik SEO yang biasa disebut dengan SEO off page.

Anda juga dapat melakukan blogwalking, atau berkomentar disitus-situs atau blog-blog lain dengan menempatkan link yang menuju situs/ blog anda sendiri. 

Namun harus diingat, dalam berkomentar diblog atau situs lain dan menanamkan backlink disana, harus lah relevan. 

Artinya blog tempat kita menanamkan backlink dengan cara berkomentar tadi satu niche atau tema dengan blog kita, dan isi dari komentarnya pun haruslah sesuai dengan topik yang dibahas.

Karena teknik SEO dengan cara blogwalking atau meninggalkan komentar diblog lain ini sangat rentan dianggap SPAM, untuk itu sangat dianjurkan jika anda melakukan teknik SEO yang satu ini benar-benar meninggalkan komentar yang sesuai denga topik postingan dan juga sesuai atau se niche dengan blog anda.

Teknik SEO terbaik yang pertama kali harus diperhatikan adalah menentukan dan memilih nama domain blog baru yang efektif dan menarik bagi pembaca.

Selanjutnya baru kemudian kita memperhatikan teknik dan cara membuat postingan blog yang efektif memikat pembaca.

Tips SEO terbaik ini benar-benar diperuntukkan bagi seorang blogger pemula, sebagaimana hal ini menjadi artikel catatan pribadi penulis.
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar