Tips Memilih dan Menentukan Nama Domain Blog Baru yang Efektif Tahun 2018
Tips Memilih dan Menentukan Nama Domain Blog Baru yang Efektif Tahun 2018

Tips Memilih dan Menentukan Nama Domain Blog Baru yang Efektif Tahun 2018

Baca juga:

Pemilihan dan penentuan nama domain untuk blog baru sangat penting untuk dilakukan bagi siapa saja yang ingin menjadi seorang blogger atau bagi yang berencana untuk menjadi salah satunya. 

Tips Memilih dan Menentukan Nama Domain Blog Baru yang Efektif


Karena dengan memilih dan menentukan nama domain blog yang tepat maka akan sangat efektif dalam menarik pemirsa atau pembaca untuk blog kita nantinya. 

Pemilihan dan penentuan nama domain blog baru juga berperan penting dalam memberikan informasi awal dan sebagai identifikasi kualitas dan niche dari blog baru yang akan kita luncurkan.

Tips Memilih dan Menentukan Nama Domain Blog Baru yang Efektif Tahun 2018

Selain itu, pemilihan dan penentuan nama domain juga mempunyai peranan penting dalam optimasi mesin telusur, atau istilahnya SEO (Search Engine Optimizing), dan yang pasti juga untuk periklanan. 

Karena berdasarkan pengalaman dari para blogger, sebagian besar pengiklan menolak atau enggan untuk menjadikan dan menambahkan suatu blog untuk menjadi partner pengiklan mereka hanya dengan melihat nama domain nya saja. 

Nama domain itu sendiri menunjukkan bahwa blog tidak berguna bagi mereka dan mereka tidak akan menunjukkan minat untuk beriklan di blog itu.

Sebagian besar blogger pemula enggan untuk menginvestasikan uang mereka untuk membeli domain untuk blog mereka, dan kebanyakan dari mereka memilih untuk menggunakan domain dan sub domain gratisan. 

Ada juga sebagian besar dari mereka membeli domain yang menunjukkan target wilayahnya untuk negara tertentu saja dikarenakan harganya yang murah karena lagi ada diskon dan lain sebagainya.

Yang pasti berdasarkan pengalaman dari banyak blogger-blogger pemula pada dasarnya mereka kurang memperhatikan dalam pemilihan dan penentuan nama domain untuk blog baru mereka. 

Bahkan, mereka lebih sering takut atau merasa rugi untuk sedikit mengeluarkan uang hanya sekedar untuk membeli domain yang harganya tidaklah lebih dari 200ribu rupiah. 

Padahal pada dasarnya waktu kita membeli sebuah domain, artinya sama saja kita menginvestasikan uang kita untuk masa depan, karena domain yang telah memiliki umur akan sangat mahal dihargai, dan tentu saja kita bisa menjualnya dengan harga yang sedikit lebih tinggi.

Untuk itu, saya disini memutuskan untuk berbagi pengalaman dan membantu para blogger-blogger pemula dalam memilih, menentukan dan mendaftarkan nama domain untuk blog baru, yang bagus serta efektif dalam menarik dan memikat pemirsa atau pembaca

Pada artikel ini saya akan membagikan rincian lengkap tentang bagaimana cara memilih dan menentukan nama domain yang tepat dan efektif untuk sebuah blog atau website.

Pemilihan nama domain yang tepat dan efektif ini tidak terlepas dari cara kita mengoptimalkan SEO. Apalagi jika kita adalah seorang blogger pemula, yang mungkin belum mengerti tentang apa itu SEO.

8 Cara Memilih dan Menentukan Nama Domain yang Tepat dan Efektif Untuk Blog:

Sekali lagi, dalam menentukan dan memilih nama domain untuk blog kita, kita harus berhati-hati dan meluangkan sedikit waktu kita dalam penentuan dan pemilihan nama domain ini. 

Karena jika tidak, kita bisa banyak kehilangn yang sangat bermanfaat dalam perjalanan blogging kita. Sebuah nama domain adalah gambaran dari apa yang orang atau pembaca lihat di blog kita pada awalnya.

Jadi karena itu saya pastikan bahwa nama domain yang bagus sangat penting untuk setiap blog, terutama untuk SEO yang pada akhirnya akan sangat efektif dalam menarik pemirsa atau pembaca untuk blog kita. 

Untuk itu, berikut poin-poin penting yang harus diperhatikan sebelum membeli nama domain untuk blog atau situs web.

1. Fokus dengan Niche Blog:


Dalam mendaftarkan nama domain, yang paling pertama yang harus anda perhatikan adalah mempertimbangkan dan fokus pada niche blog anda. 

Misalnya, jika blog Anda terkait dengan teknologi, maka akan sangat efektif dalam mendaftarkan domain dengan nama yang berkaitan dengan teknologi.

Contohnya: technotips, tipstekno, buzztech, worldtech, awamtekno, teknoforawam, dan sebagainya yang pasti semua ada dalam rumpun niche teknologi. 

Dengan memilih dan menggunakan nama domain tersebut, maka saat pembaca melihat nama domain kita, maka dengan sangat mudah sekali mereka memastikan bahwa web atau blog kita berhubungan dengan teknologi. 

Contoh lainnya adalah Dunia Asa - Dunia Wisata dan Kuliner, mereka menggunakan duniasa dot com. Domain ini pendek, sederhana dan memiliki brand. 

Jadi selalu berusaha untuk memilih dan membeli nama domain dengan niche yang relevan.

2. Panjang Nama Domain:


Walaupun tidak ada batasan khusus dalam memilih dan menentukan nama domain, namun kita harus memilih nama domain dengan panjang tidaklah melebihi 20 karakter. 

Mengapa demikian? 

Karena nama domain dengan panjang 20 karakter sulit untuk diketik apalagi untuk diingat. Jadi sedapat mungkin pilihlah nama domain yang sesingkat mungkin.

3. Pilih Nama Domain Yang Bisa Dibaca & Mudah Untuk Diingat:


Pilihlah nama domain yang mudah dibaca dan juga mudah diingat. Jika nama domain susah atau tidak mudah untuk dibaca, maka pemerisa atau pengunjung tidak dapat mengingatnya dan kita mungkin kehilangan lalu lintas penting untuk blog kita.

Contoh nama domain lkasdmon dot com sangat sulit untuk mengeja dan mengingat. 

Saya yakin tidak ada siapapun yang dapat dengan mudah mengingat nama domain ini. Jadi hindari jenis nama ini saat mendaftarkan nama domain untuk blog atau website anda.

4. Hindari Penggunaan Underscores ( _ ), Tanda Hubung ( - ) & Karakter Khusus Lainnya dalam Nama Domain:


Sering kita melihat atau setidaknya pernah kita melihat nama domain yang memiliki karakter Underscores( _ ), tanda hubung ( - ), dan saya dulu sebelum menggeluti dunia blogger, saat saya menjadi seorang user atau pengguna jika dalam browsing atau mencari sesuatu di mesin telusur dan menemukan web atau blog dihasil penelusuran yang menggunakan tanda ( _ ) atau ( - ) sering kali saya abaikan, karena kebanyakan domain yang nama domainnya menggunakan karakter-karakter khusus tersebut adalah domain-domain spam.

Yang mana setiap kali membuka domain yang memiliki karakter khusus tadi sering kali diarahkan ke situs atau web lain, dan pop up yang muncul dan sulit untuk ditutup.

Selain itu, banyak pakar-pakar SEO tidak menganjurkan nama domain yang menggunakan karakter khusus ini, karena selain tidak baik untuk SEO, memilih dan menggunakan karakter khusus dalam nama domain akan mengurangi keterbacaan dan juga tidak dapat diingat dengan mudah.

Gunakan karakter khusus ini hanya jika nama domain yang paling Anda sukai tidak tersedia. 

Sebagai contoh jika Anda menyukai netizenawam nama domain dan netizenawam dot com tidak tersedia, maka dalam hal ini Anda bisa memasukkan karakter khusus di dalam nama domain seperti netizen-awam dot com.

5. Jangan Gunakan Nama Domain dengan Kata Kunci yang Persis Sama:


Memang terdengar aneh dan tidak masuk akal, jika dilihat dari sudut pandang SEO, penggunaan nama domain yang sama persis atau cocok dengan kata kunci sangat tepat dan baik karena akan membuat domain kita mudah masuk halam pertama hasil pencarian google dengan kata kunci tersebut.

Mengapa demikian? 

Karena jika kita melakukannya, maka besar kemungkinannya blog atau website kita akan terkena update google EMD. 

Untuk itu, kita seharusnya menggunakan nama domain pencocokan parsial dengan kata kunci untuk mendapatkan peringkat pencarian yang lebih tinggi dan bertahan lama di posisi teratas.

Sebagai contoh, blog Anda terkait dengan Panduan Wisata atau Travel Guide, maka nama domain panduanwisata dot com atau travelguide dot com memang nama domain yang pencocokannya tepat dan baik.

Namun untuk menghindari terkena update google EMD, sebagai gantinya kita bisa menggunakan nama domain seperti wisatamagz dot com, duniawisata dot com, travelbuzz dot com, travelworld, tripisme dot com, dll. 

Ini adalah kata kunci pencocokan parsial dengan kata kunci "wisata dan travel". 

Jadi hal ini akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan lalu lintas pencarian organik yang bagus, serta dapat membantu dalam mengoptimalkan blog untuk mesin pencari dan juga praktik seo yang baik dan bagus (white hat SEO).

Contoh lainnya, anda bisa melihat blog Panduan Internet Marketing nya om Dharmawan, dalam pemilihan nama domainnya, dia memilih nama domain yang singkat, dan mudah diingat, yakni panduanim dot com.

6. Jangan Gunakan Domain Gratisan & Sub Domain:


Sub domain adalah domain yang diakhiri dengan nama domain utama lain setelah nama domain kita. 

Misalnya www. blogkamu. blogspot. com dan untuk semua sub domain, baik itu blogspot. com, wordpress. com, dan sebagainya. 

Dengan menggunakan sub domain ini, kita tidak memiliki kontrol penuh atas domain yang kita miliki melebihi pihak penyedia domain gratisan tersebut.

Contoh lainnya adalah untuk blogspot saja, semenjak tahun 2013, google telah mengupdate layanan blogging dan domain gratisan mereka dengan mengganti nama domain sesuai dengan user yang menggunakan atau membaca blog kita. 

Yakni, google memindahkan semua blog dengan sub domain blogspot. com ke negara tertentu. 

Jadi jika blog kita adalah abcd. blogspot. com, maka jika seorang pengunjung berasal dari Indonesia, maka dia akan diarahkan ke url abcd.blogspot. co. id Jika pengunjung berasal dari australia, maka domain tersebut akan disalin ke abcd. blogspot. au.

Dengan jenis pengalihan ini, maka blog kita akan memiliki beberapa url untuk satu blog. Ini akan sangat berpengaruh pada peringkat pencarian Anda. 

Dan juga berpengaruh pada backlink anda dan alexa rank. 

Setiap link spesifik negara akan memiliki alexa rank tersendiri dan pengunjung dari australia akan terhubung kembali ke blog Anda dengan url abcd.blogspot.au dan pengunjung dari Indonesia akan link kembali ke blog Anda dengan url abcd.blogspot. co. id. Ini akan berpengaruh langsung pada tidak ada backlink dan page rank blog kita.

Dan yang pasti hampir semua pengiklan akan kurang menunjukkan minat nya untuk beriklan di blog dengan domain gratis dan dengan sub domain. 

Karena blog dengan domain gratis & sub domain memiliki reputasi yang kurang baik dimata pengiklan, dan kurang dipercayai, karena mereka meyakini blog yang memiliki nama domain gratis dan sub domain tidak akan bertahan lama sehingga tidak memiliki tingkat kepastian yang baik untuk dijadikan partner pengiklan.

Selain itu juga, para advertiser atau pengiklan pastinya akan berpikir bahwa jika seorang blogger tidak mau berinvestasi hanya untuk membeli nama domain saja untuk blog mereka sendiri, maka sudah dapat dipastikan bahwa blogger semacam ini tidak akan bertahan lama, blogger musiman dan tidak memiliki reputasi yang baik. 

Oleh karena itu pengiklan menolak untuk beriklan di blog dengan domain gratis & sub domain.
  1. Contoh Untuk Domain Gratis adalah abiabi.tk, awamawam.co.cc, awam.ga, dll.
  2. Contoh Untuk Sub Domain Gratis adalah abcd.blogspot. com, abcd. weebly. com, abcd. wordpress. com, abcd. wix. com, dll.


7. Hindari Memilih dan Mendaftar Domain Spesifik Negara:


Sebagian besar pemula menunjukkan minat untuk membeli nama domain spesifik negara untuk blog mereka karena harganya lebih murah, begitu juga dengan blog saya ini, pertama kali saya membeli domain .id ini karena sedang ada promo dan harganya murah.

Tips Memilih dan Menentukan Nama Domain Blog Baru yang Efektif Tahun 2018


Membeli dan mendaftarkan domain spesifik negara memang akan menunjukkan dampak yang tinggi pada SEO dan juga para advertiser atau pengiklan diblog kita khusus dari negara tertentu pula. 

Umumnya domain khusus negara ditetapkan dengan penargetan geografis negara-negara tersebut. Jadi ada kemungkinan akan sulit untuk mendapatkan lalu lintas dari negara lain. 

Jika blog Anda hanya terkait dengan negara tertentu, maka Anda dapat memilih dan mendaftarkan domain khusus negara. Jika tidak, sebaiknya menjauhi domain spesifik negara.

Contohnya untuk blog saya ini, awambicara.id. 

Memang benar saya memilih dan membeli domain .id karena harganya lagi diskon saat itu, namun tetap saja untuk perpanjangannya nanti tetap mahal. 

Saya memilih domain .id karena saya memang menargetkan blog saya ini dengan target pemirsa atau pembaca dari Indonesia.

Yang mana blog ini memang ber niche edukasi (belajar), terutama untuk bidang hukum, bahasa inggris, seleksi penerimaan CPNS, dan blog. 

Jadi jelas, karena niche blog ini adalah belajar tentang hukum yang memang khusus hukum yang berlaku di Indonesia, yang mana tentu saja akan sangat tidak masuk akal jika niche hukum Indonesia saya jadikan penargetannya Internasional. 

Niche belajar bahasa inggris yang mana ditujukan untuk pembaca dari Indonesia, karena pembahasannya memang dengan cara-cara Bahasa Indonesia, Niche belajar CPNS, nah kalo yang ini sudah jelas dan sudah pasti penargetannya memang untuk target negara Indonesia, karena dinegara lain tidak ada seleksi CPNS, kan tidak lucu jika saya membuat blog niche belajar cpns tapi targetnya Internasional. 

Begitu juga dengan niche Blog yang memang saya targetkan untuk negara Indonesia, namun untuk belajar blog ini, saya agak sedikit berbeda, karena apa yang saya sampaikan di label Belajar Blog ini adalah merupakan pengalaman-pengalaman saya saat saya mulai menggeluti dunia blogging ini. 

Jadi apa yang saya sampaikan di label Belajar Blog ini adalah benar-benar pengalaman tentang apa yang saya alami, hadapi dan rasakan. Serta sebagai pengingat saya jika nanti saya menghadapi permasalah-permasalahan yang sama dikemudian hari.

Sebagian besar pengiklan yang menginginkan keterpaparan global atau target iklannya secara global memang kurang menunjukkan minat untuk beriklan di domain spesifik negara tertentu, karena memang hanya ditargetkan untuk negara tertentu saja. 

Namun Pengiklan atau Advertiser yang memang target audience nya dari negara tertentu tentu saja akan memilih domain spesifik negara tertentu.

Jadi jika anda sedang ingin memilih dan menentukan nama domain untuk blog baru anda yang efektif dalam menarik pemirsa atau pembaca, maka tentukan terlebih dahulu niche anda dan fokus pada niche tersebut dan yang tidak terkalah pentingnya adalah tentukan terlebih dahulu target pemirsa blog atau website anda, dan mulailah dalam memilih nama domain serta domain tingkat atas.
  1. Contoh Untuk Domain Spesifik Negara tertentu adalah .id, .au, .ca, .us, in, sg, my, dll.
  2. Contoh Untuk Domain Tingkat Atas adalah .com, .org, .net, dll.

 

8. Berhati-hati dalam Membeli Nama Domain Lama atau yang Sudah Ada:


Banyak orang yang memang menjual domain yang ada atau domain yang sudah mereka miliki dengan biaya sangat rendah atau dengan biaya yang sangat tinggi jika populeritas dari domain web atau blog yang memiliki nama domain yang bagus. 

Tapi saat membeli nama domain yang sudah ada atau terdaftar, Anda harus sangat berhati-hati.

Karena tidak menutup kemungkinan domain yang sudah terdaftar lama yang dijual tersebut dikenakan sanksi dari google atau mesin telusur lainnya atau bahkan mungkin diblokir dari situs-situs media sosial atau mungkin juga domain tersebut mungkin dilaporkan sebagai spam.

Jadi jika anda berniat membeli nama domain yang sudah lama atau ingin mencari dan memilih domain yang memiliki umur lama dengan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) tinggi, Anda harus sangat berhati-hati saat membeli domain jenis ini.

Memang banyak blogger membeli nama domain yang sudah ada karena domain yang sudah ada da sudah lama terdaftar memiliki backlink, tapi coba anda pikirkan, besar kemungkinan backlink-backlink yang sudah ada itu bisa jadi backlink spam. 

Jadi hati-hatilah saat membeli domain yang sudah ada dan lama terdaftar.

Banyak hal positif dan negatif menjadi seorang blogger, karena itu sebelum memulai untuk menjadi salah satu nya, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu dari hal yang paling mendasar, yakni pemilihan nama domain.

Demikianlah dari awambicara, tentang tips Tips Memilih dan Menentukan Nama Domain Blog Baru dan mendaftarkan nama domain yang tepat serta efektif menarik pemirsa atau pembaca untuk blog anda tahun 2018. Awam Blogging.
Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments