Mulai Menjadi Blogger - Positif dan Negatif Menjadi Blogger
Mulai Menjadi Blogger - Positif dan Negatif Menjadi Blogger

Mulai Menjadi Blogger - Positif dan Negatif Menjadi Blogger

Sering dilihat:

Menjadi Seorang Blogger - Dulu dunia dipenuhi oleh seniman-seniman yang kelaparan dan hilang ditelan zaman.

Sekarang semua orang tiba-tiba menjadi seorang seniman. Anda tidak perlu lagi sebuah rumah produksi atau sebuah studio rekaman untuk mengembangkan bakat musik dan akting anda. 


Youtube dan jaringan berbagi video online telah menjadi sebuah sarana dalam mengekspresikan diri dan menjadi seorang entertainer.

Web/ Net telah merubah dunia kita, internet telah menjadi bagian hidup kita, Media sosial telah mengubah semua orang menjadi selalu tidak puas, narsistik, dan proaktif serta lebih vokal.


Dengan kemudahan teknologi informasi saat ini, dunia serasa ada dalam genggaman, informasi apapun yang menjadi viral dengan sanagat mudah kita ketahui dan terima, banyak hal-hal positif yang dapat kita lakukan, namun tidak jarang juga banyak hal negatif yang kita dapatkan.


Positif dan Negatif Menjadi Blogger


Dan tiba-tiba semua orang adalah seorang penulis dadakan...seorang blogger, serta yang lebih mengejutkannya lagi orang yang terlibat dan terjun kedunia ini, sangat banyak, terlalu banyak malah.

Blogging telah menjadi sebuah dunia non-professional yang sangat kompetitif, menjadi dan menciptakan hal-hal yang positif dari ngeblog.

Seorang blogger memiliki peluang dan kesempatan untuk terkenal, mendapatkan penghasilan, yang sama besarnya dengan mereka yang memang sudah terkenal didunia nyata, seperti artis, atlet professional, musisi dan sebagainya.

Mulai Menjadi Blogger - Positif dan Negatif Menjadi Blogger
Bahkan dengan menjadi seorang blogger anda berkesempatan pula menjadi seorang pakar bisnis, pakar pemasaran, pakar ekonomi, pakar seni, pakar apa saja.

Karena satu-satunya bidang yang memberikan kesempatan kepada siapapun juga untuk ditekuni dan dilakukan adalah blogging, dan semua bahkan bisa dimulai dengan gratis.

Kesempatan yang anda miliki sama besarnya dengan kesempatan yang seorang pakar miliki, pakar apapun itu.

Namun, dunia blogging yang telah menjadi sangat-sangat kompetitif didunia yang non-professional, yang bisa dilakukan siapa saja, untuk terkenal dan berhasil tidaklah semudah yang dapat anda bayangkan. 

Memang, kesempatan yang dimiliki sama besarnya dengan siapa saja, bahkan seorang blogger terkenal sekalipun, namun sama halnya dengan dunia akting, musik dan atlet, mereka yang memiliki banyak bakatlah yang akan cepat unggul dan sukses.

Selain bakat, seorang blogger juga harus cerdik, kreatif dan selangkah didepan. Dunia blogging menuntut seseorang untuk menjadi trandsetter.

Dunia blogging tidak terlepas dari hobi yang kita miliki. Apapun hobi anda, anda bisa memulai untuk menjadi seorang blogger, apapun itu.

Sepanjang hidup saya, saya memiliki banyak sekali hobi-hobi positif, mulai dari film, musik, membaca, sepakbola, otomotif dan lain sebagainya. Tapi tidak untuk menulis, dan itu tidak merubah dan menghalangi saya untuk mulai menjadi seorang blogger.

Dari semua hobi yang telah saya miliki dan jalani, tidak ada yang bisa membuat saya merasa hidup dan banyak merubah hidup saya. Dalam banyak cara blogging telah mengubah hidup saya, dan cara saya menjalani hidup.

Dari semua artikel yang saya tulis awalnya hanyalah sebagai wadah, atau tempat untuk saya belajar, sebagai catatan pribadi saya jika saja saya lupa akan hal-hal yang akan dan telah saya lakukan.

Menghasilkan uang dari blogging bukanlah suatu tujuan utama dimana saya mulai menulis dan ngeblog. Namun seiringnya waktu, seiring meningkatnya pembaca blog saya, semua berubah kearah yang lebih baik lagi, memberikan sesuatu yang berharga untuk orang lain yang pada akkhirnya menghasilkan uang dari apa yang saya tulis.

Blogging benar-benar telah banyak merubah diri saya (Positif), seperti:

1. Menjadi penulis yang lebih baik lagi.


Menulis intinya adalah komunikasi, yakni tentang mencatat apa yang kita pikirkan dan alami kedalam kertas atau blog dan menarik orang untuk mengikuti, mengakui dan menyetujuinya. 

Untuk itu, teknik dan kualitas tulisan seperti halnya bentuk komunikasi yang lainnya, akan meningkat dengan adanya latihan, begitu juga untuk bakat-bakat yang lainnya baik itu musik, seni peran, olahraga dan sebagainya. 

Menjadi seorang blogger tidak harus untuk anda yang mempunyai bakat menulis atau untuk seorang penulis professional sekalipun. 

Dunia blogging tidak akan memaksa Anda untuk menjadi penulis yang lebih baik, anda akan menjadi penulis yang lebih baik disaat anda melakukannya, membuat tulisan itu dan membuat orang membaca tulisan anda. 

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." (Pramoedya Ananta Toer).


2. Menjadi pemikir yang lebih baik. 


Selama proses menulis, baik itu mencatat pemikiran ataupun mencatat rencana pekerjaan di atas kertas, mendorong kita untuk berpikir lebih dalam. 

Kita akan mempelajari lebih dalam masalah kehidupan dan pandangan hidup, pandangan dunia yang membentuknya. 

Namun tidak semua orang melakukan hal ini, sehingga mereka tidak memiliki apa-apa untuk diucapkan.


3. Memperhatikan hal-hal yang lebih berguna. 


Blogging dan menulis membutuhkan filter. Kita tidak mungkin menulis tentang setiap peristiwa yang terjadi, setiap pemikiran, dan setiap kejadian dalam hidup kita. 

Blogging adalah proses yang tidak pernah berakhir untuk memilih untuk mengartikulasikan kejadian atau pemikiran yang paling bermakna dan paling penting. 

Proses pemilihan ini membantu kita dalam mengembangkan pandangan kita untuk hal-hal yang lebih berarti. Yang terkadang hal yang paling berarti muncul dalam hal yang paling biasa.


4. Bertemu orang baru. 


Entah itu melalui komentar, e-mail, atau media sosial, Anda mungkin akan terkejut melihat seberapa cepat Anda bertemu orang baru secara on-line. 

Dan dengan bertemu orang, yang mana membentuk suatu hubungan yang berusaha saling berbagi, hingga membentuk komunitas blogging yang bersahabat, dan saling memberi semangat agar anda bisa sukses.


5. Menghasilkan uang. 


Dalam hal ini, sebenarnya untuk memulai menjadi seorang blogger, tidak harus selalu tentang uang, anda bisa menjadikan ini sebagai suatu hobi yang benar-benar anda sukai.

Dan yakinlah pada akhirnya hobi anda ini akan menghasilkan uang untuk anda, sebagaimana dengan hobi-hobi yang lainnya.


6. Menginspirasi orang lain. 


Blogging tidak hanya mengubah hidup Anda, namun juga dapat mengubah kehidupan orang lain atau pembaca. 

Blog dapat diakses secara gratis dan terbuka untuk umum, pada banyak tingkatan, itu adalah tindakan memberi. 

Hal ini merupakan sebuah tindakan yang tidak mementingkan diri sendiri, menginvestasikan waktu, energi, dan pandangan dunia Anda ke dalam selembar tulisan dan kemudian menawarkannya secara gratis kepada siapa saja yang ingin membacanya. 

Orang lain akan menemukan inspirasi dalam tulisan Anda dan percayalah itu adalah perasaan yang menakjubkan.


7. Menjadi lebih baik dalam pola pikir. 


Blogging adalah latihan dalam memberi dan menerima. 

Salah satu perbedaan terbesar antara blogging dan penerbitan tradisional adalah kesempatan bagi pembaca untuk menawarkan masukan. 

Sebagai penulis blog, Anda mengenalkan topik yang menurut Anda signifikan dan bermakna. 

Anda meluangkan waktu untuk membahas topik di benak pembaca Anda dan menawarkan pemikiran Anda tentang topik ini. 

Kemudian, pembaca bisa merespon. 

Dan sering kali, tanggapan mereka di bagian komentar menantang kita untuk melihat hal-hal yang baru dan segar dari topik yang kita anggap sangat penting.


8. Gratis. 


Blog Anda bisa dimulai hari ini tanpa mengeluarkan satu sen pun sekarang juga. 

Saya menggunakan Blogspot dan sangat saya rekomendasikan untuk anda yang benar-benar baru akan memulai menjadi seorang blogger. 

Dengan investasi awal 0 rupiah, mengapa anda tidak ingin mencobanya? 

Atau anda bisa mengeluarkan sedikit uang untuk bisa menggunakan nama domain sendiri. Saya menggunakan dan merekomendasikan Rumahweb.


9. Menjadi terkenal dan terbiasa terkenal. 


Blogging mengenalkan kita kepada dunia. 

Kehidupan yang kita jalani dan pandangan hidup di balik keputusan yang kita buat, dikenal oleh dunia. 

Tidak peduli anda yang hanya memimliki 1 orang pembaca atau bahkan memiliki 10.000 pembaca, blogging akan membuka hidup Anda kepada orang-orang dari seluruh dunia. 

Hal ini merupakan suatu latihan yang baik dalam eksistensi anda didunia untuk diketahui oleh orang lain. 

Dengan berjalannya waktu, Anda akan lebih banyak lagi mengungkapkan siapa anda kepada dunia luar, dan Anda akan senang menemukan dunia yang berhubungan dengan Anda dan suka mendengar cerita Anda.


10. Sebagai jurnal pribadi. 


Pertama ngeblog awalnya memang saya lakukan untuk mencatat kegiatan dan pekerjaan saya secara pribadi, karena dengan Blog ini akan menjadi catatan digital hidup saya yang tersimpan "di awan". 

Yang tidak akan pernah bisa hilang, dicuri, atau dihancurkan.


11. Menjadi lebih percaya diri. 


Blogging benar-benar membantu saya untuk menjadi lebih percaya diri lagi dalam hidup saya. Dan Anda pun akan segera menyadarinya bahwa Anda menjalani kehidupan penting dengan pandangan unik dan memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada orang lain.

Ingat, jangan jadikan hobi blog anda sebagai sarana untuk menjadi kaya atau sebagai sarana untuk mengumpulkan banyak pengikut. 


Dengan ngeblog, yang akan dan nantinya bakal banyak mengubah hidup anda adalah pandangan hidup anda, itu sudah lebih dari cukup.

11 cara blogging telah merubah hidup saya diatas dapat dikatakan sebagai langkah awal bagi anda untuk memulai membuat blog, langkah demi langkah, berdasarkan pengalaman pribadi saya. 


Namun demikian, jika anda memiliki alasan-alasan dibawah ini maka anda harus berhenti ngeblog atau jangan pernah berpikir untuk menjadi seorang blogger. 

Namun sekali lagi, ini hanyalah pendapat pribadi saya berdasarkan pengalaman pribadi.

Karena pada tahun 2005 silam, saya pernah memulai ngeblog dengan alasan-alasan yang ada dibawah ini, alasan-alasan negatif ngeblog, dan itu membuat saya gagal dengan tragis. Karena itu, alasan ini saya bagikan untuk anda.



Jangan Nge Blog jika Alasan Anda (Negatif):


1. Uang.


Anda seharusnya tidak memulai sebuah blog karena alasan untuk menghasilkan uang. 


Untuk alasan yang satu ini, benar-benar harus kita kesampingkan terlebih dahulu. 

Jika anda bertujuan untuk mengganti penghasilan utama anda dari pekerjaan anda dengan blogging, lebih baik anda lupakan saja. 

Cara kerjanya tidak seperti itu, apakah Anda berpikir bahwa John Lennon belajar gitar pertama kalinya agar dia bisa menghasilkan uang? Tidak, tidak seperti itu.

Sebaliknya, John Lennon melakukannya karena dia mencintai itu, karena dia mencintai musik, mencintai gitar, piano, karena kesukaannya dan kepuasan yang dia terima, dan uang mengikutinya setelah itu.



2. Terkenal.


Jangan pernah berencana untuk menjadi terkenal lewat blogging. 


Tidak setiap blog dapat tumbuh dan berkembang dengan pesat, namun kebanyakan dari mereka tumbuh dengan terseok-seok. 

Jika beruntung, blog anda mungkin akan cepat terkenal dan berkembang dengan pesat, namun sadarkah anda terkadang para blog yang sudah terkenalpun tidak banyak yang mengenal siapa dibalik blog yang terkenal itu. 

Situs yang disukai orang, dengan tulisan yang cukup baik, dan konten yang menghubungkan orang-orang dengan cara yang unik. Mereka tidak berniat untuk terkenal, mereka kerja keras dan penuh gairah.


3. Trafik.


Tidak semua trafik itu baik, bahkan tidak jarang banyak blogger yang menggunakan cara curang untuk mendapatkan banyak trafik, namun yang terjadi kemudian adalah hancur dan hilang dalam pencarian internet.

Jangan pernah mengkhawatirkan tentang pengunjung (trafik), berpikir bagaimana meningkatkan trafik organik dan peringkat blog anda secara cepat di search engine.


Cukup jadikan blog anda sebagai jurnal pribadi anda, sekaligus tempat anda untuk melatih semuanya, baik itu menulis, cara pandang dan berpikir anda serta pengetahuan anda. 

Dan anda akan terkejut dengan trafik yang akan anda dapati kemudian.

Memang benar, banyak blogger terkenal yang telah menjadikan blog sebagai penghasilan utamanya dan membuat mereka terkenal selayaknya artis, musisi dan olahragawan.


Namun jika anda mulai ngeblog dengan alasan ini maka dapat dipastikan anda akan menderita karena anda akan memperlakukannya layaknya sebuah pekerjaan, suatu beban, sebuah keharusan.

Jika sudah seperti itu, anda akan kehilangan semangat, gairah untuk ngeblog, bahkan mungkin anda akan membencinya.

Cukup tiga alasan diatas yang jangan pernah anda jadikan alasan utama anda untuk memulai menjadi seorang blogger, dan sebagai gantinya, lakukan dan menulislah karena memang anda mencintainya....

Anda sudah mengetahui bagaimana blog merubah saya, bagaimana saya memulainya dan alasan apa yang harus anda hindari saat akan memulai membuat membuat blog. 


Jika anda sudah siap, dan akan memulai sebuah blog, selanjutnya adalah yang harus anda lakukan untuk memulai blogging. 

Menentukan semua hal yang penting dari sebuah blog, mulai dari tentang topik blog, tentang menciptakan konten yang bermakna, dan lain sebagainya.


Yang dilakukan untuk mulai ngeblog (Rekomendasi)


Tentukan Niche (Tema) Blog.

Saat mulai dan belajar bagaimana menjadi seorang blogger, penting untuk bertanya pada diri kita sendiri apa yang kita sukai. Olahraga? Otomotif? Bisnis? Memasak? Menjadi orang tua? Jalan-jalan? dan sebagainya.

Jika anda sudah menemukan apa yang anda sukai, dan gairah anda, dan apapun itu, tulislah segera tentang itu.

Jangan membuat blog tentang sesuatu kecuali jika Anda memiliki pengetahuan dan kecintaan serta Perspektif yang unik dan jika Anda telah memilikinya, maka nikmati hobi ngeblog anda.



Target Pembaca.


Begitu Anda menemukan niche Anda, Anda perlu tahu siapa yang akan membaca blog Anda. 


Misalnya, kita ngeblog otomotif, dengan demikian, pembaca ideal kita adalah orang-orang yang tertarik atau mempunyai hobi otomotif, atau orang yang memiliki permasalahan dengan otomotif.

Jika Anda ingin menulis tentang hukum: pembaca ideal Anda mungkin adalah orang-orang yang tersangkut dengan permasalah-permasalah hukum, baik itu pidana ataupun perdata.

Jika anda ingin menulis tentang tutorial, tips dan trik serta edukasi tentang lulus ujian, baik itu sekolah, pekerjaan, atau pekerjaan pemerintah (PNS).


Maka target pembaca anda adalah orang-orang yang butuh informasi tentang bagaimana cara (how to..)..,yakni bagaimana melakukannya, contoh-contohnya, yang akan membantu mereka melewati setiap langkah ujian yang akan mereka hadapi.

Sesuaikan tulisan Anda dengan pembaca Anda, apakah itu keluarga, sebuah komunitas, orang yang dalam masalah atau siapa pun yang akan membaca blog Anda.



Beri Nilai Lebih.


Blog Anda harus memberi nilai lebih pada kehidupan pembacanya. Inilah satu-satunya cara Anda untuk mendapatkan Great Quality Readers ke situs Anda dan membuat mereka tetap kembali.

Menambahkan nilai adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan pembaca jangka panjang seseorang. 


Misalnya, anda memberikan sebuah konten yang memiliki nilai lebih dari pada konten-konten yang serupa dengan niche blog anda.


Jadi diri sendiri.


Tidak mungkin anda tidak akan menemukan blog yang sama dengan anda di luar sana. Iya, ada banyak sekali blog lain di tentang hal yang sama (niche yang sama) dengan blog yang anda miliki atau yang ingin Anda tulis.

Pertanyaan: Jadi mengapa blog anda berbeda?


Jawab: Karena itu "KAMU"

Anda adalah apa yang membuat blog Anda berbeda, dengan blog lain yang se niche dengan anda. 


Tentang perspektif dan sudut pandang anda, tentang kreativitas Anda, tentang nilai yang akan Anda tambahkan.

Bagian yang menarik adalah menceritakan kisah Anda. Setiap orang itu unik, dan ceritamu penting.

Bagian penting dari pengisahan cerita adalah menghilangkan rincian yang berlebihan yang membuat cerita itu tidak menarik. 


Seorang pendongeng hebat menghilangkan 99% dari apa yang sebenarnya terjadi - rincian serapan - dan meninggalkan 1% yang menarik bagi pembaca.


Jujur.


Blog Anda harus otentik, terasa nyata jika Anda ingin orang membacanya. Anda bisa jadi blog Anda, atau blog Anda bisa menjadi Anda. 


Artinya, apakah Anda benar-benar mewujudkan hal-hal yang Anda tulis? Jika tidak, orang akan segera meninggalkan anda. Bahkan mungkin anda dapat merubah dunia melalui blog.


Terbuka.


Menjadi transparan berbeda dari bersikap jujur. Anda tidak perlu membagikan setiap detail tentang hidup Anda hanya demi jujur. 


Selalu jujur, dan bersikap terbuka saat menambahkan nilai pada apa yang sedang Anda tulis. 

(Anda tidak akan pernah menemukan foto saya diblog ini saat sedang buang air, karena itu sangat tidak relevan.)


Waktu.


Begitu Anda telah belajar memulai sebuah blog, Anda akan belajar bahwa blogging membutuhkan banyak waktu, terutama jika Anda orang yang tidak sabaran.

Untuk mendapatkan desain dan tampilan yang bagus serta unik dari blog saya ini saya telah menghabiskan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari hanya untuk menemukan tampilan blog yang pantas dan sesuai menurut pendapat saya sendiri.

Apalagi jika saat akan menulis dan membuat konten. 


Untuk artikel ini saja saya membutuhkan waktu hampir satu hari hanya untuk membaca referensi dan masukan-masukan dari blog-blog lain, dan membutuhkan dua hari lainnya untuk membuat atau menulis artikel ini.


Temukan Bisikan Hati Anda


Seiring waktu, penulis yang baik menemukan bisikan hati mereka dan tulisan mereka cenderung mengembangkan estetika tertentu, yang menarik bagi pembacanya. Menemukan suara hatimu akan membuat tulisan Anda terasa lebih hidup, lebih nyata, lebih bermakna.



Waktu Posting


Pertanyaan: Kapan hari dan waktu terbaik untuk menerbitkan sebuah posting blog?

Jawaban: Tidak Penting.

Saya tidak membuat dan mematuhi jadwal tertentu. 


Berapa postingan yang saya pos selama satu minggu itu bukan suatu masalah terkadang tiga, terkadang satu terkadan dua minggu hanya satu. 

Benar sekali, sangat penting untuk menulis secara konsisten, namun bukan berarti anda harus terperinci secara detail kapan dan berapa jumlah postingan yang harus diterbitkan.


Media sosial.


Ya, sebaiknya gunakan Twitter, Facebook, dan Instagram untuk membantu terhubung dengan audiens dan blogger lainnya, tapi jangan terlalu terjebak di dalamnya. 


Fokus pada tulisan dulu, social media sesudahnya.


Penelitian.


Luangkan waktu untuk meneliti apa yang sedang Anda tulis. 


Seperti yang sudah saya katakan diatas, untuk membuat tulisan ini saya membutuhkan satu hari untuk membaca dan mencari referensi atas tulisan ini, dan membutuhkan waktu dua hari untuk membuatnya, yang mana saat membuat konten pun sambil terus melakukan penelitian.

Alasan saya dapat menggunakan begitu banyak tautan bermanfaat dan relevan dalam setiap postingan saya adalah karena saya melakukan penelitian dalam setiap tulisan saya.

Anda bisa belajar dari panduanim dalam hal meneliti dan menyajikan sebuah konten yang benar-benar bermanfaat.



Foto.


Letakkan foto diri anda di blog anda. 


Orang-orang mengidentifikasikan diri dengan orang lain. Anda tidak harus takut untuk dianggap narsisme hanya karena anda meletakkan foto anda di blog anda sendiri.

Sekarang setelah Anda belajar tentang positif dan negatif tentang memulai sebuah blog, dan mengapa Anda harus memulai sebuah blog, anda dapat segera memulainya.

Lakukan langkah praktis ini untuk membuat blog sendiri secara singkat untuk pemula, dan rasakan setiap perubahan yang akan anda terima pada saatnya nanti, perubahan ke arah yang lebih baik, perubahan ke hal yang positif.

Sudah saatnya anda memanfaatkan waktu luang anda, wahai generasi milenial. Isi dan manfaatkan waktu anda untuk hal-hal yang bermanfaat, dan hasilkan uang dari setiap detik waktu yang anda miliki.

Subscribe dan berlangganan dengan kami jika anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang belajar, belajar hukum, english, blog dan ujian-ujian lulus test.
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar