Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat di Google Search Engine

Saya akan berbagi tentang beberapa pengalaman saya serta apa yang saya dapatkan dan pelajari selama ini mengenai beberapa faktor penting dari SEO (Search Engine Optimization)  di tingkat laman blog.


Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat di Google Search Engine
Gambar oleh : digitalvidya.com

Yang pastinya dapat Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat di google search engine.

Ada beberapa faktor penting dalam mengoptimasi blog agar bisa cepat masuk dihalaman pertama google search engine.

Yang pada akhirnya akan meningkatkan lalu lintas organik Blog, meningkatkan rangking blog dan secara tidak langsung juga memperbaiki SEO dari halaman blog itu sendiri.

Cara meningkatkan traffic pengunjung dan peringkat blog atau website yang akan saya bahas kali ini adalah dengan teknik "SEO On Page" yang saya pahami selama ini.

Jujur saja, tidak banyak hal yang dapat saya pahami tentang SEO, saya juga masih dalam tahap belajar.

Dan artikel ini juga saya jadikan sebagai pembelajaran untuk saya sendiri dalam mengoptimasi SEO untuk mempercepat meningkatkan trafik organik dan peringkat blog secara wajar dan alami.

Karena belajar sambil praktek adalah teknik dan cara terbaik dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kita.

Teknik "SEO On Page" ini telah saya praktekkan secara tidak sengaja, karena selama ini, saya membuat konten atau postingan tanpa memikirkan apapun juga termasuk SEO.

Hanya berpikir tentang bagaimana agar artikel ini bermanfaat bagi orang banyak.

Ternyata, setelah beberapa bulan mendalami Blog, Blogger dan Blogging, dan mengenal serta belajar SEO, ternyata apa yang saya lakukan selaras dan sejalan dengan SEO.

Saya belajar SEO dari artikel saya sendiri, dengan membandingkan dengan teori-teori yang saya pelajari selama setahun terakhir.

Hasilnya, banyak postingan saya yang berhasil masuk kedalam halaman pertama Google Search Engine, yang bahkan ada beberapa artikel saya berada di peringkat pertama hasil penelusuran Google.

Semua itu saya lakukan tanpa plugin apapun juga, karena saya menggunakan hosting Blogspot untuk Blog atau Situs awambicara.id ini.

Tidaklah seperti wordpress yang mempunyai plugin-plugin dalam optimisasi SEO.

Baiklah, kita mulai...

Meta tag dan kata kunci adalah dua faktor penting didalam faktor SEO halaman Blog atau Website.

Jika kita melakukan semuanya dengan benar dalam menerapkan beberapa Faktor SEO di dalam laman blog, artikel atau konten blog atau website kita...

...dapat saya pastikan jumlah pengunjung organik kita akan meningkat secara tajam, dari setiap konten yang kita publikasikan.

Hal ini sudah saya buktikan dalam beberapa artikel saya di Blog Awam Bicara ini, karena itulah saya berani untuk berbagi cara cepat meningkatkan trafik organik dan peringkat blog dengan mengoptimisasi "SEO On Page".

Daftar Praktik Terbaik SEO On Page ini saya susun dalam 16 bagian :


1. Optimasi URL/ Permalink yang baik

Dalam wawancara antara Stephen Spencer dan Matt Cutt (Kepala Webspam Google) mengatakan bahwa, Google memberikan bobot lebih besar untuk 4-5 kata pertama sehingga tetap menjaga URL blog kita untuk direkomendasikan.

Dalam hal ini, kita bisa mengoptimasi URL/ Permalink, dengan beberapa kata kunci yang kita targetkan yang tentu saja sesuai dengan isi/ konten dari artikel, dan mendiskripsikan secara singkat tentang isi dari konten artikel kita.

Judul dan Url yang kita buat tidak boleh terlalu panjang ataupun terlalu pendek, dengan panjang URL dan Judul artikel 4-5 kata, maka konten akan terlihat alami, dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Jadikan diri anda sebagai seorang user, pada saat melihat hasil penelusuran google, yang diperhatikan adalah Judul dan URL/ Permalink, serta Deskripsi singkat dari konten.

Sebagian besar pengguna atau user waktu mengklik setelah membaca kata yang disertakan di dalam URL laman / posting. 

Hindari penggunaan URL/ permalink yang terlihat buruk seperti http://awambicara.id/p=123.

Kita adalah manusia dan lebih memilih kata-kata daripada bilangan biner atau angka dan alamat IP.

Panjangnya URL juga sebenarnya kurang begitu berpengaruh dibandingkan dengan URL yang singkat.

Optimasi struktur URL postingan memang masih menjadi kontroversi di beberapa kalangan blogger, ada yang menyukai versi yang panjang disertai tanggal dan ada juga yang fokus pada URL pendek.

Neil Patel, pendiri 4 perusahaan multi millioner lebih suka menggunakan URL halaman tanggal yang panjang dan lengkap. 

Dia meyakini bahwa hal ini membantu mesin telusur dalam menentukan peringkat nya dalam hal keterbaruan atau fresh nya suatu artikel dan mungkin juga membantu pembaca untuk memilih postingan terbaru dari mesin pencari itu sendiri.

Meskipun ada aturan yang tidak diatur untuk menyusun URL Anda dengan cara yang lebih baik namun Anda menyalin gaya URL dari situs otoritas.

Google memang tidak memasukkan bobot ke dalam gaya permalink/ URL, namun memberi nilai lebih pada kata kunci yang digunakan di dalamnya. 

Tidak masalah apakah URL itu panjang atau pendek namun URL generik kaya kata kunci melakukannya dengan baik di halaman hasil mesin pencari. 

Semuanya bergantung pada konten yang bermanfaat.

Para ahli SEO mengatakan: Tulislah URL dengan cara yang mendidik pembaca tentang topik setelah melihat URL kita. Jadi URL harus dibuat secara jelas mendeskripsikan konten.

Contoh : Lihat link ini www.awambicara.id/2017/05/contoh-surat-permohonan-perwalian-di.html, setiap pengguna/ user dapat dengan mudah mengingatnya tanpa masalah, hanya berisi 5 kata.


2. Memulai Judul dengan Kata Kunci

Isi artikel sangat penting tapi perlu anda ingat, judul artikel pun jauh lebih penting daripada isi dari dalamnya. 

Dengan membaca judul, seorang pengunjung bisa meramalkan dan mengira-ngira tema dan isi konten kita.

Judul artikel atau postingan sangat penting pada faktor SEO halaman dan search engine memberi nilai lebih pada kata kunci pencarian saat ditempatkan pada awal judul.

Kata para ahli : Memang kita tidak perlu untuk memulai judul artikel dengan penargetan kata kunci namun jika kita melakukannya pasti akan meningkatkan nilai pada hasil pencarian.


3. Panjang Judul

Title Tag/ Tag Judul menggambarkan isi atau tema dari postingan lengkap kita. Ini harus singkat, jelas. menarik dan deskriptif.

Judul harus dalam 50-65 karakter karena jika lebih dari 65 karakter, mesin telusur tidak dapat menampilkan judul yang panjangnya lebih dari itu. 

Berikut adalah cuplikan judul panjang yang terlampaui di mesin telusur Google.

Judul Postingan SEO On Page

Jika tidak yakin dengan bagaimana tampilan judul postingan mu, kamu bisa menggunakan tool pratinjau dari Moz untuk melihat bagaimana judul yang kita tulis diterbitkan dan bagaiamana penampakannya di mesin telusur.

Moz Tool Pratinjau Judul Postingan


4. Deskripsi Meta

Jika kita melihat hasil Survey Mike King, posting yang memiliki deskripsi meta yang mengesankan mendapatkan klik 42% lebih banyak daripada deskripsi meta sederhana.

Cuplikan tentang bagaimana deskripsi meta muncul di hasil penelusuran, dapat kamu lihat pada Gambar di atas dengan kata kunci "Nearme Find Phone Oppo".

Kita hanya memiliki 160 karakter untuk menulis deskripsi meta dan jangan berlebihan meletakkan kata kunci tertarget disana, cukup gunakan sinonim untuk target kata kunci utama kamu.

Memasukkan kata kunci di deskripsi meta yang berlebihan pasti akan merugikan kamu sendiri. 

Misalnya, kamu bisa melihat contoh gambar pada postingan NearMe Find Phone, Solusi dari OPPO bagi Pengguna Smartphone OPPO yang Hilang dengan kata kunci "Nearme Find Phone Oppo" diatas. 

Kata kunci target saya diatas adalah "Nearme Find Phone Oppo" maka saya menggunakan deskripsi meta : Smartphone Oppo kamu hilang? Berikut solusi yang ditawarkan oleh OPPO Nearme Find Phone.

Atau kamu bisa menggunakan sinonim (LSI Keyword) dari saran yang diberikan oleh Google Search Engine, seperti dibawah ini :

oppo nearme apk
nearme apps oppo
cara daftar o cloud di oppo f1s
cara mencari hp oppo yg hilang
login oppo
oppo account
find my phone oppo f1s
o cloud oppo a37

Kamu bisa menemukan istilah-istilah terkait di bagian bawah hasil pencarian Google. Menggunakan kata kunci ini dapat meningkatkan lalu lintas organik ke postingan blog kita.

LSI - Suggesting Kata kunci di Google Search Engine


5. Sertakan Multimedia alt tag

Konten yang bermanfaat memang sangatlah penting bagi SEO. 

Akan tetapi, jika artikel atau konten kita di perkaya lagi dengan menggunakan gambar, video dan presentasi kontekstual maka akan jauh lebih menarik lagi dan dapat mengurangi tingkat bouncing/ pentalan situs kita.

Jika kita perhatikan, blogger-blogger yang sukses, selalu menggunakan banyak gambar dan video untuk menarik perhatian pengunjung dan juga membantu mereka untuk memahami isinya dengan lebih akurat.

Adapun faktor SEO yang terkait dengan multimedia (gambar, video, dll), adalah dengan menggunakan kata kunci target sebagai teks Alt (Alt Tag).

Google memberi bobot nilai lebih pada gambar yang disertai dengan "tag alt" dengan kata kunci yang tertarget/ penting.


6. Gunakan Outbound Links

Menyisipkan link keluar yang berkualitas dengan jumlah yang banyak pada artikel Postingan kita akan membuat dan memberikan informasi lebih banyak dan bermanfaat bagi pengunjung. 

Tautan keluar yang relevan ada di artikel kita akan membuat situs web/ blog kita menjadi semacam web/ blog yang memberikan bantuan dan menjadi web/ blog tipe pembantu. 

Strategi ini adalah strategi "White Hat SEO" dan lebih mudah dalam mendapatkan lebih banyak trafik atau lalu lintas.

Blogger pemula biasanya tidak menyertakan banyak link keluar dari postingan mereka, karena mereka berpikir bahwa dengan banyaknya link atau tautan keluar ke blog/ website lain maka para pengguna akan meninggalkan situs mereka.

Padahal pikiran mereka yang seperti itu adalah salah besar, karena dengan memberikan tautan keluar kesitus lain yang bermanfaat maka user atau pengguna akan beranggapan bahwa situs/ blog kita benar-benar bermanfaat.

Bahkan ini merupakan faktor SEO penting yang juga di hitung oleh Google. Kita setidaknya memasukkan 2-4 Link Keluar/ Tautan Keluar per 1000 kata.

Tips : Hubungkan selalu ke situs yang memiliki otoritas yang lebih tinggi.


7. Bold, Italic dan garis bawah kata kunci

Plugin SEO terbaru merekomendasikan kita untuk mem Bold, Italic, dan menggarisbawahi kata kunci target setidaknya satu kali.

Walaupun masih banyak pertentangan dari para ahli SEO, namun cara ini tidak ada salahnya kita lakukan setidaknya untuk satu kali kata kunci target.


8. Sertakan Kata Kunci dalam 100 kata pertama

Plugin SEO wordpress SEOPressorV5 merekomendasikan untuk memasukkan kata kunci target kita dalam 100 kata pertama didalam artikel postingan.

Blogger pemula dan banyak blogger menengah selalu membuat kesalahan ini.

Mereka memulai postingan mereka dengan memasukkan dan memperkenalkan kata kunci target mereka pertama kali di tengah postingan. 

Saya juga terkadang masih melupakan hal ini, dan melalui artikel ini saya ingin belajar dan selalu mengingatkan saya akan pentingnya faktor SEO yang satu ini.

Dengan menyisipkan dan meletakkan kata kunci target didalam 100 kata pertama, akan membantu Google untuk mengetahui isi keseluruhan konten kita yang lainnya.


9. Sertakan Kata Kunci dalam 100 kata terakhir

Selain di dalam 100 kata pertama, Plugin SEO Wordpress SEOPressorV5 juga merekomendasikan untuk memasukkan kata kunci target kita di 100 kata terakhir didalam artikel postingan kita.

Hal Ini juga adalah sesuatu yang kebanyakan blogger tidak lakukan tapi yakinlah "it's work".

Dengan menyisipkan dan memasukkan kata kunci target didalam 100 kata terakhir postingan akan memberikan hasil yang lebih baik. Karena hal ini dapat membantu Google dalam memahami tentang apa dari keseluruhan isi konten postingan kita.


10. Judul harus berada di bawah tag h1

Faktor SEO untuk setiap tema WordPress sudah menggunakan judul didalam tag h1. 

Kita juga harus menggunakan dan menyertakan kata kunci dalam h2 dan h3 serta heading juga. 

Ini akan meningkatkan kinerja postingan kita.


11. Waktu Pemuatan Laman Blog/ Web

Semua pengguna atau user ingin kecepatan suatu website atau Blog harus cukup cepat sehingga tidak membuang waktu mereka secara sia-sia, dikarenakan loading/ render Blog yang lamban. 

Penelitian terbaru menemukan bahwa 47% pengunjung mengharapkan situs web dimuat dalam waktu tidak lebih dari 2 detik. 

Saya pribadi tidak berbelanja di Bhinneka karena hampir disetiap kunjungan, saya selalu mendapati loading web yang cukup lama.

Kecepatan situs kita harus masuk akal, dan tidak membutuhkan waktu lebih dari 3 detik.

Pada tahun 2010, Matt Cutts tidak menganggap kecepatan loading situs atau Blog memainkan peranan penting dalam SEO, namun di tahun 2016 kondisinya sudah berubah, Google menganggap kecepatan render/ loading halaman Blog sangat penting. 

Karena itu, semenjak tahun 2015 Google telah memperkenalkan AMP (Accelerated Mobile Page), Apple dengan Apple News nya dan Facebook pun tidak mau ketinggalan ingin berperan penting dalam kecepatan memuat laman web/ Blog dengan Artikel Instannya.

Kamu bisa memeriksa kecepatan situs kamu dengan menggunakan Pingdom Website Speed Test

Pingdom Website Speed Test

atau dengan GTmetrix.

GTmetrix

Akhirnya, dengan mengurangi waktu loading atau render situs atau blog dapat membantu peringkat blog di search engine menjadi lebih baik lagi. 

Sehingga dengan sendirinya akan meningkatkan trafik organik blog kita di search engine.


12. Menambahkan Kata-kata Pemikat di Judul

Menambahkan kata-kata seperti "2018", "Terbaik", "Tercepat", "Top", "review", dan "Cara" serta kata-kata yang dapat membangkitkan rasa ingin tahu pengunjung dapat membantu menarik lebih banyak pengunjung ke situs atau blog kita.

Kata-kata inilah yang sebagian besar pengunjung coba cari di web/ internet. 

Mereka selalu menginginkan beberapa panduan terbaik dan paling terbaik untuk topik apa pun. Penambahan kata ini bertindak sebagai pendukung dalam kata kunci ekor panjang atau "Long Tail Keyword".


13. Pentingnya Tombol Sharing Sosial Media

Tombol berbagi ke sosial media sebenarnya tidak memiliki peran penting dalam membawa situs atau blog kita ke halaman pertama google.

Namun demikian, membagikan postingan kedalam media sosial secara langsung akan meningkatkan lalu lintas atau trafik blog kita. 

Saya juga menggunakan tombol sharing media sosial untuk mendapatkan lalu lintas secara langsung.


14. Panjang Artikel / Postingan

Google sebenarnya menyukai konten yang mendetail. 

Jika kita melakukan studi kasus dari 10 hasil pencarian teratas Google search engine, dan jika kamu melihat artikel saya rata-rata semuanya berjumlah lebih dari 2000 kata dan diurutkan dengan baik di mesin pencari.

Saya sangat menyarankan agar kamu menulis postingan/ artikel minimal 2000 kata, postingan yang lebih panjang dan detail serta bermanfaat, akan bertahan lebih lama di SERP Google.

Penelitian 10 peringkat teratas google berdasarkan panjang artikel


15. Kurangi Rasio Pentalan/ Bounce Rate

Rasio Pentalan adalah waktu rata-rata pengunjung saat membuka dan melihat dan membaca web/ blog kita yang dinyatakan dalam persentase.

Semakin besar persentase Rasio Pentalan/ Bounce Rate kita maka kualitas web/ blog kita dinilai google semakin buruk.

Jadi saat pengunjung datang ke situs atau blog kita dan kemudian segera meninggalkannya, ini mengakibatkan persentase rasio pentalan kita tinggi.

Banyak faktor yang menyebabkan mengapa rasio pentalan/ bounce rate kita tinggi, namun ada trik yang dapat kita lakukan dalam hal mengurangi rasio pentalan situs atau blog kita.

Triknya sebagai berikut, yakni dengan mengaitkan kedalam artikel kita sendiri. 

Ya, Internal Link, yang di letakkan diawal postingan/ artikel dapat membantu kita dalam mengurangi tingkat bouncing atau tingkat pentalan. 

Orang selalu membaca beberapa paragraf diawal artikel sebelum benar-benar meninggalkan situs atau blog kita.


16. Kepadatan Kata Kunci dan Sinonim Kata Kunci (LSI Keyword)

Kepadatan kata kunci atau banyaknya kata kunci yang kita sertakan dalam artikel atau postingan kita umumnya disarankan 2-4% saja.

Untuk meningkatkan banyaknya kata kunci yang bisa kita masukkan kedalam artikel atau postingan, kita bisa menggunakan sinonim kata kunci atau LSI Keyword (Latent Semantic Indexing keyword)

LSI Keyword adalah sinonim yang digunakan Google untuk menentukan relevansi halaman, atau hasil pencarian.

Disini kita dapat membuat artikel yang panjang seperti di saran saya di nomor 14 tadi, dengan menggunakan lebih banyak kata kunci sinonim atau LSI Keyword untuk dimasukkan kedalam lebih banyak jumlah kata yang terkait.

Karena saya terbiasa menulis postingan atau artikel panjang, jadi saya tidak terlalu begitu peduli dengan menggunakan LSI Keyword karena disaat kita menulis artikel atau postingan lebih dari 2000 kata, tanpa kita sadari kita telah menyertakan kata kunci turunan/ LSI keyword secara otomatis. 

Bagi pengguna wordpress dapat menggunakan Plugin SEOPressorV5 yang mempunyai kelebihan yakni memberikan saran LSI keyword dalam setiap postingan blog/ website.

Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat di Google Search Engine bisa dikatakan memerlukan keahlian khusus dan sedikit pengetahuan tentang SEO (Search Engine Optimization).

Namun, jika kita menulis dan membuat artikel atau postingan yang isinya bermanfaat bagi pengguna atau orang banyak, saya pastikan dan saya jamin, artikel/ postingan anda pasti berada dihalaman pertama google search engine, tanpa kita perlu pusing memikirkan SEO.

Demikianlah dari saya, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment