Membuat Blog - Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)
Membuat Blog - Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)

Membuat Blog - Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)

Baca juga:

Cara Membuat Blog - Mungkin anda sama seperti saya!

Dulu, saya penasaran apa itu blog, blogger atau blogging. Begitu sering kata itu saya dengar, baik dimedia televisi, cetak, ataupun media sosial.

Kemudian saya mencari di google dengan kata kunci apa itu blog, blogger dan blogging, setelah saya paham dan mengerti apa itu blog, blogger dan blogging, kemudian saya tertarik dan mencari kembali di google dengan kata kunci cara membuat blog untuk pemula.

Mengapa demikian?

Seperti yang saya katakan, "mungkin anda sama seperti saya", yakni hanya orang biasa, orang awam yang tidak memiliki pengetahuan tentang Teknologi Informasi, komputer, internet, coding, html, javascript, css, dan lain sebagainya.

Karena saya bukanlah seorang pakar Komputer/ lulusan IT. 

Saya hanyalah seorang diploma Akuntansi, tidak begitu mengenal tentang pemograman komputer dan Teknologi Informasi.


Cara Membuat Blog - Langkah-langkah Membuat Blog Sendiri Untuk Pemula


Mungkin anda juga sama seperti saya, tertarik dengan blog karena dapat menghasilkan uang.


Atau mungkin ketertarikan anda untuk menjadi blogger karena ingin memperluas jaringan usaha anda, atau mungkin karena melihat dan mendengar kisah-kisah sukses blogger-blogger dunia dan blogger Indonesia.

Bahkan bisa jadi ketertarikan anda untuk menyelami dunia blogging karena terinspirasi oleh blog-blog besar di Indonesia, kemudian anda kagum dengan kesuksesan mereka dan ingin seperti mereka.

Intinya, apapun alasan anda, yang membuat anda mencari di google tentang bagaimana cara memulai membuat blog dari awal sampai jadi untuk pemula, anda berada di blog yang tepat, karena disini saya akan menjabarkannya semua dari A sampai Z nya, untuk yang benar-benar awam seperti saya dulu.

Sebelumnya, saya yakinkan bahwa:
Kalau hanya sekedar untuk membuat blog, itu sangat mudah
Namun jika ingin membangun blog yang sukses, saya pastikan itu tidaklah Mudah. (panduanim)

Disini saya akan memberikan anda cara membuat sesuai dengan apa yang saya ketahui dan pelajari selama ini, dan karena itu saya hanya mengajari anda membuat blog di Blogger atau Blogspot.

Walaupun banyak sekali platform untuk membuat blog, seperti wordpress, tumblr, squido, dll.

Namun, untuk memulainya kita fokus pada Blogger/ Blogspot.

Membuat blog di Blogger sangat mudah, baik itu dalam membuat akun atau pun proses instalasi blog nya, cukup dengan waktu 3 menit selesai, itu pun kalo koneksi internetnya lancar.😊

Namun, Kustomisasi blog yang membuatnya lama, membutuhkan waktu karena menyangkut selera serta pengetahuan tentang HTML (coding).

Setelah anda mengikuti tahapan-tahapan membuat blog di Blogger/ Blogspot ini, saya yakin blog yang anda bangun tidak kalah bagusnya dengan blog-blog besar di Indonesia.

Kita mulai :

A. Topik Blog

Sebelum kita memulai semua tahap yang akan kita lalui, pertama sekali adalah kita cari topik blog yang ingin anda buat dan bangun.

Topik blog atau dikalangan blogger lebih dikenal dengan "niche" blog, adalah pokok utama yang akan kita bahas kali ini.

Karena, setelah saya pelajari dan amati, kunci sukses dari sebuah blog adalah Topik, Tema atau Niche Blog.

Mengapa demikian, karena jika kita tidak menentukan dari awal kemana arah, atau akan dibawa kemana nantinya blog kita adalah topik, tema atau niche blog itu sendiri.

Jika kita tidak menentukan dari awal, maka dapat dipastikan blog yang akan kita bangun akan hancur berantakan, tidak tentu arah, bahkan hilang arah.

Dan saya pastikan akan membuat anda patah semangat ditengah jalan, bahkan mungkin anda tidak akan bertahan lama di dunia blogger, menyerah dengan sendirinya hanya dalam waktu 2 bulan saja. 

Alasannya:

Kita membuat blog dan membangun blog untuk mencari pembaca, dapatkah anda bayangkan berapa banyak blog/ artikel yang dipublish setiap harinya didunia ini?

Jutaan bro, iya jutaan...

Jadi harus ada alasan yang tepat untuk membuat orang betah dan mau membaca blog kita, dan itu terletak pada Topik, tema dan niche blog itu sendiri.

Solusinya:

1. Rencanakan Topik/ Niche blog anda. Pikirkan sampai jauh kedepan. Jika anda memilih suatu topik/ niche pikirkan bagaimana prospek dan kelanjutan dari topik/ niche tersebut. 

Ini penting, karena anda tidak membuat blog untuk 1-2 atau 3 bulan saja, namun anda membuat blog untuk sampai benar-benar sukses.

2. Buatlah Topik/ Niche yang sesuai dengan kemampuan, pengetahuan serta yang anda sukai. Karena jika tidak, saya pastikan anda akan banyak menemui kesulitan-kesulitan dalam membuat konten, atau bahkan anda akan sangat mudah untuk menyerah ditengah jalan. 

Mungkin belum dua bulan anda sudah down duluan.

Selain itu, jika anda membuat dan membangun blog dengan topik yang anda sukai dan kuasai, maka saat anda membuat konten, semua akan terasa sangat mudah, lancar dan mengasyikkan pastinya. Saya JAMIN.

3. Buatlah topik/ niche yang banyak dicari orang. Selain dua cara diatas, topik yang anda buat sedapat mungkin niche yang banyak dicari orang di google, namun demikian haruslah tetap berpegang teguh pada yang anda kuasai dan anda sukai, agar anda tidak menemui kesulitan-kesulitan yang berarti saat membuat konten.

4. Yang keempat, saat anda membuat konten, buatlah konten yang lebih baik dan lebih berkualitas dibandingkan konten dari blog-blog lain yang serupa/ se topik atau se niche dengan anda.

Anda bisa melakukannya dengan banyak membaca, banyak belajar. Anda bisa belajar dari blog yang sesuai dengan Topik blog yang anda ambil, pelajari blog mereka, baca konten mereka, pahami dan setelah itu anda buat konten yang lebih berkualitas dan lengkap dibandingkan blog saingan yang se topik dengan anda.

Warning!! Jangan sekali-sekali anda melakukan COPAS (copy paste) blog orang lain. Seandainya pun anda mengutip beberapa kalimat dari blog lain, anda harus memberikan kredit kepada orang tersebut. Contohnya, seperti artikel ini, pada kalimat diatas, saya mengutip kalimat dari blog panduanim, tetap saya sertakan dari mana saya mendapatkan kalimat tersebut.

Dan sebagai catatan, blog panduanim adalah inspirasi saya dalam menulis, jadi jika ada kesamaan dalam cara menyuguhkan artikel maka saya akui, bahwa saya terinspirasi pada gaya penulisan mas dharmawan dari blog panduanim.

Kesimpulan tentang "Topik Blog"/ "Niche Blog":
"Banyak blogger-blogger pemula yang kandas ditengah jalan, disebabkan oleh penentuan topik yang salah, atau kurang memperhatikan dalam menentukan niche blog. Karena itu, untuk membuat dan membangun blog agar sukses, Topik/ Niche blog adalah hal yang paling utama, agar blog yang kita bangun selalu berada pada jalurnya, pada trek nya, yang akhirnya blog kita akan terlihat lebih professional lebih kaya dan lebih baik."


B. Nama Domain

Proses utama dan pertama dalam membuat blog untuk pemula telah kita lalui, selanjutnya kita menentukan Nama Domain.

Sebelum kita menentukan nama domain, kita harus memilih terlebih dahulu platform blog yang akan kita pakai. Dalam hal ini seperti awal artikel ini saya hanya mengajarkan membuat blog untuk pemula dengan Blogger/ Blogspot.

Dalam memilih nama domain, yang harus anda perhatikan adalah:

1. Nama domain yang anda pilih, sedapat mungkin sesuai dengan topik/ niche blog anda.
2. Jangan meniru nama domain yang telah populer.
3. Menjual, dalam artian mudah diinget, simpel, dan kalau bisa keren....hehe
4. Hindari penggunaan angka dan simbol seperti tanda strip/minus (-)
5. Integrasikan dengan nama media sosial

Alasan nya:

1. Dengan memilih nama domain yang sesuai dengan topik/ niche blog kita, maka kita telah membuat sebuah langkah penting dalam SEO (Search Engine Optimization), yakni dengan menempatkan keyword di domain kita. 

Mengenai apa itu SEO, akan kita bahas dilain waktu ya.

2. Jika anda meniru nama domain yang telah populer, maka blog anda akan dianggap blog abal-abal, atau blog spam, karena anda mencoba mengambil nama besar dari blog yang telah populer.

3. Menjual, artinya mudah diingat, simpel dalam penyebutan dan kalau bisa keren, karena jika nama blog kita mudah diingat dan simpel, akan mudah menciptakan brand untuk blog kita.

4. Hindari penggunaan angka dan simbol seperti stirp/minus (-), kalo di kutip dari blog panduanim, blog dengan nama domain menggunakan angka dan strip/minus maka akan dianggap blog spam, menurut saya ada benarnya. Dan sebagai tambahan menurut saya blog yang menggunakan angka atau strip/minus itu kurang "Keren" gak enak diliat dan dibaca..😀

5. Integrasikan dengan media sosial, maksudnya adalah sedapat mungkin waktu kita membuat dan memilih nama domain, nama domain tadi belum digunakan juga di media sosial pada saat kita akan membangun brand blog kita di media sosial.

Contoh: blog saya www.awambicara.id, Halaman Facebook untuk blog saya: www.facebook.com/awambicara.id

Menentukan nama domain di blogger/ blogspot, ada 2 pilihan:

1. Domain Hosted (Blogspot)
2. Domain Non-Hosted (TLD) 

1. Domain Hosted (Blogspot).

Langkah-langkah membuat blog dengan nama domain hosted (blogspot) dapat dibilang sangat mudah sekali, cukup buat akun di blogger.com dengan menggunakan akun email google (gmail) anda.


1. Creat Your Blog
Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)

2. Masuk dengan akun google anda

3. Konfirmasi Akun Google Anda

4. Kemudian Buat Blog Baru
Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)

5. Tentukan Nama Blog Anda

6. Tentukan Nama Domain Blog Hosted Anda (Blogspot)

7. Tentukan Templates Anda

Anda dapat memilih templates default yang tersedia di Blogger, dan Blogger baru-baru ini telah memberikan templates blogger terkemuka yang sudah mobile friendly/ responsive.

Setelah itu Selesai, cukup 3 menit membuat blog hosted Blogger, mudah bukan.

Selanjutnya anda tinggal membuat artikel atau konten.

Sampai tahap ini, anda sudah bisa membuat konten dan menerbitkan blog anda, dan anda sudah dapat melihat tampilan blog anda.

2. Domain Non-Hosted (TLD)

Langkah-langkah membuat blog dengan domain Non-Hosted (TLD) hampir sama dengan langkah membuat blog dengan Domain Hosted (Blogspot), perbedaannya adalah:

1. Anda harus mengaitkan Domain TLD (Top Level Domain) anda ke dalam platform blogger/ blogspot.

2. Domain TLD adalah Domain yang berdiri sendiri, yakni domain yang namanya langsung berakhiran ekstensi .com, .net, .org, .id, dan sebagainya (contoh: www.awambicara.id), yang tidak lagi bernama domain yang dilanjutkan dengan .blogspot.com (contoh: www.awambicara.blogspot.com).

Tahapannya :
1. Buat blog dengan nama Domain Hosted (Blogspot) terlebih dahulu, seperti di Langkah-langkah membuat Domain Hosted (blogspot) diatas.

2. Selanjutnya kita mengaitkan Domain Non-Hosted (TLD) yang telah kita beli terlebih dahulu.
Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)
Klik Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog anda

Dalam hal ini, saya membeli/ menyewa Domain di RumahWeb Indonesia. 
Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)

Setelah semua tahap awal dalam membuat blog untuk pemula ini kita lalui, dan kita telah memilih nama domain yang pas untuk blog kita, selanjutnya kita akan mengaitkannya dengan hosting platform Blogger/ Blogspot.
Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)
Copy dan Paste CNAME ke DNS Nameserver Domain TLD
Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)
Contoh: Manage DNS Nameserver Rumah Web, Blog www.awambicara.id

C. Mulai Menulis

Setelah tahapan-tahapan diatas dilalui, saatnya kita mulai membuat konten, menulis artikel.

Pada tahapan ini, jika anda mencari di google, dengan kata kunci Cara Menulis atau Membuat Konten Blog, anda akan di hadapkan pada banyak sekali pendapat-pendapat dari blogger-blogger yang sudah mapan dan sukses.

Dan saya pastikan, jika anda blogger pemula atau awam seperti saya, dijamin anda akan BINGUNG.

Untuk itu, saya hanya berpesan: "Jadilah diri sendiri, anda boleh meniru gaya penyajian atau penulisan blogger-blogger yang sudah sukses, namun dalam penggunaan gaya bahasa anda harus yakin dengan diri anda sendiri".

Anda bisa melihat postingan saya tentang Tips Singkat Menulis Blog dan Menghasilkan Uang, ditautan ini.

Namun, jika anda fokus pada topik atau niche yang memang anda kuasai dan sukai, niscaya dalam menulis dan membuat konten akan terasa ringan dan mudah.

D. Daftarkan ke Search Engine

Setelah tahapan dan langkah membuat blog sendiri selesai anda lakukan, dan blog sudah launching, diluncurkan, proses berikutnya adalah mendaftarkan blog anda kedalam Search Engine/ Mesin Telusur.

Search engine ada banyak, seperti google, yandex, bing, duckduckgo, namun yang paling terkenal dan sering digunakan user adalah Google Search Engine.

Langkah mendaftarkan diri ke search engine ini sangat PENTING, karena konten atau artikel yang kita buat serasa akan sia-sia, karena tidak dapat ditemukan user atau pengguna di search engine.

Agar terdaftar atau ter index ke mesin telusur, kita harus mendaftarkannya terlebih dahulu, langkahnya sebagai berikut:

Google Webmaster/ Search Console

1. Masuk ke Google Search Console dengan akun google anda, dsini: google search console
Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)

2. Silahkan masukkan alamat blog anda lalu klik add a property.
Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)

3. Selanjutnya anda akan diminta untuk memverifikasi blog anda. Untuk melakukannya silahkan anda pilih tab: Alternate Methods.
Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)

4. Setelah itu, pilih HTML tag, kemudian copy dan paste kan <meta name kode HTML tag kedalam kode HTML blog anda.
Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)
Kemudian, simpan.

5. Setelah itu kembali ke google search consule, klik Verify

6. Sampai tahap ini, blog anda telah terdaftar di google search console, namun google belum akan meng index, atau mendaftarkan blog anda kedalam Google Search Engine. Untuk itu langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan sitemap.xml kedalam tab crawl->sitemap.
Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)

7. Klik Add/Test Sitemap, kemudian masukkan: sitemap.xml kemudian klik Submit, setelah itu refresh the page. 
Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)
8. Selesai, selanjutnya biarkan google meng crawl (atau menelusuri isi blog kita) kemudian meng index nya di google search engine, dan selanjutnya apabila ada kata kunci di pencarian google mengena dengan topik dan konten kita, maka blog kita akan ditampilkan di hasil penelusuran google.

Catatan: Untuk dapat tampil dihalaman pertama google dengan kata kunci yang sesuai dengan topik blog kita, perlu pemahaman dan keahlian dibidang SEO, yang akan saya bahas dalam postingan belajar blog di awambiara.id dikesempatan lainnya.

Bing Webmaster

Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)

2. Selanjutnya isi URL Blog anda di kolom, dan isi chapca lalu submit.

3. Selanjutnya kita daftarkan blog kita di Bing Webmaster, dengan memilih "Greats! Sign Me Up"
Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)

4. Kita akan diarahkan kehalaman berikutnya untuk memasukkan URL blog dan URL Sitemap.
Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat (Untuk Pemula)

5. Disini anda harus sudah memiliki email bing (microsoft), bisa hotmail, live.

6. Selanjutnya ikuti langkah-langkah yang ditentukan oleh bing.

Yandex Webmaster

Proses submit atau mendaftarkan blog ke Yandex Webmaster, hampir sama dengan google webmaster dan bing webmaster.

Yang pasti anda harus memiliki akun Yandex.

Karena itu silahkan anda daftar akun yandex disini: Yandex

Dan anda dapat mendaftarkan blog agar terindex di yandex disini: Yandex Add Site 

Langkah selanjutnya, hampir sama dengan waktu kita memasukkan dan mendaftarkan blog agar ter index google search engine dan bing search engine.

Sampai tahapan ini, kita hanya perlu menunggu. Karena untuk meng crawl situs atau blog kita mesin telusur membutuhkan waktu 2-9 hari.

Semoga bermanfaat.
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar