Mulai Bangun Blog Anda Sendiri dari Sekarang, Cukup 10 Menit!
Mulai Bangun Blog Anda Sendiri dari Sekarang, Cukup 10 Menit!

Mulai Bangun Blog Anda Sendiri dari Sekarang, Cukup 10 Menit!

Sering dilihat:

Kategori belajar blog awambicara ini semata-mata saya buat hanya untuk berbagi pengalaman dan sebagai tempat belajar bersama, terutama untuk admin sendiri.

Saya bukanlah orang IT, bukan juga programmer, dan bukan pula seseorang yang ahli dan jago coding, yang mampu membuat dan menghasilkan produk-produk semacam, templates blog, plugin dan sebagainya.

Untuk templates blog saya ini saja, saya dapatkan dari membeli pada orang yang saya hormati dan juga motivator saya dalam ngeblog, kang adhy suryadi dari kompi ajaib.
Mulai Bangun Blog Anda Sendiri dari Sekarang

Jadi, sebelum saya memulai beberapa bab yang nanti akan membahas secara khusus tentang kategori belajar blog ini, saya ingin pastikan bahwa artikel tentang belajar blog ini tidak bisa saya jadikan jaminan akan berada pada tingkat pertama hasil pencarian search engine.

Mulai Bangun Blog Anda Sendiri dari Sekarang


Namun, artikel tentang bab belajar blog ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri, dimana saya mulai membangun dan mengembangkan blog awam bicara ini, yang kini telah berada pada peringkat 246.000 alexa global rank.

Untuk hasilnya bisa anda lihat di artikel-artikel utama saya yang membahas tentang seleksi penerimaan CPNS, contoh soal CPNS, Soal Psikotes, dan lain sebagainya.

Jadi, blog ini pada dasarnya adalah blog belajar dan berbagi informasi, dimana saya telah memberikan informasi seputar seleksi penerimaan CPNS, berupa contoh soal, tips dan trik serta cara menjawab dan kunci jawabannya.

Juga tentang belajar bahasa Inggris, yang sebenarnya bukanlah merupakan keahlian saya, namun saya dulu pernah belajar dan mendapatkan modul belajar bahasa Inggris dalam beberapa bab. 

Karena itu, agar tidak lupa dan dapat saya pelajari kapanpun dan dimanapun serta untuk berbagi kepada siapa saja yang membutuhkan, karena itu saya jadikan artikel bab belajar bahasa Inggris di blog awam bicara ini.

Kategori belajar Blog di Awam Bicara ini akan saya buat dalam beberapa bab, judul dan sub judul untuk lebih memudahkan bagi saya, dan juga anda tentunya dalam memahami dan mempelajarinya.

Adapun pertama yang akan saya bahas adalah bagaimana membuat blog dan mulai membangun blog sendiri dalam tempo 10 menit.

Mulai Bangun Blog Anda Sendiri dari Sekarang

Saya akan memberikan langkah-langkah membuat blog dengan hosting blogger, custom domain, melalui beberapa langkah mudah yang mungkin tidak akan menghabiskan waktu lebih dari 10 menit. 

Sekali lagi saya katakan, dari pengalaman saya membuat blog itu sangat mudah, bahkan untuk anda yang tidak mengerti sama sekali dengan IT, Web, Coding, dan sebagainya. Dalam artian untuk anda yang benar-benar awam seperti halnya saya.

Cukup dengan mengikuti panduan langkah demi langkah memiliki blog Anda sendiri di mana Anda dapat memposting apa pun yang Anda inginkan.

Memilih Nama Domain Blog Sendiri


Namun sebelum kita memulai untuk membuat blog, yang paling utama yang harus anda lakukan adalah menentukan Nama Domain Anda.

Memutuskan dan menentukan nama domain blog Anda adalah merupakan langkah awal yang memiliki peran penting yang tidak dapat anda kesampingkan. 

Karena nama domain blog ini sangat berhubungan dengan apa yang akan anda berikan kepada pembaca anda, berhubungan dengan langkah-langkah selanjutnya setelah anda memiliki sebuah blog.

Nama domain pada dasarnya adalah alamat dari blog Anda yang akan digunakan orang untuk mengunjunginya. 

Disini saya hanya membagikan pengalaman ngeblog saya saja, jadi saya tidak akan menjelaskan tentang web hosting, karena saya sendiri masih menggunakan blogger sebagai hostingnya.

Walaupun saya mempunyai pengalaman instalasi website kantor dimana saya bekerja, dengan hosting sendiri dan membuat website sendiri dengan joomla, namun saya tidak akan memberikannya disini.

Karena ini tentang belajar ngeblog dari pengalaman saya sendiri, maka kita fokus pada isi atau konten dan bagaimana cara meningkatkan dan menumbuhkan serta membawa banyak pengunjung pada blog kita, bukan pada teknis bloggingnya.

Catat dan tulislah beberapa ide yang mungkin muncul dibenak anda saat anda memimikirkan nama domain untuk blog anda sendiri.

Ada catatan khusus tersendiri yang mungkin bisa menjadi patokan anda dalam memilih nama domain, yakni:
  • Nama domain yang pendek dan unik
  • Mudah diingat dan diucapkan
  • Hindari penggunaan tanda hubung (-) atau Angka

Dari ketiga catatan diatas, saya pribadi berpendapat bahwa, mudah diingat dan diucapkan adalah yang paling penting untuk dilakukan, karena hal ini akan membuat blog menjadi lebih baik. 

Selain itu, hal ini juga berguna untuk mem-branding blog Anda nantinya. Anda bisa membaca Tips Memilih dan Menentukan Nama Domain Blog Baru.

Buatlah daftar setidaknya lebih dari 1 nama domain sebagai pilihan, yang Anda sukai dan pilihlah yang terbaik. 

Jika Anda bingung dan ragu, mintalah kepada teman atau keluarga Anda memilihnya, dengarlah pendapat mereka, kira-kira nama yang manakah yang enak didengar, mudah diingat dan enak diucapkan.

Sign-up Hosting Blogger Custom Domain


Jika anda memikirkan branding blog anda, ada baiknya anda membuat nama domain sesuai dengan produk anda (jika anda membuat blog untuk menjual produk), atau nama anda sendiri untuk blog pribadi anda misalnya.

Selanjutnya, jika anda sudah menentukan nama domain, langkah selanjutnya adalah mulai mendaftarkan dan membuat blog anda sendiri.

Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar