Loading...

Tuesday, 26 September 2017

Ngeblog - Dari Iseng, Hobby, Ikut-ikutan sampai Menghasilkan Uang

Blog?
Saya juga dulu sering bertanya-tanya, apaan sih blog itu?
Saya mengenal blog sudah lebih dari 8 tahun yang lalu. Walaupun sebenarnya saya sudah lama sekali mengenal apa itu blog, bukan berarti saya adalah orang yang sangat berpengalaman di dunia Blogging.

Blog Awam Bicara. Apa itu Blog?

Memang saya mengenal dan tau tentang blog sudah lebih dari 8 tahun silam, tapi saya baru benar-benar mendalami dunia blogging baru-baru ini saja, belum juga sampai satu tahun.


Sekitar 8 tahun yang lalu, saya sering mendengar tentang blog, blogger, blogging. Bagaimana cara menghasilkan uang dari internet, tepatnya dari blog, dan lain sebagainya. 

Dari situ saya mulai mencari tau tentang apa itu blog, bagaimana bentuknya, fungsinya, dan apa yang paling sering menjadi pertanyaan saya adalah, bagaimana bisa sebuah blog dapat menghasilkan uang.

Setelah itu saya coba-coba, buat blog. Singkat cerita saya ikut-ikutanlah, belajar dari buku, google, dll bagaimana cara membuat sebuah blog dan menghasilkan uang dari blog.

Intinya, saya buat blog asal-asalan, hanya karena ingin ikut-ikutan, dan hanya karena tertarik dengan cara menghasilkan uang dari blog tadi. 

Jadilah blog saya hancur lebur gak karuan isinya. 

Blog copas, comot artikel sana sini, tidak pernah tau dan mengerti apa itu plagiat, tidak orisinil, dan bukan tulisan sendiri.

Blog yang asal-asalan itu, saya coba daftarkan ke google adsense. 

Saya masih ingat betul, pada saat itu untuk mendaftar ke google adsense, blognya harus berbahasa inggris.

Karena pada saat itu google adsense hanya mendukung blog berbahasa inggris dan beberapa bahasa lainnya, yang didalamnya tidak termasuk atau tidak mendukung bahasa indonesia, seperti sekarang ini.

Hasilnya? Sudah dapat ditebak, blog saya selalu ditolak google, ingat…SELALU.

Kecewa, putus asa dan menyerah pastinya yang saya rasakan. 

Karena itu saya berhenti dari dunia blog, blogging, blogger. 
Apabila ketertarikan kita hanya pada satu tujuan, yakni materi saja, dan seandainya tujuan (materi) tersebut tidak tercapai, maka pada akhirnya kita akan menyerah, berhenti dan meninggalkannya.
Sampai ketika awal tahun 2017 tadi, karena pekerjaan offline saya sedang mengalami saat-saat yang kurang mengenakkan, tidak terlalu banyak pekerjaan offline yang saya terima, dan karena banyaknya waktu yang saya miliki tanpa melakukan sesuatu hal yang berarti, saya kembali lagi ngeblog.

Semua infrastruktur nya saya miliki, seperti laptop, jaringan internet, dan waktu pastinya. 

Yang mana banyak saya habiskan hanya sekedar menonton film saja, atau bermain game yang banyak membuang waktu-waktu berharga saya.

Dari situ saya sadar, semua infrastruktur yang saya miliki tadi sangat tidak memberikan manfaat apa-apa, baik bagi diri saya sendiri, keluarga ataupun orang lain.

Karena itu, saya tertarik untuk kembali ngeblog lagi.

Namun kali ini tujuan saya untuk ngeblog sangat berbeda dari 8 tahun yang lalu. 

Tujuan saya ngeblog karena ingin membantu orang dengan apa yang saya ketahui dari pekerjaan offline saya dan membagikannya melalui tulisan dan artikel saya diblog ini.

Pekerjaan offline saya adalah PNS, saya bekerja dibidang hukum, tepatnya di Pengadilan, dibawah Mahkamah Agung RI. 

Saya ingin berbagi tentang apa yang saya alami didunia kerja saya, permasalahan-permasalahan yang sering dihadapi oleh masyarakat terkait dengan permasalahan-permasalahan hukum yang mereka hadapi.

Tentang ketidaktahuan mereka atas hukum yang berlaku di negeri ini, karena itu saya kembali lagi untuk ngeblog, dan lahirlah blog Awam Bicara ini. 

Tujuan saya ngeblog adalah ingin memberikan informasi-informasi seputar hukum, bagaimana menghadapi permasalahan-permasalahan menyangkut hukum itu sendiri, dan juga sekaligus sebagai tempat pembelajaran bagi saya sendiri.

Dengan tujuan ngeblog yang hanya karena ingin memberikan informasi-informasi tentang hukum kepada masyarakat, ternyata dari situ banyak hal yang bisa saya dapatkan dan pelajari serta kembangkan didalam dunia blogging.

Saya jadi banyak belajar tentang, Templates Blog, Widget Blog, Mobile Friendly, Responsive, Monetisasi Blog, dan lain sebagainya.

Dan yang paling sering menjadi pertanyaan untuk saya serta paling banyak menyita pikiran saya adalah mengenai SEO (Search Engine Optimizer).

Tapi.., diartikel kali ini saya tidak akan bercerita tentang apa itu SEO, namun saya fokus kepada apa itu blog, blogger atau blogging.
Kita lanjutkan….
…Jadi dari blog saya ini, iseng-iseng saya coba daftarkan kembali ke google adsense. Dan Ternyata permohonan google adsense saya lagi-lagi ditolak.

Pasti anda mengira saya langsung diterima oleh google sebagai publisher adsense, iya kan? 😁

Terus terang, jika anda bertanya apa yang saya rasakan setelah serius kembali untuk ngeblog dan dengan tujuan yang ingin membantu orang banyak, tentu saja KECEWA jawabannya.

Namun, hal itu tidaklah membuat saya berputus asa dan menyerah, serta membuat saya berhenti lagi dari ngeblog.

Tujuan saya ingin membantu orang banyak, untuk itu saya terus memberikan informasi-informasi yang saya ketahui dan dapatkan didalam dunia kerja saya tentang hukum kepada masyarakat awam.

Selain itu, sebenarnya karena saya sayang juga sama domain nya, udah saya beli untuk 1 tahun, hehehe..😅

Saya fokus di blog informasi tentang hukum, saya jadi banyak belajar tentang blog, tentang konten berkualitas, tentang konten unik, tentang monetisasi blog, tentang banyak hal yang menyangkut dunia blogging.

Begitu juga tentang dunia hukum yang memang menjadi pekerjaan offline saya, saya menjadi sering membaca literatur-literatur tentang hukum, dan banyak belajar tentang seluk beluk hukum dan beracara di Pengadilan.

Dari apa yang saya dapatkan dan pelajari dari dunia blog ini, saya kembali mencoba untuk mendaftarkan blog saya dan menjadi seorang publisher google adsense.

Namun lagi-lagi blog saya ditolak oleh google adsense..😓

Karena berkali-kali ditolak oleh google adsense, yang inti penolakannya adalah konten saya tidak memberikan manfaat yang signifikan bagi pembaca, saya jadi berfikir dan mencari kembali, konten seperti apa yang sangat disukai oleh google adsense.

Dan akhirnya saya jadi banyak belajar juga tentang "Niche" blog.

Jujur saja sampai saat ini saya tidak tau apa arti dari niche blog, yang saya pikirkan dan simpulkan tentang niche blog adalah pokok utama yang menjadi pembahasan blog yang kita kelola.

Pada saat saya searching digoogle tentang apa itu niche blog, yang saya dapati malah tentang bagaimana cara memilih niche yang banyak dicari orang di penelusuran google, bukan tentang arti kata dari niche itu sendiri.

Karena itu, saya menyimpulkan sendiri bahwa niche blog itu adalah pokok pembahasan utama dari blog.

Kemudian, saya membuat lagi blog baru, dan kali ini saya mengangkat niche "Wisata" atau "Traveling".

Saya mengangkat niche wisata di blog baru saya semua karena memang daerah saya adalah daerah yang sedang giat-giatnya mempromosikan parawisatanya.

Di blog baru ini, saya bercerita tentang tempat-tempat wisata yang ada di daerah saya, kebudayaannya, adat istiadatnya dan lain sebagainya.

Yang pada dasarnya adalah selain bertujuan untuk didaftarkan ke google adsense, juga sebagai wadah untuk saya dalam membantu pemerintah daerah saya dalam mempromosikan wisata yang ada kota saya.

Daerah asal saya memang mempunyai banyak sekali tempat-tempat wisata yang menurut saya cukup menakjubkan.

Saya masih ingat betul, saat itu saya hanya mempunyai 10 artikel tentang wisata, dan semua adalah tentang pengalaman pribadi saya. 

Saya daftarkan ke google adsense.

Hampir satu bulan saya tidak mendapat kabar apa-apa dari google, dan karena itu saya jadi tidak terlalu begitu berharap lagi apakah bakal diterima sebagai publisher google adsense atau tidak.

Ternyata.., saya lupa kapan kejadiannya, yang saya ingat adalah saya iseng buka email, kebetulan email yang saya gunakan sehari-hari dengan email blog saya berbeda, saya mendapatkan email dari google adsense, dan saya dinyatakan diterima penuh sebagai publisher google adsense.

Mungkin ada dari anda yang bertanya-tanya, bagaimana saya bisa diterima sebagai publisher google adsense Non Hosted?

Pada waktunya nanti, semua pengalaman-pengalaman saya di dunia blogging, akan saya bahas dan ceritakan di blog awam bicara saya ini nanti.

Begitu juga tentang bagaimana kita-kiat saya untuk diterima dan menjadi publisher google adsense non hosted, bagaimana agar blog bisa tampil di halaman pertama google, apa itu SEO, Backlink, pokoknya semua yang saya dapati dan pelajari selama ini akan saya bagikan dilain kesempatan.

Namun disaat ini, dikesempatan kali ini saya hanya ingin bercerita tentang Apa itu Blog? 😊

Baiklah, kita lanjutkan lagi ceritanya….
…Jika anda searching digoogle, tentang apa itu blog? Anda akan mendapatkan banyak sekali jawaban mengenai apa itu blog, blogging, blogger. 

Jadi saya yakin anda pasti akan paham dengan sendirinya apa itu blog, walaupun sebelumnya anda tidak pernah tau apa itu blog.

Apalagi bagi anda para generasi Y, generasi Milenial, yang sudah tidak asing lagi dengan internet dan dunia teknologi informasi.

Namun, walaupun begitu, untuk lebih jelasnya lagi saya akan mengulang kembali apa itu blog seperti yang dikatakan dari hasil pencarian google:

Blog adalah satu dari beratus-ratus juta jenis website atau situs yang ada di internet. 

Yang mana, terakhir saya tau dari 'Pingdom' seperti dilansir oleh detikcom pada tahun 2014 silam, jumlah situs/ website didunia ini menembus angka 663juta lebih, itu pada tahun 2014 silam, dapat anda bayangkan perkembangannya pada tahun 2017 ini bukan?😉

Yang terdiri dari berbagai jenis website atau situs, diantaranya :

Situs berita seperti detikcom, kompascom, cnn,liputan6,dll, situs media sosial seperti facebook, twitter, linkdin, tumblr, dll, situs search engine, semacam google, bing, yahoo, yandex, situs ritel atau toko online, semacam tokopedia, bukalapak, bhinneka, lazada, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan satu hal yang paling prinsip yang membedakan antara blog dengan jenis situs-situs atau website lainnya adalah fungsi dari blog itu sendiri.

Mulanya, blog sering digunakan sebagai tempat untuk menulis catatan pribadi, semacam diary lah, namun seiring berkembangnya dunia blogging, Blog berkembang menjadi tempat untuk berbagi informasi, tempat untuk ber opini, untuk bisnis, dan bahkan untuk keperluan dunia perpolitikan.

Melalui blog kita dapat berbagi informasi-informasi penting dengan orang lain, dalam hal ini pembaca, yang bahkan kadang kala mungkin informasi tersebut sangatlah berharga bagi sebagian orang.

Jika sudah demikian, anda pasti bertanya-tanya, “Jika informasi itu berharga, lalu untungnya buat kita apa?”

Banyak sekali yang bisa kita dapatkan dari blog, tapi dari seabrek manfaat dan keuntungan dari blogging itu sendiri, bagi saya adalah “Kepuasan Batin”.

Maksudnya adalah, dengan berbagi saya merasa menjadi lebih bermanfaat untuk orang banyak, dan itu merupakan kepuasan batin yang tidak dapat dinilai dengan materi, itu menurut saya.

Namun, selain itu manfaat dari nge blog adalah :
1. Bisa menjadi seorang penulis
Saya bukanlah termasuk seorang yang pandai menulis, seorang yang punya bakat menulis, tapi dengan ngeblog saya jadi bisa dan "berani" menulis, dan merasa telah menjadi seorang penulis..😋

Awalnya saya takut, malu, dan perasaan lainnya yang bercampur aduk mengenai tulisan yang saya buat. 

Takut tidak baguslah, takut tidak menariklah, takut ditertawai oranglah, dan lain sebagainya.

Yang pada akhirnya saya sadar bahwa, itu hanyalah perasaan saya saja. 

Pada dasarnya tidak ada orang yang memperhatikan bagaimana mutu tulisan kita, tidak ada yang peduli.

Para pembaca hanya peduli tentang informasi apa yang kita bagikan, peduli tentang manfaat dari informasi yang kita bagikan.

Jika bermanfaat untuk mereka tentu saja mereka akan membacanya, begitu juga sebaliknya.

Mengenai baik atau buruknya tulisan kita, berkualitas atau tidaknya konten/ tulisan yang kita buat, ada penilai yang lebih hebat (menurut saya), tapi khusus untuk tulisan di internet, yakni GOOGLE itu sendiri.

Jika bagus tulisan kita, tentu saja tulisan kita tadi akan nangkring di peringkat satu google, dan jika sebaliknya maka blog kita akan terpuruk didasar penelusuran google.

2. Bermanfaat bagi orang lain
Seperti saya sebutkan diatas, yang paling utama dari apa yang saya dapatkan dari nge blog adalah rasa 'kepuasan batin'. Kepuasan batin karena bermanfaat bagi orang banyak.

3. Membangun komunitas dan jaringan sendiri
Manfaat yang satu ini baru dapat kita rasakan jika blog kita bermanfaat bagi orang lain dan pada akhirnya banyak membantu mereka, selanjutnya dengan sendirinya akan terbangun komunitas baru dan jaringan baru untuk kita.

Yang pada akhirnya nanti membuat blog kita semakin banyak dikenal orang, terutama dikalangan Netizen atau warga internet.

4. Menghasilkan uang
Dari sekian banyak manfaat yang kita dapatkan dari nge blog, dan yang pastinya adalah dapat menghasilkan uang.

Pada akhirnya nanti blog yang kita buat dan kelola akan mendatangkan hasil yang mungkin tidak pernah kita duga sebelumnya.

Dari yang tadinya hanya sekedar iseng, hobby atau malah hanya sekedar ikut-ikutan sampai akhirnya dapat mendatangkan keuntungan materi alias menghasilkan uang untuk kita.

Bahkan mungkin melampaui hasil yang didapat dari pekerjaan offline kita, jikalau nanti blog kita benar-benar menjadi sebuah blog yang banyak dikenal orang dan yang mendatangkan banyak manfaat bagi orang banyak.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari nge blog, hanya saja tidak dapat saya sebutkan satu persatu.

Saya hanya menyampaikan manfaat yang benar-benar saya rasakan besar dampaknya bagi diri saya pribadi.

Dulu, saat-saat saya mulai belajar blogging, tulisan-tulisan seperti inilah yang sering kali saya temui mengenai apa itu blog. 

Dari sini saya mulai mengenal, mulai belajar, mulai mempraktekkan, dan tentunya banyak mengenal orang-orang yang sudah sukses dan mapan didunia blogging.

Saya yakin, anda yang baru belajar nge blog seperti halnya saya, akan menghadapi banyak sekali pertanyaan-pertanyaan seputar ngeblog, blogging dan blogger.

Mulai dari, bagaimana membuat tampilan blog kita jadi indah, bagus, dan cantik?

Bagaimana cara menentukan niche dari blog?

Bagaimana cara memasang widget, tombol share sosial media, memasang menu beranda, dll seputar pemograman templates blog?

Bagaimana caranya mendapatkan banyak pengunjung ke blog kita?

Bagaimana membuat blog kita terkenal?

Apa yang harus saya lakukan agar blog saya dikenal orang tanpa harus saya kenalkan? Yang artinya dikenal dan diketahui orang dari google search.

Banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang muncul tadi pada akhirnya mengantarkan kita pada 1 tujuan dan jawaban saja, yakni bagaimana menjadikan blog kita terkenal dan selalu berada diperingkat 1 google search.

Pertanyaan-pertanyaan yang muncul tadi, membuat saya menjadi ingin belajar, ingin mencoba, dan ingin mempraktekkannya, hingga dari situ saya mendapatkan banyak sekali pengalaman-pengalaman yang berharga.

Anda akan menemukan seperti apa yang saya temui, yakni tentang Pertanyaan-pertanyaan dunia blog yang hampir tidak ada habisnya.

Semakin banyak yang anda ketahui, semakin banyak pula pertanyaan-pertanyaan yang muncul, dan tentu saja semakin membuat haus rasa keinginan tahuan kita akan itu.

Dengan begitu, maka semakin banyaklah pengalaman-pengalaman yang akan kita dapatkan, yang tentu saja akan menjadi aset berharga untuk kita.

Aset dalam membangun blog dan membangun jaringan serta komunitas kita di dunia blogging.

Karena itu, pertanyaan-pertanyaan yang ada dan pernah saya alami, dan jawaban-jawaban yang saya dapati serta pengalaman-pengalaman berharga saya, akan saya jabarkan satu persatu didalam artikel lanjutan dari label belajar blog di Awam Bicara ID ini.

Sekian dari saya, terimakasih.


Subscribe