Cara Menjawab Soal Psikotest - Tes Wartegg

loading...
Loading...
Eits jangan salah, ini bukan warung tegal, tapi salah satu bentuk soal melengkapi gambar dalam ujian psikotes.

Saya yakin, jika Anda belum pernah menghadapi bentuk soal psikotes - tes wartegg ini, pasti bingung.
cara menjawab tes wartegg

Jangankan untuk tahu bagaimana cara menjawabnya, apa yang dimaksud dengan tes wartegg juga mungkin Anda bingung.

Apa itu Tes Wartegg? 


Jadi, apa itu Tes Wartegg? dan bagaimana cara menyelesaikan soal psikotes - tes wartegg?

Bagi Anda yang sudah pernah mengikuti seleksi penerimaan karyawan pada suatu perusahaan swasta yakni dengan seleksi menjawab soal-soal psikotes, tentunya sudah tidak asing lagi dengan apa itu tes wartegg.

Namun, tidak bagi Anda yang fresh graduetes yang baru dipanggil untuk mengikuti seleksi tertulis berupa menjawab soal-soal psikotes, saya yakin Anda pasti tidak mengenal apa itu tes wartegg.

Tes wartegg adalah salah satu bentuk tes psikologi untuk mengukur atau menilai kemampuan berpikir seseorang. Atau bisa juga disebut dengan tes IQ.

Dulu, penerimaan CPNS menggunakan salah satu bentuk soal psikotes - tes wartegg ini dalam menyeleksi penerimaan CPNS, namun sekarang tidak lagi.

Seleksi penerimaan CPNS sekarang ini menggunakan seleksi Tes Intelegensia Umum, Tes Wawasan Kebangsaan dan Tes Karakteristik Pribadi.

Walaupun sebenarnya, dalam tes intelegensi umum soal-soal yang digunakan adalah soal-soal yang sering digunakan dalam tes psikotes.

Tes psikotes ini masih dan sering kali digunakan oleh perusahaan dalam menyaring karyawan atau pegawainya.

Salah satu soal psikotes yang sering muncul adalah tes wartegg.

Jadi, untuk Anda yang akan menghadapi ujian seleksi penerimaan pegawai atau karyawan swasta, Anda dapat menyimak pembahasan kami tentang soal-soal psikotes untuk masuk kerja disini.

Dan untuk pembahasan tes wartegg, akan kami bahas secara khusus didalam artikel kami kali ini, yakni tentang apa itu tes wartegg, bagaimana cara menjawab tes wartegg dan tips menjawab tes wartegg.

Tes wartegg ini merupakan salah satu bahan tes psikologi yang meminta peserta tes untuk melengkapi gambar, sehingga menjadi bagian gambar yang utuh.

Karena ini merupakan tes psikologi, maka yang dilihat disini adalah kemampuan seseorang tentang imajinasi, emosi, reality function, dinamisme, dan kemampuannya kontrolnya.

Tes wartegg ditemukan oleh Krugger dan Sander dari University of Leipzig, yang selanjutnya disempurnakan lagi oleh Ehrig Wartegg dan Marian Kinget.

Tes wartegg biasanya berisi gambar atau pola yang belum selesai dalam 8 kotak dan peserta tes harus melengkapi gambarnya sehingga yang mulanya hanya berupa gambar titik, garis maupun gabungan keduanya menjadi sebuah gambar yang utuh.

Gambar dalam kotak yang terdiri dari titik dan garis yang terbentuk harus dilengkapi untuk selanjutnya menghasilkan gambar yang baik serta memiliki arti tersendiri sesuai dalam ilmu psikologi.

Selain itu, peserta tes wartegg juga biasanya ditugaskan untuk memberikan nomor pada gambar sesusai dengan urutan ketika ia menggambarnya, serta memberikan keterangan gambar yang paling susah, paling disukai dan paling mudah dikerjakannya.

Dalam soal psikotes ada banyak bentuk soal tes gambar, seperti tes wartegg, tes gambar orang, tes gambar pohon dan gabungan dari tes gambar orang, rumah dan pohon.

Selengkapnya dapat Anda lihat di Cara Menjawab Soal Psikotes Gambar ini.

Waktu pengerjaan tes wartegg itu sendiri sekitar 30 menit.

Keterangan Gambar Tes Warteg


Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnnya, setiap kotak memiliki pola gambar awal yang berbeda-beda.

Pola awal gambar pada tes wartegg memiliki makna yang berbeda-beda. Perusahaan dapat menilai dan mengetahui karakter calon karyawannya dari melihat hasil gambar yang dibuatnya pada tes wartegg.

Yakni dalam menilai dan mengetahui tentang kemampuan adaptasi, kemampuan menyelesaikan masalah, tekad, dan lain sebagainya.

Berikut ini kami akan jelaskan secara singkat tentang keterangan pola gambar awal dalam tes wartegg.

Pola Gambar Titik Ditengah Kotak Tes Wartegg


Pada delapan kotak berisi pola gambar tes wartegg, gambar pertama yakni pola gambar pada kotak paling atas kiri yakni berupa pola gambar titik ditengah kotak.

Pola gambar pertama tes wartegg berupa titik ditengah atau dipusat kotak ini erat kaitannya dengan kepribadian seseorang, yakni tentang kemampuan seseorang dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan berbeda.

Pola Gambar Coretan Garis Melengkung (Gelombang) Tes Wartegg


Pola gambar pada kotak kedua dari delapan kotak tes wartegg adalah berupa coretan garis yang melengkung seperti gelombang.

Pola gambar garis berliku ini bermakna fleksibilitas dari perasaan sesorang, yakni mengisyaratkan suatu kehidupan yang bebas namun tetap dinamis.

Pola Gambar Garis Vertikal Tes Wartegg


soal psikotes tes wartegg

Pada kotak ketiga, dalam tes wartegg, terdapat tiga garis vertikal yang lurus dan sejajar dengan pola tinggi yang menyerupai anak tangga dan semakin meninggi.

Pada tes wartegg pola gambar ketiga ini memiliki arti yang kaku, teratur dan rapi. Hal ini menunjukkan tentang ambisi sesorang dalam meraih cita-cita dan kesuksesan.

Pola Gambar Kotak Persegi Tes Wartegg


Pada gambar keempat tes wartegg ini berupa gambar kotak persegi yang berwarna hitam terletak di bagian atas sebelah kanan kotak.

Pola gambar keempat tes wartegg ini bertujuan untuk mengetahui pola pikir serta cara pandang Anda dalam memecahkan suatu masalah.

Pola Gambar Dua Garis Diagonal Tes Wartegg


Pada gambar kelima tes wartegg ini, yang terletak di bawah sebelah kiri, yakni berupa pola gambar dua garis diagonal.

Pola gambar pada kotak kelima tes wartegg ini menyerupai huruf T yang terputus dan miring.

Pola gambar kelima tes wartegg ini biasanya digunakan untuk menguji cara bertindak peserta tes.

Pola Gambar Garis Vertikal dan Horizontal Tes Wartegg


Pada kotak keenam tes wartegg yakni berupa gambar garis vertikal dan hirizontal yang terpisah.

Pola gambar tes wartegg ini bertujuan untuk menguji cara berfikir dan analisa peserta tes.

Pola Gambar Kumpulan Titik Melengkung Tes Wartegg


Pada pola gambar ketujuh tes wartegg yakni berupa kumpulan titik yang melengkung.

Pola gambar tes wartegg ini erta kaitannya dengan perasaan seseorang, yakni apakah ia memiliki sifat yang stabil stabil dan dewasa sebaliknya.

Pola Gambar Garis Lengkung Payung Tes Wartegg


Pada kotak terakhir tes wartegg ini adalah berupa pola gambar berupa garis lengkung yang menyerupai payung.

Gambar tes wartegg garis lengkung menyerupai payung ini berfungsi untuk menguji sifat kehidupan sosial peserta tes.

Gambar atau pola gambar pada delapan kotak yang berbeda-beda tersebut adalah gambar yang belum selesai dan anda diminta untuk:

  • Menyempurnakan Gambar yang belum selesai dibuat tersebut.
  • Biasanya gambar tersebut terdiri dari beberapa gambar masing-masingnya didalam sebuah kotak.
  • Menuliskan Nomor urut dibagian luar kotak gambar sesuai dengan urutan gambar yang belum selesai mana yang anda buat terlebih dahulu, dan harus anda tulis diluar kota gambar, karena jika ditulis didalam kotak gambar maka nomor urut tersebut akan dianggap sebagai bagian dari gambar.
  • Dari beberapa gambar didalam kotak tersebut, yang telah anda selesaikan, anda biasanya akan diminta untuk menunjukkan gambar mana yang anda sukai dan menjelaskannya mengapa anda menyukai gambar itu.
  • Kemudian biasanya anda akan diminta untuk menunjukkan gambar mana yang paling mudah anda selesaikan dan sebaliknya menunjukkan gambar yang mana yang paling sulit untuk anda selesaikan.

Tips mengerjakan Psikotes Gambar Wartegg


Berikut ini adalah tips cara mengerjakan dan menyelesaikan soal psikotes - tes wartegg.

  • Boleh menggambar apa saja, karena tidak ada batasan apa yang harus digambar seperti pada tes menggambar pohon, tapi usahakan untuk menggambar sesuatu yang kreatif karena akan menambah penilaian. Boleh dimulai dari simbol mana saja yang menurut anda paling mudah.
  • Ketika menggambar tidak harus urut dari simbol yang pertama (paling kiri atas) , namun yang perlu diingat adalah untuk mencantumkan nomor setelah selesai. Misal , anda memualai dari simbol kotak hitam (pojok kanan atas), maka setelah selesai berilah nomor 1 di luar kotak yang tersedia dan begitu seterusnya. Tapi jika anda seorang laki-laki sebaiknya jangan memulai gambar dari pola lengkung begitu juga sebaliknya karena anda akan dianggap memiliki kepribadian aneh oleh penilai.
  • Menggambarlah dengan goresan tajam dan jelas. Jangan menggambar dengan goresan tipis dan buram karena akan menggambarkan kepribadian yang lemah dan ragu-ragu.
  • Usahakan agar jangan terlalu banyak coretan karena terlalu banyak coretan menggambarkan kurangnya perencanaan.
  • Gambar sesuatu yang jelas orang tahu itu gambar apa ketika melihat. Misal, ketika menggambar pensil maka harus jelas itu gambar pensil dan bukan objek yang lain.
  • Usahakan agar dari 8 gambar yang anda buat, ada paling tidak 1 gambar mahluk hidup seperti tanaman, hewan atau manusia pada simbol dengan bentuk dasar lengkung yaitu pada simbol nomor 2,7 dan 8), namun jika anda seorang muslim sebaiknya menggambar pohon atau bunga saja karena menggambar manusia dan hewan dilarang dalam Islam.
  • Gunakanlah pensil 2B ketika menggambar wartegg test agar lebih terlihat jelas. Gambar yang dibuat tidak harus berkaitan satu sama lain (tidak harus membentuk sebuah cerita), gambarlah sesuai imajinasi dan kreatifitas anda.
  • Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the law‘.
  • Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda.

Dalam menjawab soal psikotes - tes wartegg, yang menjadi penilaian dari hasil tes adalah ketelitian, kecermatan dari gambar yang dihasilkan, bukan dari indah dan tidaknya gambar tersebut.

Contoh Hasil Gambar Tes Wartegg


Berikut ini adalah beberapa contoh hasil pengerjaan gambar tes wartegg yang pernah dikerjakan.

Gambar Tes Wartegg 1

contoh hasil gambar mengerjakan tes wartegg

Gambar Tes Wartegg 2

contoh hasil gambar mengerjakan tes wartegg

Gambar Tes Wartegg 3

contoh hasil gambar mengerjakan tes wartegg


Demikianlah cara menjawab soal psikotes - tes wartegg dengan tips dan penjelasannya dari kami. Terimakasih!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjawab Soal Psikotest - Tes Wartegg"

Posting Komentar

CPNS

Soal CPNS

Drama Korea

Tips blogging

hukum