Loading...

Saturday, 14 October 2017

Tips Singkat Mulai Menulis Blog dan Menghasilkan Uang

Pertanyaannya, Bagaimana Cara Mulai Menulis Blog dan Menjadi Seorang Blogger serta Menghasilkan Uang?

Jujur, inilah pertanyaan pada diri saya saat pertama sekali saya terjun ke dunia Blogger. 


Karena itu, saya membuat artikel Tips Singkat Mulai Menulis Blog dan Menghasilkan Uang ini.
Mulai Menulis Blog, Menghasilkan Uang, Dari Blog
Gambar oleh : marthagiffen.com

Singkat nya, banyak blogger pemula (termasuk saya) beranggapan memulai menulis blog bagi orang awam bisa dikatakan sangat ribet, susah, membingungkan dan lain sebagainya.

Namun sebenarnya, tidaklah demikian. Mulai Menulis Blog itu mudah, sangat mudah, bahkan untuk seorang yang tidak bisa menulis sekalipun.

Kuncinya adalah satu, Berani Memulai dan Berani Mencoba. Selanjutnya biar pengalaman yang menuntun kita.

Saya pernah ditanya oleh teman saya, yang merupakan salah satu penulis di Blog Awam Bicara ini.

Tanyanya : "Ded, (red. Deddy aka Netizen aka Penulis) jujur saya mau memulai menulis blog, mulai menjadi seorang blogger dan pada akhirnya menghasilkan uang dari blog...

...yang pasti untuk memanfaatkan waktu luang saya, tapi saya bukanlah seorang yang pandai menulis, bukan juga seorang yang biasa menulis." 

"Ada perasaan takut..., takut tulisan saya kurang bagus, takut dikritik, takut di ejek dan dijadikan bahan olok-olok kan teman, takuuttt...ah banyaklah takutnya, lagi pula saya tidak tahu harus memulai dari mana serta bagaimana?"

Sebenarnya, apa yang ditanyakannya adalah sama seperti apa yang saya rasakan untuk pertama kalinya pada waktu saya memulai ngeblog, dan memulai menulis sebuah artikel diblog dulu.

Perasaan takut tidak diterima, takut dikritik, takut diejek dan lain sebagainya, pada tulisan/ artikel saya di blog ini benar-benar menghantui saya diawal-awal saya ngeblog.

Namun semua rasa takut itu saya abaikan, dan saya kesampingkan, saya lebih suka menikmati apa yang saya lakukan, yakni menikmati ngeblog.

Karena itu, sebagai awal saya membantu membangun kepercayaan dirinya, saya jadikan dia sebagai penulis di blog ini.

Saya ingin menunjukkan padanya, bahwa apa yang dirasakannya itu hanyalah sebuah "ilusi", rasa takut yang tidak beralasan, sama sekali tidak masuk akal.

Dengan langsung membuktikannya dengan artikel dia sendiri di blog awam bicara ini. Dan semua terbukti, artikelnya masuk page one google search engine.

Jadi, dari pengalaman saya diatas, jelaslah bahwa untuk memulai sebuah blog, dan menghasilkan uang dari blog tidaklah serumit dan susah yang kita kira.

Kuncinya adalah Berani Memulai, Berani Mencoba, dan Berani Menulis.

Selanjutnya, apa yang kita buat, apa yang kita tulis, biarkan pembaca yang menilainya dari komentar-komentar di artikel tersebut.

Dan yang paling penting adalah Biarkan Google Sendiri yang Menilai, jika benar artikel/ tulisan kita bermanfaat dan berguna bagi pembaca, tentu akan masuk halaman pertama google.

Menurut saya kunci membuat artikel, atau menulis adalah menulis dengan gaya, bahasa dan teknik masing-masing tanpa harus dipusingkan dengan tata bahasa penulisan sebuah artikel yang baik dan benar.

Namun demikian, dalam Menulis Sebuah Blog atau dalam ngeblog, yang terpenting sekali adalah isi, manfaat dari konten atau tulisan/ artikel tersebut.

Selain itu juga, dengan berjalannya waktu, maka dengan sendirinya pengalaman akan mengajarkan kita serta menuntun kita untuk menulis sebuah artikel dengan baik dan benar.

Sebuah artikel blog sebenarnya lebih mementingkan Kekayaan Konten, Kualitas Konten, Manfaat Artikel, yang karena artikel tersebut maka dapat membantu banyak orang.

Bagaimana cara dan tata bahasa penulisan artikel tersebut, semua terserah dengan bagaimana kita memaparkannya kedalam bentuk tulisan, yang penting mudah dimengerti, menarik, dan bermanfaat pastinya.

Untuk itu,  berikut akan saya bagikan..,

Tips Singkat Mulai Menulis Blog dan Menghasilkan Uang.

1. Mulailah Menulis

Mulailah dengan menulis dan jangan khawatirkan tentang bagaimana cara menulis posting blog terbaik yang pernah ada atau tentang berapa banyak orang yang akan membacanya.

Mulai menulis ini saya masukkan di bagian pertama dari tips singat mulai menulis blog dan menghasilkan uang, anda tahu kenapa?

Karena, jika anda tidak memulai nya, bagaimana anda bisa tahu apakah tulisan anda bermanfaat atau tidak, dan bagaimana anda bisa mulai menghasilkan uang dari blog, jika belum mulai menulis! 😀

2. Tulis Apa yang Anda Suka

Mulailah menulis tentang apa yang anda suka. Saya yakin semua orang pasti mempunyai hobby atau rasa suka terhadap sesuatu, baik itu benda, aktifitas, dll.

Jika anda mempunyai hobby Sepak Bola, maka mulailah menulis pengalaman-pengalaman anda tentang Sepab Bola, tentang rasa kecintaan anda mengenai sepak bola : panditfootball.com

Jika anda mempunyai hobby traveling, maka mulailah dengan menulis tentang pengalaman traveling anda, pengalaman perjalanan wisata anda : duniasa.com

Jika anda mempunyai hobby otomotif, maka mulailah menulis tentang dunia otomotif, apalagi dengan tips dan triknya, yang memberikan manfaat bagi pengguna yang mempunyai masalah otomotif. : iwanbanaran.com

3. Tulis Apa yang Anda Kuasai

Kita bisa memulai dengan menulis apa yang kita suka, namun jika saja anda mempunyai pengalaman, atau pengetahuan khusus tentang sesuatu hal, maka akan lebih baik jika anda mulai membuat tulisan tentang apa yang anda kuasai.

Jika anda seorang ahli IT (Teknologi Informasi), maka mulailah dengan menulis tentang Teknologi Informasi :teknikit.com

Jika Anda seorang Pengacara, Hakim, Jaksa, maka mulailah dengan menulis tentang Hukum.: awambicara.id, hukumpedia.com

Jika anda seorang Dokter, maka mulailah dengan menulis tentang tips-tips kesehatan dan hidup sehat, contohnya : blogdokter.com

Yang pasti, jika anda menguasai suatu bidang ilmu, atau mempunyai pengetahuan tentang suatu ilmu pengetahuan, maka mulailah menulis tentang apa yang anda kuasai.

Apalagi jika pengetahuan anda, merupakan hobby anda pula, maka semua akan terasa sempurna, jika anda kembali ke point 1. Mulai Menulis.

4. Lupakan "Dulu" Aturan Penulisan Sebuah Artikel yang Benar.

Baiklah, disini saya katakan lupakan "dulu" aturan penulisan sebuah artikel yang benar dan baik.

Maksudnya adalah bukan berarti mengeyampingkan atau membuang aturan penulisan artikel yang baik dan benar, namun untuk sementara melupakan dulu teknik menulis artikel yang baik dan benar.

Karena, disini kita belajar, memulai menulis blog, menulis artikel di blog, dan yang pasti yakinlah bahwa dengan  berjalannya waktu, maka pengalaman akan menuntun kita untuk akhirnya nanti dapat mengajarkan kita menulis artikel yang baik dan benar.

Ingat , aturan dasar Blog adalah "Konten yang Bermanfaat", yang artinya apa yang kita tulis dan buat di blog kita adalah mempunyai manfaat, dan dapat membantu serta mengatasi masalah pembaca/ orang banyak.

Karena kita disini ingin memulai menulis blog dan menghasilkan uang, maka tulisan/ konten yang bermanfaat itu merupakan suatu keniscayaan.

Hingga jika anda mencari di internet, tentang menghasilkan uang diinternet, maka anda akan sering menemukan istilah "Content is The King".

Hingga jika artikel/ konten kita bermanfaat dan dapat membantu orang banyak, maka menghasilkan uang atau istilahnya "Monetisasi Blog" bukan lagi suatu hal yang mustahil.

5. Menyajikan Konten atau Tulisan

Ingatlah, walaupun anda menulis blog dengan cara, gaya, bahasa dan teknik masing-masing tanpa memusingkan tata bahasa penulisan sebuah artikel yang baik dan benar.., 

...untuk menarik pembaca anda harus menyajikannya dalam bentuk yang benar-benar mudah dimengerti, menarik, dan memberikan solusi.

Cara dan Gaya bahasanya jadikan jati diri anda, artinya jadi diri anda sendiri.

Teknik menyajikannya, gunakan cara anda sendiri, ingatlah tempatkan diri anda adalah pembaca yang mencari solusi atas permasalahan yang dihadapinya di internet.

6. Rajin Membaca.

Ingat, pengalaman adalah guru yang terbaik, jangan berhenti untuk belajar, jangan berhenti untuk haus akan pengetahuan.

Pastinya jangan berhenti untuk membaca..

..karena dengan membaca, maka akan menambah pengetahuan anda, menambah kosa kata dan perbendaharaan kata untuk anda.

Anda bisa belajar dari blogger-blogger yang telah sukses, seringlah mampir ke blog-blog mereka, pelajari cara, pengalaman dan teknik menulis dan penyajian mereka.

7. Konsisten

Tips Singkat Menulis Blog saya cukupkan hanya 7 tips saja, dan terakhir adalah Konsisten.

Konsisten kunci segala kesuksesan.

Jika kita konsisten menulis blog, konsisten memberikan konten yang berkualitas, konten yang kaya dan konten yang bermanfaat serta memberikan solusi bagi pembaca.., 

...konsisten belajar, membaca dan membangun blog, maka kesuksekan akan semakin dekat untuk anda raih.

Setelah anda berani mencoba, berani memulai dan telah mulai menulis blog, saat nya mempromosikan konten/ tulisan atau artikel anda di internet.

Disini kita Menulis blog, dan menulis blog tidaklah sama dengan menulis buku atau menulis artikel di media cetak.

Yang harus kita pahami dalam menulis blog adalah bahwa kita menulis yang target pembaca kita adalah "Manusia" dan "Search Engine".

Karena itu, promosi konten sangatlah penting untuk dilakukan, agar blog kita mudah ditemukan pengguna.

Jika sudah demikian, maka Menghasilkan Uang dari Blog, bukan lagi menjadi hal yang mustahil.

Berikut yang harus dilakukan setelah anda mulai menulis blog :

1. Promosikan Tulisan Anda.

Setelah anda mulai menulis, buat beberapa halaman media sosial dan tetap aktif saat Anda memposting atau membuat sebuah konten/ artikel. 

Media Sosial adalah sarana yang paling cepat dalam mempromosikan konten anda, karena saat ini, Media Sosial telah menjadi jati diri kedua hampir setiap orang.

Semakin banyak tempat orang bisa menemukan konten Anda semakin baik.

2. Daftarkan Blog Anda ke Search Engine

Selain melalui Media Sosial, anda juga harus mendaftarkan blog anda ke Search engine, agar blog anda bisa ditemukan di "Mesin Telusur" seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex dan lain sebagainya.

Anda bisa melakukan ini dengan mendaftarkan blog anda ke Webmaster Google, Search Console, dengan memasukkan sitemap.xml atau peta situs anda ke google.


3. Menyiapkan Analytics

Siapkan dan daftarkan konten blog anda di Analisa Situs atau Blog yang ada. 

Dalam hal ini anda bisa menggunakan Google Analytics.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui, bagaimana kebergunaan konten tulisan blog anda bagi pengguna internet.

Dengan begitu, anda dapat memperbaiki jika saja terdapat hal-hal yang dirasa kurang optimal.

Bagaimana cara menyiapkan Google Analytic bisa anda lihat disini.

4. Belajar SEO

Sekali lagi, anda membuat dan menulis blog, pembaca anda adalah Manusia dan Search Engine.., 

...karena itu selama anda menulis, membangun sebuah blog, selalu luangkan waktu Anda untuk memastikan bahwa pekerjaan anda membangun blog, juga dioptimasi dengan teknik-teknik SEO.

Jika anda telah mulai menulis blog, dan agar pekerjaan anda tidak sia-sia dalam artian mendapatkan banyak pembaca dan pengunjung, maka sambil membangun blog, anda juga harus belajar teknik-teknik SEO.

Anda dapat Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat di Google Search Engine dengan teknik "SEO On Page" dan "SEO Off Page".


5. Percantik Tampilan Blog Anda

Setelah semua dirasa benar, semua dilakukan dengan baik, dan anda telah memulai semuanya, saatnya anda mempercantik blog anda.

Jangan pernah melakukan kesalahan yang dulu saya lakukan, yakni gonta-ganti templates.

Jujur saja, dulu saya sering melakukan ini, dan ternyata hal ini tidak baik bagi mesin telusur/ search engine, selain itu ini menandakan bahwa blog kita belum siap untuk diluncurkan.

6. Mempercepat Loading Blog.

Ketika sebuah blog/ web membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dimuat, maka pembaca akan sangat mudah untuk mengklik tombol close (x) atau tombol back dan meninggalkan blog sebelum selesai dimuat.

Walaupun sebenarnya konten kita sangat berkualitas, bermanfaat bahkan sangat-sangat kaya sekalipun, jika loading blog kita lambat, maka jangan harap akan banyak pengunjung yang datang.

Hal ini sudah cukup jelas dan sangat disadari oleh sebagian besar blogger, mereka sangat paham sekali bahwa pembaca sangat membenci loading atau render blog yang lama.

Untuk itu, anda bisa melakukan 9 Cara Paling Efektif Untuk Menghemat Waktu Loading Blog ini.

7. Bangun Hubungan Baik dengan Blogger Lainnya

Cobalah untuk menjangkau blogger lain di niche atau konten yang sama dengan yang Anda buat, dan jalin hubungan dengan mereka, berinteraksilah dan bergabunglah kedalam komunitas-komunitas yang mereka didalamnya. 

Namun ingat, jangan pernah anda melakukan SPAM atau hanya meninggalkan jejak saja seperti yang biasa dilakukan oleh Spammer.

Berinteraksi secara wajar selayaknya kita berinteraksi di dunia nyata. 

Jika semua yang anda lakukan sudah terasa benar dan on the track, memonetisasi blog, atau menguangkan blog adalah langkah selanjutnya yang harus anda lakukan.

Anda telah berani mencoba dan memulai menulis blog, mulai mendaftarkan blog ke search engine, memperkenalkan dan mempromosikan blog, saatnya anda untuk mulai berpikir bagaimana Menghasilkan Uang dari Blog.

Ada banyak sekali cara untuk menguangkan atau memonetisasi blog kita, dengan kata lain menghasilkan uang dari blog.

Affiliate marketing, PPC (Pay Per Click), CPM (Pay Per Seribu Tayang), dan masih banyak lagi cara lainnya dalam menghasilkan uang dari blog.

Namun, yang paling terkenal dan menjadi favorit blogger-blogger Indonesia, bahkan dunia adalah Google Adsense.

Namun didalam kesempatan kali ini saya belum akan memberikan artikel-artikel seputar google adsense.

Dilain kesempatan, saya akan melanjutkan artikel, yang belum saya bahas sepenuhnya didalam artikel kali ini.

Saya hanya menitipkan pesan : 

Yang terpenting, Jangan Menyerah! 

Sering kali yang sangat mengecilkan hati kita adalah saat kita telah banyak menghabiskan waktu untuk menulis namun tidak ada yang membacanya. 

Jika Anda konsisten dan pantang menyerah, apalagi menulis blog adalah cara anda menghabiskan waktu luang anda, tentulah tidak akan menyakitkan bila tidak ada yang membaca blog Anda. 

Banyak sekali tempat belajar memulai sebuah blog yang bertebaran di Internet, anda bisa belajar dari panduanim.com, sugeng.id, kompiajaib.com dan masih banyak lagi yang lainnya.

Yang mana saya juga sampai saat ini masih belajar dari sesepuh-sesepuh diatas.

Tips Singkat Mulai Menulis Blog dan Menghasilkan Uang ini, adalah garis besarnya saja. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Subscribe