9 Cara Paling Efektif Untuk Menghemat Waktu Loading Blog
9 Cara Paling Efektif Untuk Menghemat Waktu Loading Blog

9 Cara Paling Efektif Untuk Menghemat Waktu Loading Blog

Sering dilihat:

Dunia blogging sangat luas dan beragam. 

Menjadi seorang blogger harus bisa melihat pasang surut yang sangat sering terjadi. 

Peringkat, desain dan Algoritma Google Search adalah faktor yang sangat mempengaruhi pasang surutnya kehidupan seorang blogger. 

Faktor yang paling sering diabaikan dan luput dari perhatian seorang blogger adalah tidak memperhatikan kecepatan loading atau render blog nya. 

Cara Efektif Untuk Menghemat Waktu Loading Blog

Pada artikel kali ini, saya akan membahas beberapa cara dan tips untuk meningkatkan kecepatan loading/ render blog. 

Ketika sebuah laman blog/ web membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dimuat, pembaca akan sangat mudah untuk mengklik tombol close (x) atau tombol back dan meninggalkan laman blog anda sebelum selesai dimuat.


Cara Paling Efektif Menghemat Waktu Loading Blog


Hal ini sudah cukup jelas dan sangat disadari oleh sebagian besar blogger, mereka sangat paham sekali bahwa pembaca sangat membenci loading atau render blog yang lama.

Para pembaca tidak akan mau untuk tinggal menunggu lebih lama dan pada akhirnya tidak akan pernah mau datang lagi untuk membaca konten kita.

Jadi sangatlah jelas sekali bahwa hal ini sangat penting. 

Begitu juga dengan mesin pencari seperti google, bing, yandex dan lain sebagainya juga membutuhkan banyak waktu untuk memuat web/ blog kita.

Jadi jika situs/ blog kita berat, maka peringkat blog/ web kita akan sangat mungkin terpengaruh dan membuat hasil peringkat yang buruk bahkan mungkin terpuruk didasar mesin telusur. 

Tanpa disadari, kita mungkin telah melakukan beberapa kesalahan saat laman situs atau blog kita membutuhkan banyak waktu untuk dimuat. 

Namun, sebelum kita melakukan apa-apa terhadap hal itu, kita perlu untuk memeriksa seberapa lama waktu pemuatan laman blog/ web kita terlebih dahulu.

Kita dapat memeriksa Kecepatan Loading/ render Blog kita menggunakan beberapa tools yang banyak tersedia di internet.

Ada beberapa tool yang mungkin sangat berguna untuk anda untuk mengetahui berapa lama waktu loading blog yang anda miliki. 

Mengetahui hal ini akan pastinya akan banyak membantu Anda dari banyak aspek yang menyebabkan lamanya loading dalam memuat laman blog/ web kita.

Kunjungi link di bawah ini, masukkan URL blog anda lalu tekan Enter/ Analyze, dan dalam beberapa saat saja, Anda akan disajikan kecepatan loading/ render blog/ web Anda beserta dengan Analisa dan rekomendasi perbaikan yang ditawarkannya.

Berikut Link Untuk Mengukur atau Memeriksa Kecepatan Loading Blog




Setelah anda memeriksa berapa kecepatan loading Blog, berikut beberapa cara yang kami anggap efektif untuk mengurangi atau menghemat waktu loading atau render dalam memuat laman blog atau website kita.

1. Memilih Templates Blog yang Tepat

Sebelum anda menerapkan sebuah templates, pastikan dahulu untuk melakukan sedikit riset tentang penggunaan javaScripts, JQuery & Coding. 

Coding harus bersih dan diperiksa dengan baik. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa templates yang telah Anda pilih memang benar-benar templates yang tepat untuk Blog/ Web Anda. 

Karena saya juga dulunya lebih mengutamakan tampilan blog atau menggunakan templates dengan tampilan yang terlihat begitu sangat advanced.

Dan ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan blog saya sendiri yang hanya mengusung satu, dua atau tiga niche saja. 

Jadi, jika blog anda hanya membahas satu atau dua niche saja, sangatlah tidak relevan untuk menggunakan tema yang berat semacam itu.


2. Penggunaan JavaScripts (Js)

JavaScript adalah Coding yang sudah terkenal membuat render atau loading blog menjadi lamban. 

Jadi sebelum anda memutuskan untuk menggunakannya, tanyakan pada diri Anda sendiri bahwa seberapa pentingkah Code JavaScript ini anda butuhkan?.

Jika anda merasa tidak begitu perlu dan penting, maka akan lebih baik anda hapus saja.


3. Kompres StyleSheet (CSS) dan JavaScripts (Js)

Ide bagus lainnya untuk mengurangi waktu loading adalah dengan mengkompresi StyleSheet (CSS) dan JavaScript (Js). 

Mengompresi adalah metode untuk menghapus ruang yang tidak perlu di antara kode. 

Ada banyak tools yang tersedia untuk melakukan hal ini. 

Tapi sebelum anda menerapkan kompresi apapun, buatlah terlebih dahulu backup Code CSS/ Js Anda. 

Sehingga jika terjadi kesalahan atau hal-hal yang tidak anda sukai, Anda dapat dengan mudah untuk mengembalikannya kedalam keadaan seperti semula.



4. Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Gambar

Gambar dengan ukuran yang besar, yang jika Anda gunakan atau upload dalam jumlah yang banyak, akan meningkatkan ukuran Templates Blog Anda dan sebagai hasilnya, Blog Anda akan mengalami waktu loading yang lambat dalam memuat laman blog anda. 

Sangat disarankan untuk mengganti gambar dengan teks dan CSS untuk menurunkan ukuran halaman secara signifikan. 

Atau anda bisa mengkompresi gambar agar ukuran gambar menjadi lebih kecil dari ukuran sebenarnya, walaupun dengan kualitas gambar yang agak kurang baik dari pada gambar aslinya.

Penggunaan templates yang tepat dan bagus pasti akan menghindari masalah yang satu ini.

Meski gambar jika diberi captioned dan tag, nama bisa membawa traffic organik yang signifikan dari search engine, tapi jika Anda menggunakan terlalu banyak gambar, hal ini pasti akan memperlambat waktu pemuatan posting Blog Anda dan pada akhirnya pembaca Anda akan merasa bosan menunggu.


5. Mengubah ukuran gambar untuk ditampilkan

Kesalahan yang umum dan sering dilakukan oleh seorang blogger adalah karena kemalasan mereka. 

Alih-alih memotong/ crop gambar untuk dimasukkan didalam postingan unggulan, mereka malah menggunakan gambar dengan ukuran penuh yang sama yang pada akhirnya meningkatkan ukuran postingan dan sebagai hasilnya, waktu pemuatan halaman meningkat. 

Jadi, saran saya adalah memangkas gambar menggunakan PhotoShop atau melalui PhotoScape, akan sangat baik untuk dilakukan.


6. Gunakan Widget Seperlunya

Gunakan saja widget yang memang diperlukan untuk blog Anda. 

Banyak blogger yang terlalu banyak menggunakan widget tanpa alasan yang jelas. 

Hal ini akan meningkatkan ukuran halaman dan pada saat bersamaan, memperlambat pemuatan halaman blog anda.


7. Jangan Jadikan Blog Anda Tempat Iklan

Hindari memasang terlalu banyak iklan di blog Anda. 

Banyak Blogger pemula yang belum begitu mengenal banyak hal dalam memonetisasi blog bergabung dengan jaringan atau menjadi publisher iklan yang berkualitas rendah.

Dan mengisi blog mereka dengan iklan-iklan dalam jumlah yang masif. 

Jaringan iklan berkualitas rendah ini juga menyertakan banyak kode JavaScript berbahaya yang dapat mempengaruhi kinerja komputer pembaca. 

Jadi, yakinlah mereka (Pembaca) akan memblokir blog Anda untuk kunjungan selanjutnya.


8. Hindari Popup Widget dan Subscribes

Salah satu kesalahan umum seorang blogger lakukan adalah mereka memasukkan kode di halaman mereka yang membuka jendela popup saat seseorang mengunjungi halaman blog tersebut. 

Beberapa blogger juga menggunakan popup untuk memberitahu pembaca untuk bergabung dalam daftar langganan/ subscriber mereka. 

Dalam pandangan saya jika saya menjadi sebagai seorang pembaca, ini adalah fitur yang sangat menjengkelkan.

Ketahuilah bahwa orang akan berlangganan atau men subscribes blog anda jika memang mereka terkesan dengan konten blog anda.

Saya masih melakukan hal ini, yakni dengan memasang popup follow/ likes fan page halaman facebook blog saya. Namun demikian saya mensiasatinya dengan mengatur waktu kapan saya harus meletakkan popup tersebut dan kapan harus saya lepaskan.

Jadi intinya, popup tersebut tidak selalu saya pasang dalam blog/ web saya.


9. Tampilkan Jumlah Posting Seminimal Mungkin di Halaman Utama

Coba anda perhatikan blogger-blogger besar yang sukses, mereka hanya menunjukkan maksimal 5 posting per halaman. 

Bahkan, beberapa blogger terkenal lainnya yang memiliki nama-nama besar seperti Panduan IM, hanya menampilkan 3 postingan di homepage/ halaman utama blog mereka. 

Jika Anda meningkatkan jumlah postingan dihalaman utama menjadi lebih dari 10, maka bersiap-siaplah untuk menjadikan beranda Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk dimuat. 


Kesimpulan : Jika waktu pemuatan laman blog lamban, bisnis online, penghasilan Anda dari blog akan sangat terpengaruh, begitu juga dari sudut pandang SEO. Bahkan tidak hanya itu, pengunjung atau pembaca blog kita sangat membenci blog kita jika mereka melihat di hasil penelusuran untuk kedua kalinya.

Saran : Anda bisa menerapkan templates yang sudah Validasi AMP (Accelerates Mobile Pages), yang walaupun membutuhkan waktu dan kerja keras dalam menerapkannya, apalagi bagi anda yang telah memiliki puluhan atau bahkan ratusan dan ribuan postingan. Atau juga bisa memanfaatkan produk dari Facebook dengan Artikel Instan (FIA) nya.

Apa itu Artikel Instan Facebook (FIA) dan bagaimana cara mendaftar dan membuat artikel instan facebook dapat anda lihat disini : Cara Daftar dan Setting Instan Artikel Facebook untuk Blogger.

Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan dalam pembahasan Label Belajar Blog kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar