Tips Menjadi Blogger Kreatif, Cerdik, Selangkah di Depan

Tips Menjadi Blogger Kreatif, Cerdik, Selangkah di Depan

Jika anda memutuskan untuk menjadi seorang blogger, maka anda harus siap untuk selalu ada untuk audiens dan pelanggan blog anda.

Menjadi Blogger Kreatif, Cerdik dan Selangkah di Depan


Menjadi seorang blogger bukan hanya sekedar menjadi penulis saja, namun juga harus memiliki banyak pengetahuan dibidang blogging. 

Mulai dari kostumasi templates blog, bahasa pemograman html atau web, dan yang paling penting adalah strategi SEO dasar, dan praktik teknik dasar SEO (Search Engine Optimization). 

Tips Menjadi Blogger Kreatif, Cerdik, Selangkah di Depan

Keterampilan menulis yang baik dan menarik memang penting dalam dunia blogging, namun itu bukanlah segalanya. 

Seorang yang bukan penulis professional juga bisa menjadi seorang blogger professional, karena inti dasar dari blogging adalah memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca atau audiens.

Tips Menjadi Blogger Kreatif, Cerdik dan Selangkah di Depan


Bahkan, teknik penulisan sederhana dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami lebih menarik bagi seorang pembaca, yang penting informasi yang kita sampaikan benar-benar memberikan manfaat dan menjadi solusi bagi audiens blog kita.

Karena itu, seorang blogger dituntut untuk kreatif, dituntut untuk berpikiran jauh kedepan, dituntut untuk menjadi seorang trendsetter. 

Blogger yang kreatif adalah blogger yang bisa memanfaatkan apa saja yang dilihat, dialami dan ditemukan disekelilingnya untuk memajukan blognya, dan juga yang terpenting dapat melihat jauh kedepan, berada selangkah didepan dalam informasi tentang apapun yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan blognya. 

Berada satu langkah didepan bukan berarti haruslah seorang yang jenius, memiliki pengetahuan yang luas, namun seorang Blogger yang kreatif harus cerdik, dan banyak akal. 

Cerdik dan banyak akal bukanlah dalam hal yang negatif, seperti mencuri ide dan kreatifitas orang lain, seperti COPAS artikel orang tanpa izin, tapi cerdik dan banyak akal disini adalah dalam membuat sesuatu yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh orang lain.

Misalnya, jika anda seorang karyawan atau pegawai yang bekerja pada instansi pemerintah maupun swasta, anda dapat memanfaatkan informasi yang ada di tempat kerja anda dalam hal yang memang merupakan informasi umum, namun terkadang banyak orang yang tidak mengerti atau tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Anda bisa membuatnya menjadi sebuah postingan yang efektif memikat pembaca, yang memberikan informasi dalam membantu orang banyak. 

Akan tetapi informasi yang saya maksudkan disini adalah informasi yang sifatnya tidak rahasia, atau yang menjadi rahasia dari tempat anda bekerja, yang memang tidak boleh diketahui masyarakat umum.

Sebagai contoh, saya bekerja sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Instansi Pengadilan Negeri dibawah Mahkamah Agung RI, saya sering mendapati bahwa masyarakat kebingungan dalam mendapatkan informasi tentang bagaimana cara mendaftarkan perkara, bagaimana cara menjadi saksi, bagaimana cara menggugat, dan sebagainya. 

Disini saya melihat peluang, selain saya dapat membantu orang lain, saya juga berkesempatan untuk meningkatkan pengetahuan saya tentang Hukum yang berlaku di negeri ini. 

Dengan kata lain, ilmu yang kita bagikan tidak akan berkurang malah semakin bertambah, karena kita dituntut untuk lebih memahami dan memiliki pengetahuan lebih atas apa yang kita bagikan kepada orang banyak. 

Dan oleh sebab itu, mau tidak mau kita harus lebih banyak lagi mempelajari dan lebih banyak lagi membaca tentang ilmu yang kita kuasai. 

Menjadi blogger yang kreatif, cerdik dan banyak akal bisa juga kita lakukan dengan lebih jeli dan pintar melihat peluang, sehingga kita berada satu langkah didepan dalam hal memberikan informasi kepada audiens.

Seorang blogger yang kreatif, cerdik dan banyak akal harus bisa berpikiran jauh kedepan, mempunyai pandangan selangkah lebih maju dibandingkan orang kebanyakan agar blog yang kita kembangpun menjadi sebuah blog trendsetter, sehingga akan membuat audiens selalu menunggu-nunggu artikel terbaru dari kita.

Misalnya, jika anda seorang blogger yang mengangkat tema atau memiliki niche blog wisata, anda bisa memanfaatkan momen-momen liburan yang setiap tahunnya selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Seperti contohnya momen tahun baru. 

Tahun baru selalu menjadi suatu kegiatan yang dirayakan secara besar-besaran dan meriah oleh hampir semua orang. Nah, disinilah seorang blogger wisata harus jeli dan cerdik dalam melihat kesempatan.

Anda bisa membuat sebuah artikel yang berkenaan dengan liburan akhir tahun, dengan memberikan informasi tempat-tempat hiburan dikota anda yang menyediakan panggung hiburan malam tahun baru. 

Atau anda juga bisa memberikan informasi tentang susunan acara malam tahun baru, paket promo hotel, paket promo perayaan malam tahun baru di cafe, restaurant, dan sebagainya.

Dalam hal ini, anda harus melihatnya sebelum blogger wisata atau orang lain yang melihatnya. 

Caranya?..

Anda bisa membuat artikel tentang liburan tahun baru bersama keluarga di Hotel di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Medan, Palembang, Makassar, Surabaya dan sebagainya. 

Anda bisa membuat daftar harga, serta paket promo dari hotel-hotel yang ada dikota-kota besar tersebut jauh-jauh hari sebelum tahun baru datang, misalnya dibulan nopember atau oktober.

Anda bisa melakukannya dengan meminta informasi kepada hotel-hotel yang berada dikota anda atau dikota-kota besar lainnya, dengan cara menghubungi mereka, bisa melalui telepon, atau bisa juga melalui email. 

Minta kepada mereka daftar acara malam tahun baru dan natalnya, paket Gala Diner Natal dan Tahun Baru nya, paket promo menginap hotel di liburan natal dan tahun baru, dan bahkan anda bisa meminta informasi tentang tema yang diangkat oleh hotel tersebut.

Saya pastikan hotel-hotel tersebut dengan senang hati akan memberikan informasi-informasi yang anda minta. 

Karena saya telah membuktikannya, diblog saya yang lain tentang wisata (Dunia Asa - Dunia Wisata dan Kuliner), saya telah melakukan itu, dibulan Nopember, saya mengirimkan email ke hotel-hotel mulai dari hotel kelas biasa sampai hotel bintang lima, dan tidak membutuhkan waktu lama mereka membalas email saya, berisi informasi yang saya minta dan lengkap dengan Foto-foto yang menjelaskan tentang informasi tersebut. 

Sehingga dalam membuat artikel tentang Liburan Tahun Baru, saya tidak bingung untuk foto yang akan saya gunakan diartikel saya, karena pihak hotel telah memberikannya kepada saya.

Disinilah letak kreatifitas, kecerdikan seorang blogger, jeli melihat peluang, berada satu langkah didepan dari orang lain. 

Contoh lainnya adalah, jika blog anda tentang edukasi atau tentang informasi CPNS, tes CPNS, anda harus rajin membaca berita tentang CPNS atau lowongan penerimaan CPNS. 

Dengan rajin membaca berita tentang informasi seputar CPNS, anda dapat mengira-ngira kapan lowongan penerimaan CPNS dibuka. 

Dan anda bisa membuat artikel tentang CPNS, Latihan Soal CPNS, tips menghadapi ujian seleksi penerimaan CPNS, dan lain sebagainya jauh-jauh hari sebelum blog saingan anda melakukannya. 

Dan ini pun telah saya buktikan didalam blog saya ini, Awam Bicara ini. Saya selalu mengupdate berita tentang lowongan dan seleksi penerimaan CPNS, memberikan contoh-contoh soal CPNS lengkap dengan pembahasan dan tips serta trik dalam menjawabnya. 

Yang mana saya yakin bahwa tips dan trik menjawab yang saya sampaikan sangat bermanfaat bagi pembaca blog ini, karena apa yang saya bagikan adalah apa yang saya dapatkan dan pelajari dulu waktu saya juga mengikuti seleksi penerimaan CPNS di Mahkamah Agung RI. 

Sebagai informasi, Mahkamah Agung RI dalam penerimaan CPNS semenjak Mahkamah Agung melaksanakan penerimaan CPNS sendiri (yang sebelumnya untuk penerimaan CPNS di Mahkamah Agung RI, masih dilaksanakan oleh KemenkumHAM) tidak pernah melakukan kecurangan-kecurangan dengan meluluskan orang dalam atau meluluskan orang yang masuk lewat jalur menyogok.

Seingat saya dan apa yang saya alami Mahkamah Agung benar-benar menyeleksi pegawai nya dengan murni, jujur tanpa Nepotisme, dan KKN. 

Karena itu, selalu saya ingatkan bahwa hilangkan semua pemikiran negatif bahwa kita tidak akan lulus karena yang lulus dan diterima sebagai PNS dalam seleksi penerimaan CPNS adalah orang-orang dalam atau orang-orang yang melakukan cara curang, dengan begitu kita akan lebih optimis lagi, lebih giat lagi dalam belajar menghadapi ujian seleksi penerimaan CPNS.

Jadi intinya adalah seorang blogger tidak lah harus seorang yang jenius, seorang penulis handal, namun seorang blogger adalah orang yang kreatif, orang yang cerdik dan banyak akal dalam melihat peluang, memanfaatkan kesempatan, dan berada satu langkah didepan dalam membangun dan mengembangkan blognya.

Selamat berkreasi, salam blogger!
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar