Loading...

Thursday, 30 November 2017

Cara Membuat Postingan Blog yang Efektif Memikat Pembaca

Sebelum kita mulai dengan bagaimana membuat dan menulis sebuah postingan yang efektif, Anda harus benar-benar memahami bahwa Blogging adalah sebuah perjalanan bukan tujuan. Blogging merupakan suatu sarana bagaimana kita bisa mengkomunikasikan pemikiran dan pandangan kita kepada orang lain, yang bisa saja berada di benua lain hanya melalui sebuah blog dari blogspot atau wordpress sederhana.
Cara Membuat Postingan Blog yang Efektif
 Baca: Mulai Menjadi Blogger - Positif dan Negatif Menjadi Blogger
Atau bisa berupa cerita tentang pengalaman dan keahlian atau kemampuan kita yang ingin kita bagikan kepada seluruh dunia melalui wadah media online seperti blogspot atau wordpress ini. Yang sebenarnya bukan hanya blogspot dan wordpress saja, namun juga berbagai macam platform penyedia jasa hosting dan domain blog yang tersebar di Internet.

Pengalaman dan keahlian yang kita bagikan dan jabarkan dalam bentuk tulisan postingan blog yang seluruh gagasan idenya adalah untuk memberikan nilai lebih dan berguna serta bermanfaat bagi pembaca. Sehingga dengan demikian secara keseluruhan Blogging adalah tentang bagaimana kita memberikan ide dan gagasan lebih bagi pelanggan atau pembaca blog kita.

Para pengguna atau pelanggan dan pembaca blog tentu tidak mau menyianyiakan waktunya hanya untuk membaca suatu artikel atau postingan blog yang tidak bisa memberi nilai tambah, atau tidak bernilai. Dan pastinya mereka akan segera pergi dan mencari kembali sesuatu yang mereka harapkan dapat menyelesaikan dan mengeluarkan mereka dari masalah yang sedang dihadapinya.

Kita sadari bahwa hampir setiap satu sampai dua menit, sebuah blog baru atau situs web diluncurkan dari berbagai penjuru dunia. Dan setiap satu sampai dua menit juga sebuah blog dan situs web ditetapkan dengan tujuan untuk menyediakan sumber yang bagus dan bermanfaat bagi pemirsa yang mana mereka bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dan menjadi jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi.

Kita juga sadar bahwa blog dengan niche yang sama jumlahnya ratusan bahkan ribuan jumlahnya. Karena itu, untuk membedakan kualitas sebuah blog, yakni blog yang mempunyai atau berkualitas tinggi dan blog yang biasa saja atau yang umum ada banyak faktor penting yang menjadi titik awal dalam menentukan sukses dan berkualitas atau tidaknya sebuah blog.

Dalam berita terbaru dari blogosphere, diperkirakan bahwa pada tahun 2020 nanti, faktor penentu kualitas blog dari salah faktor yakni membangun backlink akan menjadi usang dan akan ditinggalkan. Yang mana dalam hal ini, nantinya isi/ Konten Blog lah yang akan memainkan peranan utama dalam bersaing dan mengungguli para pesaingnya.

Jadi jika Anda seorang blogger atau setidaknya berencana untuk menjadi salah satunya, postingan ini dibuat khusus untuk anda, dan juga khusus sebagai pengingat untuk diri penulis sendiri. Dalam posting ini, saya akan berbagi pengalaman dan apa yang telah saya pelajari selama saya terjun di dunia blogger, tentang apa yang membuat KUALITAS suatu blog berbeda dari yang blog yang lain pada umumnya.

Sebagaimana saya sebutkan diatas, ada banyak faktor yang menentukan kualitas sebuah konten/ isi dalam postingan blog. Dan banyak faktor tadi saya yakin anda semua yang telah atau akan terjun dan berkecimpung di dunia blogging sudah mengetahuinya, namun merasa enggan, lesu serta kurang semangat untuk mengikutinya.

Namun, jika Anda benar-benar ingin memberi dampak besar pada pemirsa Anda, panduan ini diharapkan menjadi satu hal penting yang akan menjadi penyemangat anda untuk mulai membuat dan menghasilkan konten postingan blog yang berkualitas. Jadi tetaplah terhubung dengan saya sampai kata terakhir dari artikel ini. Sebagaimana saya dulu, saya juga yakin Anda pasti akan mendapatkan satu atau dua poin penting yang akan sangat membantu Anda membuat satu brand unik dari blog anda sendiri.

Jadi, Bagaimana Cara Membuat Postingan Blog yang Efektif Memikat Pembaca?


Mari kita mulai langkah kita dalam menuju dan menulis sebuah konten postingan blog yang efektif.

1. Judul Postingan Blog (Judul Artikel)


Judul Artikel merupakan aspek terpenting dalam membangun basis pemirsa yang efektif untuk blog kita. JUDUL (TITLE) memainkan peranan utama yang membuat pembaca atau pemirsa memutuskan apakah mereka akan mengunjungi postingan Anda atau tidak. Bagaimana, dapatkah anda mengikutinya? Izinkan saya memberi contoh. Baca judul di bawah ini dan saya yakin anda paham dan mengerti dengan apa yang saya maksudkan.

Judul Normal: 

Berat Badan Iko Uwais Turun 20 kilo di Film Terbarunya.

Judul Efektif: 

Lihatlah Bagaimana Cara Bintang The Raid dan Star Wars ini Turun 20 Kg Tanpa Diet.

Lihat bedanya? Dalam judul artikel yang pertama dengan Judul Normal ini terdengar sangat sederhana, yang menggambarkan isi utama dari artikel, dan biasanya judul seperti ini digunakan di koran-koran atau majalah, Aktor Iko Uwais kehilangan 20kg untuk film terbarunya. Tanpa membaca artikel pun para pemirsa atau pembaca sudah sangat paham sekali apa yang ingin disampaikan dalam artikel nanti.

Tapi coba anda perhatikan judul yang kedua, yakni Judul Efektif. "Lihatlah Bagaimana Cara Bintang The Raid dan Star Wars ini Turun 20 Kg Tanpa Diet." Judul Efektif ini membuat banyak prediksi terbuka bagi pemirsa yang membangkitkan rasa ingin tahu. Judulnya tidak menunjukkan Aktor mana yang telah kehilangan berat badannya. Baik judulnya tidak menunjukkan seperti apa diet yang diikuti sang Aktor. Ditambah lagi judul itu menambahkan satu kata kunci lagi "Tanpa Diet". Coba sekarang anda tempatkan diri anda sebagai seorang pembaca, saya yakin anda akan penasaran dan memutuskan untuk membuka judul yang efekti dan memutuskan untuk mengetahui dan membacanya.

2. Thumbnail

Thumbnail atau gambar kecil yang melengkapi isi artikel dari postingan blog kita dalam hal ini bertindak seperti Clickbait. Thumnail (Gambar kecil) yang efektif yang walaupun memiliki konten yang membosankan dapat menghasilkan pemirsa utama dibandingkan dengan Thumnail (gambar mini) yang membosankan walaupun memiliki konten yang fantastis.

Banyak situs abal-abal yang bertahan hanya dengan satu faktor utama ini. Anda bisa menggunakan Creative Commons dan situs seperti Pixabay dan Flickr untuk menambahkan Thumbnail yang efektif ke postingan blog Anda. Ini akan menarik lebih banyak pemirsa, terutama jika anda menargetkan pemirsa dari media sosial.

3. Video

Dalam postingan awal-awal blog saya ini selalu menggunakan pemasaran dengan menyematkan video dan pemasaran melalui video juga. Ini akan menjadi faktor utama di tahun-tahun mendatang dan akan sangat membantu Anda untuk mengalahkan semua pesaing Anda. Menambahkan video kaya konten yang efektif akan sangat membantu Anda dalam pemasaran jangka panjang. Saya sarankan Anda membuat saluran YouTube untuk blog Anda tempat Anda dapat membuat video Anda sendiri dan mengunggahnya untuk pemirsa yang luas.

YouTube memainkan peran penting sebagai platform gratis, ini adalah media terbesar untuk memasarkan nama merek (brand) blog Anda. Pertanyaannya sekarang adalah untuk menghasilkan satu video yang bagus akan membutuhkan keahlian dan bakat khusus, dan saya katakan itu Salah Besar. Ada banyak platform gratis online dan offline yang dapat Anda kunjungi dan buat video intro yang keren untuk blog Anda.

Berikut adalah daftar pembuat intro online gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat video intro yang menakjubkan untuk blog Anda:

1. Wevideo
2. Magisto
3. Video toolbox
4. Video Cutter
5. Animoto
6. Stupeflix

Anda juga bisa melihat referensi untuk YouTube video SEO dan membuat video yang mengasyikkan dan dioptimalkan untuk audiens Anda.

4. Konten


Mungkin banyak dari blogger-blogger terkenal dan sukses mungkin akan membahas hal ini pada awal-awal postingan, namun saya membahasnya diakhir postingan ini karena memang KONTEN adalah pemberi kekuatan terbesar untuk blog dan situs web manapun. Namun sekali lagi, tanpa judul dan thumnail yang menarik dan menjadi Clickbait yang pada akhirnya pemirsa akan membaca isi konten kita.

Nah, dengan Judul dan Thumnail yang bertindak sebagai Clickbait, pemirsa akan rela meluangkan waktunya untuk membaca isi konten kita yang memang memiliki konten yang menarik dan bermanfaat bagi audiens. Ingatlah saat akan menulis pastikan konten yang akan kita buat benar-benar memiliki manfaat dan berguna bagi audiens dengan cara apapun. Selalu fokus pada masalah yang dihadapi oleh pemirsa dan pembaca Anda. Cobalah bertindak sebagai orang yang dapat meringankan masalah mereka.

Baca: Cara Menempatkan Iklan Adsense di Tengah Postingan (Artikel)
Konten yang efektif adalah sesuatu yang membantu pembaca Anda memecahkan masalahnya, dan menjadi bahan yang berguna serta bermanfaat untuk mereka. Sebagai contohnya, perhatikan postingan ini, pos ini akan berguna bagi semua blogger yang fokus membangun brand untuk dirinya sendiri.

Empat faktor di atas pasti akan membantu Anda dalam mengungguli pesaing-pesaing Anda. Terakhir tapi bukan akhir dari segalanya, saya sangat berharap Anda menyukai dan senang membaca posting ini. Berikan komentar Anda di bagian komentar. Dan juga, jika Anda memiliki poin lain untuk ditambahkan, silahkan anda buat dikolom komentar!

No comments:

Post a Comment

Subscribe