Dasar-dasar SEO - Panduan Praktik Teknik Dasar SEO Terbaik untuk Pemula
Dasar-dasar SEO - Panduan Praktik Teknik Dasar SEO Terbaik untuk Pemula

Dasar-dasar SEO - Panduan Praktik Teknik Dasar SEO Terbaik untuk Pemula

Sering dilihat:

Dalam dunia blogging, hampir semua blogger pasti mengetahui apa itu SEO, jadi saya tidak harus menjelaskan lagi apa yang dimaksud dengan SEO itu. 

Pada dasarnya SEO bisa dikatakan sangat penting dalam perkembangan dari Blog/ Situs kita.

Karena biar bagaimanapun, artikel dari blog yang kita posting pastinya dibaca terlebih dahulu oleh Robot Mesin Telusur atau Search Engine. 

Yang walaupun kemudian nantinya, perkembangan dari artikel yang kita posting akan bertahan lama atau tidak di peringkat atas hasil pencarian search engine tergantung dari hasil "user exsperience". 

Artinya jika artikel kita bermanfaat dan memiliki nilai lebih bagi pembaca atau pemirsa, serta tingkat bounch rate yang rendah berarti artikel dari blog kita memiliki user experience yang baik, dan pasti akan kuat bertahan di SERP atau Search Engine Rank Page (peringkat hasil pencarian search engine). 
Panduan Praktik Teknik Dasar SEO Terbaik untuk Pemula


Dasar-dasar SEO


Namun demikian, tidak semua blogger memperhatikan atau peduli dengan SEO, bahkan ada blogger yang anti SEO, karena menurut pendapat mereka SEO itu sangat memusingkan dan terlalu banyak ketidakpastian.

Dan lagi berdasarkan pengalaman mereka tanpa memperhatikan dan mempraktekkan teknik-teknik SEO kedalam postingan blog mereka, tetap saja artikel yang mereka posting berada di peringkat atas dihasil pencarian search engine terkemuka semisal Google, Bing, Yandex dan sebagainya. 

Namun, walaupun demikian jika kita ingin perkembangan blog kita semakin meningkat setiap waktunya serta memiliki reputasi serta peringkat yang baik di Search Engine, setidaknya kita harus mengetahui teknik dasar dari SEO. 


Sehingga dalam prakteknya nanti, ketika kita membuat sebuah postingan blog, kita tidak lagi asal buat dan asal posting. Karena SEO berkembang seiring perkembangan dari Algoritma Search Engine itu sendiri.

Dalam hal ini, saya bukanlah orang yang tidak/ atau anti atas SEO dan juga bukan lah orang yang selalu memperhatikan SEO juga. Saya belajar SEO sejalan dengan perkembangan blog saya. 


Pertama kali saya mendalami dunia Blogging, saya sama sekali tidak mengetahui apa itu SEO, namun seiring perkembangan blog ini, sedikit demi sedikit saya mulai memahaminya.

Bahwa teknik dasar dari SEO memang sangat penting dan harus diketahui oleh seorang Blogger Pemula seperti saya, dan untuk tahap selanjutnya dapat kita pelajari seiring dengan perkembangan blog kita nantinya.

Dalam membuat sebuah postingan blog, kita harus selalu merancang terlebih dahulu konten yang akan kita buat, lalu kemudian baru kita praktik teknik dasar dari SEO tadi. 


Apa yang akan saya bagikan ini, adalah berdasarkan apa yang saya pelajari selama saya menggeluti dunia Blogging, dan mungkin pedoman yang nanti akan saya sampaikan mungkin dampak yang dihasilkannya tidak terlalu besar atau cepat seperti yang kita harapkan. 

Yakni peringkat blog kita secara individu, karena pada dasarnya mesin telusur ternama semacam Google, menggunakan lebih dari 200 faktor dalam memberi peringkat pada sebuah situs web/ blog bahkan bertambah semakin cepat dan semakin banyak lagi.

Peringkat postingan blog kita akan sangat berpengaruh dari jumlah visitor yang akan berkunjung ke blog kita nantinya.


Sehingga semakin baik teknik SEO yang kita terapkan maka semakin baik pula posisi SERP kita di search engine, dan tentu saja akan semakin meningkat pula jumlah visitor yang akan mengunjungi blog kita. 

Dan pada akhirnya akan meningkatkan penghasilan kita baik dari hasil penjualan produk secara langsung maupun dari hasil monetisasi blog itu sendiri. Jadi, mari kita mulai!

Panduan Dasar Praktek Teknik SEO Terbaik Untuk Pemula:

Mempersiapkan Konten/ Artikel Postingan yang Baik

Setiap halaman postingan yang akan kita optimalkan harus memiliki target kata kunci (keyword), dan setiap kata kunci/ keyword yang kita pilih harus mewakili halaman khusus yang dioptimalkan darinya. 

Halaman postingan blog/ konten yang secara khusus kita fokuskan dan dedikasikan pada suatu topik yang sama. 

Karena Search Engine tidak memberikan dan menentukan peringkat situs web/ blog dari nama situs atau keseluruhan situs/ blog kita, akan tetapi memberi peringkat pada halaman artilel atau konten postingan blog. 

Jadi, pastikan kita memiliki satu halaman untuk konten postingan per topik yang fokus pada grup kata kunci/ keyword tertentu pada topik tersebut.
Setiap halaman yang akan kita optimalkan harus memiliki kata kunci yang mudah, dan setiap kata kunci yang kita pilih harus memiliki artikel atau konten postingan khusus yang dioptimalkan dari keyword tersebut
Pada saat membuat sebuah konten/ artikel, buatlah terlebih dahulu di Notepad atau Word Processor. 

Tulislah artikel anda sesuai dengan apa yang anda kuasai dan sukai, dan fokuslah pada pemirsa/ pembaca anda. 

Dengan kata lain, lupakan terlebih dahulu teknik SEO, jangan terlalu fokus pada SEO, namun fokus lah pada pembaca. 

Buatlah konten/ artikel yang terbaik untuk membuat halaman postingan yang memberikan informasi yang bagus, memiliki nilai lebih dan bermanfaat bagi pembaca mengenai topik yang akan anda bahas. 

Luangkan waktu anda dengan membuat sedikit studi kasus, dengan cara membaca dan meneliti blog atau situs lain yang membahas topik yang serupa dengan anda, yang berada di peringkat teratas search engine.

Posisikan diri anda sebagai sebuah Robot Mesin Pencari (Robot Google), yang dalam hal ini membaca konten/ artikel sebuah postingan dengan algoritma yang telah ditanamkan kepada robot search engine tersebut. 


Yang artinya, teliti dan ketahui bagaimana sebuah mesin pencari (google search engine) membaca dan menampilkan hasil pencarian di mesin pencari. 

Kemudian periksa detail dari halaman postingan artikel blog yang se topik dengan yang akan kita buat yang ditampilkan dari hasil pencari google tadi. Seperti:
  • Judul Postingan 
  • URL Postingan/ URL Artikel nya 
  • Deskripsi dari postingan nya, dan sebagainya.

Setelah melihat detail postingan blog dari hasil pencarian google yang setopik dengan kita, kemudian kita dapat meningkatkan konten/ artikel kita dengan memberikan beberapa kutipan atau tambahan didalam artikel/ konten dengan memperhatikan:

  1. Tren saat ini
  2. Studi kasus 
  3. Kutipan dari pakar 
  4. Ulasan atau materi lain yang akan membantu mendukung isi atau pesan dari konten/ artikel kita nantinya.

Jadi pertama kali dalam membuat sebuah artikel/ konten, fokuslah pada pembaca, kemudian lihat situs/ blog lain yang berada di peringkat pertama hasil pencarian google yang setopik dengan kita, kemudian teliti dan pelajari detail hasil pencarian google search engine, dan menambahkan kutipan-kutipan yang akan membantu dan mendukung isi atau pesan dari konten/ artikel yang kita posting.

Jangan terlalu fokus pada SEO. Fokus pada pembaca dan kemudian cari cara untuk mengoptimalkan konten Anda
Setelah selesai membuat sebuah konten/ artikel, dan melakukan penelitian serta studi kasus terhadap topik artikel yang kita buat dengan melihat artikel dari blog lain yang se topik dengan kita dan tanpa memperhatikan SEO terlebih dahulu tapi lebih memperhatikan keinginan dan kebutuhan dari pembaca, baru kemudian fokus pada teknik dasar SEO. Yakni:


Tag Header


Tag Header (<h1>, <h2>, <h3>, dan seterusnya) harus digunakan sebagai penanda dan pemisah dari konten/ artikel postingan blog kita. 

Yang terutama adalah Tag <h1>, yang harus digunakan untuk semua judul halaman dan yang terpenting adalah sangat penting untuk dimasukkan kata kunci target artikel untuk postingan blog tersebut. 

Namun untuk tag Judul <h1> ini di templates-templates sekarang yang banyak dijual, apalagi templates blog yang responsif, mobile friendly dan telah SEO Friendly telah membuat judul dari postingan kita menjadi tag header/ judul <h1> secara otomatis.

Kita tinggal menanamkan kata kunci (keyword/ kw) target untuk postingan artikel kita saja di judul postinga. Namun, walaupun demikian, kita cukup menanamkan hanya satu kali saja.

Lalu kemudian di dalam artikel, sub judul dan sub sub judul lainnya kita bisa memasukkan tag <h2> dan <h3> dan seterusnya. 


Seperti dalam artikel ini, untuk sub judul diatas yakni "Panduan Dasar Praktek SEO Terbaik Untuk Pemula:" saya menggunakan tag <h2> dan untuk sub judul "Mempersiapkan Artikel Postingan yang Baik" saya menggunakan tag <h3> begitu juga dengan sub judul Tag Header. 

Kita  bisa menyertakan beberapa kata kunci turunan dari kata kunci target utama kita, namun jangan sampai berlebihan, karena algoritma google yang sekarang akan menganggap sebuah artikel yang didalamnya terdapat banyak kata kunci yang sama, akan dianggap sebagai SPAM.

Anda bisa menggunakan menu dari Blogger.com yakni:

Teknik dasar SEO untuk pemula
  1. Heading (tag <h2>) 
  2. Sub heading (tag <h3>) 
  3. Minor Heading (tag <h4>) 
  4. Normal

Untuk sub-sub judul konten/ artikel postingan blog kita.



Buat Tag TITLE yang Efektif dan Bernuansa Clickbait


Tag judul konten/ artikel postingan(<title>) sama pentingnya bagi robot mesin pencari dan juga pengunjung/ pemirsa situs web/ blog. 

Karena Judul Artikel Postingan ini lah yang ditampilkan di hasil pencarian browser pengguna, dan yang disimpan saat mem bookmark halaman postingan dan yang ditampilkan di hasil pencarian. Mesin pencari juga melihat judul untuk menentukan subjek dari postingan blog.

Untuk memaksimalkan praktek dasar SEO Tag Title atau Judul Postingan, lakukan hal-hal berikut:

1. Letakkan kata kunci/ keyword target penting di awal judul. Mesin pencari akan memilih nya untuk mendapatkan peringkat dan akan menampilkan kata kunci tersebut yang tulisannya ditebalkan (bold) di hasil pencarian.

2. Gunakan Nama Merk Blog/ Branding Blog di judul. Hal ini dilakukan dengan maksud membuat/ menciptakan branding dari blog kita agar mudah diingat oleh user/ pengguna sehingga memudahkan pengguna untuk kembali lagi ke blog kita. Dengan begitu, akan dapat meningkatkan pengunjung dari blog kita, karena mereka telah mengenali merek kita. Selain memudahkan pengunjung/ pemerisa mengingat nama blog kita, juga akan meningkatkan reputasi dari blog kita, karena pengguna jika mencari di mesin pencarian, cukup dengan mengetik keyword dari brand/ merk/ Judul saja. Seperti contohnya Awam Bicara ini, didalam hasil laporan google analytic, dalam satu hari di google search engine ada beberapa kali hasil pencarian dengan kata kunci "Awam Bicara".

3. Perlakukan judul sebagai ajakan bertindak (clickbait). Buatlah judul Artikel postingan blog kita lebih deskriptif dan lebih menarik lagi. Bahkan sebisa mungkin "gelitik" rasa ingin tahu (kepo) dari pengguna/ user untuk mengetahui lebih lanjut dari artikel atau postingan blog kita. Namun, sekali lagi disini jangan sampai kita membuat judul yang bertentangan dengan isi artikel, selain tidak baik untuk SEO dan Search Engine, juga tidak baik untuk user experience, yang terjadi malah situs/ blog kita akan mendapatkan reputasi buruk, dan akan meningkatkan bounce rate atau rasio pentalan dari blog kita.

4. Jaga agar judul Anda tetap pendek. Judul harus tidak lebih dari 60-75 karakter (sekitar 10-15 kata). Karena mesin pencari akan memotong judul yang memiliki panjang lebih dari 60-75 karakter. Sebagian besar Sistem Manajemen Konten akan membuat tag judul secara default, namun kita dapat memodifikasinya. Sesuaikan judul untuk semua halaman postingan dari blog dengan isi dari konten/ artikel.

Tip untuk tag <title>: Tempatkan kata kunci penting di bagian awal judul, gunakan nama merek/ membranding nama blog, pendek, dan tetap selaras serta menggambarkan isi artikel/ konten postingan blog/ web.


Membuat Meta Deskripsi


Pada mulanya, Meta tag atau Meta Deskripsi, dibuat untuk membantu mesin pencari menyediakan segala macam informasi tentang konten/ artikel postingan blog/ web. 

Namun, sekarang search engine tidak lagi mengutamakan sebagian besar dari meta deskripsi ini. 

Misalnya, Meta Tag Keyword/ Meta Keyword sekarang tidak lagi menjadi faktor yang digunakan oleh google search engine dalam menentukan peringkat sebuah konten postingan blog. 

Bahkan sebenarnya, dengan memberikan Meta Keyword berarti kita memberikan informasi tentang kata kunci/ keyword target blog/ web kita kepada web/ blog saingan kita.

Memang masih ada sebagian besar blogger yang beranggapan bahwa memberikan meta keyword masih sangat relevan dan berguna untuk meningkatkan peringkat dari blog/ situs web di hasil pencarian google. 


Namun google sendiri telah menyatakan bahwa pemberian meta keyword disebuah blog/ situs web tidak lagi berpengaruh terhadap hasil pencarian di google search engine. 

Yang masih memiliki peran penting dan pengaruh besar terhadap peringkat hasil pencarian dari google search engine sekarang ini hanyalah Meta Deskripsi.

Memberikan meta deskripsi didalam setiap postingan blog akan berpengaruh terhadap user experience (pengalaman pengguna), dan lebih mendorong pengguna untuk meng klik blog/ situs web kita, karena dari Meta Deskripsi yang ditampilkan di hasil pencarian google search engine, yang mana meta deskripsi ini akan ditampilkan tepat dibawah judul dari artikel postingan dari blog/ situs web. 


Uraian halaman postingan blog/ situs web yang kita buat di Meta Deskripsi akan ditampilkan di bawah judul halaman postingan, serta sama halnya dengan tag judul seperti yang dibahas diatas, mesin pencari/ google search engine akan menyoroti kata kunci yang diketik pengguna dengan membuat tulisan dari kata kunci yang diketik pengguna dicetak tebal (Bold) di hasil pencarian.

Demi mendapatkan hasil terbaik di peringkat search engine dan meningkatkan pageview dari pengguna, buatlah deskripsi Meta yang menarik dengan menggunakan prinsip yang sama seperti pembahasan pembuatan tag judul <title> diatas, dengan panjang kalimat 150-160 karakter dan dengan menyisipkan kata kunci target serta turunannya, namun sekali lagi jangan sampai berlebihan, berpikirlah bahwa anda seorang user, dan robot mesin pencari maka meta deskripsi yang dibuat harus benar-benar menyampaikan ringkasan dari isi artikel postingan dari blog/ situs web anda. Selain itu, hindari menggunakan tag Meta duplikat.


Gunakan atribut ALT dan TITLE pada gambar postingan


Jika Anda menempatkan diri anda sebagai user, dan anda sedang membaca sebuah artikel tentang iPhone X atau Samsung S9 yang baru serta menemukan gambar bagus dari iPhone X dan Samsung S9 dengan tampilan yang futuristik dan menarik, anda tahu bahwa itulah gambar dari iPhone X dan Samsung S9 keluaran terbaru. 

Dalam hal ini anda atau user adalah seorang manusia, yang dengan hanya melihat gambar saja sudah mengenal dan mengetahuinya. 

Namun tidak bagi robot mesin telusur (search engine), robot google search engine tidak melihat gambar seperti halnya kita melihat gambar dalam sebuah postingan blog, robot search engine mengandalkan atribut ALT dan TITLE yang menggambarkan rincian dan penjelasan tentang gambar tersebut. 

Dengan menggunakan atribut ALT dan TITLE "iPhone X Terbaru 2018" "New Samsung S9", pada dasarnya adalah Anda memberitahukan kepada robot mesin telusur (robot search engine google) perihal tentang gambar itu.

Atribut ALT dan TITLE gambar adalah merupakan salah satu tempat yang baik untuk anda tanamkan kata kunci/ keyword target anda. 


Buatlah ALT dan TITLE pada gambar dengan lebih deskriptif, teliti dan akurat. Hal ini tidak hanya dapat membantu pencarian blog oleh pengguna/ konsumen, namun ini juga akan sangat berguna dalam hal gambar Anda dapat dicari dalam pencarian gambar, yang pada akhirnya akan menghasilkan lalu lintas atau traffik yang tinggi. 

Karena itu, selalu gunakan atribut ALT dan TITLE untuk gambar penting di situs Web/ blog Anda, karena selain ramah dan disukai robot search engine google, juga sangat SEO friendly dan merupakan teknik dasar SEO bagi seorang blogger pemula.


Buat URL yang user dan SEO Friendly


Seperti halnya dalam membuat judul artikel postingan dan meta deskripsi, URL (atau alamat web) postingan sangat penting dalam praktek dasar teknik SEO untuk pemula. Karena, URL Postingan Blog muncul dibanyak tempat, seperti:
  1. Pada halaman hasil pencarian google yang terletak diantara judul dan deskripsi. 
  2. Dibilah URL browser 
  3. Sebagai postingan blog rujukan dari seseorang (contohnya: dalam e-mail) 
  4. Saat anda share ke media-media sosial.

Membuat URL yang user serta SEO frienly (Ramah bagi pengguna, dan SEO) adalah sebuah praktik yang baik untuk membuat URL Postingan Blog yang rapih serta deskriptif. 


Memberikan pengguna pemahaman yang baik tentang isi dari postingan blog kita tanpa benar-benar harus mengunjungi halaman postingan blog tersebut. 

URL yang rapih, bersih dan deskriptif juga menyiratkan struktur situs web/ blog Anda. URL terbaik adalah URL yang memungkinkan pengguna memprediksi isi konten 

(contoh: https://www.awambicara.id/2017/12/tips-seo-terbaik-pemula.html).

Sedapat mungkin, buatlah URL postingan blog anda sesingkat mungkin, selain mudah terbaca oleh pengguna karena dihasil pencarian google tidak terpotong atau tertutupi, juga akan lebih mudah untuk dibagikan/ share di pesan singat (SMS), Messenger seperti Whatsapp, BBM, Line, email, dan yang paling penting untuk dibagikan di media-media sosial. 


Dalam membuat URL Postingan Blog, sematkan kata kunci/ keyword target anda, namun sekali lagi seperti yang dibahas sebelumnya, jangan berlebihan, agar terlihat alami/ natural, karena jika kata kunci yang disematkan berlebihan maka akan memicu filter spam.

Terakhir, dalam membuat URL postingan blog, pisahkan kata dari URL postingan blog dengan tanda hubung (-), hindari penggunaan garis bawah ( _ ), dan karakter-karakter lainnya. Sebagian besar CMS membuat URL postingan blog baru secara otomatis, namun kita bisa memodifikasinya, agar lebih user friendly, SEO friendly dan lebih pendek. 


Jika anda menggunakan wordpress, fitur ini yakni mengganti URL postingan blog merupakan fitur lanjutan atau fitur premium, yang baru bisa digunakan jika kita membayar untuk menggunakan fitur ini, namun bagi yang menggunakan hosting blogspot, fitur ini dapat diakses dan digunakan secara GRATIS.


Tetapkan Tautan Internal (Internal Link)


Taktik ini dirancang untuk meningkatkan peringkat halaman postingan tertentu dengan memberikan rujukan kepada pengguna ke halaman postingan lain, tapi masih dalam halaman blog kita sendiri. 

Dalam membuat sebuah tautan internal, haruslah merupakan link keluar yang relevan, yang sesuai dengan artikel yang kita bahas. 

Artinya memberikan sebuah rujukan link keluar yang walaupun masih dalam blog/ web kita sendiri namun harus tetap masih berhubungan dengan artikel dari perujuk. Sebagai catatan, taktik ini tidak menambahkan kredibilitas, tapi hanya mentransfernya saja.

Hal ini bekerja dengan menautkan postingan blog terkait menggunakan tautan kontekstual yaitu, merujuk pada halaman postingan "target" dari halaman "donor" di dalam badan artikel. Anda bisa melakukan ini dengan empat langkah mudah:



Tentukan Halaman Postingan Donor


Kunci taktik ini adalah menemukan halaman postingan yang ingin Anda tautkan. Halaman postingan yang ingin Anda tautkan (halaman postingan donor) adalah halaman yang paling sering dihubungkan dari situs-situs lain.


Tentukan Target Pages


Langkah selanjutnya adalah mencari halaman postingan yang ingin Anda linkkan (halaman postingan target). Halaman-halaman postingan yang membutuhkan kredibilitas link paling banyak adalah halaman postingan yang "hampir masuk peringkat pertama" dalam hasil pencarian dan memerlukan tambahan "dorongan" untuk sampai ke peringkat atau halaman pertama hasil pencarian.


Buat Link


Setelah siap untuk menautkan halaman postingan, Anda harus membuat tautan di dalam teks halaman postingan dengan menggunakan kata kunci/ keyword yang paling menggambarkan subjek atau isi dari halaman postingan yang sedang Anda tautkan. 

Ingat, Anda terhubung agar bisa melewati kredibilitas link. 

Dalam contoh ini, tautan untuk "kredibilitas tautan" digunakan secara kontekstual. 

Ini berfokus pada kata kunci target dan harus ditetapkan ke halaman lain di situs Anda yang berisi subjek ini. 

Jika Anda menghubungkan dari lebih dari satu halaman donor, gunakan kata kunci yang berbeda dan campurkanlah.


Jangan Membuat Internal Link yang Berlebihan


Gunakan hubungan internal link sebaik dan sehemat mungkin, serta jangan berlebihan. 

Tautan Internal (Internal Link) paling banyak dibuat dalam suatu halaman postingan blog adalah 5-6 tautan, yang dalam hal ini tautan untuk navigasi tidak masuk hitungan. 

Serta anda harus sering memeriksa kesehatan internal link halaman postingan anda, jangan sampai anda menautkan link yang rusak baik internal maupun eksternal, karena hal ini sangat buruk untuk SEO. 

Untuk itu, praktek dasar SEO terbaik adalah anda secara teratur harus memeriksa situs web atau blog anda dengan sangat cermat dan teliti, mengenai tautan yang rusak dan segera memperbaikinya. 

Anda bisa menggunakan banyak sekali tool-tool yang terbesar di internet, bagaimana cara mencari dan memeriksa tautan internal dan eksternal link yang rusak.


Anchor Text di Links


Tautan ke situs web Anda dan juga tautan internal sangat bagus untuk SEO karena mereka mentransfer popularitas tautan. 

Dan salah satu yang sangat berperan penting dan yang banyak membuat perbedaan adalah anchor text dari link tersebut. 

Teks jangkar adalah teks yang terlihat di dalam tautan yang menjelaskan konten yang ditautkan. 

Misalnya, anchor text, 11+1 Tips SEO Terbaik Untuk Blogger Pemula, jelas menggambarkan isi halaman yang terhubung. 

Begitulah cara search engine melihatnya, jadi gunakan jangkar atau Anchor Text yang deskriptif dan sertakan kata kunci/ keyword target Anda, ini lebih baik untuk Praktek Dasar Teknik SEO untuk pemula dari pada menggunakan Anchor Text "klik di sini" atau "baca lebih lanjut" dan sebagainya. 

Membuat tautan/ link internal atau eksternal yang menyertakan kata kunci target sangat baik dalam Praktek Dasar Teknik SEO bagi Pemula, namun sekali lagi dalam menerapkan SEO jangan berlebihan. 

Memiliki terlalu banyak tautan keluar dengan Anchor Text menggunakan kata kunci yang sama akan terlihat "spam" dan dapat dianggap "tidak alami/ natural." 

Sebagai gantinya, gunakan kreativitas anda bahkan terkadang anda bisa tidak mengikut sertakan kata kunci/ keyword target.


Mengubah Konten Lama menjadi Magnet Tautan


Terkadang kebanyakan para blogger lebih memfokuskan usaha penerapan SEO pada posting blog terbaru mereka. 

Mereka mempromosikan konten di media-media sosial selama beberapa hari dan lalu kemudian beralih ke topik konten. 

Strategi ini memang tidak salah dan baik untuk dilakukan, namun masalahnya adalah mungkin diperlukan waktu lebih lama dari apa yang kita harapkan. 

Terkadang saya pun sering lupa akan hal ini, bahwa SEO adalah suatu proses yang membutuhkan waktu, kerja, eksperimen dan pengukuran, dan sering mengabaikan usaha SEO yang diterapkan pada postingan-postingan lama. 

Dengan mengabaikan usaha SEO pada posting lama, berarti kita telah mencegah diri kita untuk mengambil potensi yang terpendam didalam praktek teknik SEO pada postingan-postingan lama kita.

Jadi bagaimanakah cara untuk memanfaatkannya teknik SEO pada posting lama?



Caranya adalah dengan membuat magnet link.


Link magnet melibatkan pembuatan konten yang dirancang untuk mendorong orang lain untuk menautkannya dari situs-situs lain. 

Teorinya terdengar mudah dan bagus, namun bagaimana cara membuat orang lain untuk melakukannya dengan menautkan postingan lama kita kedalam situs-situs lain, atau menautkan postingan lama kita kedalam postingan baru untuk meningkatkan peringkat postingan, itu yang tidak mudah. 

Untuk mewujudkan itu, kita bisa melakukan lima langkah berikut:

1. Pertama, kenali terlebih dahulu postingan yang memiliki potensi paling SEO.

Postingan ini adalah postingan yang dekat dengan halaman pertama SERP atau yang telah berada di peringkat atas SERP untuk kata kunci yang bagus, yakni kata kunci dengan volume pencarian tinggi serta tingkat persaingannya juga tinggi. Gunakan juga pendekatan ini untuk membuat tautan internal.

2. Periksa semua prinsip SEO yang telah saya uraikan di sini dan lakukanlah pengoptimalan tambahan sesuai kebutuhan.

Ingatlah, dalam praktek SEO, perbedaan peringkat di halaman pertama dan kedua search engine terkadang hanyalah pada detail-detail kecil saja, seperti tidak ada tag header <h1>, <h2> dan seterusnya atau kata kunci yang tidak mencukupi di badan teks (dalam artikel postingan).

3. Tautkan postingan dari postingan yang lebih lama dan berperingkat tinggi.

Dengan cara ini, Anda bisa mengirimkan beberapa jus tautan untuk pos berkinerja tinggi ke pos lainnya yang memiliki potensi yang sama.

4. Cari cara untuk memperbaiki isi posting Anda.

Jika Anda pikir Anda memiliki topik yang bagus, memilih kata kunci yang sempurna dan mengikuti semua praktik yang dijelaskan di sini, namun bagaimanapun juga Anda masih belum mendapatkan cukup daya tarik, bisa jadi isinya bagus, namun belum cukup hebat. Jadi, cari cara untuk memperbaikinya: tambahkan ilustrasi, grafik, bukti, screenshoot, contoh, statistik, kutipan, studi kasus, dan sebagainya.

5. Setelah Anda mengikuti semua langkah ini, sekarang saatnya memberi postingan Anda kehidupan baru.

Jalankan promosi-promosi lain dengan intensitas yang lebih tinggi: bagikan kembali di media sosial, sertakan dalam milis Anda, tambahkan tautan ke signature e-mail. 


Bila perlu kampanyekan konten postingan blog dengan mengiklankannya di Facebook, LinkedIn, Twitter, Adword, dan sebagainya untuk menjangkau pengguna dan blogger lain untuk melihat apakah mereka ingin mereferensi konten postingan blog kita.


Tinjau Teknis SEO


Terkadang, setelah semua Praktek Dasar Teknik SEO untuk pemula ini telah kita terapkan, namun jika postingan yang kita buat tidak terindeks oleh search engine, maka konten postingan blog kita tidak akan pernah muncul di hasil pencarian search engine. 

Untuk itu, sangat perlu diperhatikan untuk meninjau ulang aspek-aspek teknis SEO dalam hal agar dapat dibaca oleh robot search engine.

Ada beberapa aspek teknis yang dapat anda lakukan untuk membantu atau pun mencegah pengindeksan situs/ blog kita oleh search engine. 


Berikut ini adalah beberapa item yang harus Anda tinjau dan perhatikan dalam pengembang web atau blog Anda untuk memastikan bahwa situs web/ blog Anda dioptimalkan dari sudut pandang teknis nya.

1. Google Search Console

Sebagai seorang blogger, dan pengembang situs web/ blog, Anda harus menyiapkan akun untuk situs web/ blog Anda di Google Search Console. Google Search Console ini adalah layanan google untuk para webmaster yang diberikan secara gratis, yang akan membantu Anda memahami bagaimana Google melihat dan merayapi situs web/ blog anda. Serta memberikan petunjuk dan rekomendasi terbaik yang harus diterapkan jika ada suatu masalah didalam tinjauan teknis SEO blog anda.

2. Peta situs

Situs web/ blog Anda harus memiliki peta situs dalam format XML yang mencakup keseluruhan struktur data dari situs web/ blog Anda (termasuk entri blog Anda) yang kemudian harus didaftarkan dan dimasukkan ke dalam Google menggunakan Search Console. Hal ini diperlukan guna membantu Google dalam mengindeks atau merayapi situs web/ blog Anda dan menginformasikannya tentang pembaruan-pembaruan yang diperlukan.

3. Pengalihan Permanen

Jika struktur URL situs/ blog Anda berubah (misalnya saat mengulang situs web atau merubah dari HTTP ke HTTPS), Anda harus menyiapkan pengalihan permanen (kode 301) dari halaman lama Anda ke halaman baru. Begitulah cara mesin pencari (dan juga pengguna) akan diarahkan ke versi baru dari halaman-halaman lama anda.

4. Nofollow / Noindex

Pastikan halaman situs Anda "terbuka" untuk diindeks oleh mesin pencari. Ada satu tag yang secara khusus akan menghentikan search engine untuk merayapi atau mengindeks situs web/ bloga anda yakni: <meta name = "robots" content = "noindex, nofollow">. dan pastikan Anda tidak memiliki tag itu didalam HTML anda, jika Anda ingin agar situs web Anda terindeks. Anda bisa mencegah robot google search engine untuk merayapi situs web/ blog anda sebatas pada:

  • Arsip 
  • Label 
  • search

5. Robots.txt

Robots.txt adalah file di server web Anda yang dapat membatasi akses ke situs web Anda untuk mesin telusur. Ini bekerja dengan cara yang sama seperti tag "noindex, nofollow", jadi pastikan itu tidak mencegah mesin pencari mengindeks situs Anda.

Artikel Dasar-dasar SEO - Panduan Praktik Terbaik SEO untuk Pemula ini adalah merupakan studi kasus saya dalam mempraktekkan teknik dasar SEO untuk pemula, dimana artikel ini saya buat pada tanggal 15 Desember 2017, tanpa saya lakukan submit URL atau Fetch As Google di Search Console Google. 


Jika anda melihat artikel ini dihalaman peringkat pertama google maka anda pun harus mengikuti tahap-tahap praktek dasar teknik SEO untuk pemula ini.
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar