Para Orang Tua: Waspadalah terhadap 'GAME' (Blue Whale Challenge) ini, Bicaralah pada Anak-anak Anda jika Anda Khawatir.

Para Orang Tua: Waspadalah terhadap 'GAME' (Blue Whale Challenge) ini, Bicaralah pada Anak-anak Anda jika Anda Khawatir.

Apa itu Blue Whale Challenge?

Blue Whale Challenge diyakini sebagai sebuah game yang tersebar melalui berbagai media sosial yang ada pada saat ini. Merupakan grup atau kelompok media sosial online yang mendorong anggotanya untuk melakukan aksi bunuh diri.

Bahaya 'GAME' (Blue Whale Challenge)


Diperkirakan seorang administrator grup memberikan tugas-tugas tertentu kepada anggotanya, yang mana harus diselesaikan selama 50 hari.

Tugas-tugas yang diberikan oleh administrator atau pimpinan kelompok sangat mengerikan. Seperti tugas menyakiti diri sendiri, menonton film horor tertentu, bangun tidur diwaktu-waktu yang tidak wajar. Secara bertahap, tugas-tugas yang diberikan menjadi lebih gila dan mengerikan.

Dihari ke-50, sang pengontrol yang memanipulasi dan mengendalikan game ini akan mengintruksikan kepada yang memainkan game ini untuk melakukan bunuh diri.

VKontakte (Vk.com) situs yang berasal dari Rusia diduga jadi tempat lahirnya Blue Whale challange ini. Nama 'Blue Whale' sendiri dipilih karena mereka percaya, ikan paus yang terdampar di pantai memang sengaja menepi ke daratan untuk bunuh diri.

Polisi Rusia diberitakan sedang menyelidiki sejumlah kasus bunuh diri di Rusia yang dicurigai terkait dengan kegemaran online.

Akan tetapi dari penyelidikan Kepolisian Rusia, Blue Whale Challenge belum terbukti bertanggung jawab secara langsung atas kematian.

Novaya Gazeta (Surat Kabar Investigasi Rusia) melaporkan bahwa sekitar kurang lebih 130 kasus bunuh diri yang melibatkan anak-anak yang terjadi di Rusia antara November 2015 sampai April 2016. Anak-anak yang dimelakukan bunuh diri direntang waktu tersebut, hampir semuanya merupakan anggota kelompok internet yang sama dan memiliki keluarga yang baik dan bahagia.

Dilaporkan bahwa dua orang pelajar perempuan yakni Yulia Konstantinova (15) dan Veronika Volkova (16), meninggal dunia setelah terjatuh dari atap sebuah blok apartemen setinggi 14 lantai.

Blue Whale Challenge
Yulia Konstantinova (Foto : The Siberian Times)

Blue Whale Challenge
Veronika Volkova (Foto : The Siberian Times)
Selain itu, seorang gadis berusia 15 tahun yang tidak disebutkan namanya juga dalam keadaan kritis setelah terjatuh ke tanah bersalju dari sebuah gedung lantai lima di kota Krasnoyarsk, Siberia.

Dua hari sebelum itu, seorang gadis belia berusia 14 tahun dari Chita dilaporkan telah sengaja melompat ke bawah kereta komuter yang sedang berjalan.

Juga dilaporkan bahwa seorang bocah laki-laki berusia 13 tahun berhasil diselamatkan atas percobaan bunuh diri dari tepi sebuah atap di Lviv, Ukraina.

Dari semua kasus tersebut, penyidik kepolisian negara Rusia sedang menginvestigasi, apakah media sosial yang kontroversial "Blue Whale Challenge" telah mempengaruhi dan membuat beberapa anak-anak Rusia untuk melakukan upaya bunuh diri.

Yulia Konstantinova (15) sebelum meninggal karena terjatuh dari atap sebuah blok apartemen berlantai 14, terakhir membuat sebuah catatan "status" yang bertuliskan "End" di halaman media sosialnya setelah dia memajang gambar paus biru.

Blue Whale Challenge
Status Medsos Terakhir Yulia Konstantinova (Foto : The Siberian Times)
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar