5 Cara Mudah Membuka HP Android Berbagai Merk yang Lupa Pasword

Smartphone telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari kita, atau bahkan bisa dikatakan sebagai asisten pribadi kita. Untuk itu, mengaktifkan dan menggunakan password atau pola keamanan pada smartphone adalah hal yang sangat penting dilakukan.

5 Siasat Mudah membuka HP lupa Password

Selain untuk menjaga keamanan data pribadi, mengunci smartphone baik dengan sandi maupun pola keamanan juga baik untuk menghindarkan smartphone dari tangan tangan usil nan jahil.

Akan tetapi, akan menjadi suatu masalah jika pengguna lupa dengan kata sandi atau pola keamanan yang dibuatnya lantaran lupa karena mungkin terlalu rumit atau terlalu banyak password.

Namun, jika Smartphone kamu hilang, kamu dapat melacak Smartphone (HP) berdasarkan Sistem Operasi nya, yang dapat kamu lihat di Cara Melacak HP Smartphone Android, iPhone, Samsung, Windows Phone dan Punya Orang Lain Untuk Awam Lengkap.

Berikut 5 Siasat Mudah Membuka Android yang Lupa Password.

1. Pakai Android Device Manager

Android memiliki layanan keamanan yang membuat pengguna bisa mengontrol smartphone-nya dari jarak jauh, yakni Android Device Manager. Saat kamu lupa password atau pola keamanan, kamu bisa memakai Android Device Manager.

Kamu bisa menggunakan browser di smartphone Android milik teman atau memakai peramban komputer untuk mengakses layanan Android Device Manager. Caranya, kamu harus masuk dengan akun Google yang sama dengan yang dipakai di smartphone.

Selanjutnya bisa membuka tautan Android Device Manager. Di sana akan ada tiga pilihan yakni Ring (Deringkan), Lock (Kunci Perangkat), dan Erase (Hapus). Jika kamu lupa kata sandi, pilihlah opsi Lock atau Kunci. Lakukan refresh jika Android Device Manager kesulitan menemukan perangkat kamu.

Pergunakan Android Device Manager untuk memasukkan sandi baru pada perangkat yang lupa password. Setelah klik opsi Lock, kamu akan diminta memasukkan sandi baru yang akan menggantikan pola keamanan, PIN, atau password yang kamu lupakan.

Kamu hanya perlu memasukkan password baru sebanyak dua kali untuk mengonfirmasi pilihan kamu. Selanjutnya klik Lock. Tunggulah selama 5 menit dan smartphone Android pun bisa kamu buka dengan password baru.

2. Pakai Samsung Find My Mobile

Samsung Find My Mobile
Klik pada gambar untuk memperbesar
Kamu juga bisa menjajal layanan serupa Android Device Manager milik Samsung, yakni Find My Mobile. Cara memakainya, pertama kamu buka link Find My Mobile dari browser, kemudian login ke akun Samsung.

Perlu diingat, cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu sudah pernah registrasi akun Samsung. Jika tidak, cara ini tak dapat digunakan.

Untuk kamu yang sudah pernah registrasi ke akun Samsung, klik tombol Lock My Screen di panel sebelah kiri. Dari sini, masukkan PIN baru dan klik tombol Lock. Selang satu atau dua menit, sandi pengunci layar bisa diubah ke PIN baru yang bisa dipakai untuk membuka smartphone Samsung yang terkunci. Pergunakan Find My Device jika kamu melupakan password smartphone Samsung.

3. Gunakan Fitur Forgot Pattern

Fitur Forgot Pattern alias lupa pola keamanan ini bisa digunakan jika OS Android kamu adalah Android 4.4 ke bawah. Saat kamu salah memasukkan pola keamanan sebanyak 5 kali pada smartphone yang menjalankan Android 4.4 ke bawah, kamu bisa melihat sebuah pesan berisi "Coba lagi dalam 30 detik".

Jika melihat pesan ini muncul, tap pada opsi "Forgot Pattern" yang ada di bagian bawah layar. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan detail akun Google. Masukkan akun Google dan password-nya.

Fitur Forgot Pattern
Klik pada gambar untuk memperbesar
Google pun akan mengirimkan email ke kamu berisi pola keamanan yang kamu pakai pada smartphone tersebut. Google juga memberikan opsi agar kamu bisa mengubah pola keamanan.
Fittur Forgot Pattern-2
Klik pada gambar untuk memperbesar

4. Buat Lock Screen Mengalami Crash

Kamu pun bisa membuka lock screen smartphone yang terlupakan kata sandi atau pola keamanan dengan membuat lock screen crash. Metode ini memanfaatkan bug pada smartphone yang menjalankan Android 5.0 - 5.1.1 Lollipop. Patut diingat kalau cara ini hanya bisa digunakan di smartphone Android 5.0 dan 5.1.1.

Pertama, tekan opsi "Emergency Call" pada lock screen smartphone kamu. Kemudian gunakan antarmuka dialer untuk memasukkan tanda bintang hingga 10 kali. Lalu, kamu bisa mengetuk dua kali untuk menyorot teks yang kamu masukkan dan pilih copy.

Buat lock screen mengalami crash
Klik pada gambar untuk memperbesar
Ulangi lagi lalu paste di situ, sehingga tanda bintang pun menjadi dua kali lipat. Ulangi terus hal ini hingga batas karakter habis. Selanjutnya, kamu bisa kembali ke layar kunci dan membuka shortcut kamera. Dari sini, tarik notifikasi dan tekan ikon Setting. Lalu, kamu akan diminta memasukkan password.

Tekan lama di kolom input dan pilih paste. Terus ulangi proses ini sebanyak beberapa kali, sehingga kunci layar akan mengalami crash dan memungkinkan pengguna mengakses seluruh antarmuka smartphone.
Buat lock screen jadi crash-2
Klik pada gambar untuk memperbesar

5. Lakukan Factory Reset

Jika seluruh cara di atas tak bisa dilakukan, ada satu cara pamungkas untuk membuka kunci smartphone, yakni melakukan Factory Reset. Namun kamu harus mengingat, jika Factory Reset dilakukan, seluruh data yang tersimpan di smartphone Android bakal hilang tak berbekas.

Caranya, kamu bisa masuk ke Recovery Mode yang bervariasi, tergantung pada jenis dan merek smartphone. Cara yang umum untuk masuk ke Recovery Mode adalah mematikan smartphone dan menyalakannya. Ketika layar hitam telah menghilang, tekan tombol Power dan tahan volume bawah secara bersamaan. Selanjutnya, kamu akan memasuki Recovery Mode.

Ilustrasi

Setelah masuk Recovery Mode, kamu bisa memilih opsi Wipe Data/ Factory Reset. Kemudian, tekan tombol daya untuk memilihnya. Saat proses selesai, pilih opsi Reboot System Now. Smartphone pun akan kembali dalam keadaan baru, seperti pengaturan pabrik.

No comments:

Post a Comment