Contoh Surat Kuasa Khusus Beracara di Pengadilan untuk Awam
Contoh Surat Kuasa Khusus Beracara di Pengadilan untuk Awam

Contoh Surat Kuasa Khusus Beracara di Pengadilan untuk Awam

Baca juga:

Surat Kuasa Khusus - Sebagian besar orang awam tidak mengetahui atau buta hukum, bahkan tidak jarang dari mereka tidak mau tahu dan tidak perduli akan hal itu, sampai pada akhirnya mereka sendiri tersangkut dan berhadapan dengan hukum.

Contoh Surat Kuasa Khusus Beracara di Pengadilan


Advokat atau Pengacara

Untuk itu, profesi Advokat atau Pengacara sangatlah penting dalam suatu tatanan negara hukum.

Dengan adanya Advokad atau Pengacara, mereka dapat memberikan jasa hukum, baik di dalam pengadilan maupun diluar pengadilan bagi orang awam dan buta hukum.

Menurut Undang-Undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat Pasal 1 butir 1, advokat adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan yang memenuhi persyaratan dan berdasarkan ketentuan UU Advokat.

Sehingga dengan demikian dapatlah disimpulkan bahwa Advokat atau Pengacara adalah orang yang mewakili kliennya (orang awam) untuk melakukan tindakan hukum.

Seorang Advokat atau Pengacara dalam tindakan hukumnya yang mewakili kliennya haruslah berdasarkan surat kuasa, yakni surat kuasa khusus agar dapat beracara di dalam pengadilan atau pun diluar pengadilan.

Untuk itu, berikut saya sampaikan contoh Surat Kuasa Khusus Advokat/ Pengacara atau Kuasa Hukum

Contoh Surat Kuasa Advokat/ Pengacara 

SURAT KUASA KHUSUS

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Hariri
Pekerjaan : Showoff
Alamat : Jl. Singgasana 1 RT.1/1 Kel Singgalang Kec. Singgahluk, Kota Singgah

Dalam hal ini memilih domisili hukum di Kantor Hukum IMIN & REKAN yang tersebut di bawah ini, dan menerangkan bahwa memberi kuasa kepada IMIN TUMIMIN, SH.,MH.,LLc Advokat/ Pengacara dan Konsultan Hukum pada Kantor Hukum IMIN & REKAN yang beralamat di Jl. Iman No. 5 RT. 5/ RW. 5 Kota Lima yang bertindak secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.

———— KHUSUS ————–

Untuk dan atas nama pemberi kuasa mengajukan gugatan di Pengadilan Negeri Sungailiat mengenai hutang-piutang terhadap Bapak Yusbet pekerjaan offshow, bertempat tinggal di Jl. Singgasana 2 RT.2/2 Kel Singgalang Kec. Singgahluk, Kota Singgah.

Untuk itu penerima kuasa diberi hak untuk menghadap di muka Pengadilan serta badan–badan kehakiman atau pembesar-pembesar lainnya.

Mengajukan permohonan-permohonan yang dianggap perlu, menjalankan perbuatan-perbuatan, atau memberikan keterangan-keterangan yang menurut hukum harus dijalankan atau diberikan oleh seorang kuasa.

Menerima dan menandatangani kuitansi-kuitansi, menerima dan melakukan pembayaran dalam perkara ini, membalas segala perlawanan, mengadakan perdamaian dengan persetujuan pemberi kuasa dan pada umumnya melakukan hal-hal yang dianggap perlu oleh penerima kuasa.

Surat kuasa ini diberikan dengan hak substitusi.

                                                                                                                     Sungailiat, 30 Februari 2018

yang menerima kuasa,                                                                                        yang memberi kuasa


IMIN TUMIMIN, SH., MH., LLc                                                                             Tn. HARIRI

Demikian contoh surat kuasa khusus beracara di pengadilan, semoga bermanfaat. terimakasih.
Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments