Dari Orang Awam Menjadi Orang Hebat! Lakukan 3 Metode Ini Untuk Mewujudkannya
Dari Orang Awam Menjadi Orang Hebat! Lakukan 3 Metode Ini Untuk Mewujudkannya

Dari Orang Awam Menjadi Orang Hebat! Lakukan 3 Metode Ini Untuk Mewujudkannya

Baca juga:

Pikirkan dan perhatikan orang-orang hebat yang telah Kamu kenal atau kagumi selama ini. Kamu penggemar sepak bola? musik? film? atau apapun juga, sebut kan semua menurut apa yang Kamu kagumi.

Menjadi Orang Hebat!


Menjadi Orang Hebat
Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo dengan kualitas permainan sepakbola nya yang indah dan memukau. Aktor atau Aktris Film dengan aktingnya yang menghanyutkan dan yang dapat memberikan inspirasi.

Sebutkan, kualitas apa yang mereka miliki yang Kamu sebagai orang awam inginkan? Kebanyakan dari mereka hidup dengan sangat penuh, penuh pengalaman yang menarik. 

Mereka juga mencoba berhubungan dengan orang awam lainnya dengan diri sejati dari mereka yang juga sebelumnya awam sebagaimana adanya kamu sekarang. 

Sebagian besar dari orang-orang hebat tadi adalah orang awam juga dulunya, sebagaimana kita saat ini. Mereka bisa menjadi orang yang sangat luar biasa karena kerja keras dan semangat hidup mereka.

Sebagai orang awam, saya juga berharap dan tentu saja berkeinginan untuk menjadi orang hebat dan luar biasa, setidaknya bagi saya pribadi dan orang-orang terkasih saya yakni keluarga saya.

Sebagai pengingat diri sendiri dan juga ingin berbagi dengan orang awam lainnya, berikut saya sampaikan beberapa cara atau metode yang dapat kita lakukan untuk membuat kita menjadi orang hebat dan luar biasa yang saya kutip dari berbagai sumber.

#1. Berani Mengambil Resiko

1. Ikuti Apa yang Kamu Sukai. 

Seringkali, kita tidak bergerak maju dan jalan ditempat dengan sesuatu karena hal itu bukan yang biasa kita lakukan. 

Ketahuilah, mengambil risiko adalah salah satu cara untuk mencari tahu apa yang sebenarnya ingin Kamu lakukan dan cara dalam mengambil langkah untuk maju dengan itu.
  • Contohnya : Banyak orang dalam hidup mu mungkin mengatakan hal yang sama, terutama jika Kamu sudah memiliki pekerjaan dan karir yang mapan. Tapi mencoba untuk melakukan sesuatu diluar kebiasaan mu yang mungkin juga merupakan hobbi mu mungkin dapat membantumu dalam perjalanan Kamu untuk melakukan sesuatu yang benar-benar Kamu cintai. Ini adalah resiko, tapi itu adalah salah satu yang dapat mendorong mu untuk lebih maju kedepan.

2. Hadapi Ketakutan Kamu. 

Semua orang pasti memiliki rasa takut akan sesuatu. Terkadang rasa takut itu lah yang menahan mu. 

Kamu harus berpikir, ini bukanlah rasa takut dalam menghadapi binatang buas, semacam singa atau ular yang berbisa, tapi justru rasa takut yang membuat mu tidak melakukan sesuatu, padahal mungkin saja itu adalah merupakan hal-hal yang kamu cintai dan sukai.
  • Contohnya, mungkin Kamu suka menulis, tapi Kamu takut menunjukkannya kepada orang lain, karena takut mereka akan menolaknya atau bahkan mungkin mencibirnya. Rasa takut seperti ini adalah benar merupakan rasa takut yang nyata dan benar adanya. Saya sendiri merasakan itu, tapi sekali lagi saya lebih baik memilih dicibir dan ditolak daripada saya harus lari dari rasa takut saya. Yang akhirnya mencegah saya untuk melakukan sesuatu yang saya sukai. Dan saya yakin dengan melawan rasa takut ini, maka akan membuat saya kuat dan yakin hingga akhirnya memberikan suatu kebanggaan tersendiri, jika pada akhirnya saya menemukan orang yang menyukai tulisan saya. Dan mungkin melalui ini, pada akhirnya akan mendatangkan penghasilan untuk saya.
  • Mulailah dari yang lingkungan terdekat kamu dulu. Misalnya, Kamu bisa mulai dengan menunjukkan tulisan Kamu ke teman atau anggota keluarga mu. Kamu juga bisa menemukan forum online untuk penulis, dimana kamu bisa menjadi anggota atau menjadi anonim. Dengan begitu, jika Kamu mulai merasa tidak nyaman, Kamu bisa selalu mundur.
  • Kamu juga bisa mengambil suatu langkah besar. Temukan majalah-majalah sastra untuk mengirimkan tulisan mu. Kamu mungkin menemukan banyak dukungan di komunitas untuk penulis yang sedang berkembang.

3. Belajarlah untuk Menunjukkan Kelemahan mu. 

Orang-orang yang hebat dan luar biasa juga membuat kesalahan, seperti orang-orang awam lainnya. Namun, mereka tidak menyembunyikannya seperti tidak terjadi apa-apa. Sebaliknya, mereka menempatkan diri mereka keluar untuk dapat dilihat semua orang sehingga mereka bisa belajar untuk menjadi lebih baik di lain waktu.
  • Kerentanan semacam ini penting bagi Kamu sebagai pribadi karena bisa membantu Kamu tumbuh. Namun, ini juga membantu orang lain di sekitar Kamu juga, karena menunjukkan bahwa mereka dapat membuat kesalahan dan tetap melanjutkan untuk melakukan hal-hal menakjubkan, sama seperti Kamu.
  • Penting juga untuk tidak hanya menunjukkan kekurangan Kamu tapi juga meminta maaf saat Kamu melakukan kesalahan. Melakukan hal itu membantu Kamu memperbaiki kesalahan yang telah Kamu lakukan, dan menunjukkan bahwa Kamu cukup rendah hati untuk mengakui saat Kamu salah, kualitas yang tidak dimiliki setiap orang.

4. Bekerja Keras. 

Untuk menjadi yang terbaik dalam sesuatu, atau bahkan sangat baik, Kamu harus menyiapkan waktu untuk mempelajari keterampilan itu. 

Dengan beberapa perkiraan, Kamu harus menyisihkan waktumu yang mungkin berpuluh, ratus atau bahkan ribuan jam agar bisa menjadi benar-benar ahli dalam bidang yang kamu sukai.

Seorang Lionel Messi ataupun Christiano Ronaldo, tidaklah menjadi seorang pioner didunia sepakbola secara instan, tapi mereka menghabiskan ribuan jam dalam hidup mereka hanya untuk memperbaiki dan menyempurnakan keahlian yang mereka cintai.
  • Pastikan bahwa kamu mendapatkan bantuan dalam mempelajari keahlian mu. Kamu bisa mengikuti kelas, menyewa seorang tutor, memeriksa buku perpustakaan, atau bahkan menggunakan tutorial online.

5. Bersabarlah. 

Sebagian besar tujuan membutuhkan waktu untuk mencapainya, dan juga untuk menjadi orang yang hebat serta luar biasa. Kamu mungkin harus berada di dalamnya untuk jangka waktu yang panjang. 

Bukan berarti kamu menjadi berputus asa dan menyerah, namun sebaliknya, menjadi cemeti untuk mu dengan semangat untuk menggapai impainmu.
  • Salah satu cara untuk memastikan Kamu maju adalah menetapkan tujuan yang terukur dan dapat dicapai. Sasaran yang terukur adalah yang spesifik. Misalnya, mengatakan ingin belajar main biola tidak terlalu spesifik. Namun, memecahnya menjadi sasaran yang lebih kecil dan terukur dapat membantu Kamu melangkah maju. Contoh: Kamu bisa membuat set pertama untuk menemukan biola untuk disewa atau dibeli, temukan kelas atau tutor, dan pelajari bagaimana memegang instrumen dengan benar. Itu adalah tujuan dengan tujuan yang terukur.
  • Namun pastikan juga untuk menetapkan batasan waktu dalam mencapai tujuanmu. Misalnya, mungkin bisa dikatakan bahwa Kamu memiliki target satu minggu untuk menemukan biola untuk disewa atau dibeli dan seminggu lagi untuk mencari tutor. Itu akan membantu Kamu untuk benar-benar serius dalam melakukannya.
  • Selain itu, dengan memasang target dalam mencapai tujuan, dapat membantu membuat mu, untuk lebih termotivasi dan untuk berbuat lebih banyak lagi.

6. Bangun Sebuah Tim. 

Orang hebat dan luar biasa jarang bekerja sendiri. Sebagai gantinya, mereka memiliki tim dari orang luar biasa dan orang awam lainnya di belakang mereka. Ketika kamu mencoba untuk menjadi orang hebat dan luar biasa, temukanlah orang lain yang dapat mendukung mu (dan tentu saja siapa yang dapat Kamu dukung sebagai timbal baliknya).
  • Salah satu cara untuk membantu membangun jaringan dukungan adalah bergabung dengan organisasi yang berfokus pada apa yang Kamu minati. Dengan cara itu, Kamu akan bertemu orang-orang yang memiliki minat yang sama, dan Kamu dapat saling mendukung satu sama lain.
  • Bila Kamu telah mempekerjakan orang yang sangat baik, lakukan semua yang Kamu bisa untuk menjaga mereka tetap ada. Misalnya, pastikan Kamu memperhatikan dan memuji pekerjaan baik yang mereka lakukan. Cara lain untuk menunjukkan nilai kepada mereka adalah mendengarkan gagasan dan kekhawatiran mereka, dan benar-benar berusaha mengubah beberapa hal sebagai tanggapan.

7. Jangan Takut Untuk Berhenti. 

Terkadang, salah satu keputusan paling berani yang bisa Kamu lakukan adalah berhenti dari sesuatu yang tidak bekerja, entah itu karier, pekerjaan, atau hubungan. Bila Kamu sudah bekerja dan bekerja dan Kamu masih belum melihat hasilnya, mungkin sudah saatnya untuk mencoba sesuatu yang baru
  • Tidak peduli apa, Kamu harus menikmati apa yang Kamu lakukan. Itu tidak berarti setiap saat akan menjadi sukacita.. Setiap tujuan atau pekerjaan membutuhkan beberapa kerja keras dan hasil yang tidak menyenangkan.
  • Namun, jika apa yang Kamu lakukan hari demi hari terasa lebih seperti penyiksaan daripada menyenangkan, Kamu mungkin bisa untuk mempertimbangkan mencoba sesuatu yang lain. Bila Kamu menemukan sesuatu yang benar-benar Kamu cintai, Kamu tidak akan sulit untuk meninggalkan zona nyamanmu.

#2. Hidup Sepenuhnya.


1. Perhatikan apa yang paling penting. 

Seperti kebanyakan orang awam, Kamu mungkin merasakan dorongan untuk menghasilkan lebih banyak uang, mempunyai mobil mewah, rumah mewah, dan terlihat lebih baik. 

Namun, orang-orang hebat dan luar biasa menganggap bahwa hal-hal itu tidaklah penting, karena bagi mereka melakukan hal-hal yang disukai itu lebih membahagiakan dan membuat hidup lebih hidup.
  • Misalnya, menjalin hubungan dengan orang yang Kamu cintai dan percaya itu penting, dan itu tidak harus bersifat seksual. Persahabatan bisa sama pentingnya dengan memiliki pasangan seumur hidup. Kamu hanya perlu bersama orang-orang yang Kamu yakini cukup nyaman secara emosional.
  • Langkah ini juga berarti menilai pengalaman atas sesuatu. Hal-hal yang sekedar hanya mengisi rumah mu, atau pengalaman hidup membuat Kamu merasa lebih hidup dan segar.

2. Jangan Sering Beralasan, Belajarlah dari Pengalaman. 

Bagian dari apa yang membuat hidup menyenangkan adalah pengalaman yang Kamu miliki, dari makan malam yang luar biasa sambil menyaksikan matahari terbit, atau pengalaman untuk mengikuti kelas melukis. 

Saat hidupmu terlalu sibuk, Kamu cenderung mencari alasan untuk tidak memiliki pengalaman baru, seperti yang dilakukan setiap orang awam pada umumnya. 

Pastikan Kamu meluangkan waktu untuk keluar dan mencoba hal-hal baru yang adalah bagian integral untuk dapat merubahmu menjadi orang yang luar biasa dan hebat dari sebelumnya orang awam kebanyakan.
  • Anggap saja begini : Jika Kamu pikir orang hebat dan luar biasa itu adalah orang yang biasa duduk ongkang ongkang kaki dirumah, maka kamu salah. Orang hebat itu orang yang memiliki banyak pengalaman-pengalaman hidup yang luar biasa yang tidak akan mungkin didapat dari hanya ongkang ongkang kaki dirumah.
  • Mulai membuat rencana. Putuskan Kamu akan mencoba setidaknya satu hal baru dalam seminggu, dan menaatinya. Membuat rencana dengan orang lain dapat membantu Kamu menaatinya.
  • Selain itu, jangan takut menjadi spontan. Merasa sedang ingin pergi ke pantai? Yakinkan mentalmu, pergi dari tempat kerja mu dan lakukan perjalanan yang walaupun membutuhkan waktu tiga jam perjalanan. Pastinya, Kamu akan lelah di penghujung hari, tapi Kamu juga akan merasa gembira dan mersa lebih hidup.

3. Temukan Waktu Untuk Gairah Hidupmu. 

Sama seperti pengalaman yang Kamu miliki, hasrat dan gairah pun dapat membantu membuat hidup Kamu lebih hidup dan menjadi orang yang lebih menarik. Mengikuti hasrat mu dapat membantu melibatkan rasa ingin tahu dan menjaga percikan semangat hidup mu agar tetap hidup.
  • Mungkin Kamu sudah meninggalkan gitar mu, yang dulu membuatmu merasa lebih bahagia. Cobalah untuk mengambilnya kembali. Bergabunglah dengan klub musik di daerah mu, atau cari kelas di tempat les musik setempat.
  • Jika Kamu tidak yakin dengan apa yang benar-benar Kamu sukai, mulailah mengeksplorasi minat. Lihat buku-buku dari perpustakaan tentang hobi dan gagasan yang menarik perhatian Kamu. Jika Kamu mendengar tentang sebuah acara yang menarik minat Kamu, pergilah ke sana untuk melihat nya.

4. Berkah Dalam Kegembiraan. 

Terkadang, saat saat sukacita mulai datang, Kamu mungkin menyadari bahwa kamu belum menyerah sebelumnya. Kamu menahan diri sedikit karena Kamu takut bila hal buruk berikutnya akan terjadi. 

Namun, belajar untuk benar-benar menggali kebahagiaan dapat membuat Kamu menjadi orang awam yang lebih menyenangkan secara keseluruhan, dan pada gilirannya, orang yang lebih luar biasa, hanya sedikit orang yang dapat hidup dengan sukacita. 
  • Lain kali jika kamu dalam situasi bahagia, luangkan waktu untuk berada disitu dan menikmatinya. Biarkan emosi kebahagianmu terisi. Ambillah kegembiraan di wajah orang-orang di sekitar mu. Nikmati sensasi makanan yang Kamu makan atau rasa pasir dan air di antara jari-jari kaki Kamu.

5. Belajarlah Untuk Bersyukur. 

Rasa syukur terkadang sulit untuk di berikan, saat hidup mu terombang-ambing. Meskipun demikian, karena bersyukur adalah cara lain untuk belajar bagaimana menjalani kehidupan yang luar biasa yang membantumu menghargai apa yang Kamu miliki dan apa yang paling penting bagi Kamu, maka dengan belajar bersyukur akan memberikan dirimu kualitas yang berharga dan langka. 
  • Salah satu cara untuk bisa belajar bersyukur adalah dengan meluangkan waktu setiap hari untuk memikirkan atau menulis tentang hal-hal yang Kamu syukuri. Kamu bisa menuliskan 3 hal setiap hari dalam sebuah jurnal atau bahkan memposting 3 hal yang Kamu syukuri di media sosial setiap hari agar teman Kamu bisa melihatnya. Kamu juga bisa meluangkan waktu setiap malam untuk memikirkan hal-hal yang Kamu syukuri dalam hidup Kamu.
  • Ungkapkan rasa syukur Kamu Bila Kamu bersyukur untuk seseorang atau apa yang telah mereka lakukan, katakan pada orang itu. Menulis catatan lebih baik lagi, karena membuat Kamu meluangkan waktu untuk benar-benar merasakan rasa syukur itu. Plus, ini memungkinkan orang lain tahu bahwa mereka dihargai.

#3. Berinteraksilah Dengan Orang Lain

1. Belajarlah Untuk Bersikap Baik. 

"Bersikap baik kepada orang lain" terdengar mudah untuk dilakukan, namun bersikap baik terkadang adalah jalan yang paling sulit untuk ditempuh, saat Kamu sedang menghadapi orang yang marah, stres, atau situasi sulit. 

Namun, jika Kamu ingin menjadi orang luar biasa yang merespons situasi sulit atau bahkan mungkin kamu hadapi setiap harinya, dengan cara yang positif, bersikap baik merupakan langkah awal yang baik. 
  • Lakukan hal-hal kecil agar orang lain bisa merasa istimewa. Ingat ulang tahun orang. Kirim kartu kecil melalui pos. Bawa seseorang bunga hanya untuk membuat mereka merasa istimewa.
  • Balas kebaikan mereka dengan baik. Misalnya, jika seseorang mengatakan sesuatu yang berarti bagi Kamu di kedai kopi, bayar kopi mereka tanpa diminta. Permintaan kecil akan kebaikan ini bisa mengejutkan orang, dan mengubah menjadi peluang bagi pertumbuhan dan rasa syukur.
  • Berikan pujian yang tak diminta. Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal kecil, seperti membuka pintu atau berhenti untuk membantu seseorang mengambil sesuatu yang mereka jatuhkan. Tersenyum pada orang asing. Semua hal kecil ini akan menambah rasa syukur mu.

2. Jadikan Hubungan Sebagai Prioritas. 

Bila Kamu orang yang luar biasa, Kamu akan menemukan cara untuk mengangkat orang lain. Itu berarti terlibat dengan orang-orang dalam hidup Kamu dan menemukan cara untuk menunjukkan bahwa Kamu peduli. 
  • Misalnya, satu cara sederhana yang bisa Kamu tunjukkan adalah dengan benar-benar mendengarkan saat orang lain bercerita tentang kehidupan mereka. Itu berarti melakukan kontak mata, mengajukan pertanyaan lanjutan, dan menemukan cara untuk menindaklanjuti apa yang Kamu pelajari. Sebagai contoh, mungkin seorang teman telah memberi tahu Kamu bahwa mereka akan mengalami masa-masa sulit. Kamu bisa menindaklanjuti nanti dengan mengirim email untuk bertanya bagaimana keadaannya atau bahkan dengan mengirim catatan melalui surat.
  • Ini juga berarti menghargai orang dan hal-hal yang mereka tawarkan. Misalnya, cari hal-hal yang baik dari pasangan mu dan beritahu dia bahwa Kamu bersyukur atas siapa dirinya apa adanya dan apa yang telah membawa dia ke dalam hubungan dan hidup Kamu.

3. Pahami Kebutuhan dan Batasan Kamu Sendiri. 

Bagian dari koneksi ke orang lain adalah memahami keterbatasan dirimu. Ini juga mencari tahu kebutuhan emosional dan batasan Kamu sendiri. Orang yang paling luar biasa, biasanya juga orang yang paling sadar diri. 
  • Langkah ini penting karena menyangkut kebutuhan emosional mu dalam membantu Kamu menjadi lebih sehat secara mental. Pada gilirannya, itu membantu Kamu lebih banyak hadir dalam kehidupan orang lain.
  • Untuk memahami kebutuhan dan batasan emosional Kamu, perhatikan saat-saat Kamu marah atau mudah tersinggung. Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan apa yang Kamu dapatkan di tempat itu. Mungkin Kamu hanya membutuhkan lebih banyak waktu untuk sendiri, atau mungkin Kamu merasa kurang dihargai.
  • Ungkap kebutuhan orang-orang yang peduli dengan Kamu. Jika Kamu merasa kurang dihargai, Kamu bisa mengatakan, "Kadang-kadang saya merasa seperti bekerja dan merasa tidak dihargai. Salah satu hal yang saya butuhkan dalam hidup saya adalah orang-orang yang dapat menunjukkan penghargaannya kepada saya. Saya telah mencoba dan menunjukkan penghargaan saya saat Kamu melakukan pekerjaan yang baik, dan kadang kala, saya juga butuh itu. "

4. Luangkan Waktumu

Kembali ke dalam komunitas mu, berhubungan kembali dengan orang lain yang memiliki kebutuhan atau keinginan, membuat bahwa Kamu berhubungan dengan orang-orang yang mungkin tidak Kamu temui dalam kehidupan sehari-hari Kamu, dan membantu Kamu memiliki kehidupan yang lebih kaya dan lebih penuh makna. 
  • Pertimbangkan hal-hal yang Kamu cintai, lalu letakkan gairah itu untuk dimanfaatkan dengan baik di komunitas Kamu. Membaca buku cerita dengan anak-anak di sekolah dasar setempat. Punya gairah untuk memasak? Berikan waktu Kamu di dapur umum. Punya gairah untuk mengatur? Cobalah jadi relawan di bank makanan setempat.
  • Selain itu, menjadi relawan dapat membantu Kamu mengolah rasa syukur.

5. Kelilingi diri Kamu dengan orang baik. 

Kamu mungkin pernah mendengar ungkapan "Kamu adalah apa yang Kamu makan." Entah itu benar apa tidak, tapi kenyataannya adalah memang benar teman Kamu mempengaruhi Kamu. Oleh karena dengan menempatkan diri mu dilingkungan bersama orang-orang yang luar biasa dan orang-orang awam yang baik dapat membantu Kamu membangun kehidupan yang luar biasa.
  • Pikirkan tentang kualitas yang Kamu kira orang yang luar biasa, seperti menjadi orang baik yang autentik dan mampu mengambil risiko.
  • Selanjutnya, pikirkan orang-orang di lingkungan sosial Kamu. Siapa yang paling menunjukkan kualitas itu? Bila Kamu memikirkannya, cobalah menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang itu.
  • Jika Kamu merasa Kamu tidak memiliki orang dalam hidup Kamu yang luar biasa, mulailah mencoba untuk membuat teman baru. Terlibat dalam percakapan dengan orang-orang di klub yang Kamu ikuti atau bahkan orang yang Kamu temui di kedai kopi. Kebanyakan orang luar biasa menikmati menempatkan diri mereka di luar sana dan berhubungan dengan orang baru.

6. Jadilah terbuka dan hormat di kantor. 

Tentu saja, Kamu tidak ingin menumpahkan seluruh kisah hidup mu pada hari pertama Kamu di tempat kerja. Namun, kantor bisa menjadi lingkungan yang sangat dingin, apalagi jika kurangnya interaksi dan rasa hormat. Namun, Kamu dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik hanya dengan menawarkan penghormatan kepada rekan kerja Kamu dan bersikap terbuka terhadap hubungan dengan mereka. 
  • Misalnya, berbicara dengan orang lain di kantor Kamu untuk melihat bagaimana kehidupan mereka berjalan. Jangan hanya menunggu ala kadarnya, beri mereka ruang untuk benar-benar membicarakan hidup mereka. Mulailah dengan membangun hubungan dengan bertanya tentang keluarga mereka dan apa yang mereka suka lakukan di luar pekerjaan.
  • Dukung orang lain di kantor dengan memujinya saat mereka melakukan pekerjaan dengan baik. Sangat mudah untuk meruntuhkan ego orang lain. Yang Jauh lebih sulit adalah untuk memperhatikan dan menghargai pekerjaan yang sedang mereka lakukan. 
  • Jangan membatasi diri. Langkah ini sangat penting untuk diutamakan. Artinya, penting untuk bersikap terbuka tentang apa yang Kamu pikirkan dan rasakan tentang perusahaan itu. Minta pendapat orang lain. Ketika ada yang tidak beres, beritahu mereka bahwa Kamu sama sedihnya dengan mereka, dan bekerja sama dengan mereka untuk melihat apa yang dapat Kamu lakukan.
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar