Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Opini - Menteri Rakyat Awam

Menteri adalah jabatan politik yang memegang suatu jabatan publik signifikan dalam pemerintah. 

Menteri biasanya memimpin suatu kementerian dan dapat merupakan anggota dari suatu kabinet, yang umumnya dipimpin oleh seorang raja/ratu, gubernur jenderal, presiden, atau perdana menteri.

Di Indonesia, menteri adalah pembantu presiden yang memimpin kementerian. Menteri-menteri tergabung dalam kabinet. 

Setiap menteri membidangi urusan tertentu dalam pemerintahan, kecuali menteri koordinator yang bertugas melakukan sinkronisasi dan koordinasi urusan menteri-menteri yang berada di dalam lingkup tugasnya. 

menteri orang awam

Presiden juga dapat mengangkat wakil menteri pada kementerian tertentu apabila terdapat beban kerja yang membutuhkan penanganan secara khusus. 

Opini - Menteri Orang Awam


Pada beberapa kabinet terdahulu, ada menteri dengan nomenklatur "menteri muda" dan "menteri negara".

Syarat Jadi Menteri :

  1. Warga negara Indonesia
  2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan cita-cita proklamasi kemerdekaan
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Memiliki integritas dan kepribadian yang baik
  6. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

Sebagai masyarakat awam, parameter berhasilnya seorang Menteri dalam suatu kabinet Pemerintahan apabila Menteri yang membidangi bidangnya membuat berkeadilan bagi masyarakat secara langsung, misalnya sebagai berikut:

1. Menteri Pertanian (Mentan).

Bagi saya sebagai awam, suksesnya Mentan apabila bisa membuat harga karet mentah jadi tinggi, harga sawit mentah tinggi, harga padi tinggi, harga tebu tinggi, lada dll, namun ketika sudah diproduksi jadi murah, harga ban motor, mobil dll murah, harga beras murah, harga minyak goreng, gula dll murah, katanya negara ini negara agraris tanahnya subur org Jawa bilang negara ini GEMAH RIPAH LOH JINAWI tongkat batu jadi tanaman, batang ubi lempar kebelakang saja besoknya tumbuh meski sungsang heheheh tapi ternyata apa saja mahal di negara ini.


2. Menteri Kelautan dan Perikanan.

Saya yang awam, suksesnya Menteri kelautan dan perikanan apabila harga ikan yg diekspor mahal tapi yang dijual dipasaran negara ini murah, negara ini dikelilingi laut, ikan melimpah tapi harga ikan untuk rakyatnya sendiri mahal sekali, saya tak butuh kapal asing pencuri ikan dibom atau diledakkan yg penting bagi saya, semua masyarakat bisa makan ikan dan harga ikannya tidak mahal, kalau harga ikan masih mahal bagi rakyat apa gunanya kapal asing dibom hehehhe.


3. Menteri Ketenagakerjaan

Selama masih banyak TKI bekerja diluar negeri maka negara ini dipimpin oleh org yg kurang beres, sampai masyarakat kita bekerja keluar negeri meninggalkan suami/istri, anak dan keluarganya banting tulang hanya demi sesuap nasi padahal negara ini negara kaya negara ini tidak bisa membuka lapangan pekerjaan bagi rakyatnya.

Ini pandangan awam bukan pandangan orang yang pintar dan bukan pandangan akademisi...
Bersambung.....


TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Opini - Menteri Rakyat Awam"