Kisi-kisi Soal Seleksi Kompetensi Bidang Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2017

Selain materi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Seleksi Kompetensi Bidang juga merupakan bagian dari materi yang akan di uji kan dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2017.

Kisi-kisi Soal Seleksi Kompetensi Bidang Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2017

Saya telah memberikan beberapa kumpulan contoh soal latihan untuk anda dalam menghadapi ujian penerimaan CPNS nanti, terkhusus dalam materi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). 

Lengkap dengan pembahasan dan tips serta trik dalam menjawabnya. Khususnya dalam Tes Inteligensia Umum (TIU), yang dapat anda lihat di Belajar CPNS : Bimbingan Belajar Dalam Memahami Dan Menghadapi Ujian Seleksi CPNS.

Akan tetapi untuk kisi-kisi contoh soal Seleksi Kompetensi Bidang, saya akui saya tidak memiliki bahan contoh soalnya.

Karena itu, dalam memprediksi soal yang akan keluar dalam ujian nanti, anda harus tau, faktor-faktor penting apa saja yang menyangkut tentang Seleksi Kompetensi Bidang CPNS 2017 ini.

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri PAN RB Nomor 20 tahun 2017, kisi-kisi soal materi Seleksi Kemampuan Bidang ditetapkan oleh instansi pembina jabatan fungsional masing-masing. 

Dan materi seleksi untuk jabatan pelaksana ditetapkan oleh instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana dimaksud.

Selengkapnya faktor-faktor penting yang harus anda perhatikan dalam memprediksi soal yang bakal diujikan nanti dalam Seleksi Penerimaan CPNS tahun 2017 ini, berdasarkan kisi-kisi soal yang dikeluarkan oleh Menteri PAN RB dalam Peraturan Menpan RB no 20 tahun 2017 adalah sebagai berikut :

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). 
1) Materi seleksi kompetensi bidang 
a) Materi Seleksi Kompetensi Bidang ditetapkan oleh instansi pembina jabatan fungsional, sedangkan materi seleksi untuk jabatan pelaksana ditetapkan oleh  instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana dimaksud; 

b) Dalam hal instansi pembina jabatan fungsional atau instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana belum siap menyusun materi Seleksi Kompetensi Bidang, maka penyusunannya dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian yang bersangkutan; 

c) Materi sebagaimana dimaksud angka 1) dan 2) selanjutnya dikoordinasikan dan diintegrasikan ke dalam sistem CAT Badan Kepegawaian Negara. 

2) Peserta dan pelaksanaan seleksi kompetensi bidang 
a) Jumlah peserta yang dapat mengikuti seleksi kompetensi bidang paling banyak 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan pada masing-masing Jabatan berdasarkan peringkat nilai seleksi kompetensi dasar; 

b) Seleksi Kompetensi Bidang dilakukan menggunakan CAT dan dapat ditambah dengan tes lainnya sesuai dengan kebutuhan jabatan. Pelaksanaan CAT menggunakan fasilitas komputer dan penunjang lain yang disiapkan BKN dan/atau menggunakan fasilitas komputer dan penunjang yang dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta dimungkinkan pula menggunakan fasilitas mandiri yang disiapkan oleh instansi di bawah koordinasi BKN; 

c) Dalam hal instansi belum siap untuk melaksanakan seleksi kompetensi bidang menggunakan CAT, instansi dapat melakukan minimal 2 (dua) bentuk tes, antara lain: tes praktik kerja (dengan materi dan penguji  yang berkompeten sesuai dengan kebutuhan jabatan), tes fisik/kesamaptaan, psikologis, kesehatan jiwa, dan wawancara sesuai yang dipersyaratkan oleh Jabatan; 

d) Instansi harus membuat dan menyampaikan panduan kepada PANSELNAS terkait dengan rencana pelaksanaan seleksi kompetensi bidang sebelum pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar dimulai; 

e) Pengolahan hasil Seleksi Kompetensi Bidang dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian, yang hasilnya disampaikan ke PANSELNAS dalam bentuk softcopy dan hardcopy.

Dari Materi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) berdasarkan peraturan menteri PAN RB tersebut, dapat lah disimpulkan bahwa, tidak semua peserta bisa ikut tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang merupakan lanjutan dari tahap sebelumnya yakni Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), karena maksimal jumlah peserta SKB adalah 3 kali dari jumlah kuota yang akan diterima dengan syarat peserta itu lulus passing grade.

Sebagai contoh misal lowongan petugas lembaga pemasyarakatan di Kemenkumham katakanlah akan menerima kuota sebanyak 10 orang, sedangkan peserta 1000 orang dan yang lulus passing grade ada 50 orang, maka yang berhak ikut SKB adalah 3 x 10 orang, hanya 30.

Dan tentu saja yang akan diambil adalah peserta yang lulus passing grade dengan nilai tertinggi.

Jadi dengan demikian, Anda harus benar-benar menguasai soal-soal yang akan diujikan dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) nanti, dengan memperbanyak latihan soal, dan mempelajari tips dan trik dalam menjawabnya, seperti yang telah kami bahas sebelumnya, dalam Bab Pembelajaran dan Pembahasan Tes Seleksi Penerimaan Calon PNS.

Karena untuk lolos dan maju ke tahap berikutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang, anda harus merupakan peserta-peserta pilihan yang masuk kedalam 3 kali kuota formasi PNS yang tersedia.

Namun demikian, kami akan memberikan beberapa materi yang dapat menjadi bahan referensi bagi anda dalam menambah perbendaharaan contoh soal latihan anda dan juga menambah pengetahuan anda mengenai Bidang instansi masing-masing yang anda ikuti seleksi penerimaan CPNS nya.

Dalam hal ini, kami akan memberikannya dalam bentuk file PDF, yang bisa anda download, dan bisa anda pelajari nantinya.

Download Materi Seleksi Kompetensi Bidang Spesialisasi Kebijakan Pemerintah :

1. Kementerian Agama : Download PDF

2. Kementerian Kesehatan : Download PDF

3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan : Download PDF

4. Kementerian Keuangan :

- Download PDF : Bea Cukai
- Download PDF : BPKP
- Download PDF : Ekspor - Impor
- Download PDF : Perpajakan
- Download PDF : Perbankan

5. Kementerian Luar Negeri :

- Download PDF : Dagang Internasional
- Download PDF : Konvensi Internasional

6. Kementerian Perindustrian dan Perdagangan

- Download PDF : Korporasi
- Download PDF : Perlindungan bisnis
- Download PDF : Perlindungan konsumen
- Download PDF : Rahasia Dagang

Demikian dari kami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang instansi tempat anda melamar dan ikut ujian Tes Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil.

Terimakasih.
Loading...