Cara Belajar Cepat dan Benar Agar Lulus Ujian

Belajar adalah cara yang paling tepat dalam menambah pengetahuan dan wawasan. 

Cara belajar yang benar dan cepat agar lulus dalam setiap ujian yang akan kita hadapi, baik itu Ujian Akhir Semester, Ujian Nasional, Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru/ SBMPTN....

Cara Belajar Cepat dan Benar Agar Lulus Ujian
Foto : Hipwee

....ataupun ujian penerimaan pegawai, baik swasta maupun pegawai negeri (CPNS), membutuhkan metode-metode dan teknik yang tepat dalam mematangkan persiapan kita menghadapi ujian.


Karena, dalam menghadapi ujian-ujian tersebut dapat menjadi saat-saat yang penuh dengan ketegangan dan menimbulkan stres bagi banyak peserta ujian. 

Semua orang pasti menginginkan hasil yang sempurna, hasil yang memuaskan, ingin lulus dengan nilai yang memenuhi syarat atau bahkan melebihi batas minimum atau passing grade.

Bagi pelajar ingin lulus dengan nilai yang memenuhi syarat untuk masuk perguruan tinggi dan universitas-universitas negeri terbaik, mendapatkan beasiswa, dan lain sebagainya. 

Bagi para pencari kerja tentu saja ingin lulus dengan nilai sempurna melewati ambang batas dan passing grade yang telah ditentukan, dan mendapatkan pekerjaan yang didamba-dambakannya.

Agar kita dapat lulus dengan nilai sempurna dan terbaik, tentu ada usaha kita dalam belajar untuk menghadapi semua ujian yang akan dihadapi.

Namun, dalam berusaha dan belajar tentu saja kita harus membuat rencana-rencana serta pandai mengatur waktu serta memanfaatkan waktu agar usaha belajar kita tidak menjadi beban.

Belajar tidak hanya anda lakukan saat ujian saja, namun haruslah dipersiapkan sebelum hari ujian itu tiba, mengatur dan merencanakan waktu dengan baik pada hari ujian.

Baik itu anda adalah seorang pelajar sekolah atau pun seorang pencari kerja, atau bahkan mungkin seseorang yang memang gemar belajar, dan haus akan ilmu pengetahuan...

...berikut beberapa cara belajar, tips dan trik belajar mudah, efektif dan tentu saja dengan cepat, sebagai usaha anda dalam menghadapi ujian-ujian nanti.


1. Bangun Rasa Antusiasme dan Suasana Hati

Semangatlah, hadapi dengan antusias dan belajarlah dengan membangun suasana hati yang baik. 

Mulailah dengan menciptakan suasana hati yang sesuai dan antusias. 

Pembelajaran yang apabila dilakukan dengan suasana hati yang kuat dan antusias, akan membuat proses belajar akan berjalan lebih efektif.

Dan pastinya apa yang kita pelajari akan tersimpan lebih lama didalam memori otak kita. 

Untuk membangun rasa antusiasme dan suasana hati yang baik, harus dilakukan dengan beberapa cara, yakni :

Tips untuk menciptakan dan membangun Antusiasme dan membangun suasana hati yang baik serta kuat:

a. Lakukan hal yang Anda suka.

Sebelum anda memulai untuk belajar, lakukanlah hal-hal yang anda sukai terlebih dahulu, seperti menonton TV, bermain, atau bahkan shopping atau berbelanja.

Namun, anda harus melakukan hal-hal yang anda sukai tadi dalam rentang waktu 2-3 jam sebelum mulai belajar.

b. Beristirahat. 

Bisa anda lakukan dengan sekadar bersantai, tidur-tiduran atau bahkan tidur terlebih dahulu selama 1-2 jam. 

Setelah bangun, cucilah muka Anda dengan air dingin agar tecipta sensasi yang menyegarkan, maka niscaya Anda akan mampu belajar dengan lebih cepat dan efektif.

c. Tidur yang cukup

Sebenarnya, terkadang tidak ada yang salah dengan cara atau metode dan teknik belajar yang sering dijalani kebanyakan orang.

Hanya saja, terkadang karena kita kurang tidur dan istirahat, otak kita tidak dapat mempertahankan informasi yang diperoleh saat kita belajar. 

Pastikan raga kita mendapatkan waktu istirahat yang cukup, atau waktu tidur yang lebih banyak.

Karena dengan waktu tidur yang cukup banyak, kita telah mempersiapkan memori otak kita untuk menerima dan menyerap informasi yang lebih banyak.

Artinya, mulai sekarang, berhentilah belajar hingga larut malam, akan lebih baik anda tidur lebih awal dan bangun disubuh hari lalu membasuh muka dan mulailah belajar.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa pada saat kita tidur, otak kita dibersihkan dengan cairan yang membuang racun/ toksin.

Dan jika kita kurang tidur otak kita terlalu banyak dipenuhi dengan sampah dan sehingga sulit berfungsi dengan baik dan benar.

Berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk tidur semua tergantung pada kebutuhan tubuh dan kebiasaan tidur anda. 

Namun, para ahli menyarankan untuk tubuh orang dewasa tidur dalam waktu minimal 6 sampai 8 jam adalah waktu yang sangat baik.

d. Makan dan Minum yang Cukup

Pastikan anda makan yang cukup dalam setiap waktu jam makan anda. 

Saat perut anda kelaparan akan membuat anda sulit untuk fokus karena informasi yang diterima otak anda bukan hanya tentang pelajaran yang anda lakukan namun juga menerima informasi tentang perut anda yang kosong.

Anda bisa menyiapkan beberapa cemilan yang sehat untuk dimakan diwaktu-waktu belajar anda. 

Tips : Sangat dianjurkan sekali untuk mengonsumsi makanan sehat. Cemilan ringan tidak memberikan tubuh Anda nutrisi cukup. Makan kacang-kacangan, seperti almont, kentang, wortel, ubi cilembu, agar anda selalu siap dan fokus, dan tidak mengantuk serta perut kembung.

Selain makan-makanan yang sehat dan menyehatkan, tubuh anda juga membutuhkan kadar mineral yang cukup. 

Agar anda dalam kondisi prima dan terbaik serta terhidrasi dengan baik.

Saat anda kehausan dan kekurangan air mineral, dipastikan anda tidak akan mampu untuk fokus. Anda akan merasa terganggu, oleh rasa haus Anda. 

Bahkan, kekurangan cairan tubuh akan membuat anda sakit kepala, sehingga tentu saja mengganggu konsentrasi belajar anda.
Setiap orang memiliki tubuh yang berbeda dan tentu saja membutuhkan kadar air yang berbeda pula agar tubuh tetap terhidrasi.

Delapan gelas sehari adalah merupakan standar umum kebutuhan cairan pada tubuh manusia. 

Namun demikian, sekali lagi setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda akan air mineral agar tubuh tetep terhidrasi. 

Namun ada trik untuk mengetahui apakah anda membutuhkan atau kekurangan cairan tubuh atau tidak, yakni dengan cara melihat air kencing anda. 

Jika terlihat pucat atau bening, berarti Anda cukup minum dan terhidrasi. Namun jika terlihat lebih gelap berarti Anda harus minum lebih banyak.

e. Olahraga. 

Semua orang pasti tahu, berolahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Berolah raga juga memberikan berbagai macam bentuk kebaikan bagi tubuh kita, bahkan mampu membantu kita dalam belajar lebih cepat dan efektif.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa belajar sambil berolahraga ringan dapat membantu kita belajar lebih cepat. 

Apalagi jika anda adalah orang yang sangat aktif secara fisik apabila dipaksa diam untuk waktu yang lama maka akan susah untuk fokus.

Berolahraga ringan sambil belajar bisa sangat efektif dalam membantu anda belajar cepat.

Tips: Cobalah anda belajar sambil berjalan-jalan mengelilingi kamar, atau bisa juga menggunakan treadmill sambil menghafal atau membaca.


2. Tetap Semangat

Bangun dan pertahankanlah sikap mental yang kuat serta pantang menyerah. 

Tetaplah untuk semangat, walaupaun sebelumnya anda pernah merasakan kegagalan.

Ingatlah, kegagalan adalah sesuatu hal yang wajar dalam kehidupan. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, jika Anda gagal, maka tetaplah untuk semangat dan berusaha untuk terus bangkit. 

Seperti kata pepatah : "Kegagalan hanyalah keberhasilan yang tertunda!"

Dalam menumbuhkan dan mempertahankan semangat pantang menyerah dalam belajar dan menghadapi ujian, anda dapat melakukan dengan cara :

a. Ajari dan biasakan otak Anda untuk belajar. 

Cara belajar cepat dan Benar Agar Lulus Ujian jadikan seperti kebiasaan dengan melatih ulang otak Anda.

Lakukanlah kebiasaan-kebiasaan yang baik bukan yang buruk. Latih otak anda untuk fokus dengan melakukan tugas kompleks tanpa istirahat. 

Siapkan tempat dan waktu khusus untuk belajar anda. 

Tips : Mulailah melatih otak anda dengan mempelajari subjek pelajaran yang Anda senangi. Jika anda telah mampu menguasai subjek pelajaran yang anda sukai, maka anda dapat menggunakan kemampuan belajar itu pada subjek yang lain, yang mungkin kurang anda senangi.

b. Buat catatan. 

Menulis catatan pelajaran dan merencanakan tahapan-tahapan belajar merupakan cara baik untuk mempertahankan fokus Anda dalam belajar. 

Membuat catatan dapat memompa serta memaksa Anda memikirkan materi yang Anda pelajari.

Membuat catatan bukan berarti anda membuat dan menulis segala sesuatu yang akan anda pelajari, namun cukup dengan membuat kerangka pembelajaran dan kerangka materi yang anda pelajari. 


3. Belajar dengan Seimbang

Ingat, semua orang mempunyai batasannya masing-masing. Jangan berlebihan dalam belajar. 

Segala sesuatu yang berlebihan pasti hasilnya tidak akan baik. 

Belajarlah dengan seimbang dan secukupnya dengan mengatur jadwal anda dengan aktifitas lain anda.

Jika anda belajar tanpa henti, cobalah untuk beristirahat. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Anda tidak lupa melakukan aktifitas penting anda yang lainnya, serta juga untuk mengistirahatkan otak.

Agar belajar anda seimbang, berikut beberapa tips dalam mengatur dan memanajemen waktu belajar anda.

a. Belajarlah Sebelum Ujian

Mulailah belajar jauh-jauh hari sebelum waktu ujian tiba. 

Dengan begitu anda mempunyai banyak waktu dan banyak kesempatan dalam mengatur dan memanajemen waktu belajar anda.

Anda bisa melakukan dengan mengatur cara-cara yang telah saya sebutkan diatas.

Bisa memulainya dengan subjek atau materi pelajaran yang anda sukai terlebih dahulu, setelah terbiasa anda bisa melanjutkannya dengan pelajaran yang mungkin kurang anda sukai.

Anda juga mempunyai waktu yang cukup dalam membangun antusiasme dan suasana hati serta membangun semangat belajar.

Jadi anda tidak memiliki kata terlambat untuk mulai melakukan persiapan ujian secara rutin agar Anda bisa mendapatkan nilai yang terbaik. 

Anda dapat memiliki banyak waktu dalam mencari materi untuk subjek pembelajaran anda yang akan diujikan.

Jika anda seorang pelajar, cobalah untuk mencatat kembali apa yang pernah anda dapatkan dikelas agar anda mempunyai bahan dan sebagai tahap pembelajaran juga.


Anda juga mempunyai waktu untuk mendapatkan bahan pembelajaran diluar atau yang tidak anda dapatkan dikelas.

Jika anda seorang pencari kerja atau lagi menghadapi ujian penerimaan pegawai, baik itu swasta, BUMN ataupun CPNS, anda bisa terlebih dahulu mencari bahan-bahan atau kisi-kisi soal sebagai bahan untuk latihan anda dalam menghadapi ujian nanti.

Bagi anda yang sedang mempersiapkan diri menghadapi ujian penerimaan CPNS pada tahun ini, anda bisa melihat kisi-kisi soal serta pembahasannya secara lengkap di Belajar CPNS : Bimbingan Belajar dalam Memahami dan Menghadapi Ujian Seleksi CPNS

Dengan begitu Anda tidak perlu berusaha keras untuk menghafal atau mempelajari semua materi hanya dalam beberapa jam sebelum ujian, jika hanya anda sudah mempelajarinya sejak awal.

b. Pelajari sebanyak yang Anda mampu. 

Jika anda telah memulainya sejak awal, maka anda bisa belajar sesuai dengan kemampuan anda, sebanyak yang anda bisa atau mampu pelajari.

Anda dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik jika anda sudah tahu terlebih dahulu apa yang harus Anda lakukan pada saat menjalani ujian.

Jika anda seorang pelajar, cobalah untuk tanyakan pada guru Anda apakah ada contoh soal ujian atau mintalah kisi-kisi soal yang akan ditanyakan dalam ujian. 

Jika anda sedang menghadapi ujian penerimaan pegawai, CPNS misalnya cobalah untuk mencari-cari di internet atau di instansi tempat anda melamar kisi-kisi soal yang akan diujikan nanti.

Dalam hal ini, pemerintah melalui Peraturan Menteri PAN RB Nomor 20 tahun 2017 telah memberikan kisi-kisi soalnya, yang bisa anda lihat di Peraturan Menteri PAN RB No 20 Tahun 2017.

Jika Anda bisa mendapatkan kisi-kisi soal yang pernah diuji sebagai bahan latihan, cobalah untuk mengerjakan kisi-kisi soal ini agar Anda tahu berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan ujian ini.

c. Fokus pada Pemahaman Materi.

Berfokuslah pada hal-hal pemahaman materi yang akan diuji. 

Hindari untuk fokus menghafal hal-hal mendetail yang kecil-kecil, seperti tanggal-tanggal, dan rumus-rumus.

Namun, pelajari dan pahami konsep serta ide dasar yang lebih luas agar Anda mengerti dengan lebih baik semua materi yang harus Anda pelajari. 

Suatu soal ujian, apalagi ujian tes penerimaan Pegawai atau CPNS biasanya dirancang untuk menguji pengetahuan seperti ini, bukan hal-hal detail yang tidak penting.

Berfokuslah pada kosa kata yang ditebalkan dan judul subjek yang sedang dibahas. 

Anda tidak perlu membuang-buang waktu belajar hanya untuk menelan bulat-bulat semua bab dan kata-kata dalam sebuah buku atau materi. 

Pelajari konsep dasarnya saja secara baik-baik lalu baca materi yang lain sekilas.

d. Datang Lebih Awal.

Datanglah lebih awal disaat waktu hari ujian tiba, dan ingat jangan anda isi waktu anda untuk menunggu waktu ujian dengan terus menghafal. 

Berhentilah belajar pada hari H ujian. 

Jika anda berusaha untuk mengingat beberapa materi tambahan tepat sebelum waktu ujian, dan anda tidak mengetahuinya saat itu, maka anda hanya akan membuat diri anda semakin stres dan semakin tidak nyaman.

Persiapkan diri anda dengan baik sebelum hari H ujian tiba, agar Anda bisa leb ih rileks dan fokus. 

Jangan lupa untuk sarapan pagi yang cukup dan sehat, cukup tidur di malam hari, dan rilekskan diri Anda sebagai persiapan diri untuk menghadapi waktu ujian yang panjang.


4. Miliki Tujuan Hidup/ Impian

Tentukan dan cari tujuan hidup Anda.

Tujuan hidup atau impian merupakan pendorong yang kuat agar Anda bisa fokus belajar. 

Pikirkan dan renungkan tujuan hidup dan cita-cita anda. Impian hidup erat kaitannya dengan proses belajar cepat dan benar agar lulus Ujian.

Misalnya : Jika anda seorang sarjana yang baru lulus dan sedang mengikuti ujian seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil, dan mempunyai impian membahagiakan orang tua atau mungkin calon mertua yang tentu saja akan bahagia jika anda bisa diterima sebagai CPNS.


5. Pasrah dan Tawakal.

Sebelum dan sesudah ujian, anda harus selalu ingat bahwa, kelulusan anda, kesuksesan anda dalam mendapat nilai terbaik dan sempurna semua tergantung juga pada Tuhan Yang Maha Esa.

Karena itu, anda harus bersikaplah pasrah dan berserah diri serta bertawakal kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Mulailah selalu dan akhiri selalu setiap proses Cara Belajar Cepat dan Benar anda dengan berdoa kepada Tuhan, sesuai dengan keyakinan anda masing-masing.

Begitu juga saat anda menghadapi hari H ujiannya nanti, mulai dan akhiri dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan kepercayaan anda masing-masing.

Setelah semua proses ujian selesai, yang dapat anda lakukan adalah pasrah dan tawakal.

Pastinya, Anda telah berusaha dan belajar dengan semaksimal mungkin, dan untuk selanjutnya, pasrahkan dan serahkan kepada Tuhan.

Dengan berpasrah serta bertawakal kepada Tuhan YME, akan membuat anda kuat selalu optimis, serta tidak akan membuat anda berputus asa dengan mudah.

Demikianlah, beberapa Cara Belajar Cepat dan Benar Agar Lulus Ujian yang dapat kami bagikan kepada anda, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment