Apa itu Conjuction? Aturan Grammar dan Contoh Kalimat - Bab 7

Conjuction itu Apa?

Dalam bahasa inggris, Conjuction adalah bagian dari kata yang digunakan untuk menghubungkan kata, frase, klausa, atau kalimat. Conjuction dianggap sebagai partikel tata bahasa yang tidak berubah-ubah, dan mungkin tidak berada di antara item yang diajukan. 

Yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia disebut juga dengan kata Penghubung, seperti: And, As, Because, But, For, Just as, Or, Neither, Nor, Not only, So, Whether, Yet, dan sebagainya.
Belajar Bahasa Inggris secara otodidak untuk pemula

Jenis-jenis Conjuction:

Ada beberapa jenis Conjuction yang melakukan berbagai hal dalam struktur kalimat. Ini termasuk:

  • Conjuction subordinasi (Subordinating conjunctions) - Juga dikenal sebagai subordinator, Conjuction ini bergabung dengan klausa dependen ke klausa independen. Contoh : after, although, as, as if, as long as, as much as, as soon as, as though, because, before, by the time, even if, even though, if, in order that, in case, in the event that, lest , now that, once, only, only if, provided that, since, so, supposing, that, than, though, till, unless, until, when, whenever, where, whereas, wherever, whether or not, while
  • Conjuction bersama (Coordinating conjunction) - Juga dikenal sebagai koordinator, Conjuction ini mengkoordinasikan atau menggabungkan dua atau lebih kalimat, klausa utama, kata-kata, atau bagian kalimat lainnya yang memiliki kepentingan sintaksis yang sama. Contoh: for, and, nor, but, or, yet, so
  • Conjuction korelatif (Correlative conjunction) - Conjuction ini berkorelasi, bekerja berpasangan untuk menggabungkan frase atau kata-kata yang membawa kepentingan yang sama dalam sebuah kalimat. Contoh: both/and, either/or, neither/nor, not only/but, whether/or
  • Kata keterangan Conjuction (Conjunctive adverbs) - Sementara beberapa instruktur tidak mengajarkan kata keterangan Conjuction bersamaan dengan Conjuction, bagian pembicaraan penting ini layak disebutkan di sini. Kata keterangan ini selalu menghubungkan satu klausa dengan klausa lainnya dan digunakan untuk menunjukkan urutan, kontras, sebab dan akibat, dan hubungan lainnya.

Ketika orang pertama kali belajar menulis, biasanya mereka mulai dengan kalimat pendek dan sederhana seperti ini: "My name is Beth. I am a girl. I like cats." Salah satu
Conjuction yang paling penting adalah menghubungkan kalimat-kalimat pendek, sehingga terdengar lebih seperti ini:" I am a girl named Beth, and I like cats."
Aturan Grammar Conjuction

Ada beberapa aturan penting untuk menggunakan
Conjuction. Ingatlah bahwa menggunakan kata penghubung (conjuction) akan membuat tulisan atau kalimat bahasa inggris kita akan menjadi lebih sempurna:Conjuction adalah untuk menghubungkan pikiran, tindakan, dan gagasan serta kata benda, klausa, dan bagian pembicaraan lainnya.

Sebagai contoh: "Sari went to the supermarket and bought manggos."

 
Conjuction berguna untuk membuat daftar.

Misalnya: "We made sandwich, burger, and tea for lunch."


Saat menggunakan
Conjuction, pastikan semua bagian kalimat Anda setuju.

Misalnya: "I work busily yet am careful” tidak sependapat. “I work busily yet carefully” menunjukkan setuju/ sependapat.
 
Daftar, Fungsi dan Contoh Kalimat Conjuction:

Hanya ada beberapa Conjuction umum, namun kata-kata ini banyak melakukan fungsinya: Mereka menyajikan penjelasan, gagasan, pengecualian, konsekuensi, dan perbedaan. Berikut adalah daftar konjungsi yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris Amerika:

Apa itu Conjuction? Aturan Grammar dan Contoh Kalimat


Contoh lain dari Conjunctions:
Dalam contoh berikut,
Conjunctions nya yang di cetak tebal dan miring, agar dapat dikenali dengan mudah:
  • I tried to hit the nail but hit my thumb instead.
  • I have two goldfish and a cat.
  • I’d like a bike for commuting to work.
  • You can have peach ice cream or a brownie sundae.
  • Neither the black dress nor the gray one looks right on me.
  • My dad always worked hard so we could afford the things we wanted.
  • I try very hard in school yet I am not receiving good grades.
PENGGUNAAN AND+TOO, SO, EITHER, NEITHER

I go to a book store. She goes to a bookstore.
and...too I go to a bookstore and she goes too.
and so ... I go to a bookstore and so do es she.

I do not go to a bookstore. She does not to a bookstore 
and ... either I do not go to a bookstore and she does not either. 

Loading...

No comments:

Post a Comment