5 Cara Mengisi Baterai Ponsel Ketika Listrik PLN Padam

5 Cara Mengisi Baterai Ponsel Ketika Listrik PLN Padam

Cuaca sedang panas-panasnya, mau ngadem pake kipas angin atau AC, listrik padam, mau jalan keluar ban motor/ mobil bocor.

Cara Mengisi Baterai Ponsel Ketika Listrik PLN Padam


Mau nonton streaming YouTube, maen games, HP lowbet.., lengkap sudah penderitaan Anda.

Tapi dari semua kejadian yang tidak menyenangkan diatas ketika PLN padam, bukanlah karena tidak bisa nyalain AC/ kipas angin karena cuaca panas, atau tidak bisa jalan keluar karena kendaraan bermotor rusak tapi yang paling menakutkan adalah karena baterai HP lowbet.

Iya, dijaman now, orang hampir tidak bisa menjalankan aktifitas apa-apa tanpa gadget.

Walaupun sedang sendirian dirumah, jika baterai handphone penuh, paket data banyak, maka kita tidak akan pernah merasa kesepian.
Cara Mengisi Baterai Ponsel Ketika Listrik PLN Padam

Bayangkan, betapa besar ketergantungan kita pada barang yang bentuknya kotak tipis dan kecil dapat membuat kita ketergantungan.

Berangkat kerja dan Anda sudah setengah jalan antara rumah dan kantor, Anda sadar dompet Anda ketinggalan, tapi ponsel Anda TIDAK.

90% dari Anda semua, pasti tidak akan balik pulang kerumah hanya sekedar untuk mengambil dompet yang ketinggalan.

Karena pikiran Anda, jika tidak ada uang, bisa pinjam teman kantor dulu, atau bisa juga menggunakan m-banking yang ada di ponsel Anda.

Namun sebaliknya, jika yang tertinggal itu adalah ponsel Anda, maka 99,99% Anda pasti akan balik pulang kerumah untuk mengambil ponsel Anda.


Iya, begitulah ilustrasi bagaimana gadget, smartphone telah membuat kita ketergantungan.

Bagaimana jika kejadiannya seperti yang pertama saya ungkapkan diatas?

PLN padam, kendaraan rusak, cuaca panas, HP lowbet.

Saya yakin, meranalah Anda...

Namun, dalam kategori Do it Yourself (DIY) kali ini, saya akan memberikan 5 cara mengisi baterai ponsel Anda tanpa daya listrik PLN.

Berikut 5 cara mengisi daya ponsel ketika PLN/ Listrik padam, yakni dengan:

1. Menggunakan Powerbank


Paling praktis adalah dengan membeli pengisi daya portabel (powerbank) dan pastinya telah terisi penuh ketika PLN padam.

Powerbank Mengisi Baterai Ponsel Ketika Listrik PLN Padam

Powerbank ini sebenarnya sering digunakan jika Anda bepergian dan tidak ingin rebutan dengan orang lain di tempat pengisian umum di bandara dan sejenisnya. 

Untuk kemampuan pengisiannya juga, tergantung dari berapa harga yang Anda keluarkan atas powerbank tersebut.

Jika Anda rela merogoh kocek lebih, maka Anda mendapatkan powerbank yang dapat mengisi baterai telepon hingga tujuh kali dengan sekali pengisian, namun, tergantung juga pada baterai ponsel yang akan diisi.

2. Menggunakan Laptop


Jika anda tidak memiliki powerbank, namun memiliki perangkat lain yang memiliki daya/ baterai ada cara lain untuk mengisi daya ponsel Anda ketika PLN padam.

Laptop Mengisi Baterai Ponsel Ketika Listrik PLN Padam

Yakni cukup dengan menggunakan perangkat yang ada yang Anda miliki Laptop.

Ketika PLN/ listril padam, laptop Anda yang telah terisi penuh tidak akan banyak membantu Anda dalam berkomunikasi dengan dunia luar. 
Dalam keadaan ini, sebenarnya laptop Anda pada dasarnya menjadi baterai yang mahal untuk ponsel Anda.

3. Mobil atau Motor Anda


Mobil atau motor Anda yang memiliki colokan untuk pengisian baterai ponsel, yang jika di mobil biasanya sebagai tempat pematik api, bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Bahkan, untuk jenis mobil dan motor terbaru, banyak yang memiliki port/ colokan USB, sehingga untuk mengisi daya ponsel Anda, cukup dengan menyalakan motor atau mobil Anda, colok kabel charger USB/ Charger mobil Anda, selesai.

Mobil Mengisi Baterai Ponsel Ketika Listrik PLN Padam

Seperti yang saya katakan, mobil atau motor Anda bocor ban, memang Anda tidak bisa kemana-kemana karenanya, untuk itu, bisa Anda gunakan untuk mengisi daya ponsel Anda.

Namun, pastikan Anda melakukan pengisian daya ponsel dengan kendaraan Anda dengan aman. 

Jika mobil atau motor Anda berada di garasi, keluarkan mobil dari garasi untuk menghindari mengumpulnya karbon monoksida di garasi dan di dekat rumah Anda. 

Jangan hanya dengan membuka pintu garasi saja, karena masih kurang cukup aman.

4. 8 Buah Baterai D-sel Lithium/ 1.5 v/R20, Klip kertas, Solatip dan Charger mobil


Seperti kami lansir dari Reddit oleh BowTieBoy, cara ini telah dibuat dan dipraktekkan oleh user Reddit tersebut.

Baterai D-Sel Lithium Mengisi Baterai Ponsel Ketika Listrik PLN Padam

Ini mungkin bukan cara terindah untuk mengisi daya ponsel Anda, tetapi ini akan berfungsi selama Anda terus mengawasinya. (Foto: BowTieBoy / Reddit)
Dengan menggunakan delapan baterai 8 Buah Baterai D-sel Lithium/ 1.5 v/R20, Klip kertas, Solatip dan Charger mobil untuk menghasilkan daya yang cukup untuk mengisi baterai ponsel/ HP yang lowbet. 

Klip kertas digunakan untuk menghubungkan terminal positif dan negatif dari baterai, dan ini dilakukan pada kedua sisinya. 

Pengisi daya terhubung ke terminal di ujung untuk mendapatkan daya. 

Pada dasarnya, cara kerjanya adalah dengan membuat sebuah kumpulan baterai yang dijadikan sebagai daya untuk mengisi baterai ponsel yang lowbet.

5. Botol dan Kincir Air Plastik, Kabel, dan Barang Lainnya serta Air yang Mengalir


Yang sati ini, membutuhkan banyak alat, dan juga pastinya pekerjaan untuk dilakukan, daripada solusi ke 4 kami diatas, yakni solusi baterai diatas. 

Namun, jika berhasil Anda buat, tentu akan terlihat lebih keren. 

Apalagi, ketika difilmkan di hutan, dimana "Air Terjun" alami mengalir. 

Dan jika Anda memiliki air yang mengalir, Anda harus dapat menghasilkan aliran air yang untuk dapat membuat generator hidro-listrik.


Itulah tadi, 5 cara mengisi baterai ponsel yang lobet ketika PLN/ Listrik padam. 


Sebagai tambahan, jika Anda memiliki sumber daya listrik yang lain seperti genset rumah, maka Anda tinggal menghidupkan genset Anda dan masalah selesai.

Hampir semua rumah, khususnya kota-kota kecil di Indonesia memiliki genset, apalagi didaerah asal saya.

Karena, disini di Babel ini, PLN/ listrik padam sudah menjadi langganan kami. Apalagi disaat perayaan hari-hari besar umat Islam, seperti ramadhan dan hari raya idul fitri dan idul adha. 

Selamat mencoba!
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar