Apa yang Harus Dilakukan Ketika Ponsel Terlalu Panas?
Apa yang Harus Dilakukan Ketika Ponsel Terlalu Panas?

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Ponsel Terlalu Panas?

Sering dilihat:

Perangkat elektronik yang ada didalam Smartphone pada dasarnya hampir mirip dengan yang ada didalam Komputer.
yang harus dilakukan saat ponsel terlalu panas

Namun, cara mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat elektronik Komputer, tidak sama seperti mengatasi perangkat elektornik yang ada di Smartphone.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Ponsel Terlalu Panas


Jika di perangkat Komputer, banyak pengguna komputer terutama bagi mereka yang hobi dan sering mengotak-atik perangkat elektronik yang ada didalam komputer, yang biasanya sering disebut dengan "Overclocking",

Namun sangat jarang kita dengar ada pengguna yang mengoprek/ mengotak-atik perangkat elektronik yang ada didalam Smartphone.

Karena itu, jika diperangkat komputer, pengguna yang mengoverclocking perangkat komputernya biasanya sudah memiliki cara untuk mengatasi panas yang dihasilkan oleh perangkat komputer tersebut.

Sebaliknya, pada perangkat ponsel pintar, semua telah tertanam dari pabriknya, sangat jarang bahkan hampir tidak ada pengguna yang biasa mengoverclocking ponsel pintar, sehingga tidak ada metode lain yang dapat diterapkan untuk mengatasi panas yang dihasilkan ponsel.

Produsen ponsel pintar menggunakan metode pendinginan pasif agar Smartphone dapat bekerja dalam suhu normal yang dapat diterimanya.

Dan faktanya bahwa tidak banyak pengguna ponsel yang melakukan tugas di ponsel pintar mereka dengan super intensif.

Selain itu, sebagian besar ponsel juga telah dilengkapi dengan langkah-langkah pengamanan untuk mengatasi permasalah yang terjadi pada ponsel pintar.

Jika ponsel mulai terasa panas, telepon pintar Anda mungkin akan mematikan beberapa fitur, seperti lampu kilat kamera, dan membatasi kekuatan pemrosesan sampai semuanya berjalan kembali dengan normal.

Walaupun demikian, masih akan ada kemungkinan bagi ponsel cerdas Anda untuk menjadi panas atau bahkan mungkin menjadi terlalu panas.

Karena itu, inilah yang harus Anda lakukan dalam beberapa keadaan paling umum di mana ponsel Anda mulai terasa sangat panas.

1. Jika Baterai Ponsel Kembung ...


Jika baterai ponsel tampak mengembung atau membengkak, akan terdapat rongga yang muncul di sekitar tepi perangkat.

yang harus dilakukan saat ponsel terlalu panas

Dan yang umum terlihat adalah ponsel pintar Anda menjadi sangat panas. Jika sudah demikian, maka kemungkinan ada kesalahan dengan baterai lithium-ion ponsel Anda.

Hal ini juga memiliki kemungkinan untuk terbakar atau bahkan meledak.

Ketika Anda menyadari bahwa ada yang aneh pada penampilan ponsel Anda, misalnya terlihat mengembung atau membengkak, maka:

  • Matikan telepon.
  • Jangan gunakan atau isi ulang.
  • Hubungi pabrikan ponsel tentang penggantian, jika masih ada garansi.
  • Buang baterai ditempat yang aman dan tidak terjangkau anak-anak

Baterai kembung/ bengkak saat ini memang sebuah kejadian yang cukup langka, akan tetapi itu memang terjadi.

Memang banyak kemungkinan yang menyebabkan ponsel menjadi panas, tidak hanya pada masalah baterai saja.

Akan tetapi jika ponsel Anda kembung atau ada pembengkakan dan ponsel mulai terasa seperti panci panas, maka jangan ambil risiko.

2. Jika Ponsel Sedang di Isi / Cas ...


Saat Anda mengisi baterai ponsel Anda, maka ia seharusnya memang menghasilkan panas, namun masih dalam jumlah yang kecil.

yang harus dilakukan saat ponsel terlalu panas

Hal itu karena ini hanya berupa efek samping dari reaksi kimia saat baterai ponsel diisi/ dicas.

Namun, jika ponsel Anda terasa jauh lebih panas dari biasanya ketika sedang diisi/ dicas, maka besar kemungkinan ponsel Anda ada masalah dengan pengisi daya.

Inilah yang harus Anda lakukan:

  • Cabut ponsel Anda dan biarkan ia menjadi dingin.
  • Coba isi daya lagi dengan pengisi baterai (charger) pihak ketiga yang resmi atau yang berkualitas tinggi
  • Coba isi daya baterai ponsel Anda dengan cara berbeda dari yang biasa Anda lakukan.

Jika ponsel Anda masih juga terasa terlalu panas, segera hubungi pabrikan ponsel Anda.

3. Jika Ponsel Berada dibawah Sinar Matahari ...


Cara termudah untuk membuat ponsel Anda menjadi terlalu panas adalah dengan membiarkannya berada di bawah sinar matahari atau di dalam mobil pada hari yang panas.

Kebanyakan ponsel pintar adalah potongan plastik atau logam hitam yang sangat cepat menyerap panas.

Ini telah saya buktikan dengan membuat Samsung Galaxy A5 2017 saya menjadi terlalu panas pada hari yang cerah di Kepulauan Bangka hanya dengan meletakkannya di atas dashboard mobil, ketika saya melakukan perjalanan menuju kantor.

Inilah yang harus Anda lakukan:

  • Matikan ponsel Anda dan letakkan di tempat yang lebih dingin.
  • Jangan biarkan ponsel Anda terkena sinar matahari ketika Anda berada di luar.
  • Sesungguhnya, Anda hanya perlu memberikan waktu untuk mendinginkan ponsel Anda. 

Ponsel Anda harus dimatikan dan Anda harus berhenti menggunakannya, sebelum sinar matahari melakukan kerusakan yang lebih parah.

Lain ceritanya, jika Anda berada disebuah tempat dimana Anda tidak dapat menyembunyikan atau menyimpan ponsel Anda ditempat yang aman dari sinar matahari, di gurun sahara misalnya.

4. Jika Ponsel Anda Sedang Di bawah Beban Berat ...


Jika Anda bermain game 3D, mengedit video, atau melakukan tugas intensif lainnya, maka jika ponsel Anda terasa panas, maka itu adalah benar-benar hal yang normal yang terjadi pada ponsel Anda.

Hal terburuk yang akan terjadi adalah masa pakai baterai Anda akan cepat habis dan jika tugasnya terlalu intensif, ponsel Anda mungkin akan mulai melambat untuk menghentikan dirinya dari overheating.

Setiap ponsel generasi terbaru selalu lebih kuat daripada generasi sebelumnya.

Artinya, game dan aplikasi baru akan membutuhkan lebih banyak kekuatan untuk digunakan.

Meskipun game dan aplikasi baru tersebut mungkin masih akan secara resmi "berjalan" pada perangkat keras yang lebih lama, akan tetapi perangkat yang lebih lama mungkin tidak memiliki kekuatan untuk menjalankannya untuk waktu yang lama tanpa menghadapi masalah.

Jika Anda terus-menerus mengalami masalah karena ponsel Anda tidak dapat menjalankan aplikasi yang Anda inginkan, Anda mungkin perlu untuk mengupgradenya, atau dengan kata lain, menggantikan dengan ponsel yang lebih baru.

5. Jika Ponsel Anda Baru di Upgrade ...


Ketika Anda mengupgrade perangkat lunak di ponsel Anda, terutama upgrade mayor ke versi utama, ponsel sering kali harus melakukan banyak pemrosesan yang berjalan dilatar belakang.

yang harus dilakukan saat ponsel terlalu panas

Misalnya, di iOS 10, Apple menambahkan pemberian tag foto otomatis ke aplikasi Foto. iOS sekarang lebih ditingkatkan lagi, yakni mengenali wajah dan benda.

Setiap foto baru yang Anda ambil secara otomatis diberi tag, akan tetapi bagaimana dengan ribuan foto yang ada di memori ponsel Anda?

Nah, selama beberapa hari kedepan, setelah Anda mengupgrade OS ponsel Anda, dan saat Anda tidak menggunakannya, maka saat itulah ponsel Anda akan melihat semua foto disana dan menandai mereka.

Memang akan terlihat lebih rapi dan terorganisir, akan tetapi, masalahnya adalah pemberian dan penandaan pada banyak foto adalah sebuah pekerjaan prosesor ponsel yang intensif.

Maka ini akan menjadi benar-benar normal bahwa ponsel Anda akan berjalan sedikit lebih panas selama beberapa hari kedepan.

Seperti kebanyakan upgrade OS, selama beberapa hari setelahnya, tugas-tugas latar belakang dapat menyebabkan ponsel Anda menjadi lebih panas dan memakan lebih banyak penggunaan baterai.

Dan jika hal-hal ini tidak dapat kembali normal setelah beberapa minggu atau lebih, maka kemungkinan besar ada masalah yang cukup serius disana, akan tetapi untuk sebagian besar, biasanya hanya bersifat sementara.

Meskipun sebagian besar waktu ponsel Anda terasa panas disebabkan oleh CPU yang bekerja terlalu keras, bukan berarti Anda harus mengambil risiko.

Jika Anda memiliki alasan untuk menduga bahwa baterai lah yang menjadi penyebab dan terlalu panas, maka Anda tidak boleh mengambil risiko.

Jika Anda ragu, hubungi pabrik atau pusat perbaikan resmi.
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar