7 Tempat untuk Menghabiskan Akhir Tahun Bersama Anak

7 Tempat untuk Menghabiskan Akhir Tahun Bersama Anak

Anak adalah anugerah terindah yang dititipkan oleh Tuhan pada kita. Bermain dan menikmati hari-hari bersama mereka sungguh tidak ternilai harganya.
liburan akhir tahun dengan anak

Mengajak anak-anak bermain dan menikmati akhir pekan tentu bukan sebuah hal yang baru lagi bagi kebanyakan orang tua.

Liburan Akhir Tahun dengan Anak


Karena pada akhir pekan lah momen-momen yang berharga dapat kita lalui bersama Si Kecil, apalagi jika Anda dan pasangan sama-sama bekerja dan menghabiskan banyak waktu di kantor sepanjang minggu.

Lihat: 10 Cara Membuat Anak Agar Memiliki Disiplin Diri

Dan untuk itu, Anda tentu tidak ingin kehilangan waktu berharga bersama anak-anak Anda, bukan?

Apalagi menyambut tahun baru 2019 ini, tentu tidak sedikit dari orang tua yang ingin mengambil cuti tahunan sekedar untuk berlibur bersama keluarga dan anak-anak mereka.

Menghabiskan waktu di akhir tahun bersama seluruh anggota keluarga dirumah tentu saja sebuah pilihan yang salah.

Namun tentu saja hal ini akan terasa membosankan, apalagi jika Anda sudah terlanjur mengambil cuti tahunan.

Jika setiap kali akhir pekan tiba, Anda selalu mengajak keluarga dan anak-anak Anda berlibur ditempat-tempat wisata yang sudah biasa Anda kunjungi, maka pada akhir tahun ini, ajaklah anak-anak Anda untuk berlibur ditempat wisata yang baru.

Anak-anak Anda tentu akan mudah merasa bosan jika hanya diajak untuk melakukan aktifitas yang sama secara berulang-ulang, apalagi jika hanya melakukannya di rumah saja.

Setahun sekali, tidak ada salahnya untuk mengajak mereka berlibur keluar daerah dan menikmati akhir tahun serta menyambut tahun baru di tempat yang berbeda.

Bukan hanya menyenangkan, hal ini juga akan membuat mereka bersemangat untuk berpetualang di berbagai tempat baru yang mereka kunjungi nanti.

Memberikan Pengalaman Baru untuk Anak

Untuk berlibur dan menikmati akhir tahun serta menyambut tahun baru 2019, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun walaupun demikian, sesekali hal ini harus Anda lakukan, agar anak-anak Anda memiliki pengalaman baru yang menyenangkan ditempat-tempat baru.

Akan tetapi, jika budget yang Anda miliki tidak begitu besar, Anda bisa saja mengambil paket liburan tahun baru yang ada didaerah kalian, yang tidak terlalu mahal, numun merupakan tempat-tempat baru bagi anak-anak Anda.

Anak-anak pada dasarnya sangat menyukai lingkungan baru yang mereka temui dan mereka juga bisa melihat dunia yang berbeda dari yang selama ini mereka ketahui.

Kalaupun Anda belum mempersiapkan budget untuk liburan akhir tahun 2018 dan menyambut tahun 2019 ini, maka rencanakanlah untuk melakukannya pada tahun depan, menyambut tahun baru 2020 nanti.

Dengan jalan mulai menyisihkan pendapatan Anda untuk persiapan liburan tahun baru 2020 nantinya.

Jika Anda memahaminya, kegiatan-kegiatan liburan ditempat-tempat baru ini akan memberikan anak Anda pengalaman baru dan juga akan memberikan banyak pelajaran, terutama jika Anda dan pasangan bisa memiliki lokasi yang tepat untuk melewatkan akhir tahun yang menyenangkan.

Untuk itu, dipostingan kali ini, awambicara akan memberikan 7 tempat pilihan yang dapat Anda kunjungi untuk berlibur akhir tahun 2018 dan menyambut tahun baru 2019, yang menyenangkan bersama anak-anak Anda.

7 Tempat Liburan Akhir Tahun yang Menyenangkan Bersama Anak


1. Berkunjung ke Kebun Binatang


liburan akhir tahun dengan anak

Pada dasarnya, anak-anak itu sangat menyukai binatang dan juga tempat-tempat asri dan teduh yang penuh dengan pepohonan.

Pada liburan akhir tahun Anda bersama keluarga dan anak-anak Anda nanti, tidak ada salahnya jika Anda mengajak mereka untuk mengunjungi kebun binatang.

Dijampin mereka pasti akan menyukai dan menikmati liburan kekebun binatang ini, karena disana mereka bisa melihat berbagai jenis binatang, yang biasanya hanya mereka lihat ditelevisi.

Mengajak anak untuk berlibur akhir tahun ke kebun binatang, tidak hanya sekedar bermain dan bersenang-senang saja, namun juga sekaligus bisa belajar dan melihat banyak hal baru yang selama ini belum pernah mereka lihat sebelumnya.

Agar lebih berkesan, ajaklah anak untuk memberi makan binatang-binatang di sana, tapi yang jinak dan tidak berbahaya.

2. Wisata Sejarah di Museum


liburan akhir tahun dengan anak

Jika Anda ingin memberi pengalaman yang baru bagi anak-anak, maka Anda bisa mengajak mereka untuk menikmati wisata sejarah di museum.

Berkunjung ke kebun binatang mengajarkan anak-anak Anda tentang binatang yang belum pernah mereka temui, dan berkunjung ke museum mengajarkan anak-anak Anda tentang sejarah.

Ada banyak museum yang bisa Anda jadikan pilihan, tergantung kota mana yang akan Anda kunjungi di liburan akhir tahun Anda nantinya.

Jika Anda ingin berkunjung ke beberapa museum sekaligus, maka untuk liburan akhir tahun ini Anda dapat memilih berlibur dikota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Bawa dan ajak anak Anda untuk menikmati berbagai peninggalan sejarah di sana, sehingga pengalaman dan pengetahuan mereka semakin bertambah.

3. Berlibur ke Daerah Pedesaan


tempat untuk menghabiskan akhir tahun bersama anak

Menghabiskan liburan tahun baru bersama keluarga, tidak harus dikota-kota besar saja. Anda bisa berlibur diakhir tahun bersama keluarga dan anak-anak Anda dengan mengunjungi daerah-daerah pedesaan.

Berlibur tahun baru dengan mengunjungi pedesaan selain tidak terlalu mahal juga menyehatkan dan menenangkan tentunya.

Apalagi untuk Anda yang telah terbiasa dengan hiruk pikuk kota dan ingin berlibur serta santai sambil menikmati asrinya alam pedesaan.

Jika anak-anak Anda sudah terbiasa mengunjungi mall, dan pada liburan akhir tahun, Anda mengajak mereka untuk mengunjungi mall juga, maka itu akan sangat membosankan untuk anak-anak Anda.

Bahkan, hahl itu dapat membuat anak-anak Anda menjadi minim pengalaman.

Di akhir tahun nanti, Anda dan pasangan bisa mengajak mereka ke desa-desa wisata. Yang pada saat ini, telah banyak desa-desa yang disulap menjadi desa wisata, dan menjadi trend liburan para milenial.

Di sana, anak-anak Anda bisa bermain lumpur, melihat proses bercocok tanam, melihat sawah, berinteraksi secara langsung dengan alam dan menikmati liburan bersama keluarga yang berbeda dari biasanya.

Hal ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tidak akan terlupakan bagi anak-anak, apalagi jika mereka belum pernah merasakannya sebelum ini.

4. Menonton Karnaval Akhir Tahun 


Ketika akhir tahun datang, banyak tempat-tempat wisata memberikan paket-paket liburan dan wisata untuk keluarga.

Biasanya mereka memberikan beberapa pilihan hiburan yang dapat dinikmati bersama keluarga, biasanya salah satunya adalah karnaval akhir tahun.

Pada masa pertumbuhannya, anak-anak selalu mengingat dan belajar dari apa yang mereka lihat.

tempat untuk menghabiskan akhir tahun bersama anak

Belajar tidak harus selalu di sekolah saja, belajar bisa di kebun binatang, museum, lingkungan pedesaan, dan di akhir tahun Anda bisa mengajak anak-anak Anda untuk belajar hal-hal yang baru dengan mengenalkan mereka lebih dekat lagi kepada kebudayaan Indonesia.

Dan hal itu dapat Anda lakukan dengan mengajak mereka menonton karnaval budaya nusantara.

Karnaval dan festival budaya nusantara ini biasanya diadakan di tempat-tempat wisata seperti TMII, Ancol dan sebagainya.

Serta ada banyak kota yang memiliki tradisi menyambut tahun baru semacam ini, sehingga Anda bisa leluasa untuk memilih salah satunya dan mengatur perjalanan akhir tahun yang menyenangkan untuk keluarga dan anak-anak Anda.

Karnaval budaya nusantara ini akan sangat menarik minat anak-anak Anda, apalagi jika ada atraksi seni di dalamnya.

5. Wisata Candi


tempat untuk menghabiskan akhir tahun bersama anak

Negara kita adalah salah satu negara yang memiliki peradaban sejak jaman dahulu kala. Bahkan dapat disejajarkan dengan Mesir, Romawi, dan yang lainnya.

Hal ini terlihat dan dapat dibuktikan dengan banyaknya candi-candi indah yang dimiliki Indonesia.

Karena itu, jangan sampai anak-anak Anda tidak pernah mengunjungi tempat-tempat sejarah seperti ini, sebab mereka bisa belajar banyak mengenai sejarah peradaban Indonesia dulu di sana.

Di waktu liburan akhir tahun dan menyambut tahun baru ini, tidak ada salahnya jika Anda mengatur perjalanan wisata candi bersama keluarga dan anak-anak Anda.

Agar mereka bisa mengenal kekayaan budaya Indonesia yang sebenarnya.

Untuk wisata candi ini Anda bisa berkunjung ke wilayah Yogyakarta, disana Anda dan keluarga serta anak-anak bisa menikmati akhir tahun yang menyenangkan, dengan mengajak anak-anak Anda untuk mengunjungi beberapa candi sekaligus, seperti:

- Mendut,
- Borobudur,
- Kalasan,
- Prambanan,
- Ratu Boko, dan yang lainnya.

Selain wilayah di Jogja, ada banyak wilayah lainnya di Indonesia yang memiliki candi-candi yang indah dan layak untuk Anda kunjungi bersama keluarga di liburan tahun baru nanti.

6. Berlibur di Pantai


tempat untuk menghabiskan akhir tahun bersama anak

Mainan yang paling disukai oleh anak-anak adalah Air dan pasir.

Tidak jarang orang tua yang memarahi anak-anaknya karena bermain air dan pasir pada waktu dirumah.

Karena itu, saat liburan tahun baru ini, ajaklah anak-anak Anda untuk berlibur ketempat yang selalu menjadi hal menarik bagi mereka, yakni air dan pasir, dan mereka akan dengan sangat senang hati menerima ajakan Anda untuk berlibur akhir tahun ke pantai.

Sebab pantai adalah kombinasi yang pas untuk mainan yang paling disukai oleh anak-anak, yakni air dan pasir tadi.

Sekali-sekali, tidak ada salahnya Anda mengajak anak-anak bermain di pantai dan bermain air dan pasir, serta menikmati akhir tahun yang berbeda dari biasanya.

Di sana, Anda bisa bermain sepuasnya dengan mengajak anak-anak Anda untuk membangun istana pasir. Aktifitas seperti ini akan membuat anak-anak bersemangat dan betah menikmati liburan akhir tahun mereka.

7. Berkunjung ke Rumah Ibadah


tempat untuk menghabiskan akhir tahun bersama anak

Dari semuat tempat wisata untuk liburan akhir tahun dan menyambuta tahun baru keluarga dan anak-anak Anda, yang paling utama adalah untuk mengajak keluarga dan anak-anak Anda berlibur ke rumah-rumah ibadah.

Perkenalkan pada mereka tempat-tempat ibadah yang telah tersohor dinegeri kita. Pergi mengunjungi masjid-masjid peninggalan dari para wali, ataupun ketempat masjid-masjid besar seperti masjid istiqlal.

Dengan mengajak mereka berkunjung ketempat ibadah yang telah menjadi ikon atau tempat lahirnya ulama-ulama besar dinegeri kita, tentu akan memberikan mereka pelajaran dan akan meningkatkan keimanan mereka.

Anda juga bisa mengajak mereka berkunjung ketempat-tempat ibadah agama lainnya, selain untuk memperkenalkan kekayaan budaya, juga mengajarkan mereka tentang keragaman dan toleransi beragama.

Menyambut Tahu Baru yang Menyenangkan, Menarik dan Bermanfaat untuk Anak


Indonesia memiliki banyak sekali keragaman budayanya, tempat-tempat wisata yang tidak kalah hebatnya dengan negara lain.

Ada banyak tempat wisata untuk anak-anak bermain yang bisa Anda pilih pada liburan akhir tahun menyambut tahun baru keluarga Anda.

Lihat: Cara Memilih Sekolah yang Baik Untuk Anak PAUD, TK, SD, SMP dan SMU

Jadwalkan perjalanan akhir tahun Anda dengan baik, dan jangan lupa untuk memilih lokasi yang tepat dan menarik bagi anak-anak. Nikmati akhir tahun bersama dengan keluarga dan anak-anak Anda di tempat yang tepat dan menyenangkan bagi mereka. Selamat berlibur!
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar