Langkah #2 Cara Menjadi Orang Kaya: Perbankan

Langkah #2 Cara Menjadi Orang Kaya: Perbankan

Sering dilihat:

Saat Anda mulai merencanakan keuangan Anda, maka Anda seharusnya tidak perlu membayar biaya bulanan atau tahunan untuk tagihan-tagihan bank yang tidak perlu, seperti kartu kredit misalnya.

Anda juga harus tahu trik untuk menghemat uang dengan menggunakan rekening bank Anda.
langkah kedua cara menjadi kaya memilih perbankan yang tepat

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik bagaimana cara memulai memilih dan merencanakan layanan perbankan Anda.

Memilih Perbankan yang Tepat


Memilih rekening yang pas untuk profesi Anda

Jika Anda saat ini masih kuliah sambil bekerja, maka beralihlah kerekening siswa/ mahasiswa.

Karena rekening ini biasanya meniadakan biaya-biaya atau potongan-potongan administrasi perbankan.

Perlu Anda ingat, pihak perbankan tidak akan menganggap Anda sebagai nasabah kelas dua, hanya karena Anda seorang siswa atau mahasiswa.

Sebab, Anda termasuk kelompok nasabah yang pasti akan rutin menggunakan rekening Anda untuk transaksi sekolah atau kuliah Anda.

Anda dapat mencoba untuk menggunakan kartu kredit untuk transaksi tertentu Anda.

Selain itu, Anda dapat membangun kemampuan membayar kredit Anda melalui riwayat kartu kredit Anda.

Jika Anda termasuk orang yang selalu memenuhi pembayaran cicilan kredit Anda, maka pada saat Anda mencoba untuk memperoleh rumah/ mobil/ pinjaman maka kemungkinan besar permohonan kredit Anda akan dikabulkan.

Dibandingkan dengan orang yang walaupun memiliki banyak uang tetapi tidak memiliki riwayat kredit.

Manfaat dan Fasilitas Kartu Kredit

Kartu kredit ibarat hadiah yang menyenangkan dari surga.

Jika Anda membayar tagihannya tepat waktu, sama halnya dengan pinjaman gratis jangka pendek.

Dengan kartu kredit juga Anda dapat dengan mudah melacak semua pengeluaran Anda, daripada ketika Anda bertransaksi secara tunai.

Anda dapat mengunduh riwayat transaksi Anda secara gratis.

Sebenarnya, jika Anda bijak menggunakan kartu kredit Anda maka banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dari kartu kredit.

Misalnya, kartu kredit biasanya memberikan fasilitas asuransi untuk setiap pembelian barang yang Anda lakukan.

Selain itu, Anda juga bisa membeli barang dengan jalan dicicil/ kredit dengan bunga 0 persen. Akan tetapi, perlu diingat, ketika jatuh tempo pembayaran tiba, jangan sampai Anda telat untuk membayarnya.

Karena bunga keterlambatan yang akan dibebankan terhadap Anda akan menjadi sangat besar, lebih besar dari bunga cicilan jika Anda membeli secara kredit tanpa menggunakan kartu kredit.

Banyak toko-toko online yang memberikan layanan pembelian produk secara online dengan kredit 0%, seperti tokopedia, bukalapak, blibli dan sebagainya.

Akan tetapi ingatlah, jika Anda tidak memahami dan bijak dalam penggunaan kartu kredit, maka ia bisa juga menjadi musuh utama Anda.

Hampir setiap hari kita mendengar ada orang yang memiliki pengalaman buruk tentang biaya keterlambatan atau pengeluaran berlebih, dari kartu kredit.

Jadi, pertimbangkan untuk mulai menggunakan kartu kredit.

Jika kebutuhan Anda sudah mengharuskan Anda untuk memiliki kartu kredit, maka bijaklah dalam penggunaannya.

Selama Anda dapat mengelolanya dengan baik, maka kartu kredit layak untuk Anda miliki.

Namun, ingat, jangan pernah melewatkan pembayaran kartu kredit Anda, karena Anda pada akhirnya akan berhutang bunga yang membengkak.

Rekening Gaji dan Tabungan Berjangka


Pertimbangkan untuk memiliki dua rekening bank.

Perbedaan nyata antara rekening gaji dan tabungan berjangka adalah tentang waktu penarikan dan penyimpanannya (menabung).

Rekening gaji dapat Anda gunakan sebagai rekening tabungan menerima gaji dan sebagai tempat simpanan dan pengeluaran kebutuhan sehari-hari Anda.

Sedangkan rekening tabungan berjangka adalah rekening tabungan dimana nasabah dapat menyetorkan sejumlah dana yang jumlahnya tetap untuk setiap bulannya, selama periode waktu yang telah ditetapkan.

Periode rekening tabungan berjangka ini biasanya relatif singkat, selain itu lama waktu menabung dan jumlah dana rutin yang disetorkan setiap bulannya dapat kita atur sesuai kehendak dan kemampuan kita atau sesuai dengan yang ditawarkan oleh pihak bank.

Tabungan baru bisa diambil apabila jatuh tempo waktu menabung tiba.

Keuntungan lain yang didapatkan dari rekening tabungan berjangka ini adalah bunga yang ditawarkan oleh pihak perbankan biasanya lebih tinggi dari tabungan biasa.

Dengan memiliki dua rekening ini, yakni rekening gaji untuk keperluan penerimaan gaji dan pengeluaran sehari-hari, dan rekening tabungan berjangka maka Anda dapat dengan mudah mengatur pengeluaran dan simpanan Anda.

Ketika Anda memiliki rekening tabungan berjangka Anda akan ‘dipaksa’ untuk menyisihkan sejumlah dana untuk ditabung.

Sehingga jika Anda orang yang termasuk susah menahan diri untuk menjadi orang yang konsumtif, maka jenis rekening tabungan berjangka ini sangat cocok untuk Anda.

Anda dapat membuat perjanjian dengan pihak bank untuk menarik sejumlah uang secara otomatis dari rekening gaji Anda secara rutin, kedalam rekening tabungan berjangka Anda.

Selain itu, rekening tabungan berjangka ini bisa juga menjadi salah satu pilihan untuk berinvestasi.

Banyak perbankan yang menawarkan setoran mulai dari seratus ribu per bulan, dalam jangka waktu mulai dari setahun dan seterusnya.

Anda juga akan mendapatkan keuntungan lain berupa kompensasi yang lebih dalam bentuk asuransi jiwa.

Jadi jika Anda meninggal dunia atau mengalami musibah atau kecelakaan yang mengakibatkan Anda cacat selama periode menabung, ahli waris Anda dapat memperoleh sejumlah dana sesuai kesepakatan.

Perbankan di Indonesia secara khusus sering kali memberikan bonus atau hadiah-hadiah langsung yang bentuk dan hadiah yang bervariasi, bisa mobil, rumah, gadget dan sebagainya.

Untuk mulai menentukan berapa yang harus Anda sisihkan untuk tabungan berjangka Anda setiap bulannya, Anda dapat menggunakan aplikasi Quicken / MS Money  atau mencatatnya di notepad laptop atau komputer Anda untuk menilai berapa pengeluaran Anda selama 3-6 bulan terakhir.

Jika sudah ketemu, kemudian Anda dapat memotong pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu atau dapat Anda sesuaikan seperti menjadwal ulang ngopi di Starbucks, laundry pakaian setiap hari, dan sebagainya.

Ketika Anda mulai berpikir untuk menabung, maka Anda telah mempersiapkan diri untuk berinvestasi, karena tentunya Anda telah memiliki uang untuk diinvestasikan.

Dengan memisahkan rekening bank Anda, dengan rekening gaji untuk menerima gaji dan keperluan kebutuhan sehari-hari Anda dengan rekening bank khusus tabungan berjangka Anda untuk tabungan investasi Anda.

Percayalah, ketika waktunya tiba, Anda akan terkejut dengan betapa banyak jumlah uang yang telah berhasil Anda tabung dan kumpulkan.


Loading...
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar