7 Fitur Google Duo yang harus Anda ketahui dan Gunakan Sekarang Juga

Loading...
Kembali pada saat ketika FaceTime memulai debutnya di Mac dan iOS (Apple), tidak ada pesaing yang menawarkan konektivitas tanpa batas seperti mereka.

7 fitur keren dari google duo

Sekarang, Google Duo telah mendekati pesaing abadinya FaceTime Apple dalam hal menggantikan setiap aplikasi dan layanan percakapan tradisional yang ada.

Aplikasi Video Call Google Duo


Poin terbesar dari aplikasi panggilan video dan audio, Google Duo adalah kenyataan bahwa aplikasi Google Duo ini tidak membedakan antara pengguna, apakah Anda berada di ekosistem iOS atau ekosistem Android.

Seperti halnya FaceTime yang harus berada di ekosistem Apple (Mac dan iOS).

Tapi itu bukanlah yang terbaik yang dapat ditawarkan aplikasi panggilan video premium dari Google ini.

Masih banyak fitur dari Google Duo yang masih bisa Anda coba, dan kami dari Awam Bicara mencoba untuk berbagi fitur-fitur keren yang dapat Anda temui di Google Duo saat ini.

7 Fitur Google Duo terbaik yang perlu Anda ketahui


Ada beberapa fitur keren dan luar biasa dari aplikasi Google Duo yang harus Anda ketahui.

Fitur ini harus Anda memanfaatkan agar dapat mengekplorasi semua potensi yang ada dari aplikasi ini sepenuhnya.

1. Pesan video


Jika Apple "berani" menghapus teknologi lama namun masih sangat berguna seperti jack headphone, Google mencoba mengganti pesan suara (voicemail) tradisional dengan pesan video.

Update terbaru Google Duo sekarang memungkinkan Anda untuk mengirim pesan video secara instan langsung dari layar panggilan.

Anda juga dapat mengirim pesan video berdurasi 30 detik tanpa memanggil orang tersebut dengan menekan dan menahan kontak dan memilih " Kirim pesan video " dan merekam klip video.

2. Tidak perlu dipasang di ponsel penerima


Google Duo dapat memanggil kontak Anda walaupun mereka belum menginstal aplikasi Google Duo.

Jika Apple membuat sebuah ketidakadilan dengan FaceTime mereka yang menjadi aplikasi tertutup hanya di ekosistem Apple sendiri dan WhatsApp membuka membuka keadilan itu, dengan aplikasi komunikasi terbesar yang pernah ada.

Namun tidak bagi Google.

Google Duo melabrak dan membengkokkan semua aturan itu.

Walaupun hanya terbatas pada perangkat Android saja, namun Google Duo menggunakan " App Preview Messaging " dari layanan Google Play yang dapat membuat pengguna Android menerima panggilan video dari pengguna lain bahkan jika mereka tidak menginstal aplikasi Google Duo di ponsel Android mereka.

Anda tidak dapat mengaktifkan atau menonaktifkan ini karena Google akan mengaktifkannya sendiri untuk setiap perangkat Android yang kompatibel di luar sana.

Pada dasarnya, jika ponsel penerima adalah salah satu ponsel Android terbaru dengan versi Google Play Services terbaru, maka Anda akan melihatnya di daftar kontak aplikasi ponsel Android Anda, dan Anda tidak perlu melakukan tindakan apa pun untuk ini.

Namun, apabila ternyata jika di aplikasi kontak Anda tidak muncul aplikasi Duo, maka Anda mungkin harus meminta mereka untuk menginstal aplikasi Google Duo ini.

Artinya, kontak Anda tersebut tidak menggunakan ponsel Android terbaru, atau menggunakan perangkat dari sistem operasi selain Android.

3. Tidak memerlukan akun Google


Kita hidup didunia di mana kita pasti memerlukan akun Google agar kita dapat mengakses dan menggunakan sebagian besar layanan dari Google.

Pada dasarnya sebagian besar layanan yang Anda gunakan saat ini, harus terkait dengan akun Google Anda.

Akan tetapi Google telah membuat pengecualian yang jelas untuk aplikasi Google Duo ini.

Saat Anda mendaftar di aplikasi Google Duo, semua yang Anda butuhkan adalah hanya nomor telepon dan kode negara Anda saja.

Hampir mirip dengan cara kerja WhatsApp, yakni tanpa perlu mengakses akun Google Anda.

Hal ini jika dikombinasikan dengan fakta bahwa aplikasi Google Duo juga tersedia untuk perangkat iOS, sehingga membuatnya jauh lebih mudah diakses oleh lebih banyak pengguna.

4. Lapisan keamanan rock-solid


Dengan semua ketakutan yang ada ketika kita berada di dunia maya dan berselancar di aplikasi media sosial dan perpesanan instan lainnya tentang privacy, maka Google hadir dengan mengembangkan aplikasi video call yang aman yang mengutamakan privasi kita.

Google Duo dibangun dari bawah ke atas dengan enkripsi peer to peer, ujung ke ujung dan WebRTC.

Tempat dimana data suara dan video ditransmisikan secara langsung tanpa tambahan perangkat lunak atau plugin lainnya.
Artinya, Google Duo sepenuhnya menghilangkan kemungkinan percakapan Anda dapat diakses oleh pihak lain, bahkan termasuk oleh KPK, ataupun Badan Intelegen Negara (BIN).

5. Tok Tok, siapa di sana?


Salah satu fitur yang paling intuitif dari aplikasi Google Duo adalah ia dapat memberikan Anda pratinjau tentang siapa orang yang sedang menelepon Anda.

Setiap kali Anda menerima panggilan video dari seseorang yang sudah ada dalam daftar kontak Anda, maka Anda akan dapat melihat umpan langsung dari kamera mereka di layar Anda bahkan sebelum Anda menerima panggilan.

Artinya, Anda dapat melihat secara langsung siapa yang melakukan panggilan video kepada Anda langsung dari kamera si pemanggil.

Jadi, ketika orang yang Anda sukai mencoba untuk melakukan video call dengan Anda, walaupun dari ponsel temannya, Anda akan tau bahwa yang menelpon adalah orang yang Anda taksir.

Sehingga, akan ada banyak waktu bagi Anda untuk merapikan semua yang ada disekitar Anda, sebelum Anda menjawab panggilan tersebut.

6. Blokir pengguna


Sama seperti akun Gmail Anda yang memiliki folder yang didedikasikan untuk email yang tidak diminta, baik itu dari perusahaan kartu kredit atau penipu-penipu dengan akun palsu yang mencoba menjebak Anda (folder Spam).

Di Google Duo juga ada folder spam, untuk Anda meletakkan nomor telepon tidak dikenal atau orang yang tidak Anda ketahui di situ.

Berkat adanya daftar blokir yang mudah dikelola ini, yang Anda lakukan adalah cukup dengan menekan dan menahan kontak dan memilih Blokir Nomor untuk menempatkannya di dalam daftar blokir.

7. Hemat paket data


Panggilan video adalah sebuah aktivitas jaringan yang cukup serius, di mana disana ada video dan audio yang ditransmisikan secara instan dan real time.

Panggilan video menggunakan Google Duo rata-rata dapat menghasilkan 8MB/ menit.

Dan kabar baiknya, bahwa ada fitur yang dapat membuat penggunaan membatasi paket data dalam aplikasi Google Duo itu sendiri.

Dari aplikasi Google Duo, Anda dapat menuju ke Pengaturan dan mengaktifkan "Batasi penggunaan data seluler" untuk membuat paket data Anda hemat dan bertahan sepanjang bulan.

Itulah tadi 7 fitur Google Duo yang harus Anda ketahui, dan dapat Anda gunakan saat ini juga. Selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 Fitur Google Duo yang harus Anda ketahui dan Gunakan Sekarang Juga"

Posting Komentar

Contoh Soal CPNS, PPPK, Psikotes dan SNMPTN

Belajar hukum, Bahasa Inggris, Blog dan Bisnis

Informasi Lowongan Kerja, Lifestyle, Teknologi dan Otomotif

Tata Persuratan dan Do It Yourself