Skip to main content

Contoh Soal PPPK - Seleksi Kompetensi P3K 2019

Soal PPPK - Penerimaan pegawai P3K ini merupakan jawaban dari pemerintah mengenai nasib tenaga honorer kategori II (K2) yang tidak dapat mengikuti seleksi penerimaan CPNS karena terbentur persyaratan usia.
contoh soal pppk p3k

Aturan turunan dari UU Nomor 5 tahun 2012 tentang Aparatur Sipil Negara, yakni Peraturan Pemerintah Nomor 49 tahun 2018, merupakan dasar hukum pelaksanaan penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K).

Melihat PP Nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, kemungkinan persyaratan umum penerimaan pegawai P3K sama dengan penerimaan CPNS 2018.

Lihat: Persyaratan Penerimaan Pegawai PPPK

Contoh Soal Seleksi Kompetensi PPPK


Sama halnya dengan penerimaan CPNS, pengadaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja juga dilakukan melalui beberapa beberapa seleksi pengadaan.

Adapun seleksi penerimaan pegawai P3K berdasarkan PP Nomor 49 tahun 2018 tentang manajemen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, terdiri dari seleksi administrasi dan seleksi kompetensi.

Seleksi administrasi dilakukan untuk mencocokkan persyaratan administrasi dan kualifikasi dengan dokumen para pelamaran.

Sedangkan seleksi kompetensi dilakukan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Contoh Soal Seleksi Kompetensi PPPK akan menjadi acuan pemerintah untuk menyeleksi penerimaan pegawai PPPK tahun 2019 ini.

Karena itu, jika anda bermaksud untuk mengikuti seleksi penerimaan PPPK tahun 2019 yang rencananya akan dibuka bulan mulai tanggal 8 Februari 2019, baik untuk instansi pusat dan daerah, ada baiknya anda mulai mempersiapkan diri untuk berlatih contoh soal tes seleksi kompetensi PPPK serta memahami soal-soal seleksi kompetensi yang akan diujikan nantinya.

Penerimaan P3K 2019 akan dibuka per tanggal 8 Februari 2019, dan sekarang saatnya untuk Anda mempersiapkan segala persyaratan yang diperlukan.

Persyaratan yang diperlukan dalam penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ini juga termasuk dalam seleksi Administrasi.

Jadi ada baiknya Anda mempersiapkan segala sesuatu nya mengenai persyaratan seleksi Administrasi PPPK ini, baik persyaratan softcopy dokumen, maupun persyaratan hardcopy pada saat verifikasi berkas pendaftaran nantinya.

Rekrutmen pegawai P3K 2019 ini sama ketat dan dengan penerimaan CPNS.

Karena pegawai P3K, beradasarkan UU ASN, juga termasuk bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN), yang memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan PNS.

Oleh sebab itu, dalam seleksi penerimaan PPPK ini, pemerintah ingin melahirkan Pegawai ASN yang profesional, yang dapat ditempatkan sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

Kami dari Awam Bicara akan memberikan beberapa contoh soal PPPK 2019 beserta dengan pembahasannya.

Serta telah dilengkapi dengan tips-tips dalam menjawab soal beserta dengan pembahasannya dan trik dalam menjawabnya.

Bagaimana cara mengatur waktu, cara menjawab cepat, cara menghitung cepat, dan sebagainya, dalam menghadapi tes seleksi penerimaan PPPK 2019 nanti.

Persiapan yang matang dalam menghadapi tes seleksi penerimaan PPPK 2019 adalah segalanya.

Hal ini dikarenakan lowongan PPPK yang tersedia sangat terbatas, sementera jumlah pesertanya diperkirakan hampir sama besarnya dengan penerimaan CPNS, sehingga persaingannya pun menjadi semakin ketat.

Belajar contoh soal penerimaan CPNS untuk seleksi penerimaan PPPK 2019 dengan memahami bentuk soal tes seleksi kompetensi, akan sangat membantu Anda dalam mewujudkan cita-cita Anda menjadi Abdi Negara - Aparatur Sipil Negara.

Adapun kisi-kisi soal PPPK 2019 ini tidak akan jauh berbeda dengan penerimaan CPNS 2018.

Karena itu Anda harus mempersiapkan diri Anda dengan belajar soal tes cpns 2018 sesuai kisi-kisi soal tes cpns yang telah diberikan.

A. Seleksi Kompetensi Dasar PPPK (TKD):

Tes Kompetensi Dasar (TKD) terdiri dari:

1. Tes Intelegensia Umum (TIU)
2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

1. Tes Inteligensia Umum (TIU)

A. Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;
B. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;
C. Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis
D. Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
1. Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika ;
2. Undang-Undang Dasar 1945;
3. Negara Kesatuan Republik Indonesia:

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

B. Seleksi Wawancara PPPK

Tertarik untuk ikut Seleksi PPPK 2019 dan lulus menjadi pegawai Aparatur Sipil Negara?

Jika iya, mulailah belajar, mencari dan mengumpulkan berbagai contoh soal PPPK, serta mulai mempelajari dan menguasai semua bentuk soal yang akan diujikan nanti.

Untuk mempelajari contoh soal cpns 2018, Anda bisa melihat di Tips Super Lulus Tes CPNS.

Belajar dan pahami semua bentuk soal serta cara menjawabnya. Fokus, dan percaya diri adalah kunci dari kelulusan Anda. Selamat berjuang!
Loading...
Loading...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar