Tips Super Lulus Tes CPNS 2017, Contoh Soal, Kunci Jawaban, Trik Beserta Pembahasan nya


Tahun ini, Pemerintah kembali membuka lowongan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil.

Sebagaimana tahun sebelumnya, seleksi tes penerimaan CPNS 2017 masih menggunakan Sistem CAT.

Dengan sistem ini, pemerintah berharap dapat menyeleksi Calon-calon Pegawai Negeri Sipil terbaik dari putra-putri bangsa sehingga menghasilkan Aparatur Sipil Negara yang professional.

Tips Super Lulus Tes CPNS 2017, Contoh Soal, Kunci Jawaban, Trik Beserta Pembahasan nya

Pengertian Sistem CAT Tes Online CPNS 2017

Sistem Computer Assisted Test (CAT) dalam setiap seleksi peneriman CPNS, baik untuk instansi pusat atau pun pemerintah daerah telah menjadi standar dan sistem baru dalam hal perekrutan Aparatur Sipil Negara yang memanfaatkan teknologi informasi.


Melalui sistem ini, diharapkan seleksi penerimaan CPNS tahun 2017 ini menjadi lebih praktis, efisien dan transparan karena didukung oleh teknologi informasi.

Sehingga para peserta atau pelamar bisa dipantau secara online.

Berikut ini penjelasan singkat mengenai maksud dari tes CAT CPNS tahun 2017 serta cara dan sistem penilaiannya.

Pengertian Seleksi Penerimaan CPNS tahun 2017 dengan Sistem CAT untuk Awam

Sistem Computer Assisted Test yang disingkat dengan CAT adalah sebuah metode seleksi yang menggunakan alat bantu berupa komputer yang dipakai untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi peserta seleksi penerimaan CPNS 2017.


Teruslah membaca artikel ini, karena diakhir artikel saya akan memberikan Kumpulan Contoh Soal CPNS 2017 beserta kunci jawabannya

Standar Kompetensi Dasar CPNS 2017 ini diperlukan dalam rangka mewujudkan profesionalisme PNS.

Melalui CAT ini diharapkan mampu menjamin Standar Kompetensi Dasar tersebut dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Tes Online Tahap I Penerimaan CPNS 2017 Kemenkumham dan Mahkamah Agung RI yang menggunakan sistem CAT, telah memasuki tahap seleksi.

Pelaksanaan tes Penerimaan CPNS 2017 itu sendiri, akan diadakan secara regional di Provinsi masing-masing.

Hal ini dilakukan dikarenakan keterbatasan sumber daya dalam sistem CAT itu sendiri.

Adapun Soal-soal TKD CAT CPNS 2017 dibuat / disusun oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan 3 bidang pengujian,  yakni :

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK),
2. Tes Inteligensi Umum (TIU)
3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Waktu pengerjaan soal tes penerimaan CPNS 2017 selama 100 Menit.

Penilaian Tes CPNS 2017 Dengan Sistem CAT

Kelulusan peserta ujian CPNS 2017 didasarkan pada kualitas passing grade, dan apabila jumlah yang memenuhi kualitas ambang batas kelulusan melebihi jumlah formasi jabatan yang telah ditetapkan,....

....maka penetapan selanjutnya berdasarkan rangking kualitas paling atas berurutan kualitas berikutnya hingga dengan jumlah formasi yang telah ditetapkan.

Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) seleksi calon pegawai negeri sipil tahun 2017 sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 Peraturan Menteri PAN RB Nomor 22 Tahun 2017 yaitu: 
a. 143 (seratus empat puluh tiga) untuk Tes Karakteristik Pribadi;
b. 80 (delapan puluh) untuk Tes Intelegensia Umum; dan
c. 75 (tujuh puluh lima) untuk Tes Wawasan Kebangsaan.

Tips Super Lulus Seleksi Penerimaan CPNS 2017 Untuk Awam

Bagi anda yang telah mendaftar dan lulus seleksi administrasi CPNS Tahap I pada tahun 2017, baik itu di Kemenkumham atau pun di Mahkamah Agung (MA) RI.

Begitu juga kepada anda yang sedang mempersiapkan untuk mengikuti seleksi penerimaan CPNS Periode ke 2 dari 60 Kementerian dan Lembaga Negara serta 1 Pemerintah Daerah TK. I Propinsi Kalimantan Utara.

Maka Tips dan trik untuk lulus secara murni sebagai CPNS di tahun 2017 ini adalah dengan mempelajari soal-soal tes CPNS dan kisi-kisi Soal Tes CPNS tahun 2017.

Serta dengan melakukan persiapan yang matang, dimulai dari sekarang, karena sebagaimana kita ketahui, bahwa animo dan peminat masyarakat untuk menjadi seorang PNS sangatlah tinggi.

Pada tahun 2017 pelamar atau peminat untuk CPNS kementrian hukum dan HAM saja sudah melebihi jumlah 1 juta pelamar CPNS tahun 2017 dan Mahkamah Agung RI (MA RI) lebih dari 30ribu pelamar.

Sehingga anda harus benar-benar mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar dapat bersaing dengan jutaan peserta atau pelamar lainnya.

Untuk itu, bagi anda yang ingin mendapatkan contoh-contoh soal Tes CPNS 2017, sebagai usaha dan persiapan anda sebelum benar-benar mengikuti tes seleksi penerimaan CPNS 2017, serta tips-tips dalam mengikuti tes CPNS 2017, dan Trik dalam menjawab setiap soal tes CPNS tahun 2017 nanti, kami telah menyajikan beberapa contoh soal beserta pembahasannya, karena itu teruslah mengikut artikel ini yang telah tersusun secara sistematik dan teratur.

Pemerintah juga membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Mahkamah Agung (MA) untuk mengisi lowongan Calon Hakim (CAKIM), sebanyak 1.684 posisi dibuka untuk posisi calon hakim.

Kunci dari keberahasilan dan kelulusan dalam melaksanakan tes CPNS 2017 adalah keberhasilan anda dari menjawab soal-soal tes CPNS 2017 sistem CAT yang akan diujikan. 

Dari soal yang berjumlah 100 soal tersebut semuanya dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban.

Saya yakin banyak dari anda sedang mencari contoh soal ataupun kisi-kisi soal tes CPNS 2017, beserta Kunci Jawaban nya secara online.

Untuk itu disini saya akan berbagi tentang kedua-dua nya baik itu Contoh Soal Tes CPNS 2017 maupun Kunci Jawaban Contoh soal tes CPNS 2017 untuk anda yang sedang dan ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi tes CPNS 2017.

Bahkan tidak hanya itu, saya juga akan membagikan tips-tips dalam menghadapi tes ujian CPNS 2017 dan trik-trik dalam menjawab soal tes CPNS 2017 ini agar dapat dijawab dan diselesaikan dalam waktu singkat. 

Apalagi, waktu yang tersedia dalam menyelesaikan dan menjawab soal tes penerimaan CPNS sangatlah singkat, maka trik yang akan saya berikan nanti saya harap dapat membantu anda lebih cepat dalam menjawabnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB No.20/ 2017, bahwa kisi-kisi soal CPNS yang diterapkan dalam sistem CAT mempunyai komposisi sebagai berikut :
A) Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
a) Pancasila;
b) Undang-Undang Dasar 1945;
c) Bhineka Tunggal Ika; dan
d) Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

B. Tes Inteligensia Umum (TIU) dengan materi:
a) Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;
b) Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;
c) Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan
d) Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

C. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan materi untuk menilai:
a) Integritas diri;
b) Semangat berprestasi;
c) Kreativitas dan inovasi;
d) Orientasi pada pelayanan;
e) Orientasi kepada orang lain;
f) Kemampuan beradaptasi;
g) Kemampuan mengendalikan diri;
h) Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
i) Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
j) Kemampuan bekerja sama dalam kelompok;dan
k) Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Pada Gelombang I, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS/ PNS) hanya pada 2 instansi/ lembaga negara saja.

Yakni Mahkamah Agung RI dan Kementrian Hukum dan HAM RI.

Dengan rincian, Kementerian Hukum dan Ham tersedia 17.526 penerimaan CPNS yakni :
1. 14.000 untuk petugas penjaga lapas/ rutan,
2. 2.308 petugas imigrasi, dan
3. 1.218 untuk jabatan lainnya

Sedangkan untuk Mahkamah Agung Republik Indonesia menerima Calon Hakim sebanyak 1.684 formasi dengan rincian :
1. Calon Hakim Umum 1.484 Formasi
2. Putra/ Putri Papua dan Papua Barat 32 Formasi
3. Diambil dari Lulusan Terbaik 168 Formasi

Sampai pada saat ini, jumlah pelamar yang masuk untuk Kementerian Hukum dan Ham sebanyak 1.116.138 pelamar.

Untuk Calon Hakim Umum Mahkamah Agung RI sendiri sebanyak 30.715 pelamar.

Dari data ini, jelaslah sudah betapa tinggi animo masyarakat untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil.

Dan pada tanggal 5 September 2017, bertepatan dengan pengumuman kelulusan administrasi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil Gelombang I, pemerintah kembali membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil untuk beberapa instansi/ lembaga tinggi negara dan 1 propinsi.

Yakni 17.928 Lowongan CPNS untuk 60 Instansi Pusat dan 1 Pemerintah Propinsi Kalimantan Utara.

Salah satu usaha calon peserta ujian adalah dengan jalan mengerjakan soal-soal ujian tahun sebelumnya sebagai latihan atau soal-soal tes inteligensia umum (TIU) yang memiliki bobot yang setara.

Oleh karena itu saya membuat artikel ini dengan maksud agar dapat membantu anda supaya lebih mantap dan percaya diri dalam menghadapi soal-soal ujian CPNS 2017 nanti.

Karena ada beberapa contoh soal Tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 beserta jawaban dan pembahasannya, maka dari itu artikel ini saya buat dalam beberapa artikel yang bersambung dan berkaitan.

Materi utama dalam artikel ini adalah soal-soal Tes Intelegensia Umum (TIU) yang populer dijumpai dalam setiap ujian Seleksi Penerimaan CPNS.

Tes Intelegensia Umum (TIU) ini biasanya memiliki pengaruh yang besar untuk lolos atau tidaknya seorang peserta ujian CPNS.

Mengapa demikian?

Karena Tes Intelegensia Umum (TIU) ini membutuhkan kemampuan khusus untuk dapat menyelesaikan dengan baik dan cepat.

Tidak akan sama antara orang yang sudah terbiasa latihan soal-soal beserta trik-triknya dibanding mereka yang belum berpengalaman.

Nanti saya akan memberikan seluruh tips dan trik yang saya miliki dalam menghadapi soal-soal Tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) semacam itu.

Agar artikel ini dapat bermanfaat dan dimengerti dengan maksimal, maka berikut adalah langkah-langkah yang hendaknya anda ikuti.

Pertama,
Persiapkanlah kertas dan alat tulis untuk menjawab soal-soal yang ada serta untuk media coret-coret anda ketika mengerjakan soal.

Kedua,
Jangan lupa untuk memperhatikan waktu anda, kapan mulai mengerjakan dan kapan selesai.

Ingat bahwa untuk soal-soal Tes Intelegensia Umum (TIU), tiap soal rata-rata harus bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 1 menit (sekitar 30-45 detik).

Contoh Soal CPNS dan Kunci Jawaban serta Tips dan Trik Menjawabnya ini saya ambil dari e-book yang juga dulu saya gunakan dan pelajari dalam menghadapi Ujian Masuk Seleksi Penerimaan CPNS, sehingga saya LULUS dan menjadi PNS sampai saat ini.

Saya sangat berharap, anda mempelajarinya seperti halnya saya dulu, secara bertahap.

Karena apa yang akan saya sajikan, saya susun secara bertahap dan dalam 4 BAB PEMBELAJARAN berdasarkan e-book yang saya pelajari, dan dibagi kedalam beberapa Bagian Soal.

Didalam Contoh Soal CPNS Bagian I,  Kunci Jawabannya saya sertai dengan pembahasan serta teknik dalam menjawabnya, yakni tips dan trik dalam menjawabnya.

Didalam Contoh Soal CPNS Bagian II, dst, Saya hanya memberikan kunci jawabannya saja, karena saya ingin anda melatih diri dalam menjawabnya, dan mencoba tips dan trik menjawab seperti yang dibahas di Kunci Jawaban Bagian I.

Sekedar informasi buat anda, artikel ini sengaja saya susun dengan bahasa yang sedikit tidak formal, alias dengan Bahasa awam sebagaimana deskripsi dari blog ini, yakni Awam Bicara, Bicara dan berpikir sebagaimana adanya orang kebanyakan atau orang awam.

Terutama pada pembahasan soal-soal. 

Tujuan saya adalah agar anda tidak cepat merasa jenuh dalam mengerjakan latihan soal, serta tidak menjadikan belajar sebagai beban.

Saya ingin mengajak anda belajar dalam suasana yang menyenangkan.

Sehingga jangan heran jika sewaktu membaca bagian pembahasan, anda akan merasa seolah-olah merasakan kehadiran saya sedang membimbing belajar anda dalam jarak yang sangat dekat.

Saran saya, banyak-banyaklah berlatih soal-soal dengan metode yang akan anda pelajari nanti. 

Ibaratnya saya telah memberi anda kail, dan sedikit ikan di kolam untuk latihan memancing.

Namun anda bukan hendak memancing di kolam tetapi di danau atau bahkan di lautan luas.... 

....dan tentu saja anda memiliki banyak pesaing, seperti yang saya sebutkan diatas, sampai melebihi angka 1 juta orang lebih pelamar Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017.

Maka anda tinggal menerapkan tips yang akan saya berikan untuk mencoba sebanyak mungkin soal-soal latihan tes penerimaan CPNS.

Seperti yang telah saya singgung diatas, bahwa Kumpulan Contoh Soal CPNS 2017 dan Kunci Jawaban serta Tips dan Trik Pembahasannya ini saya bagi dalam 4 BAB PEMBELAJARAN.


CATATAN :

Apabila Artikel BAB PEMPELAJARAN LULUS MURNI Sebagai PNS ini telah lengkap saya buat berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB No.20/ 2017 seperti tersebut diatas..., 

...maka artikel Pembahasan Pembelajaran Lulus Murni Sebagai PNS ini akan saya susun dan tata kembali agar lebih mudah dalam me-navigasi nya.

Tujuannya supaya anda tidak dipusingkan oleh navigasi situs yang buruk yang pada akhirnya membuat anda menjadi tambah pusing dalam Pembelajaran dan Pembahasan Contoh Soal dan Kunci Jawaban Soal serta Tips dan Trik Menjawab CPNS 2017 nanti.

Dan pastinya yang akan saya sajikan nanti adalah semua Contoh Soal CPNS beserta Kisi-Kisi Soal nya berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB No. 20/ 2017 seperti yang telah saya singgung diatas...

...hingga anda tidak lagi harus mencari-cari ditempat lain, karena di Awam Bicara ini akan saya sajikan secara lengkap.

Selanjutnya jika anda berkenan agar saya untuk terus melengkapi Bab Belajar CPNS : Bimbingan Belajar dalam Memahami dan Menghadapi Ujian Seleksi CPNS 2017 ini...

...saya harapkan feedback dari anda, baik melalui kolom komentar ataupun melalui contact us situs ini.

Serta tidak lupa saya harapkan dari anda untuk membagi ulang artikel ini melalui media sosial atau kepada teman dan sanak-saudara anda.

Yakinlah dengan berbagai tidak akan mengurangi kesempatan anda untuk diterima sebagai PNS, bahkan mungkin memuluskan anda untuk LULUS sebagai PNS...AMIINN....

Dan juga agar saya dapat memperbaiki diri dalam penyajian artikel ini.

Anda juga dapat belajar dari 5 Kesalahan Paling Umum Penyebab Gagal Lulus Tes Seleksi Penerimaan CPNS

Terimakasih!!

4 Bab Pembelajaran CPNS 2017
Bab 1
Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
1. Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika ; 
2. Undang-Undang Dasar 1945; 
3. Negara Kesatuan Republik Indonesia:

Bab 2
Tes Inteligensia Umum (TIU)
A. Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;

B. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;

C. Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; 

d. Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
2. Kunci Jawaban Soal Spasial 

Bab 3
Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Bab 4
Kumpulan Soal-Soal Latihan