5 Kesalahan Paling Umum Penyebab Gagal Lulus Tes Seleksi Penerimaan CPNS
5 Kesalahan Paling Umum Penyebab Gagal Lulus Tes Seleksi Penerimaan CPNS

5 Kesalahan Paling Umum Penyebab Gagal Lulus Tes Seleksi Penerimaan CPNS

Sering dilihat:

Menjadi PNS itu HEBAT!.

Bagaimana tidak, setiap kali pemerintah membuka lowongan penerimaan CPNS jumlah pelamar dari tahun ke tahunnya selalu meningkat.
Bahkan melebihi angka 1 juta pelamar.


5 Kesalahan Paling Umum Penyebab Gagal Lulus Tes Seleksi Penerimaan CPNS


Bayangkan, dari 1,2 juta pelamar yang diterima hanyalah 17ribuan saja, tentu persaingannya tidaklah semudah yang dibayangkan.

Bersaing dengan jutaan pelamar lainnya hanya untuk berebut satu kursi PNS, HEBAT bukan??

Tidak jarang kita melihat dan menyaksikan bagaimana bahagianya mereka-mereka yang lulus dan diterima sebagai PNS pada tahun-tahun sebelumnya, yang membuat kita iri, ingin juga seperti mereka.

Dari sini kita tertarik...
..…tapi ketika kita yang coba, hasilnya sungguh mengecewakan.

Teruslah membaca artikel ini, karena diakhir artikel saya akan memberikan Kumpulan Contoh Soal CPNS 2018 beserta kunci jawabannya

Sudah belajar sungguh-sungguh, sudah siap dan fokus menghadapi setiap soal ujian, tapi tetap tidak diterima dan tidak lulus PNS nya.


Supaya tidak kecewa dengan hasil dan usaha anda dalam belajar dan mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian tes penerimaan CPNS...

...mari kita lihat kesalahan-kesalahan apa saja yang sering dilakukan peserta ujian penerimaan CPNS selama ini.

#1 – COBA-COBA

Saat anda memutuskan untuk ikut melamar menjadi seorang PNS, apa tujuan anda?

Ingin LULUS
.…atau sekedar coba-coba?

Biasanya sih, banyak pelamar yang hanya ingin mencoba...
Coba lihat gambar ini:

Alasan Melamar CPNS

56% Pelamar Tes Penerimaan CPNS ikut melamar dengan alasan untuk coba-coba.

Entah hanya sekedar untung-untungan atau mengadu nasib.

Hanya 32% saja yang benar-benar ingin lulus dan bercita-cita menjadi seorang PNS.

Sisanya, 14% karena ikut teman dan 4% nya tidak tahu.

Yup..benar sekali, seperti itu faktanya.

Jadi kalau anda hanya sekedar coba-coba atau ikut teman, dan mengandalkan nasib saja, saya kira anda jangan terlalu barharap banyak untuk diterima sebagai PNS.

Tapi tunggu dulu…

Kalau memang seperti itu, bukankah dengan 32% yang memang bersungguh-sungguh dalam menghadapi ujian dan berharap untuk lulus sebagai PNS, menjadikan persaingan untuk diterima menjadi lebih besar?

Ini alasannya:

Solusi kesalahan #1:

Kita sudah tahu bahwa yang ikut melamar sebagai PNS dalam setiap tahunnya selalu bertambah besar, bahkan untuk Penerimaan CPNS 2018 ini, melebihi angka 1,2 juta pelamar.

Jika dari 1,2 juta pelamar tadi, dengan jumlah pelamar yang memang benar-benar berusaha untuk lulus hanya 32% nya saja, dapat dipastikan bahwa anda hanya bersaing dengan 384ribu orang saja.

Meskipun ada juga sebagian kecil yang bisa lulus dengan sekedar modal coba-coba dan mengadu nasib, istilahnya 'Orang Bernasib'.

Tapi hanya sebagian kecil, sangat kecil paling 1-2 peserta saja.

Oleh karena itu, jadikan anda termasuk ke dalam 32% pelamar tadi, yang bersungguh-sungguh untuk lulus sebagai PNS.

Memang ada kalanya usaha tidak sejalan dengan hasil, namun demikian hal ini tidaklah harus membuat anda berputus asa dan disaat ada penerimaan CPNS baru, anda hanya sekedar coba-coba, masuk kedalam 56% pelamar coba-coba.

Inilah yang dalam jangka panjang akan berdampak positif.

Pada saat anda mengikuti tes penerimaan CPNS tahun-tahun berikutnya, anda sudah terbiasa mengerjakan soal, yang pastinya memberi nilai lebih untuk anda dibanding peserta lainnya.

Sekarang, coba anda tanyakan kepada mereka-mereka yang lulus PNS. Apa yang mereka lakukan untuk itu?

#2 – MALU

Loh kok MALU?...

Iya, anda tidak salah baca, ada sebagian besar peserta atau pelamar CPNS merasa malu atau gengsi dalam mengikuti Seleksi Penerimaan CPNS.

Kok BISA?...

Sebetulnya kesalahan kedua ini biasanya hanya terjadi pada peserta fresh graduate atau yang baru lulus dan pada yang sudah berkali-kali ikut melamar dan tes Seleksi Penerimaan CPNS.

Karena itu, anda harus fokus pada persiapan menghadapi tes penerimaan CPNS dan fokus pada siap untuk LULUS.

Pertama-tama, tadi sudah kita bahas mengenai alasan orang untuk ikut seleksi Penerimaan CPNS.

Sebagian besar (lebih dari setengahnya) hanya sekedar coba-coba, ikut teman dan bahkan ada yang tidak tau.

Lebih detailnya, seperti ini:

Bagi yang fresh graduate atau baru lulus dari pendidikan, baik pendidikan tinggi ataupun sekolah menengah atas, biasanya tidak terbiasa menghadapi birokrasi-birokrasi yang ada, seperti legalisir akta, leglisir ijazah, SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), kartu kuning atau kartu pencari kerja, tes kesehatan dan segala macam bentuk tetek bengek birokrasi lainnya.

Sehingga mereka yang fresh graduate atau baru lulus ini, seringnya minder atau malu duluan saat menghadapi aparatur-aparatur pemerintah dalam birokrasi-birokrasi tersebut.

Bahkan tidak jarang, ada sebagian aparatur yang mencibir, mengejek yang intinya menjatuhkan mental peserta-peserta dari fresh graduate ini.

Bagi yang sudah berkali-kali ikut tes seleksi Penerimaan CPNS juga seperti itu, bahkan mungkin cemoohan, cibiran dan ejekan yang mereka terima lebih dari pada mereka-mereka yang fresh graduate tadi.

Karena mungkin, saat mereka mengurus tetek bengek birokrasi yang seabrek itu, sudah banyak yang kenal dengan mereka, dan tentu saja akan ada omongon atau ejekan atau bisa juga walaupun tidak ada omongan dan ejekan, mereka merasa seakan-akan para aparatur birokrasi tadi mengejek mereka, walaupun sebenarnya tidak.

Dari berbagai macam birokrasi yang anda lewati dan para aparatur yang anda hadapi, adakah mereka peduli pada anda?

Tidak ada!!

Mereka tidak peduli dengan anda.

Mereka hanya mempedulikan keadaan mereka sendiri, yang kemungkinan besar mereka stress menghadapi begitu banyaknya peserta pelamar seleksi CPNS yang mengurus surat-menyurat kepada mereka.

Makanya, kalau anda meresa mereka mengejek atau mencemoohkan anda, dan sejenisnya, sadarlah bahwa tidak akan ada yang tertarik dan memperhatikan anda.

Karena mereka sibuk dan capek menghadapi pekerjaan mereka dalam melayani anda.

Solusi kesalahan #2:

Jangan BAPER.

Jangan terlalu terbawa perasaan, jangan merasa seakan-akan semua orang memperhatikan anda.

Mereka sudah tahu apa yang anda inginkan, dan pelamar yang seperti anda banyak, bukan hanya anda saja.

Bahkan sadarkah anda, bahwa mereka berpikir dan berharap bahwa anda akan menjadi rekan kerja mereka, jika anda LULUS?

Yup...seperti itulah kenyataannya.
Jadi buang rasa malu anda, buang gengsi anda, disini anda sedang berjuang dan berusaha, bukan melakukan suatu tindakan kriminal.

#3 – MENGANGGAP SUDAH PASTI LULUS

“SAYA PASTI LULUS”, ungkapan ini sering kita dengar, dari mereka atau peserta yang over confident, yang mungkin disebabkan karena beberapa faktor.

Saya pasti lulus, biasanya diucapkan oleh mereka-mereka yang ikut seleksi penerimaan CPNS secara tidak jujur atau melalui jalur belakang.
Dengan kata lain, dengan cara 'Menyogok' atau "Menyuap'.

Atau bagi mereka, peserta tes seleksi penerimaan CPNS yang mempunyai sanak saudara yang seorang pejabat tinggi di instansi dimana mereka melamar, yang akan membantu memuluskan kelulusan mereka.

Namun demikian, ada juga dari mereka, pelamar tes seleksi CPNS ini yang over confident karena sombong atau merasa sudah pintar dan menguasai semua soal yang akan di uji kan nanti.

Tapi, jumlahnya sangatlah sedikit...sangat malah.

Solusi kesalahan #3:

Jadilah diri sendiri.

Berusahalah dengan semua kemampuan pribadi.

Bersainglah secara sportif maka kebahagian dan kebanggaan lah yang anda rasakan jika nanti anda LULUS.

Karena, jika anda lulus secara curang, anda akan menderita selama anda menjadi PNS. Itu Pasti!!

Tidak ada kecurangan yang bertahan lama, dan tidak ada kecurangan yang menang.

#4 – MENGGUNAKAN CARA LICIK UNTUK LULUS

Sebagaimana di dalam pembahasan kesalahan #3.

Menggunakan cara licik untuk lulus, bisa dengan menyogok atau menyuap, bisa juga dengan cara curang dalam mengerjakan soal ujian, yakni mencontek atau menggunakan joki.

Bahkan ada yang rela membayar mahal demi mendapatkan soal ujian beserta kunci jawabannya, sebelum tes seleksi ujian penerimaan CPNS dilaksanakan.

Atau bisa juga dengan cara mencurangi syarat-syarat minimal untuk bisa lulus seleksi administrasi dan bisa ikut tes seleksi ujian penerimaan CPNS.

Seperti mencurangi nilai ijazah, nilai tes kesehatan, SKCK, dan lain sebagainya.

Solusi kesalahan #4:

Jangan CURANG.

Sekali lagi, pada akhirnya nanti kecurangan pasti akan terbongkar dengan sendirinya.

Jika terbongkar pada saat anda dinyatakan LULUS dan melaksanakan pemberkasan pengangkatan sebagai CPNS, maka anda telah melakukan suatu kesalahan besar dikarenakan anda telah menghalangi rezeki orang lain, yang seharusnya LULUS menjadi TIDAK LULUS karena KECURANGAN anda.

Jikapun tidak terbongkar saat pemberkasan pengangkatan sebagai CPNS, dan anda menjadi seorang PNS, selama hidup anda sebagai PNS akan selalu melakukan kecurangan-kecurangan, yang pada akhirnya akan menghancurkan hidup anda.

Bersainglah dengan JUJUR.

"INGATLAH, HASIL TIDAK PERNAH MENGKHIANATI USAHA"

#5 – PESIMIS

Mengapa PESIMIS?

Kembali ke kesalahan #1, lebih dari setengahnya yakni 56% coba-coba, 14% ikut teman, dan 4% tidak tau, menjadi alasan pelamar seleksi Penerimaan CPNS.

Semua bukan tanpa sebab, lebih dari setengah pelamar tadi menganggap bahwa semua tergantung NASIB, bahkan tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa, kuota jumlah CPNS yang diterima sudah menjadi jatah para pejabat-pejabat negara, untuk sanak-saudara mereka.

Atau banyak juga yang beranggapan bahwa untuk menjadi PNS, harus mengeluarkan banyak uang, dalam hal ini menyogok atau menyuap.

Yang hingga saat ini, sebagian besar masyarakat kita beranggapan untuk menjadi PNS haruslah MENYOGOK.

Tidak punya modal atau uang, JANGAN HARAP BISA JADI PNS!

Sehingga yang coba-coba, ikut teman dan tidak tau tadi merasa PESIMIS dan menyerahkan semuanya pada NASIB.

Solusi kesalahan #5:

OPTIMIS lah!!
Yang anda pikirkan tentang sogok menyogok dan harus mengeluarkan uang untuk menjadi PNS atau berpikir harus punya saudara yang PEJABAT..

...ITU SALAH BESAR!!!

Saya pastikan itu salah besar.

BUKTINYA???
SAYA...
... saya bisa pastikan pada anda, bahwa tidak semuanya yang LULUS sebagai PNS itu menyogok atau curang.

Rekan-rekan kerja saya juga seperti itu, semua LULUS MURNI, atas usaha diri sendirilah mereka LULUS.

Buanglah prasangka-prasangka negatif atas setiap seleksi Penerimaan CPNS.

Memang benar, ada sebagian kecil yang LULUS dengan cara CURANG atau MENYOGOK, tapi jumlahnya sangat sedikit sekali..sedikit banget malah.

Tapi sadarkan anda bahwa sebenarnya mereka yang MENYOGOK ini bodoh.

Iya, mereka BODOH, karena pada dasarnya mereka LULUS dengan MURNI, dan uang yang mereka berikan sebagai SOGOKAN, merupakan rezeki nomplok buat oknum aparatur negara yang menjanjikan kelulusan bagi mereka.

Karena sebenarnya, ada oknum aparatur (oknum PNS) yang memanfaatkan kesempatan dalam setiap seleksi penerimaan CPNS dengan memasang perangkap, atau bahasa keren nya 'NAJUR' atau 'MENAJUR'.

Berpura-pura akan mengurus dan menjanjikan kelulusan bagi peserta yang NYOGOK tadi, padahal tidak melakukan apa-apa, hanya menunggu hasil Tes Seleksi Penerimaan CPNS.

Jika mereka LULUS, oknum aparatur (oknum PNS) tadi mengambil uang sogokan untuk diri nya sendiri, dan dengan sombongnya mengatakan bahwa kelulusan itu atas usaha dia.

Namun sebaliknya, jika yang menyogok tidak lulus, maka uang sogokan pun dikembalikan (biasanya tidak utuh lagi), dengan alasan sudah usaha tapi kalah jumlah uang sogokan dengan orang lain, dan lain sebagainya.

Jadi, mereka BODOH bukan?

Sekarang saatnya melakukan yang benar...

Anda sudah menyadari 5 kesalahan paling umum yang dilakukan peserta seleksi penerimaan CPNS, sekarang saatnya anda mempelajari lebih lanjut mengenai strategi yang benar.

Strategi yang jitu dalam menghadapi tes ujian penerimaan CPNS dan LULUS sebagai PNS adalah RAJIN BELAJAR, TEKUN, FOKUS dan MENGULANG-ULANG.

...artinya, luangkan waktu anda untuk BELAJAR,
...lebih TEKUN dalam belajar,
...FOKUS pada pengerjaan contoh-contoh soal Ujian Penerimaan CPNS
...terakhir, sering-seringlah dalam MENGULANG dalam mengerjaan berbagai macam jenis contoh soal tes Penerimaan CPNS, sehingga anda semakin terbiasa dan semakin femiliar dengan segala bentuk soal saat ujian penerimaan CPNS nanti.

Untuk itu, saya akan membagikan, beberapa Kumpulan Contoh Soal Tes Penerimaan CPNS, beserta Kunci Jawabannya.

Tidak hanya itu, saya juga akan memberikan Cara Pembahasannya, Tips-tips dalam Menjawabnya, serta Trik Menjawab Soal yang pastinya akan membedakan anda dengan peserta lainnya... 

...karena trik yang akan saya sampaikan akan menghemat waktu anda dalam mengerjakan setiap soal ujian penerimaan CPNS nanti.

Contoh Soal CPNS dan Kunci Jawaban serta Tips dan Trik Menjawabnya ini saya ambil dari e-book yang juga dulu saya gunakan dan pelajari dalam menghadapi Ujian Masuk Seleksi Penerimaan CPNS, sehingga saya LULUS dan menjadi PNS sampai saat ini.

Saya sangat berharap, anda mempelajarinya seperti halnya saya dulu, secara bertahap.

Karena apa yang akan saya sajikan, saya susun secara bertahap berdasarkan e-book yang saya pelajari, dan dibagi kedalam beberapa Bagian Soal.

Didalam Contoh Soal CPNS Bagian I,  Kunci Jawabannya saya sertai dengan pembahasan serta teknik dalam menjawabnya, yakni tips dan trik dalam menjawabnya.

Didalam Contoh Soal CPNS Bagian II, dst, Saya hanya memberikan kunci jawabannya saja, karena saya ingin anda untuk berusaha sendiri dalam menjawabnya, dan mencoba tips dan trik menjawab seperti yang dibahas di Kunci Jawaban Bagian I.


Kumpulan contoh soal CPNS 2018 dan Kunci Jawaban serta Tips dan Trik Pembahasannya akan saya bagi kedalam 4 BAB PEMBELAJARAN

Yakni Bab Belajar CPNS : Bimbingan Belajar dalam Memahami dan Menghadapi Ujian Seleksi CPNS

Dan pastinya yang akan saya sajikan nanti adalah semua Contoh Soal CPNS beserta Kisi-Kisi Soal berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB No. 20/ 2017.

...hingga anda tidak lagi harus mencari-cari ditempat lain, karena di Awam Bicara ini akan saya sajikan secara lengkap.

Jika anda berkenan agar saya terus melengkapi artikel Bab Belajar CPNS : Bimbingan Belajar dalam Memahami dan Menghadapi Ujian Seleksi Penerimaan CPNS 2018 ini...

...saya harapkan feedback dari anda, baik melalui kolom komentar ataupun melalui contact us di situs ini.

Serta tidak lupa saya harapkan dari anda untuk membagi ulang artikel ini melalui media sosial atau kepada teman dan saudara-saudara anda.

Yakinlah dengan berbagai tidak akan mengurangi kesempatan anda untuk diterima sebagai PNS, bahkan mungkin memuluskan anda untuk LULUS sebagai PNS...AMIINN....

Saya juga berharap agar dapat memperbaiki diri dalam penyajian artikel ini.

Terimakasih!!

4 Bab Pembelajaran CPNS 2018
Bab 1
Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
1. Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika ; 
2. Undang-Undang Dasar 1945; 
3. Negara Kesatuan Republik Indonesia:

Bab 2
Tes Inteligensia Umum (TIU)
A. Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;

B. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;

C. Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; 

d. Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
2. Kunci Jawaban Soal Spasial 

Bab 3
Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Bab 4
Kumpulan Soal-Soal Latihan


Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar