Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kini Bayar Pajak Ranmor Semakin Mudah dengan SAMSAT Online

Samsat Online - Keterbatasan waktu dan kesibukan, sering kali menjadi alasan pemilik kendaraan bermotor malas membayar pajak.

Karena itulah, tidak jarang dari mereka menggunakan jasa calo ketika masa jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan bermotornya tiba.
bayar pajak kendaraan secara online dnegan e-samsat

Iya, tidak dapat dipungkiri, dulu..ketika pembayaran pajak kendaraan bermotor masih dilakukan secara manual, yakni dengan mendatangi langsung kantor samsat terdekat banyak dari kita merasa kerepotan.

Membayar Pajak Motor Secara Online


Sehingga membuat kita malas untuk antri dan menunggu giliran dipanggil ketika membayar pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat.

Padahal tujuan kita terbilang cukup mulia, yakni menjadi warganegara yang bijak dan taat pajak.

Mengeluarkan uang untuk membayar pajak yang disetorkan kepada negara, dan dapat digunakan negara untuk pembangunan negeri tercinta ini.

Tapi, karena ribet dan bertele-tele nya birokrasi yang ada, waktu yang dihabiskan untuk membayar pajak kendaraan bermotor tidaklah sebentar, bahkan bisa memakan waktu berminggu-minggu.

Membayar pajak kendaraan bermotor sama artinya memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan dan penggantian STNK dan Plat Nomor kendaraan untuk 5 tahunan.

STNK diterbitkan oleh Kantor SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap), yakni suatu tempat pelayanan sistem administrasi untuk memperlancar dan mempercepat kepentingan masyarakat umum dalam satu tempat (gedung).

Penerbitan atau pengesahan STNK di SAMSAT ini dilakukan oleh 3 instansi, yakni:

  • Polri
  • Dinas Pendapatan Provinsi
  • PT Jasa Raharja

Lihat juga: Cara dan Prosedur Perpanjangan STNK di SAMSAT

Namun kini, selamat untuk masyarakat pemilik kendaraan bermotor khususnya di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Nangroe Aceh Darusalam (NAD) dan Banten.

Karena pengurusan perpanjangan STNK untuk pemilik kendaraan bermotor di jateng, jatim, jabar, NAD, DKI, dan Banten tidak lagi merepotkan.

Pelayanan pembayaran pajak STNK, sementara ini khusus untuk ke enam wilayah tersebut dapat dilakukan secara online, atau dengan transaksi elektronik.

Sehingga dengan demikian, pemilik kendaraan bermotor, khususnya masyarakat pemilik ranmor ke enam wilayah diatas, tidak perlu lagi mengorbankan waktunya untuk mendatangi kantor Samsat.

Menunggu giliran, mengantri hingga berjam-jam hanya untuk membayar dan memperpanjang STNK nya.

Bahkan sekarang tidak lagi harus membayar pajak lebih mahal karena menggunakan jasa calo, saat pengurusan STNK.

Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dari provinsi jatim, jateng, jabar, aceh, jakarta, dan banten terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui inovasi-inovasi yang berbasis teknologi informasi.

Menerima pembayaran STNK secara online melalui ATM.

Akan tetapi, karena ini merupakan inovasi terbaru, program ini masih sangat terbatas, yakni terbatas pada untuk provinsi-provinsi yang telah kami sebutkan tadi.

Manfaat Layanan Samsat Online


Kita telah memasuki era baru, dunia baru, dunia milenial, yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, yang membuat masyarakat yang hidup didalamnya tidak terlepas dari dunia digitalisasi.

Suka tidak suka, mau tidak mau, kita pun harus mengikuti perkembangan teknologi ini. Ikuti perubahan, atau tergerus perubahan.

Seiring perkembangan teknologi, kini pemilik kendaraan bermotor bisa menggunakan layanan Samsat Online.

Samsat online sendiri menyediakan beberapa layanan pembayaran pajak kendaraan, diantaranya:

  1. Kendaraan bermotor keadaan pengesahaan STNK 1 Tahun.
  2. Kendaraan bermotor keadaan tidak ganti STNK.
  3. Kendaraan bermotor keadaan disertai dengan BPKB, KTP pemilik asli dan STNK.
  4. Kendaraan bermotor keadaan tak terlambat lebih dari 1 Tahun.
  5. Kendaraan bermotor tidak berkeadaan hilang atau rusak, lapor jual, laka dan kriminal.

Dengan hadirnya layanan pembayaran dan perpanjangan STNK secara online ini tentu saja banyak manfaat yang akan diterima oleh masyarakat.

Secara umum, Samsat online mempunyai beberapa manfaat, yakni:

Manfaat Samsat online untuk Kantor Samsat itu sendiri


Samsat online menyajikan data yang lebih akurat dan selalu up to date (terbarukan), sehingga realisasi dan penerimaan pajak per UPT PPD, maupun secara keseluruhannya, dapat terlihat dengan pasti dan realtime.

Manfaat Samsat online bagi Wajib Pajak


Memudahkan wajib pajak atau pemilik kendaraan bermotor untuk melakukan pembayaran pajak ranmor nya, sebab, mereka dapat membayar pajak kendaraan di kantor bersama Samsat manapun selama masih dalam 1 provinsi.

Seperti yang telah kami utarakan diatas, saat ini baru beberapa provinsi yang memiliki layanan pembayaran dan perpanjangan STNK secara elektronik atau Samsat online, yakni:

Provinsi Jawa Timur 


Bagi pemilik kendaraan atau wajib pajak untuk wilayah administrasi kendaraan bermotor Provinsi Jawa Timur dapat mengakses portal layanan Samsat online di:

https://esamsat.jatimprov.go.id

Provinsi Jawa Tengah


Bagi pemilik kendaraan atau wajib pajak untuk wilayah administrasi kendaraan bermotor Provinsi Jawa Tengah dapat mengakses portal layanan Samsat online di:

http://dppad.jatengprov.go.id/

Provinsi Jawa Barat


Bagi pemilik kendaraan atau wajib pajak untuk wilayah administrasi kendaraan bermotor Provinsi Jawa Barat dapat mengakses portal layanan Samsat online di:

https://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/

Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta (DKI Jakarta)


Bagi pemilik kendaraan atau wajib pajak untuk wilayah administrasi kendaraan bermotor Provinsi DKI Jakarta dapat mengakses portal layanan Samsat online di:

http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB

Provinsi Nangroe Aceh Darusalam (NAD)


pembayaran pajak motor online provinsi aceh

Bagi pemilik kendaraan atau wajib pajak untuk wilayah administrasi kendaraan bermotor Provinsi Nangroe Aceh Darusalam dapat mengakses portal layanan Samsat online di:

http://esamsat.acehprov.go.id

Provinsi Banten


layanan pajak motor online banten

Bagi pemilik kendaraan atau wajib pajak untuk wilayah administrasi kendaraan bermotor Provinsi Banten dapat mengakses portal layanan Samsat online di:

http://dppkd.bantenprov.go.id 


layanan pajak motor online banten

Wilayah Pelayanan Samsat Online


Anda yang tidak memiliki waktu luang, yang dulunya sering kali menggunakan jasa calo, sehingga membayar lebih mahal untuk pajak ranmor, akan lebih tertolong dengan adanya sistem Samsat online ini.

Bahkan sebelum ada peraturan pembayaran transaksi elektronik di 3 wilayah hukum, yaitu: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten telah memberlakukan sistem perpanjangan STNK secara online.

Artinya, ketika Anda memiliki KTP Bekasi, Anda dapat mengurus pajak STNK di Jakarta. Akan tetapi, untuk saat ini, tidak semua kantor Samsat di Jakarta melayani pengurusan STNK online.

Adapun, pengaturan wilayah Samsat yang dapat diakses secara online adalah:

  1. Wilayah DKI Jakarta, meliputi: Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dapat dilayani online di Samsat BSD, Samsat Cinere, dan Samsat Cikokol.
  2. Wilayah Banten, meliputi: BSD, Cikokol, Ciledug, Ciputat, Balaraja, dapat memproses STNK onlinenya di Samsat Jakarta Selatan dan Samsat Cinere.
  3. Wilayah Jawa Barat, meliputi: Depok, Cinere, Cikarang-Bekasi, pengurusannya dapat dilakukan di Samsat Jakarta Selatan, Samsat BSD, dan Samsat Cikokol.


Pelayanan Samsat Online untuk Samsat Terpadu Jawa Barat


pelayanan pajak motor online e-samsat jawa barat

Inovasi yang dilakukan oleh Polda Jawa Barat dan beberapa pihak yang terkait, telah meluncurkan perpanjangan STNK online yang dapat dilakukan di semua wilayah Polda Jawa Barat.

Akan tetapi, walaupun prosesnya dilakukan secara online, namun tetap harus dilakukan di Samsat terdekat.

Sebagai contoh:

Pemilik kendaraan bermotor dengan STNK masuk wilayah Samsat Majalengka, akan tetapi ia sendiri tinggal di Bekasi. Maka pemilik kendaraan yang tinggal di Bekasi tersebut tidah harus pergi ke Majalengka untuk mengurus perpanjangan atau pembayaran pajak ranmor nya, namun dapat mengurusnya di Bekasi. Yang mana Samsat Online Terpadu Polda Jawa Barat ini buka setiap hari kerja, mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Lihat juga: Cara Menghitunga Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) beserta Dendanya

Adapun wilayahnya antara lain:

  • Wilayah Polda Jabar: Seluruh Samsat Polda Jabar
  • Wilayah Polda Metro Jaya: Samsat Bekasi dan Samsat Cikarang

Tim Pembina Samsat Jawa Barat telah melakukan inovasi dengan membuat E-Samsat yang menggandeng beberapa bank.

Sehingga pemilik kendaraan atau nasabah dapat melakukan pembayaran di 64.000 jaringan ATM Bank-bank yang telah bekerja sama dengna Samsat Jawa Barat, seperti:

  • Bank BJB, 
  • Bank BNI, 
  • Bank BCA, 
  • Bank BRI, 
  • Bank Permata 
  • Bank CIMB Niaga.

Seperti yang kami kutip dari Bapenda Provinsi Jawab Barat di bapenda.jabarprov.go.id, berikut ini persyaratan agar bisa menikmati fasilitas E-Samsat: 

  1. Kendaraan tidak dalam status blokir Ranmor/ blokir data kepemilikan.
  2. Wajib Pajak memiliki telpon dan nomor  seluler yang aktif.
  3. Wajib Pajak Memiliki Nomor Rekening Tabungan dan Kartu ATM di Bank BJB atau Bank BNI atau Bank BCA atau Bank BRI dengan identitas yang sama dengan data kendaraan dimaksud.
  4. Kendaraan yang bisa melakukan daftar ulang adalah yang Wajib Pajak yang NIK/No. KTP-nya  telah sesuai (sama) antara yang terdaftar di server samsat dan di Rekening Bank BJB atau Bank BNI atau Bank BCA atau Bank BRI.
  5. Berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan daftar ulang 1 (satu) tahunan.
  6. Tidak berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan yang bersamaan dengan ganti STNK  5 tahunan.
  7. Masa berlaku pajak yang bisa dibayar kurang dari   6 bulan dari masa jatuh tempo.
  8. Wajib pajak adalah perseorangan (bukan badan usaha/yayasan /badan sosial).


Sedangkan untuk tahapan-tahapan pembayaran STNK melalui e-Samsat Jawa Barat, dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

Tahapan-tahapan pembayaran pajak STNK melalui E-Samsat Jawa Barat:

  1. Kirim SMS ke 0811 211 9211 (SMS Gateway Server Dispenda Aplikasi Samsat). Dengan format: esamsat[spasi] no.rangka[spasi]NIK/KTP 
  2. Lakukan pengecekan status data NIK/KTP, curanmor, dan blokir ke server Polda.
  3. SMS balasan yang dikirim isinya: kode bayar, data kendaraan, dan jumlah tagihan.
  4. Jika data kendaraan dan jumlah penetapan sudah disepakati, maka wajib pajak dapat membayarnya di ATM Bank yang telah bekerjasama.  
  5. Ikuti langkah pembayaran di ATM dengan cara memilih Menu Lainnya -> Pajak/Retribusi Provinsi Jawa Barat -> Pajak Kendaraan Lalu, masukkan kode pembayarannya atau Kode Provinsi+Masa Berlaku PJK. Contoh Kode Bayar: 3212010552775XXX  
  6. Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah nilai yang tertera di layar ATM,  lalu Anda akan mendapatkan struk tanda bukti bayar pajak serta memperoleh SMS konfirmasi pembayaran pajak motor.
  7. Kemudian datang ke kantor Samsat untuk menukar struk pembayaran dengan SKPD di semua kantor layanan samsat terdekat. Penukaran ini hanya berlaku dalam waktu 14 hari, jika lewat dari waktu yang telah ditentukan maka SKPD tidak dalap dicetak.


Pelayanan Samsat Online DKI Jakarta


pelayanan bayar pajak motor online dki jakarta

Sebelumnya, pembayaran pajak melalui Samsat online wilayah DKI Jakarta hanya bisa dilakukan dengan transfer melalui Bank DKI saja.

Namun berdasarkan informasi terbaru, pemilik kendaraan bermotor berplat DKI Jakarta sudah bisa membayar pajak secara online, dengan transfer ke bank.

Samsat online DKI Jakarta kini telah bekerja sama dengan banyak Bank, diantarnya:

  • Bank BRI
  • Bank BNI
  • Bank BTN 
  • Bank Bukopin

Adapun cara pembayarannya sama dengan cara pembayaran e-Samsat wilayah Provinsi Jawa Barat.

Untuk Anda yang belum memiliki rekening Bank yang telah bekerjasama dengan Samsat Online DKI Jakarta dapat melakukan pembayaran pajak melalaui gerai Samsat Drive Thru, seperti:

  1. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Timur, beralamat di Jl. DI Panjaitan No. 55 Jakarta Timur 13340
  2. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Utara, beralamat di Jl. Gunung Sahari Raya No. 13 Jakarta Utara 14420
  3. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Selatan, beralamat di Jl. Gatot Subroto No. 2 Jakarta Selatan 12190
  4. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Barat, beralamat di Jl. Daan Mogot KM. 13 Jakarta Barat 11730

Pembayaran pajak melalui Samsat Drive Thru ini terbilang cukup praktis, cukup dengan memberikan STNK, BPKB, dan KTP sesuai dengan nama di BPKB, kemudian bayar - SELESAI.

Pelayanan Samsat Online Provinsi Jawa Timur


layanan pajak motor online jawa timur

Tidak mau ketinggalan dengan provinsi-provinsi lainnya Samsat Jawa Timur pun melakukan inovasi terkait pelayanan pembayaran pajak bermotor secara online dengan e-Samsat.

Bahkan tidak hanya itu, fitur-fitur yang ditawarkan oleh e-Samsat Jawa Timur lebih baik jika dibandingkan dengan e-Samsat Provinsi Jawa Barat.

Kelebihan e-Samsat Jawa Timur dibandingkan e-Samsat Jawa Barat diantaranya adalah pembayaran pajak STNK tidak hanya bisa dilakukan melalui ATM saja.

Namun juga dapat dibayar di teller Bank Jawa Timur, bahkan juga dapat dilakukan melalui mobile banking dan Internet banking.

Untuk tahapan pembayarannya sendiri, Anda dapat mengunjungi situs Bank Jatim.

Adapun tahapan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online di wilayah Provinsi Jawa Timur adalah sebagai berikut  :

  1. Mendaftar di www.esamsat.jatimprov.go.id 
  2. Pilih lokasi kendaraan Anda terdaftar 
  3. Pilih Samsat awal kendaraan Anda terdaftar 
  4. Masukkan Nomer Polisi yang akan dibayar dan Kode acak yang tersedia 
  5. Akan muncul tampilan informasi pembayaran PKB yang harus dibayar 
  6. Website akan menampilkan identifikasi kepemilikan 
  7. Masukkan Nomor Rangka dan Nomor BPKB
  8. Pilih Samsat untuk pengesahan STNK dan Pilih Bank sebagai tempat pembayaran. 
  9. Anda akan mendapatkan kode booking pembayaran (Kode Bayar) yang bisa digunakan untuk membayar di ATM bank atau teller Bank Jatim. 
  10. Selesai.
Setelah selesai membayar, Anda akan mendapatkan bukti bayar yang nantinya bisa Anda gunakan untuk melakukan pengesahan STNK.

Dan pencetakan Notice PKB di lokasi Samsat yang telah di pilih sebelumnya dengan membawa BPKB, STNK dan KTP Asli maksimal 7 hari setelah transaksi pembayaran dilakukan.


Pelayanan Samsat Online Wilayah Provinsi Jawa Tengah


layanan pajak motor online jawa tengah

Selanjutnya adalah pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online untuk wilayah Samsat online Provinsi Jawa Tengah.

Untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online di Samsat online wilayah provinsi Jawa Tengah, bisa Anda lakukan dengan cara mengakses situs http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/ .

Khusus pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online untuk Samsat online wilayah Jawa Tengah, hanya dapat dilakukan di ATM Samsat Bank Jateng dan bank BNI.

layanan pajak motor online jawa tengah 1

Adapun langkah-langkah pembayaran pajak secara online di Provinsi Jawa Tengah adalah sebagai berikut: 

  1. Unduh aplikasi smartphone Android di Google Play Store bernama Sakpole (Sistem Administrasi Pajak Online)
  2. Kemudian ikuti petunjuk dan fitur yang ada di aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya transfer pembayaran menggunakan mobile banking 
  4. Kemudian, jika sudah membayar, wajib pajak bisa datang ke kantor Samsat Online atau Samsat Keliling untuk menukar dengan SKPD asli dengan membawa STNK dan KTP (tanpa antri).
  5. Struk atau bukti bayar berlaku 14 hari kerja.


Cara Cek Pajak Motor Secara Online


Selain fitur pembayaran pajak secara online, Samsat online juga memiliki fitur layanan cek pajak secara online.

Melalui layanan ini, kini masyarakat pemilik kendaraan bermotor dapat melakukan pengecekan pajak STNK secara online di kantor Samsat dan Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta, tepatnya di situs Samsat Jakarta.

Dengan catatan, jika plat nomor di kurang dari 4 digit, maka masukkan angka 0 di bagian depan.

Sebagai contoh:

Kendaraan bermotor dengan plat nomor B 789 ABI. Jika ingin melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor maka pemilik kendaraan bermotor dengan Plat Nomor B 789 ABI harus menambahkan angka 0 sehingga menjadi B 0789 ABI.

Jika ternyata setelah dilakukan pengecekan dan tidak menampilkan keterangan apa-apa, maka besar kemungkinan plat nomor tersebut tidak terdaftar di samsat DKI.

Jika ternyata proses pengecekan berhasil, maka akan muncul semua informasi yang berkaitan dengan pajak kendaraan, termasuk kapan jatuh temponya.

SMS Pemeriksaan STNK


Jika Anda ingin membeli kendaraan bermotor bekas/ second, Anda dapat memeriksa status keaslian STNK melalui SMS.

Hal ini bisa Anda lakukan agar Anda tidak tertipu ketika membeli kendaraan bermotor. Artinya jangan sampai Anda membeli kendaraan bermotor bodong.

Karena saat ini, penipuan-penipuan seputar jual beli kendaraan bermotor dengan modus penipuan BPKB dan STNK palsu marak terjadi.

Sebagai orang awam kita tentu sulit membedakan mana STNK, BPKB yang asli dan mana yang palsu.

Karena itu, ada baiknya Anda mengecek keaslian surat menyurat kendaraan bermotor seperti STNK dan BPKB sebelum Anda melakukan transaksi pembelian kendaraan.

Anda dapat mengecek validitas plat nomor kendaraan dengan SMS.

Akan tetapi, fitur dan layanan cek STNK, BPKB kendaraan bermotor dengan SMS ini hanya ada di beberapa provinsi.

Berikut ini layanan mengecek STNK melalui SMS di beberapa Provinsi di Indonesia:

Cek STNK melalui SMS di Provinsi Jawa Timur

SMS: JATIM <spasi> PlatNomorKendaraan  Contoh: JATIM L2222DS, Lalu kirim ke 7070

Cek STNK melalui SMS di Provinsi DKI Jakarta
   
SMS: METRO <spasi> PlatNomorKendaraan  Contoh: METRO B1234PUT, Lalu kirim ke 1717

Cek STNK melalui SMS di Provinsi Jawa Barat    
   
SMS: poldajbr <spasi> PlatNomorKendaraan  Contoh: poldajbr D4545JK, Lalu kirim ke 3977

Cek STNK melalui SMS di Provinsi Jawa Tengah
   
SMS: JATENG <spasi> PlatNomorKendaraan  Contoh: JATENG AD4784KD, Lalu kirim ke 9600

Cek STNK melalui SMS di Provinsi DI Yogyakarta
   
SMS: DIY <spasi> PlatNomorKendaraan Contoh: DIY AB2345UO, Lalu kirim ke 9600

Layanan Media Sosial Samsat - Twitter


Untuk menjangkau masyarakat lebih jauh, kantor Samsat juga memiliki akun media sosial, yakni di Twitter.

Akun Twitter Samsat ini hadir sebagai layanan informasi kepada masyarakat.

Adapun layanan informasi ini berkaitan dengan lokasi SIM dan STNK Keliling.

Anda bisa mencari layanan media sosial Twitter Samsat diwilayah Anda masing-masing dengan jalan, masuk ke akun Twitter Anda, kemudian cari akun Twitter Samsat untuk wilayah Anda masing-masing.

Jika ternyata kantor Samsat di daerah Anda memiliki akun Twitter, maka pasti akan muncul di hasil pencarian akun di Twitter.

Namun, jika ternyata setelah dicari dengan jalan mengetik dengan kata kunci Twitter <spasi> Samsat <spasi> Nama Daerah, seperti contoh: Twitter Samsat Pangkapinang tidak ada, maka berarti Samsat daerah Anda belum memiliki akun Twitter.

Dengan adanya sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online ini, selain dapat memudahkan masyarakat dalam membayar pajak, juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah terutama dari pajak kendaraan bermotor.

Selain itu, masyarakat juga tidak lagi harus mengeluarkan biaya yang lebih besar dari pajak yang seharunya dibayarkan karena membayar pajak melalui jasa calo.

Namun sayang, sistem pembayaran pajak secara online ini baru hadir untuk beberapa provinsi saja, belum merata untuk seluruh provinsi diseluruh Indonesia.

Dan juga,layanan online pajak kendaraan bermotor ini juga masih terbatas untuk pembayaran pajak tahunan, tidak untuk pajak 5 tahunan, dan penggantian STNK serta Plat Nomor Kendaraan Bermotor.

Kita berharap, agar inovasi pelayanan pajak motor secara online ini dapat diterapkan oleh kantor Samsat di seluruh nusantara. Semoga bermanfaat!

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Awam Bicara
Awam Bicara Hanya orang awam yang hobby ngeblog

Posting Komentar untuk "Kini Bayar Pajak Ranmor Semakin Mudah dengan SAMSAT Online"