Contoh Soal PPPK Antonim - Latihan Soal Lawan Kata P3K 2019

Contoh Soal PPPK Antonim - Latihan Soal Lawan Kata P3K 2019

Sering dilihat:

Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau P3K ini adalah yang pertama kali diselenggarakan oleh pemerintah.

Oleh karena itu, pastinya belum pernah ada soal-soal tes penerimaan PPPK sebelumnya.
contoh soal antonim pppk formasi umum

Sehingga dengan demikian, bentuk dan jenis soal-soal yang akan diujikan dalam seleksi penerimaan P3K, tidak dapat dipastikan.

Contoh Soal PPPK Antonim


Akan tetapi, standar tes, atau standar ujian seleksi, baik itu ujian seleksi penerimaan pegawai atau karyawan seperti CPNS, BUMN, maupun swasta, atau ujian seleksi SNMTPN (seleksi penerimaan mahasiswa) pada dasarnya adalah sama.

Yakni menggunakan standar ujian Tes Potensi Akademik atau sering disebut TPA, atau sering kali juga disebut dengan Tes Bakat Skolastik (TBS).

Jika dalam penerimaan pegawai negeri sipil, biasa disebut dengan Tes Kompetensi Dasar atau TKD, yang didalamnya berisi dengan 3 jenis tes, yakni:

  • Tes Intelegensia Umum
  • Tes Wawasan Kebangsaan
  • Tes Karakteristik Pribadi

Pada dasarnya adalah sama dengan Tes Potensi Akademik (TPA) ataupun Tes Bakat Skolastik (TBS).

Yang mana didalam penerimaan pegawai atau karyawan swasta sering disebut dengan tes psikotes.

Penerimaan PPPK atau P3K yang pertama kali dilakukan pemerintah pada tahun ini dilaksanakan dalam dua tahapan, yakni:

Tahap pertama adalah penerimaan P3K khusus untuk eks tenaga honorer kategori II (Eks THK2), dan
Tahap kedua, yakni penerimaan P3K untuk pelamar umum atau formasi umum.

Seperti yang telah dijelaskan oleh pemerintah bahwa, penerimaan PPPK khusus untuk mantan tenaga honorer KII bentuk ujian soal seleksi yang diadakannya tidak sama dengan penerimaan CPNS.

Hanya saja, pelaksanaannya sama dengan penerimaan CPNS, yakni dengan menggunakan sistem CAT (Computer Asissted Test).

Adapun untuk bentuk soalnya, yakni sesuai dengan pekerjaan yang mereka kerjakan sehari-hari sebagai tenaga honorer di pemerintahan.

Namun untuk penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK dari formasi umum, ada ketentuan passing grade dan seleksi kompetensi dalam menyaring pelamar P3K.

Sehingga dengan begitu, dapat kita asumsikan bahwa bentuk soal yang akan diujikan dalam penerimaan PPPK formasi umum nanti, tidak akan jauh berbeda dengan bentuk soal penerimaan pegawai negeri, swasta, BUMN, maupun seleksi penerimaan mahasiswa baru (SNMPTN).

Untuk itu, sebagai bahan untuk pembelajaran Anda dalam menghadapi ujian seleksi penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK, kami akan memberikan contoh-contoh soal sebagaimana yang sering dipakai untuk menyeleksi penerimaan pegawai negeri, pegawai swasta, pegawai BUMN, dan seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Dan kali ini, kami akan memberikan Anda contoh soal, dari daftar contoh soal yang kami miliki untuk seleksi penerimaan pegawai negeri sipil dan bumn.

Yang pertama akan kami bahas dalam contoh soal seleksi karyawan atau pegawai ini dan termasuk dalam tes potensi akademik atau tes kompetensi dasar, adalah contoh soal lawan kata atau antonim.

Antonim atau lawan kata ini jumlahnya sangat banyak, yakni berupa kata benda, kata kerja, maupun kata sifat.

Bahkan tidak hanya itu, ada banyak pula istilah-istilah dalam bidang tertentu yang memiliki antonim atau lawan kata.

Antonim atau lawan kata ini juga tidak hanya digunakan sebagai soal-soal seleksi penerimaan pegawai atau karyawan, namun juga digunakan untuk soal-soal ujian sekolah (SD, SMP, SMA).

Sebelum kita membahas atau mempelajari tentang lawan kata atau antonim, ada baik kita mengetahui tentang apa itu antonim, atau pengertian dari antonim atau lawan kata itu sendiri.

Pengertian Antonim


Antonim adalah kata yang berlawanan makna dengan kata yang lainnya.

Sebagai contoh: Bohong adalah antonim dari Jujur.

Singkatnya antonim adalah lawan kata.

Mengapa antonim atau lawan kata ini harus ada dalam soal seleksi penerimaan karyawan atau pegawai?

Singkatnya, seseorang atau peserta seleksi atau ujian harus manjawab soal-soal antonim adalah untuk mengetahui kemampuan atau pengetahuan atau perbendaharaan kata yang dimilikinya.

Sehingga, ketika ia mulai memasuki dunia kerja, maka ia diharapkan mampu menjelaskan dan mengutarakan pendapat atau pemikirannya dalam kalimat, baik secara tertulis maupun secara lisan.

Contoh Soal Antonim -  Lawan Kata Penerimaan P3K Formasi Umum


Selanjutnya adalah contoh soal antonim - lawan kata penerimaan PPPK formasi umum.

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, untuk soal antonim-lawan kata P3K formasi umum ini akan kami ambil dari database contoh soal penerimaan CPNS yang telah kami miliki.

Selanjutnya, Anda dapat menuju link berikut ini untuk mempelajari dan memahami soal-soal antonim.

Contoh soal antonim yang kami berikan ini, kami sajikan lengkap dengan kunci jawaban soal antonim beserta tips dan trik cara menjawab nya.

Dengan memahami tips dan trik menjawab soal antonim tersebut, kami berharap Anda dapat menjawab semua soal antonim dengan mudah dan cepat, yang pada akhirnya akan menghemat waktu Anda dalam menyelesaikan ujian seleksi penerimaan PPPK.
Loading...
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar