Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK 2019

Jika seleksi kompetensi manajerial penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau P3K, diadakan pula seleksi kompetensi teknis PPPK.

contoh soal seleksi kompetensi teknis pppk

Seleksi kompetensi manajerial PPPK untuk menilai kemampuan manajerial para peserta sedangkan seleksi kompetensi teknis adalah untuk menilai skill atau kemampuan peserta dibidang teknis jabatan yang mereka lamar.

Seleksi Kompetensi Teknis PPPK 2019


Penerimaan CPNS dan PPPK 2019 tahap II untuk umum dan eks honorer K2 ini direncananya akan diadakan setelah Pemilihan Umum serentak tanggal 17 April 2019.

Jika melihat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 tahun 2018, ditegaskan bahwa seleksi pengadaan PPPK akan dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap, yakni:
  • Seleksi Administrasi
  • Seleksi Kompetensi

Untuk seleksi administrasi adalah proses mencocokkan persyaratan administrasi dan kualifikasi dokumen pelamar.

Sedangkan untuk proses seleksi kompetensi dilakukan untuk menilai kemampuan atau skill yang dimiliki peserta ujian (pelamar), yakni untuk menilai:
  • Seleksi Kompetensi Manajerial
  • Seleksi Kompetensi Teknis
  • Seleksi Kompetensi Sosial Kultural

Seleksi kompetensi ini dilakukan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan yang dilamar.

Dijelaskan pula dalam pasal 22 PP Nomor 49 tahun 2018, bahwa seleksi kompetensi itu sendiri terdiri atas:
  • Seleksi kompetensi untuk jabtan yang mensyaratkan sertifikasi profesi
  • Seleksi kompetensi untuk jabatan yang belum mensyaratkan sertifikasi profesi.

Selanjutnya, seleksi kompetensi teknis untuk jabatan yang mensyaratkan sertifikasi profesi dilakukan dengan uji kompetensi untuk menentukan peringkatnya.

Sedangkan Seleksi kompetensi teknis untuk jabatan yang belum mensyaratkan sertifikasi profesi dilakukan dengan uji kompetensi untuk menentukan ambang batas kelulusan dan peringkat.

Contoh Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK


Berdasarkan uraian di atas Soal Tes Seleksi PPPK umum tidak akan sama dengan soal penerimaan CPNS yang menyeleksi pesertanya dengan tes kemampuan dasar (SKD).

Lihat: Contoh Soal Seleksi Kompetensi PPPK Penyuluh Pertanian

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa untuk contoh soal seleksi kompetensi teknis, kisi-kisi soalnya sama dengan Seleksi Kompetensi Bidang - SKB penerimaan CPNS.

Apabila Anda melamar formasi jabatan Guru, maka yang berlaku adalah soal seleksi kompetensi yang mensyaratkan sertifikasi profesi, yang penilaiannya berdasarkan uji kompetensi.

Adapun untuk kisi-kisi soalnya tidak akan jauh berbeda dengan soal SKB CPNS, atau Soal Ujian Kompetensi Guru (Soal UKG).

Sedangkan untuk penerimaan PPPK umum formasi jabatan lainnya, yang tidak mensyaratkan sertifikasi profesi seperti jabatan-jabatan fungsional tertentu dan jabatan pimpinan tinggi (JPT) tertentu, sesuai dengan kompetensinya masing-masing, dengan penilaian berdasarkan ambang batas dan peringkat uji kompetensi.

Jadi, misalnya untuk profesi guru, jika mengacu pada pasal 22 PP Nomor 49 Tahun 2018, Soal Tes Seleksi Kompetensi Teknik PPPK guru akan sama dengan Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) atau soal Tes SKB CPNS Guru.

Bagi yang sudah pernah mengikuti UKG, Pretes PPG, SKB dan lainnya tentu seleksi seperti ini tidak asing lagi dan mudah-mudah Anda dapat lulus dengan mudah.

Untuk contoh soal seleksi kompetensi teknis PPPK dengan melihat Soal Ujian Kompetensi Guru (soal UKG) ataupun Seleksi Kompetensi Bidang, Anda dapat melihat di contoh soal skb ini.

Dengan demikian, contoh soal kompetensi teknis penerimaan PPPK untuk umum formasi jabatan fungsional, seperti jabatan fungsional guru, penyuluh pertanian, dan tenaga kesehatan untuk seleksi kompetensi nya Anda bisa mempelajari contoh soal Seleksi Kompetensi Bidang CPNS.

Adapun sistem penilaiannya adalah dengan menentukan peringkat dari uji kompetensi, seperti dalam tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS (untuk jabatan yang mensyaratkan sertifikasi profesi).

Untuk jabatan fungsional yang belum mensyaratkan sertifikasi profesi, maka penilaian atau pemeringkatannya dilakukan dengan ambang batas kelulusan dan peringkat.

Penerimaan PPPK ini adalah diperuntukkan pada tenaga-tenaga profesional dibidangnya masing-masing.

Seperti, tenaga profesional guru, dosen, penyuluh pertanian dan tenaga kesehatan, yang artinya tidak untuk tenaga-tenaga administrasi.

Seleksi kompetensi teknis PPPK ini untuk melihat kemampuan teknis atau skill peserta seleksi penerimaan PPPK, sebagai dasar dalam pengangkatan jabatan dan pengembangan karir pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

Seleksi kompetensi teknis ini sendiri ada 40 soal pilihan ganda. Dengan penilaian satu soal benar bernilai 3, jika satu soal salah bernilai 0, dengan nilai maksimum 120.

BKN mengungkapkan, tidak semua peserta ujian PPPK bisa lolos ke tahap berikutnya, karena ada pemberlakuan passing grade bagi peserta P3K 2019.

Melansir laman Twitter resmi @BKNgoid, BKN mengumumkan passing grade yang harus dipenuhi peserta P3K 2019 agar lolos ke tahap berikutnya adalah sebagai berikut:
  1. Nilai kumulatif seleksi kompetensi minimal 65
  2. Sub kompetensi teknis minimal 42.

Jika passing grade nomor 1 dan 2 terpenuhi maka baru diberlakukan passing grade wawancara, minimal 15.

Sementara itu, jika nilai hasil wawancara lebih dari 15 namun passing grade nomor 1 dan 2 tak terpenuhi maka peserta P3K tak lolos seleksi.

Tips Menjawab Soal PPPK 2019


Dalam setiap ujian penerimaan karyawan ataupun pegawai, yang harus diperhatikan adalah kemampuan memenajemen waktu.

Serta sering mengulang-ngulang soal, dan membahas soal-soal yang pernah keluar sebelumnya.

Untuk membantu Anda dalam menghadapi seleksi kompetensi teknis penerimaan PPPK, kami telah merangkum beberapa tips dalam menjawab dan menghadapi bentuk soal penerimaan PPPK 2019.

Lihat: Contoh Soal Seleksi Kompetensi PPPK Guru dan Dosen

Teknis pelaksanaan seleksi PPPK 2019 dan CPNS hampir sama. Sama-sama menggunakan sisem CAT dan memiliki Passing Grade.

Maka trik menjawab PPPK 2019 juga juga tentu hampir sama dengan tes CPNS yang sudah-sudah.
  1. Perbanyak mempelajari dan mengulang-ulang soal-soal beberapa tahun yang lalu agar lebih mahir. 
  2. Pada seleksi penerimaan PPPK total ada 90 soal yang akan dikerjakan oleh peserta seleksi PPPK. 
  3. Waktu yang disediakan hanya 100 menit. Artinya Anda harus menjawab untuk satu soal kurang dari dua menit. 
  4. Melakukan persiapan ekstra untuk bisa sukses di ujian PPPK.
  5. Prioritaskan untuk menjawab soal yang paling mudah. 
  6. Jangan terpaku sama soal yang susah, karena itu akan menghabiskan waktu Anda.
  7. Ulangi pembahasan contoh soal SKB, soal UKG, Pretes PPG, dan yang lainnya tentu agar Anda lulus dengan mudah.

Demikianlah kisi-kisi contoh soal seleksi kompetensi teknis penerimaan PPPK 2019.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Awam Bicara
Awam Bicara Hanya orang awam yang hobby ngeblog

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK 2019"