Gaji Besar atau Kenyamanan Kerja? Berikut Cara Memilih Tempat Kerja yang Baik

Loading...
Memilih Tempat Kerja - Ingin gaji yang besar, atau lebih memilih kenyamanan tempat kerja?

Ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan seseorang dalam memilih tempat kerja yang baik.
gaji besar atau kenyamanan kerja

Namun, kebanyakan dari kita pasti lebih memilih faktor gaji sebagai pertimbangan utama dalam hal memilih tempat kerja yang baik.

Lihat juga: Rencana Setelah Lulus SMA

Memilih Tempat Kerja yang Baik


Padahal, kenyataannya adalah jangankan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, nyaman dan gaji besar, untuk dapat kerja saja sulit.

Memang, tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa, mencari pekerjaan itu tidaklah sulit, justru sangat mudah malah.

Bahkan ada yang beranggapan bahwa untuk mendapatkan pekerjaan itu, tergantung dari nasib, dan rezeki orang masing-masing.

Memang benar, faktor nasib dan rezeki memiliki peranan penting bagi seseorang dalam mendapatkan pekerjaan, namun tidak sepenuhnya benar juga.

Sebab, selain faktor nasib dan rezeki, ada hal yang terpenting lainnya, yakni faktor usaha.

Sebab, walaupun seseorang bernasib mujur, namun tidak ada usaha sama sekali, tetap saja ia tidak akan mendapatkan pekerjaan yang diidam-idamkannya.

Kemudian, ada pula faktor keahlian, kemampuan atau skill yang juga sangat mempengaruhi mudahnya seseorang dalam mendapatkan pekerjaan.

Selain semua faktor diatas, kemudahan-kemudahan dalam mencari pekerjaan juga ditentukan oleh faktor pengalaman dan relasi,

Artinya, orang yang memiliki pengalaman kerja yang cukup tinggi, tentu akan sangat mudah untuk diterima disebuah perusahaan.

Begitu pula bagi mereka yang memiliki relasi atau keluarga dalam perusahaan tersebut.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang baru fresh graduates, atau mereka yang baru lulusan SMA agar bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan layak?

Untuk yang satu ini, salah satu yang dapat membuat mereka mudah dalam mendapatkan pekerjaan adalah kemampuan/ skill, serta tidak memilih-milih jenis pekerjaan.

Walaupun begitu, tentu saja semua orang ingin dan mendambakan serta selalu berusaha untuk dapat bekerja dengan nyaman ditempat kerja yang sesuai dengan harapan.

Keberuntungan dalam mendapatkan tempat kerja yang nyaman dan sesuai dengan keinginan tidak mungkin dimiliki oleh setiap orang.

Dan inilah yang sering kali membuat banyak dari kita yang resign atau memilih untuk pindah tempat kerja dengan harapan akan mendapatkan sebuah tempat kerja yang lebih layak dan nyaman.

Bagi sebagian orang, bekerja di kantoran, diarea perkantoran dengan gedung-gedung tinggiu dan megah serta tingkat kesibukan yang cukup tinggi bisa menjadi sebuah tantangan yang menyenangkan untuk dilakoni.

Akan tetapi, tidak sedikit pula orang yang ingin bekerja disebuah tempat kerja yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan, tempat yang nyaman dan damai, serta dekat dari rumah.

Serta tidak jarang pula ada orang yang ingin bekerja tanpa ikatan jam kerja yang ketat, dalam artian, pekerjaan yang memberikan kebebasan kepada karyawannya mengenai jam kerja, namun menuntut produktifitas yang tinggi.

Atau mereka yang lebih suka bekerja dilapangan, dibandingkan didalam ruangan atau dikantor.

Artinya, standar kebahagiaan dan kenyamanan seseorang itu tidak sama dengan orang yang lain, dan karena itulah banyak faktor yang bisa menjadi pertimbangan dalam hal memilih tempat kerja yang nyaman.

Pertimbangan Memilih Tempat Kerja yang Baik


Pertanyaannya adalah Anda sendiri bagaimana? Apakah sudah sesuai dengan standar kenyamanan Anda sendiri ditempat kerja Anda saat ini?

Jika tidak, kami telah memberikan beberapa poin penting yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum Anda memutuskan untuk resign dan memilih tempat kerja yang baru.

1. Pertimbangan Penghasilan - Gaji yang Lebih Baik.


Seperti yang telah kami katakan, faktor gaji adalah yang paling banyak menjadi alasan atau pertimbangan seseorang mengapa mereka resign dan pindah tempat kerja.

Bahkan tidak sedikit pula yang memutuskan untuk tetap bertahan dilingkungan atau tempat kerja yang kurang baik, karena gaji yang ditawarkannya cukup besar.

Dan ada pula yang rela pergi atau pindah ketempat kerja yang jauh dari domisilinya dengan alasan untuk mendapatkan promosi jabatan atau gaji yang lebih besar.

Sekali lagi, uang adalah faktor yang sangat besar pengaruhnya bagi sebagian besar orang didunia ini.

Gaji yang tinggi, berarti penghasilan dan pendapatannya bertambah besar, sehingga kesejahteraan seorang karyawanpun semakin meningkat.

Jadi, selalu pertimbangkan secara matang dan tidak terburu-buru mengenai hal ini.

Bila memang Anda memutuskan untuk pindah kerja, karena alasan uang atau kenaikan gaji dan kesejahteraan, maka pastikan gaji yang didapatkan di tempat kerja yang baru lebih baik dari yang sekarang.

Lihat: Kesalahan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Serta Anda juga harus menyesuaikan dan memperhitungkan tambahan pengeluaran yang akan anda perlukan, seperti misalnya: bertambahnya uang transport yang diakibatkan lama perjalanan dari rumah ke kantor baru.

Selain itu juga, pertimbangkan pula jenjang karir yang akan Anda dapatkan ditempat kerja yang baru, apakah lebih baik (tinggi) atau sebaliknya.

2. Pertimbangan Lokasi Kantor


Sebenarnya, faktor pertimbangan lokasi kantor ini, masih erat hubungannya dengan faktor atau pertimbangan gaji atau uang.

Karena selain tidak kalah pentingnya untuk dijadikan sebuah pertimbangan dalam memilih tempat kerja, juga karena akan mempengaruhi kinerja, serta mempengaruhi pengeluaran Anda di kantor setiap harinya.

Bekerja di kota besar dan lokasi kantor yang jauh dari tempat tinggal, akan membuat Anda harus menghabiskan banyak waktu di perjalanan serta mengeluarkan biaya transportasi yang tidak sedikit pula,

Selain pengeluaran yang bertambah, hal ini juga akan sangat melelahkan dan membuang banyak waktu anda yang berharga.

3. Pertimbangan Keahlian yang Dimiliki


Ketika Anda memiliki keahlian dan kemampuan khusus, artinya Anda telah memiliki nilai tersendiri bagi sebuah perusahaan.

Sehingga dengan demikian, Anda lebih mudah dan leluasa dalam mencari pekerjaan dan mendapatkan pekerjaan di tempat yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Selain itu, keahlian yang tidak terlepas dari bakat dan hobi, tentu akan menjadi sebuah kesenangan tersendiri jika Anda bisa bekerja sesuai dengan bidang yang Anda sukai dan yang Anda kuasai.

Kesibukan, irama kerja, serta tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab Anda yang sesuai dengan keahlian dan hobi Anda, akan membuat Anda lebih menikmati dan merasa nyaman dengan lingkungan kerja yang seperti itu, dan hasilnyapun dapat diandalkan.

Namun sebaliknya, jika ternyata anda memilih untuk bekerja di luar keahlian Anda, maka selain Anda kewalahan dalam mengerjakan tugas-tugas Anda, juga akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Jadi, jika yang menjadi alasan Anda untuk memilih tempat kerja adalah keahlian dan profesi, maka ketika Anda memutuskan untuk beralih profesi, maka pastikan bahwa hal tersebut dapat Anda imbangi dengan kesiapan diri dalam menghadapi segala tantangan pekerjaan baru tersebut.

4. Pertimbangan Pengalaman Kerja


Ingatlah, bekerja di sebuah perusahaan swasta, pengalaman kerja adalah salah satu faktor yang menjadi pertimbangan sebuah perusahaan dalam menerima karyawan/ pegawai baru.

Karena itu, meskipun perusahaan tempat Anda bekerja hanyalah sebuah perusahaan kecil, akan tetapi, pengalaman yang Anda dapatkan disana sangat bermanfaat.

Anda bisa menjadikan tempat kerja itu sebagai tempat untuk belajar sementara dan sebagai batu loncatan, agar dikemudian hari Anda dapat menembus perusahaan yang lebih besar.

5. Pertimbangan Brand Perusahaan


Bekerja pada sebuah perusahaan besar dan ternama akan membuat anda memiliki sebuah kebanggaan dan prestis tersendiri.

Memiliki kebanggaan terhadap pekerjaan yang Anda lakukan, tentu saja akan sangat mempengaruhi kinerja Anda disana.

Karena Anda merasa bangga menjadi bagian dari perusahaan tersebut, sehingga dalam bekerja Anda merasa lebih semangat dan nyaman.

Selain itu, perusahaan besar yang telah memiliki nama (brand) terkenal, juga mempengaruhi fasilitas dan kenyamanan yang diberikan kepada karyawannya.

Jadi, ketika Anda memilih tempat kerja diperusahaan yang telah memiliki nama besar maka hampir bisa dipastikan bahwa Anda akan mendapatkan beragam fasilitas yang dapat mendorong kinerja serta membuat Anda merasa lebih nyaman dalam bekerja.

Namun, tentu saja untuk bekerja di perusahaan besar dan ternama tersebut Anda harus memiliki kemampuan dan skill yang lebih agar bisa diterima kerja disana.

Itulah tadi, lima faktor penting yang menjadi pertimbangan seseorang dalam memilih tempat kerja.

Dalam meniti karir dan bekerja, setiap pegawai atau karyawan pasti akan menghadapi tantangannya masing-masing.

Yang terpenting dalam dunia kerja adalah memiliki integritas diri yang tinggi.

Artinya, dalam bekerja, Anda harus memiliki semangat dan integritas diri yang tinggi sehingga, setiap pekerjaan dapat Anda selesaikan dengan mudah dan Anda dapat pula diandalkan.

Walaupun pada saat ini, Anda belum bekerja ditempat yang sesuai dengan keinginan Anda.

Lihat: Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan Interview

Sebab, integritas yang tinggi wajib dimiliki setiap karyawan, dan di setiap pekerjaan.

Yakinlah, dimanapun Anda bekerja, baik itu ditempat yang sesuai dengan keinginan Anda, ataupun diluar zona nyaman Anda, pasti ada hal yang bisa Anda pelajari.

Ada hal yang dapat Anda ambil manfaatnya, yang nanti dapat Anda gunakan sebagai bekal untuk menggapai kesuksesan dikemudian hari nanti.

Sehingga, dengan begitu, apapun itu pekerjaannya, dimanapun tempat kerjanya, entah itu ditempat kerja yang nyaman atau tidak, Anda dapat menghadapinya dengan profesional dan berintegitas tinggi.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Gaji Besar atau Kenyamanan Kerja? Berikut Cara Memilih Tempat Kerja yang Baik"

Posting Komentar

kredit

simulasi kredit

cloud hosting terbaik

cloud hosting terbaik di indonesia

advokat