Cara Menonaktifkan Gambar Background Login Windows 10 yang Blur - Transparan

loading...
Loading...
Pada pembaruan/ update terbaru Windows tanggal 10 Mei 2019, layar Login Windows menggunakan transparansi "Fluent Design" seperti yang kita lihat di taskbar, Start menu, dan lainnya.

Jika Anda ingin tetap melihat gambar latar belakang layar Login Windows tetap jelas atau tidak nge-blur atau transparans, berikut ini cara menonaktifkannya.

Namun, jika Anda tidak mengaktifkan/ mematikan kunci layar (lock screen), gambar layar login Windows 10 tidak akan terlihat, Anda akan langsung masuk kelayar login, dan melewati hal itu.

Melalui pembaruan terkini windows 10, gambar latar belakang menjadi terdistorsi karena ada efek transparansi gaya "Akrilik" yang digunakan di seluruh Windows.

cara menonaktifkan background windows 10 yang transparan

Tergantung pada versi Windows 10 yang Anda miliki, cara ini akan kembali memawa kejelasan gambar latar belakang menu Login Windows 10 Anda.

Baca: Cara Instal Ekstensi Google Chrome di Android

Cara Mudah Menonaktifkan Sistem Transparansi di Seluruh Windows 10


Apabila Anda tidak menyukai tampilan dengan efek transparansi, maka Anda dapat dengan mudah mematikannya untuk semuanya disegala aspek dari Windows 10.

Hal ini tidak hanya akan menonaktifkannya di lock screen login, tetapi juga di bilah tugas (taskbar), bahkan untuk aplikasi Kalkulator atau People Apps.

Metode atau cara ini adalah untuk semua hal, atau tidak sama sekali dan hanya dinonaktifkan jika Anda memang benar-benar tidak menyukai tampilan yang "blur" atau transparan di mana pun di PC Windows Anda.

Caranya adalah sebagai berikut:

Buka aplikasi Pengaturan dan menuju ke Pengaturan> Personalisasi, atau klik kanan ruang kosong di Desktop, lalu klik "Personalize."

cara menonaktifkan background windows 10 yang transparan

Pilih "Color" di sebelah kiri jendela Pengaturan, gulir ke bawah hingga Anda melihat opsi berlabel "Transparency effects," lalu setel ke "Off".

cara menonaktifkan background windows 10 yang transparan

Untuk membatalkan perubahan ini dan mengaktifkan efek transparansi pada Windows 10 Anda, cukup kembali ke sini dan setel ke "On"

Windows 10 Home: Menonaktifkan Background Transparan Melalui Registry


Jika Anda menggunakan Windows 10 Home, Anda harus mengedit Registry Windows untuk melakukan perubahan ini.

Anda juga dapat melakukannya dengan cara ini jika memiliki Windows 10 Professional atau Enterprise, akan tetapi akan terasa lebih nyaman bekerja di Registry daripada Group Policy Editor.

Namun, jika Anda memiliki Pro atau Enterprise, kami sarankan untuk menggunakan Group Policy Editor yang lebih mudah, seperti yang dijelaskan di bagian selanjutnya.

Peringatan: Editor Registri adalah salah satu alat yang ampuh, apabila salah dalam settingannya dapat membuat sistem Anda tidak stabil atau bahkan tidak dapat dioperasikan.

Ini adalah salah satu cara "ngehack" OS windows yang cukup sederhana, dan selama Anda mematuhi instruksinya, maka Anda tidak akan mendapatkan masalah yang berarti.

Jika Anda belum pernah melakukan penyettingan regestri windows, pertimbangkan untuk membaca tentang cara menggunakan Registry Editor Windows, sebelum Anda memulai.

Dan pastikan untuk membuat backup atau cadangan Registri, sebelum melakukan perubahan.

Anda juga harus membuat titik System Recovery sebelum melanjutkan, dengan begitu, jika terjadi kesalahan, maka Anda dapat selalu memutar balik dan kembali ke sebelum Anda melakukan editor registri.

Selanjutnya adalah buka Registry Editor dengan menekan Windows + R pada keyboard Anda, atau ketik "regedit" ke dalam kotak, dan tekan Enter.

cara menonaktifkan background windows 10 yang transparan

Arahkan ke tombol berikut di bilah sisi kiri, atau copy paste langsung kode dibawah ini ke bilah alamat di atas:

HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Policies \ Microsoft \ Windows

Klik kanan tombol Windows, pilih New> Key, lalu beri nama "System," dan tekan Enter.

cara menonaktifkan background windows 10 yang transparan

Baca: Cara Mengosongkan Ruang Hardisk di Windows 10

Klik kanan tombol Sistem, pilih Baru> Nilai DWORD (32-bit), kemudian beri nama "DisableAcrylicBackgroundOnLogon."

cara menonaktifkan background windows 10 yang transparan

Klik dua kali DWORD yang Anda buat dan kemudian ubah Value Data dari "0" menjadi "1".

cara menonaktifkan background windows 10 yang transparan

Anda tidak harus me-restart komputer Anda agar perubahan ini berlaku.

Cukup tekan Windows + L untuk mengunci komputer Anda, dan Anda akan melihat layar login dengan gambar latar belakang dalam fokus penuh, tanpa blur ditambahkan.

Untuk membatalkan perubahan ini, Anda bisa kembali ke menu registry diatas, kemudian cari nilai "DisableAcrylicBackgroundOnLogon", dan hapus atau set ke "0".

Atau jika Anda tidak ingin repot mengedit registry sendiri, cukup download registri editor yang kami beri nama "Nonaktifkan Background Blur".

Cukup buka file .zip yang diunduh, klik dua kali file "DisableBackgroundBlur.reg", dan setuju untuk menambahkan informasi ke registri Anda.

Kami juga menyertakan file "EnableBackgroundBlur.reg" yang dapat Anda gunakan jika Anda ingin membatalkan perubahan yang telah dilakukan diatas.

Anda tidak perlu me-restart komputer Anda. Perubahan akan segera berlaku, dan Anda akan melihatnya saat Anda mengunci PC Anda (atau tekan Windows + L).

cara menonaktifkan background windows 10 yang transparan

File .reg ini hanya mengubah pengaturan registri yang sama seperti yang kami uraikan di atas.

Jika Anda ingin melihat apa yang akan dilakukan file .reg ini atau yang lain sebelum Anda menjalankannya, Anda dapat mengklik kanan file .reg dan memilih "Edit" untuk membukanya di Notepad. Anda dapat dengan mudah membuat Registry Anda sendiri untuk windows 10 Anda.

Windows Pro dan Enterprise: Menonaktifkan Background Transparan Melalui Group Policy


Jika Anda menggunakan Windows 10 Professional atau Enterprise, cara termudah untuk menonaktifkan transparansi latar belakang adalah dengan menggunakan Local Group Policy Editor.

Local Group Policy Editor ini adalah alat yang ampuh, jadi jika Anda belum pernah menggunakannya sebelumnya, ada baiknya meluangkan waktu untuk mempelajari apa yang bisa dilakukan.

Juga, jika Anda berada di jaringan kantor, bantulah semua orang dan tanyakan kepada admin Anda terlebih dahulu.

Jika komputer kerja Anda adalah bagian dari domain, kemungkinan juga bagian dari "domain group policy" yang akan menggantikan local group policy.

Anda juga harus membuat titik System Restore sebelum melanjutkan, dengan begitu, jika terjadi kesalahan, Anda selalu dapat kembali ke semula.

Pertama, jalankan "group policy editor" dengan menekan Windows + R, ketik "gpedit.msc" ke dalam kotak, dan tekan Enter.

cara menonaktifkan background windows 10 yang transparan

Buka Konfigurasi Computer Configuration > Administrative Templates > System > Logon.

Temukan "Perlihatkan latar belakang masuk yang jelas" di panel kanan dan klik dua kali.

cara menonaktifkan background windows 10 yang transparan

Baca: Cara Mempercepat Kinerja PC Laptop Windows

Atur "Show clear logon background" ke "Enabled" dan kemudian klik "OK." Anda harus me-restart PC Anda sebelum perubahan berlaku.

cara menonaktifkan background windows 10 yang transparan

Jika sebelumnya Anda menonaktifkan lock screen dan Anda mengaktifkan pengaturan ini di "group policy editor", untuk beberapa alasan Windows akan mengembalikannya ke default, artinya akan diaktifkan lagi secara otomatis oleh windows.

Untuk mengembalikan pengaturan ini ke default, kembali lagi ke pengaturan "group policy editor" ini, klik dua kali "Show Clear Logon Background" menjadi "Disabled" atau "Not Configured."

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menonaktifkan Gambar Background Login Windows 10 yang Blur - Transparan"

Posting Komentar

CPNS

Soal CPNS

Drama Korea

Tips blogging

hukum