Formasi CPNS 2019 Tersedia untuk 197.111 Formasi. Berikut Alokasinya!

loading...
Loading...
Pemerintah melalui Kemenpan RB akan membuka lowongan sebanyak 197.111 formasi CPNS 2019.

Alokasi formasi CPNS tahun 2019 untuk kementerian dan lembaga tingkat pusat tersedia sebanyak 37.854 formasi.

Sedangkan sisanya sebanyak 159.257 formasi, disediakan untuk 467 pemerintah daerah diseluruh Indonesia.

Kemenpan RB melalui Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Apararut Sipil Negara mengatakan bahwa rencana pengadaan CPNS tahun 2019 ini akan mulai diumumkan pada bulan ini (Oktober 2019).

alokasi 197111 formasi cpns 2019

Sedangkan untuk proses seleksinya sendiri dilaksanakan pada Desember 2019.

Alokasi 197.111 Formasi CPNS 2019


Dari 197.111 formasi yang tersedia untuk penerimaan CPNS 2019 ini, yang diprioritaskan adalah penerimaan CPNS untuk tenaga teknis yang mendukung pengembangan nasional.

Terutama untuk formasi guru dan tenaga kesehatan serta tenaga teknis lainnya untuk pengembangan Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur.

Apalagi untuk penerimaan CPNS tingkat daerah (pemerintah daerah) yang paling utama adalah untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan.

Sehingga, PNS yang ada nantinya tidak lagi di dominasi oleh PNS administrasi umum (staf), namun diisi oleh tenaga-tenaga teknis profesional.

Seperti pada penerimaan CPNS tahun 2018, ada kuota atau jalur khusus untuk penerimaan CPNS tahun 2019 ini, yakni jalur khusus untuk:
  1. Penyandang disabilitas
  2. Lulusan terbaik Perguruan Tinggi dengan predikat Cumlaude
  3. Atlet berprestasi
  4. Putra/ putri Papua dan Papua Barat
  5. Diaspora
  6. Eks Tenaga Honorer KII yang memenuhi syarat

Namun untuk alokasi pasti dan terperincinya baru akan diumumkan ketika penerimaan CPNS 2019 resmi dibuka oleh panitia seleksi nasional (panselnas).

Ada yang menarik dari penerimaan CPNS 2019 ini, yakni proses tahapan seleksi yang harus dilalui oleh peserta.

Jadi, masih menurut Sekretaris Kemenpan RB (seperti yang kami kutip dari lip utan6), pada penerimaan CPNS 2019 kali ini, teruntuk para peserta CPNS yang pernah mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2018 yang lalu, dan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD),

namun tidak lulus menjadi PNS atau gagal di Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dapat menggunakan nilai yang lama, yakni nilai kelulusannya di SKD (seleksi kompetensi dasar) pada penerimaan CPNS tahun 2018 yang lalu.

Artinya, para peserta yang lulus seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS tahun 2018 dapat langsung ikut seleksi kompetensi bidang (SKB) pada penerimaan CPNS 2019 ini.

Para peserta seleksi penerimaan CPNS 2018 diberikan kesempatan untuk menggunakan nilai yang lama (CPNS 2018) untuk seleksi penerimaan CPNS 2019, sehingga bisa langsung mengikuti SKB.

Walaupun begitu, jika para peserta yang lulus SKD pada penerimaan CPNS 2018 yang lalu ingin memperbaiki nilainya, dapat tetap mengikuti seleksi SKD CPNS 2019, dan yang akan dipergunakan oleh Panselnas nantinya adalah nilai yang tertinggi.

Adapun untuk lokasi pelaksanaannya sendiri, pemerintah melalui BKN (badan Kepegawaian Nasional) menggandeng sejumlah instansi pusat dan dan daerah yang setidaknya memiliki 108 titik lokasi pelaksanaan seleksi CPNS 2019.

Pada penerimaan CPNS 2018 yang lalu, jumlah peserta yang mengikuti seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 tidak kurang dari 4,5jt peserta.

Sedangkan untuk penerimaan CPNS 2019, Panselnas memprediksikan jumlah pesertanya akan meningkat sekitar 5 hingga 5,5 juta peserta.

Sehingga, perlu diadakan persiapan insfrastruktur yang matang untuk menampung jumlah peserta sebanyak itu.

Seperti misalnya infrastruktur yang mencakup sistem pendaftaran yang dilakukan secara online dan terintegrasi melalui portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) serta penyiapan fasilitas seleksi yang berbasis Computer Assisted Test (CAT BKN).

Penerimaan CPNS 2019 semakin dekat. Pemerintah sedang mematangkan segala persiapan yang harus dilakukan demi melancarkan seleksi penerimaan CPNS 2019 ini.

Pun begitu dengan Anda. Pemerintah sedang menyiapkan segala infrastruktur yang berkaitan dengan penerimaan CPNS, Anda pun seharusnya mempersiapkan diri dalam menghadapi segala bentuk seleksi CPNS 2019 ini.

Mempersiapkan diri dengan belajar contoh soal cpns yang banyak tersedia di internet. Bila perlu Anda dapat membelinya toko-toko buku yang ada di kota Anda.

Atau jika Anda ingin lebih mudah dan tentu saja gratis, Anda dapat melihat dari situs awambicara.id ini.

Kami telah menyediakan ratusan contoh soal SKD dan SKB untuk seleksi penerimaan CPNS 2019, yang juga kami sertai dengan pembahasannya serta tips dan trik dalam menjawab setiap soal cpns.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Formasi CPNS 2019 Tersedia untuk 197.111 Formasi. Berikut Alokasinya!"

Posting Komentar

CPNS

Soal CPNS

Drama Korea

Tips blogging

hukum