Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fungsi Oli Mesin Mobil yang Wajib Anda Ketahui! Simak Penjelasannya

Salah satu komponen yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan mesin kendaraan baik motor maupun mobil adalah Oli Mesin.

Oli mesin merupakan cairan yang dimasukkan kedalam ruang mesin.

Oli mesin bersikulasi kedalam seluruh komponen mesin yang dilakukan oleh pompa oli ketika mesin dinyalakan, serta menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam mendongkrak performas dan kinerja mesin.

fungsi oli mesin mobil yang wajib Anda ketahui

Seiring dengan pemakaian kendaraan, kualitas dan fungsi dari oli mesin akan mengalami penurunan, dan oleh karena itu harus dan wajib dilakukan penggantian secara berkala.

Baca: Lakukan ini Ketika Mobil Overheat di Jalan

Peran Penting Oli Mesin Mobil


Karena oli mesin adalah salah satu komponen yang membantu meningkatkan performa dan kesehatan mesin, maka apabila terjadi kesalahan pemakaian oli, mobil akan terasa kurang bertenaga dan jika dibiarkan dalam jangka panjang dapat mengakibatkan kerusakan mesin.

Jika kita perhatikan, setiap produk oli mesin mempunyai beragam kode di kemasannya dan ini merupakan petunjuk yang digunakan untuk tipe-tipe mobil dengan teknologi mesin yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih tingkat kekentalan oli atau disebut juga tingkat viskositas oli.

Jika Anda salah memilih jenis dan tipe oli mesin dan tidak sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan Anda, maka oli mesin tersebut bukannya memelihara dan meningkatkan performa mesin, namun justru akan merusak mesin mobil Anda.

Simak penjelasan dari awambicara otomotif kali ini tentang fungsi dan peran penting oli mesin mobil dalam memelihara dan meningkatkan performa mesin mobil Anda.

Berikut ini fungsi dari oli mesin mobil untuk Anda ketahui! Simak penjelasannya bawah ini.

1. Oli Mesin Berfungsi sebagai Pelumas


Ketika mesin mobil dinyalakan, pompa oli akan mensirkulasikan oli mesin ke dalam setiap komponen mesin.

Oli mesin akan melewati bagian-bagian mesin yang bergerak, dan membentuk "lapisan" untuk melumasi komponen tersebut.

Keadaan inilah yang menjaga komponen mesin dari kerusakan dan keausan.

2. Oli Mesin Berfungsi sebagai Perapat


Ketika oli mesin sedang bersirkulasi di dalam mesin mobil, oli mesin akan membentuk suatu lapisan tipis.

Lapisan tipis inilah yang akan merapatkan celah antara dua komponen mesin yang bergerak.

Sebagai contoh:

Di dalam mesin terdapat silinder dan ring piston yang berfungsi sebagai bagian penghasil tenaga di mesin.

Oli mesin pada bagian ini akan merapatkan celah diantara kedua komponen mesin tersebut, sehingga kompresi maupun tenaga pembakaran yang dihasilkan tidak akan bocor.

Hasilnya, tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan lebih maksimal.

Nah, disini Anda bisa mendeteksi apabila terdapat celah karena retakan kecil di bagian silinder, yakni Anda akan mencium bau terbakar yang menyengat.

Baca: Jangan Lakukan Ini Pada Mobil Bertransmisi Otomatis

3. Oli Mesin Berfungsi sebagai Pembersih


Pada saat oli mesin bersikulasi didalam area mesin, oli mesin yang sudah tersaring di filter oli akan melewati bagian-bagian mesin seperti dinding silinder, metal dan sebagainya.

Apabila pada bagian-bagian mesin tersebut terdapat kotoran, seperti misalnya sisa karbon pembakaran, maupun partikel logam akibat gesekan, maka oli mesin yang telah bersih saat disaring didalam filter oli tersebut akan mendorong dan membawa kotoran tersebut.

Sehingga bagian yang terdapat partikel logam dan bagian sisa karbon akan bersih kembali.

Dan inilah asalan mengapa oli mesin dan filter oli wajib dilakukan penggantian secara berkala, sebab kualitas oli mesin dan filter oli akan menurun setelah tercampur dengan endapan karbon dan partikel logam lainnya.

Nah, biasanya penggantian oli mesin ini sesuai dengan anjuran bengkel yakni setelah 5.000 km, 10.000 km, 15.000 km, 30.000 km, 50.000km dan seterusnya.

Atau bisa juga dengan menggunakan skala waktu, misalnya setiap 3 bulan sekali, ataupun 6 bulan sekali.

4. Oli Mesin Berfungsi sebagai Penyerap Panas


Salah satu fungsi yang paling penting dari oli mesin adalah untuk menyerap panas.

Sebagaimana kita ketahui bahwa overheating atau kelebihan panas mesin mobil adalah salah satu momok yang menakutkan bagi pemilik mobil, terutama untuk mobil-mobil yang telah berumur.

Mesin mobil pada saat dinyalakan yang terjadi dari proses pembakaran bahan bakar pasti menghasilkan panas, yang selanjutnya panas inilah yang diubah menjadi tenaga.

Pada saat yang bersamaan, oli mesin bersirkulasi pada bagian-bagian komponen didalam mesin.

Nah, pada saat oli mesin melewati bagian komponen mesin yang memiliki temperatur tinggi seperti piston, metal dan dinding silinder, maka panas komponen tersebut akan diserap oleh oli mesin.

Sehingga temperatur mesin akan tetap terjaga pada suhu yang sama. Selain itu, dapat juga mencegah keausan yang berlebihan pada bagian mesin yang diakibatkan oleh panas yang berlebihan.

Baca: Tips dan Trik Setir Mobil

5. Oli Mesin Berfungsi Mencegah Karat


Manfaat dan fungsi dari oli mesin selanjutnya adalah untuk mencegah terjadinya karatan pada permukaan logam setiap komponen didalam ruang mesin.

Oli mesin akan menutup permukaan metal, sehingga metal tersebut terbebas dari oksidasi penyebab timbulnya karat.

Demikianlah lima fungsi penting oli mesin yang wajib Anda ketahui. Semoga postingan ini dapat menambah wawasan Anda tentang dunia otomotif. Terimakasih!

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Awam Bicara
Awam Bicara Hanya orang awam yang hobby ngeblog

Posting Komentar untuk "5 Fungsi Oli Mesin Mobil yang Wajib Anda Ketahui! Simak Penjelasannya"