Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Kisi-kisi Soal Tes SKD CPNS 2019 Resmi Berdasarkan Permenpan RB No 23 Tahun 2019

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengeluarkan edaran yang isinya tentang tenggat terakhir pengumuman hasil administrasi setiap instansi adalah tanggal 16 Desember 2019.

Jadi, berdasarkan surat edaran dari BKN tersebut, semua instansi seharusnya telah mengumumkan hasil final seleksi administrasi setelah jawaban sanggahan.

Sehingga dengan demikian, setiap peserta yang lulus seleksi administrasi akan melanjutkan seleksi penerimaan CPNS 2019 ini ketahap tes seleksi kompetensi dasar atau SKD.

materi dan kisi kisi soal cpns 2019 resmi dari bkn

Oleh karena itu, untuk Anda yang lulus seleksi administrasi, bersiap-siaplah untuk menghadapi Tes Seleksi Kompetensi dasar (SKD), yang rencananya akan dilaksanakan pada pada tanggal 27 Januari - 28 Februari 2020.

Bagi mereka yang pernah mengikuti seleksi penerimaan CPNS pada tahun sebelumnya, mungkin sudah tidak asing lagi dengan bentuk soal tes SKD maupun sistem ujian yang menggunakan sistem CAT BKN.

Namun, bagi Anda yang baru mengikuti seleksi penerimaan CPNS, dan akan menghadapi tes SKD CPNS 2019, tentu belum memiliki pengalaman serta belum mengetahui betul bagaimana bentuk soal serta sistem ujian CAT BKN tersebut.

Baca: 100 Contoh Soal CPNS 2019

Sedangkan kita ketahui bahwa untuk bisa terus melanjutkan seleksi cpns 2019 ketahap berikutnya, Anda harus lulus tes SKD yang sistem penilaian telah diatur oleh Permenpan No 24/ 2019 tentang nilai ambang batas SKD CPNS 2019.

Setelah tes SKD tersebut, tahap berikutnya yang harus Anda hadapi adalah tes Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB.

Nah, untuk materi soal yang akan diujian dalam tes Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD nanti, pemerintah telah mengeluarkan peraturan menteri yang didalamnya terdapat materi soal serta kisi-kisi soal tes SKD (seleksi kompetensi dasar) CPNS 2019.

Materi Kisi-kisi Soal SKD CPNS 2019 Berdasarkan Permenpan RB No. 23 Tahun 2019

Adapun materi soal Tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) CPNS 2019 berdasarkan Permenpan RB No.23/ 2019 tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
2. Tes Intelegensia Umum (TIU)
3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Dari ketiga materi soal tes SKD CPNS 2019 tersebut, Permenpan RB Nomor 23 tahun 2019 juga menjelaskan materi kisi-kisi soal tes SKD CPNS 2019, yang isinya adalah sebagai berikut:

A. Tes Wawasan Kebangsaan - TWK

Tes wawasan kebangsaan atau TWK merupakan tes seleksi penerimaan CPNS 2019 untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan pelamar CPNS 2019 dalam mengimplementasikan:

a. Nasionalisme

Yang bertujuan agar CPNS yang diterima nanti mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional

b. Integritas

Yang bertujuan agar CPNS yang diterima nanti mampu menunjukkan sifat atau keadaan yang menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, kewibawaan sebagai satu kesatuan

c. Bela Negara

Yang bertujuan agar CPNS yang diterima nanti mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara

d. Pilar Negara

Yang bertujuan agar CPNS yang diterima nanti mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika

e. Bahasa Indonesia

Yang bertujuan agar CPNS yang diterima nanti mampu menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Lihat: Kumpulan Soal CPNS Tes Wawasan Kebangsaan CPNS 2019

B. Tes Intelegensi Umum - TIU

Tes intelegensia umum atau TIU ini dimaksudkan untuk menilai peserta seleksi penerimaan CPNS 2019 dalam hal:

a. Kemampuan Verbal

Kemampuan verbal CPNS yang meliputi:

- Analogi

Dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain.

- Silogisme

Dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan

- Analitis

Dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

b. Kemampuan Numerik

Kemampuan numerik CPNS yang meliputi:

- Berhitung

Dengan tujuan mengukur kemampuan hitung sederhana

- Deret Angka

Dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan angka-angka

- Perbandingan Kuantitatif

Dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif

- Soal Cerita

Dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan.

c. Kemampuan Figural

Kemampuan Figural CPNS yang meliputi:

- Analogi

Dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain.

- Ketidaksamaan

Dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar

- Serial

Dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

Lihat: Kumpulan Soal Tes Intelegensia Umum CPNS 2019

C. Tes Karakteristik Pribadi - TKP

Tes karakteristik pribadi adalah tes seleksi penerimaan CPNS 2019 untuk menilai peserta seleksi CPNS 2019 dalam hal:

- Pelayanan Publik

Dengan tujuan mampu menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki

- Jejaring Kerja

Dengan tujuan mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif

- Sosial Budaya

Dengan tujuan mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk (terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya)

- Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dengan tujuan mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja

- Profesionalisme

Dengan tujuan mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan

Lihat: Kumpulan Soal Tes Karakteristik Pribadi CPNS 2019

Selengkapnya mengenai materi soal serta kisi-kisi soal SKD CPNS 2019 ini dapat Anda lihat di Peraturan Menteri PAN RB Nomor 23 Tahun 2019 beserta lampirannya tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019

Selanjutnya yang harus Anda lakukan setelah mengetahui materi dan kisi-kisi soal tes SKD CPNS 2019 resmi berdasarkan permenpan rb no. 23/ 2019 tersebut diatas adalah mulai belajar.

Belajar mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian tes SKD CPNS CAT BKN 2019 nanti dengan mempelajari contoh-contoh soal CPNS yang banyak tersebar di internet, dan salah satunya disitus awambicara.id ini.

Untuk membantu Anda belajar menghadapi tes skd cpns 2019, kami dari awambicara.id telah memberikan contoh soal cpns yang telah kami  susun selayaknya sebuah bimbingan belajar (BIMBEL) CPNS 2019 dan semua kami sajikan GRATIS untuk Anda.

Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan segala sesuatunya yang terkait dengan pelaksanaan tes SKD CPNS 2019 nanti, termasuk dalam hal berpakaian.

Walaupun panitia nasional (pusat) tidak memberikan aturan yang baku tentang cara berpakaian saat pelaksanaan tes skd cpns 2019, namun biasanya instansi masing-masing pelaksana tes skd memberikan aturan khusus untuk pakaian ini.

Untuk itu, selalu ikuti dan cermati setiap pengumuman di instansi tempat Anda melamar cpns 2019 disitus resmi mereka, terkait pengumuman jadwal, tempat dan juga pakaian yang akan dikenakan.

Dan meskipun masalah pakaian peserta tes skd cpns 2019 ini tidak diatur secara khusus, akan tetapi satu hal yang harus Anda ingat bahwa Anda tidak diperbolehkan menggunakan celana jeans.

Selain itu, Anda juga harus menggunakan sepatu, tidak boleh menggunakan sandal, tidak boleh menggunakan kaus oblong, apalagi menggunakan celana hawai/ pendek.

Persiapkan diri Anda, belajar yang giat, terus berusaha dan optimis serta tidak lupa juga berdoa agar keinginan Anda untuk menjadi PNS terkabul. Amiin!!

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Kisi-kisi Soal Tes SKD CPNS 2019 Resmi Berdasarkan Permenpan RB No 23 Tahun 2019"