Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BKN Kaji Kemungkinan Pelaksanaan Tes SKB CPNS 2019 Saat Pandemi Virus Corona

Pelaksanaan tes SKB CPNS 2019 ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan karena adanya pandemi virus corona.

pemerintah kaji pelaksanaan tes skb cpns ditengah wabah virus corona

Penundaan pelaksanaan tes SKB CPNS 2019 yang dilatarbelakangi oleh situasi mewabahnya virus corona dan sudah ditetapkan sebagai Bencana Nasional Nonalam.

Dan hingga saat ini pemerintah belum memutuskan kapan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang seleksi penerimaan CPNS Formasi Tahun 2019 akan diadakan.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tes SKB CPNS merupakan rangkaian seleksi yang harus diikuti peserta yang lolos passing grade tes SKD CPNS 2019.

Baca: Kisi-kisi Soal SKB Berdasarkan Formasi Jabatan

Tes SKB CPNS 2019 seyogyanya akan dilaksanakan sejak tanggal 25 Maret 2020 yang lalu, namun rencana tersebut mundur sampai waktu yang belum ditentukan.

Adapun penundaan waktu pelaksanaan tes SKB CPNS 2019 tersebut telah ditetapkan melalui Surat Menteri PANRB Nomor B/318/M/SM/01.00/2020 tanggal 17 Maret 2020.

Melihat situasi yang berkembang hingga saat ini, membuat kepastian pelaksanaan tes SKB CPNS formasi tahun anggaran 2019 belum bisa ditentukan.

Sehingga hal ini membuat peserta yang lulus passing grade tes SKD CPNS 2019 was-was akan nasib mereka.

Apakah seleksi penerimaan cpns formasi tahun 2019 ini akan tetap terlaksana hingga tahap akhir, atau dibatalkan dan ditiadakan tanpa ada yang diterima sebagai PNS?

Bahkan ada sebagian masyarakat yang mendesak agar pemerintah meniadakan tes SKB CPNS 2019, dan penentuan kelulusan CPNS 2019 ditetapkan berdasarkan rangking tes SKD.

Sebagai informasi, kami sampaikan bahwa penetapan kelulusan peserta seleksi CPNS 2019 mengacu pada Peraturan Menteri PAN RB Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2019.

Yakni bobot nilai SKD dan nilai SKB adalah 40 persen dan 60 persen.

Jadi kelulusan seleksi penerimaan CPNS formasi 2019 dilihat dari nilai tes SKD dan nilai tes SKB.

Sehingga dengan demikian, informasi yang menyatakan bahwa tes SKB 2019 ditiadakan, dan kelulusan CPNS 2019 ditentukan dari rangking nilai SKD itu tidak benar alias HOAX.

Jadi, dari pada pusing memikirkan cara penentuan kelulusan CPNS 2019, akan lebih baik jika Anda mempersiapkan diri menghadapi tes SKB CPNS 2019.

Baca: Kisi-kisi Soal SKB Tenaga Pendidikan - SKB Guru

Sebab, tes SKB merupakan syarat yang wajib yang harus diikuti agar bisa lulus seleksi penerimaan CPNS, sesuai Permen PAN-RB Nomor 23 Tahun 2019, yakni memiliki bobot nilai 60 persen.

Nah, karena pemerintah mengkaji kemungkinan tes skb cpns 2019 ini akan tetap dilaksanakan ditengah-tengah wabah virus corona, maka alangkah baiknya Anda mulai belajar materi soal yang akan diuji dalam tes SKB nanti.

Selain itu, saat ini BKN sedang mengelaborasi model pelaksanaan tes SKB yang sesuai dengan protokol kesehatan dan keselamatan, apabila ternyata tes skb cpns 2019 ini benar-benar digelar dalam situasi pandemi virus corona.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

1 komentar untuk "BKN Kaji Kemungkinan Pelaksanaan Tes SKB CPNS 2019 Saat Pandemi Virus Corona"

  1. Bagaimana sih, kl tes SKB dilaksanakan peserta hanya tinggal satu calon ? Apakah pasti lulus atau kl tidak lulus diulang lagi?

    BalasHapus