Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal dan Menjaga Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Mengenal apa itu kolesterol! Jika mendengar kata kolesterol, yang terbayangkan oleh kita pastilah tentang penyakit yang berbahaya dan banyak dialami oleh orang yang kegemukan. 

mengenal kolesterol

Selain itu, kolesterol juga sering kali kita hubung-hubungkan dengan makanan yang berlemak, seperti daging, jeroan dan yang lainnya.

Yang pasti, pada saat mendengar kata kolesterol, banyak yang beranggapan bahwa itu adalah penyakit yang berbahaya dan suatu hal yang menakutkan.

Untuk itu ada baiknya kita mengenal kolesterol, manfaat serta bagaimana menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap normal.

Apa itu Kolesterol?

Lalu, apa sebenarnya kolesterol itu? kami dari awambicara lifestyle akan mengupas tentang apa itu kolesterol dan bagaimana cara menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Definisi kolesterol itu sendiri seperti yang kami kutip dari Wikipedia adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. 

Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya.

Sedangkan halodoc, mendefinisikan kolesterol sebagai senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi pada organ hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan.

Kolesterol sering kali dianggap sebagai hal yang negatif oleh banyak orang, namun jika kita pahami lebih jauh, sebenarnya kolesterol itu sendiri dibutuhkan dalam tubuh.

Ada dua jenis kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni:

1. Kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL)

Kolesterol LDL atau kolesterol lipoprotein densitas rendah sering juga disebut sebagai kolesterol jahat. 

Hal ini dikarenakan kolesterol LDL ini bisa menumpuk di arteri atau dinding pembuluh darah yang dapat mengakibatkan penyakit stroke, bahkan serangan jantung.

2. Kolesterol High Density Lipoprotein (HDL)

Sedangakn kolesterol HDL sering kali disebut juga dengan kolesterol baik, sebab kolesterol HDL dapat berfungsi sebagai pembersih kolesterol jahat (LDL).

Yakni dengan mengangkut dan membersihkan timbunan lemak dalam darah dan mengembalikannya ke hati untuk dibuang dan dibersihkan.

Sebenarnya kedua jenis kolesterol tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Jadi jika kadar kolesterol dalam tubuh masih dalam keadaan normal, tentunya tidak membahayakan.

Manfaat Kolesterol Didalam Tubuh

Kolesterol tidak selalu berkonotasi negatif. Pada dasarnya kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh kita.

Secara alami kolesterol dihasilkan dari dalam tubuh, yakni melalui organ hati, serta juga dihasilkan dari luar tubuh, yakni dari makanan yang kita konsumsi.

Adapun kolesterol dalam tubuh memiliki manfaat sebagai:

  • Membuat lapisan luar sel
  • Membuat asam empedu untuk mencerna makanan
  • Memproduksi vitamin D dan hormon.

Namun jika kadar kolesterol yang ada dalam tubuh berlebihan atau tinggi, maka bukan hanya manfaatnya yang kita dapat, namun juga berbagai penyakit berbahaya yang mengintai.

Dan umumnya kadar kolesterol tinggi ini dihasilkan dari luar tubuh, yakni dari makanan yang kita konsumsi.

Adapun jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol didalam tubuh adalah jenis makanan yang kaya akan:

  • Lemak jenuh
  • Lemak trans
  • Kolesetrol

Menjaga Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Lalu, bagaimana dengan penderita kolesterol tinggi? Kadar kolesterol tinggi sering kali diderita oleh orang yang gemuk.

Dan oleh karena itulah mengapa kolesterol itu sering dihubung-hubungkan dengan orang gemuk. 

Padahal, kolesterol tinggi juga bisa diderita oleh orang yang kurus, serta karena faktor keturunan.

Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh pada umumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, rendah serat dan tinggi lemak.

Juga sering kali disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, kurang berolahraga sehingga menyebabkan gangguan metabolisme kolesterol dalam darah.

Nah, berikut ini beberapa cara untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap normal.

1. Menjaga Pola Makan

Salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap normal adalah dengan menjaga pola makan.

Menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan benar, yakni membatasi diri untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh buatan seperti daging olahan, jeroan atau kikil dan gorengan.

Mengurangi atau bahkan meninggalkan jenis penganan kue yang mengandung banyak krim atau memakai banyak minyak.

Banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan serat seperi buah-buahan, sayur-sayuran, serta kacang-kacangan.

2. Rutin Beraktifitas Fisik

Lakukan aktifitas fisik dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Melakukan aktifitas fisik dengan berolahraga secara rutin dan teratur merupakan salah satu cara dalam mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

Lakukan aktifitas fisik secara konsisten dengan berolahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda atau joging.

Apalagi saat ini aktifitas fisik bersepeda sedang booming-booming nya, tentu akan lebih seru dan mengasyikkan.


TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

1 komentar untuk "Mengenal dan Menjaga Kadar Kolesterol Dalam Tubuh"