Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Siapkan Diri Anda, 31 Mei Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka

31 Mei 2021 pendaftarran seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan dibuka.

Pendaftaran CPNS 2021 Mulai Dibuka 31 Mei

Adapun mengenai proses pendaftarannya sendiri dilakukan beriringan dengan seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK.

Selanjutnya setelah proses pendaftaran, pada bulan Juli hingga Oktobe 2021 akan dilakukan proses seleksi penerimaan CPNS dan PPPK.

Sedangkan untuk pengumuman kelulusan CPNS dan PPPK 2021 akan disampaikan pada bulan November 2021.

Baca: 100 Contoh Soal Seleksi Kompetensi Dasar - SKD CPNS

Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka 31 Mei

Untuk proses pendaftarannya sendiri dilakukan seperti proses pendaftaan dan penerimaan CPNS pada tahun 2019 yang lalu, yakni dilakukan secara online melalui Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) BKN.

Mengenai lokasi seleksinya, Kementerian PANRB bersama BKN masih belum menentukan lokasi seleksi CPNS dan PPPK di tahun 2021 ini.

Namun pada intinya, seleksi penerimaan CPNS dan PPPK 2021 akan dilaksanakan di kantor pusat BKN, kantor regional BKN, Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN, dan tempat-tempat tes tambahan lainnya, baik itu yang dibiayai oleh BKN maupun yang dibiayai mandiri oleh instansi-instansi yang menerima formasi CPNS 2021.

Sebelumnya, Kepala BKN telah memastikan bahwa untuk pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 hanya akan menggunakan satu portal pendaftaran saja, yakni portal Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN.

Hal ini dilakukan selain untuk mempermudah peserta dalam melakukan proses pendaftaran secara terpusat, juga untuk meminimalisi adanya praktek KKN dalam penerimaan CPNS dan PPPK pada tahun anggaran 2021 ini.

Semua proses pendaftaran dilakukan melalui laman resmi SSCASN, yakni di https://sscasn.go.id, yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sendiri.

BKN juga telah menambahkan beberapa fitur teknologi terbaru dalam portal resmi pendaftaran CPNS dan PPPK di SSCASN.

Diantaranya para peserta seleksi ASN (CPNS dan PPPK) kini sudah tidak perlu lagi mengunggah sejumlah dokumen, seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), serta Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) pada saat melakukan pendaftaran.

Dimana pada penerimaan CPNS 2019 yang lalu, para peserta masih diwajibkan untuk mengunggah sejumlah dokumen-dokumen utama. 

Baca: Bentuk Soal SKD CPNS yang Sering Keluar

Seperti scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli, Kartu Keluarga (KK), pas Foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi yang dilamar. 

Dokumen yang perlu disiapkan pelamar tersebut kemudian diunggah ke dalam portal SSCASN.

Sedangkan pada seleksi ASN (CPNS dan PPPK) pada tahun ini, sepertinya akan berbeda dengan penerimaan CPNS pada tahun 2019 yang lalu, dengan adanya peningkatan fitur dalam layanan portal SSCASN tersebut. 

Portal SSCASN sekarang telah terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah dan akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti.

Begitu pula dengan ketersediaan formasi CPNS 2021. Jika pada penerimaan CPNS 2019, para peserta akan melihat atau membuka situs resmi dari instansi masing-masing dan melihat satu persatu formasi yang tersedia, dimana instansi mana mereka akan mendaftar.

Sedangkan pada seleksi penerimaan CPNS pada tahun ini, BKN memastikan bahwa para peserta seleksi ASN dapat dengan mudah mengakses informasi seluruh formasi yang dibuka oleh pemerintah, diinstansi manapun dengan cukup melihat dalam satu portal, yakni SSCASN.

Untuk tes penerimaan cpns nya sendiri yakni sistem CAT BKN juga telah dilakukan peningkatan fitur, yakni dengan ditambahkannya fitur face recognation, dimana fitur ini berfungsi untuk mengidentifikasi para peserta ujian.

Dengan adanya fitur ini, maka praktek percaloan dalam pelaksanaan ujian penerimaan CPNS 2021 ini akan lebih dapat di minimalisir.

Oleh karena pandemi covid-19 masih belum berakhir, dalam proses seleksi penerimaan CPNS dan PPPK 2021 ini BKN akan tetap menerapkan prosedur pelaksanaan ujian sesuai dengan protokol kesehatan.

Salah satunya dengan menayangkan live score peserta melalui kanal resmi Youtube BKN agar hasil ujian dapat dipantau di mana saja dan kapan saja.

Selain itu, bagi peserta yang terkena positif COVID-19 tidak perlu berkecil hati, karena BKN akan menyiapkan tempat khusus, sehingga peserta yang positif covid-19 tetap dapat berkesempatan mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2021.

Sedangkan bagi peserta seleksi penerimaan CPNS yang berada di luar negeri, BKN akan memfasilitasi peserta untuk tetap dapat mengikuti ujian yang akan dilaksanakan di kantor KBRI setempat.

Sebagaimana yang dilakukan pada penerimaan CPNS pada tahun 2019 yang lalu, dimana BKN sudah melaksanakan ujian seleksi CPNS di 15 negara melalui kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri.

Baca: Download Contoh Soal CPNS dan Kunci Jawabannya

Adapun mengenai syarat-syarat pendaftaran untuk mengikuti seleksi CPNS 2021 adalah sebagai berikut:

1. Peserta harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat melamar. Kecuali jabatan tertentu, paling tinggi 40 tahun

2. Jabatan CPNS yang dapat dilamar dengan batas usia paling tinggi 40 tahun saat pelamaran:

  • Dokter dan Dokter Gigi, dengan kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis
  • Dokter Pendidik Klinis
  • Dosen, Peneliti dan Perekayasa, dengan kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor)

3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih

4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian atau pegawai swasta

5. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI atau anggota kepolisian.

6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik

7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan

8. Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan

9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI

10. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Siapkan diri Anda, semoga tahun ini jatah CPNS menjadi milik Anda.


TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Siapkan Diri Anda, 31 Mei Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka"