Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bentuk Soal CPNS yang Sering Keluar dalam Tes Seleksi Kompetensi Dasar - SKD

Soal CPNS - Ujian atau tes SKD penerimaan CPNS 2019 dalam waktu tidak lama lagi akan segera dilaksanakan.

contoh soal cpns

Bagi yang lulus seleksi administrasi dan mungkin juga telah cetak kartu ujian serta mengetahui lokasi dan jadwal tes CPNS 2019, sudah saatnya Anda mulai mempersiapkan diri dengan belajar dan berlatih contoh soal cpns.

Kalian juga pasti sudah tahu bahwa untuk menemukan contoh-contoh soal cpns itu sangatlah mudah.

Tinggal browsing di internet, ketik soal cpns atau contoh soal cpns, contoh soal cpns terbaru, contoh soal cpns 2020, dan seterusnya di penelusuran Google, maka Google akan menampilkan kepada Anda banyak sekali situs-situs yang menawarkan beragam contoh soal cpns.

Kalian pasti menemukan ratusan bahkan ribuan contoh soal cpns disana.

Baik itu contoh soal cpns lawas yang jarang atau tidak pernah diperbaharui, maupun contoh soal cpns terbaru, terkini dan ter update.

Baca: Catat Lokasi dan Jadwal Tes SKD CPNS se-wilayah Jawa Timur

Contoh Soal CPNS

Namun, jika kalian perhatikan, kebanyakan dari situs web yang menyediakan ratusan contoh soal cpns tersebut tidak ada yang memberikan contoh soal cpns beserta dengan penjelasannya.

Yang ada hanya memberikan contoh-contoh soal dan kunci jawabannya saja, namun tidak untuk penjelasannya atau tidak memberikan bagaimana cara mengerjakan soal-soal cpns tersebut.

Nah, kami awambicara.id disini ada untuk membantu kalian semua.

Apa yang ada disitus web awambicara.id ini murni bertujuan hanya untuk membantu kalian dalam menghadapi ujian SKD CPNS 2019 yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Selain itu, semua yang ada di situs awambicara.id ini adalah beranjak dari pengalaman kami sendiri, terutama saya yang menuliskan artikel atau postingan ini.

Iya, selain sebagai salah satu admin dari awambicara.id, saya juga seorang PNS di Mahkamah Agung RI.

Saya diterima sebagai CPNS tahun 2009.

Dan untuk itu saya ingin sedikit berbagi cerita dan pengalaman saya ketika saya berjuang untuk bisa diangkat menjadi PNS dulu.

Selama hidup, saya telah mengikuti seleksi penerimaan CPNS sebanyak 3 kali.

Dan terus terang, dari tiga kali mengikuti seleksi penerimaan cpns tersebut, "semua usaha" pernah saya lakukan agar bisa menjadi PNS.

Bahkan saya (tepatnya orang tua saya) pernah berusaha untuk menyogok agar saya bisa jadi PNS.

Namun, semua usaha tidak terpuji itu tidaklah membuat saya lulus jadi PNS, dan Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Allah SWT, pada saat itu saya tidak di luluskan.

Karena jika saja saya diluluskan saat itu karena menyogok, tentunya apa yang saya hasilkan dari pekerjaan saya sebagai PNS saat ini tidaklah halal dan tidak akan memberikan keberkahan untuk hidup saya.

Sampai akhirnya, saya memutuskan untuk menjadi PNS dengan usaha dan percaya pada kemampuan saya sendiri.

Dan sejak itu, yang saya lakukan tidak lain dan tidak bukan hanyalah belajar, belajar dan belajar.

Saya banyak membaca buku-buku tentang panduan sukses tes CPNS, dan lain sebagainya.

Hingga pada akhirnya saya menemukan sebuah modul tips sukses lulus tes cpns.

Modul tips sukses lulus tes cpns ini lah yang banyak membantu saya memahami bagaimana bentuk dan model-model soal cpns itu.

Serta mengantarkan saya menjadi PNS hingga saat ini.

Modul tips sukses lulus tes cpns yang saya pelajari itu adalah sebuah modul tips sukses untuk lulus tes cpns tahun lama, yakni pada penerimaan CPNS tahun 2000-2001.

Baca: Ketentuan dan Cara Cetak Kartu Ujian SKD CPNS agar Valid

Bisa Anda bayangkan bukan, saya mempelajari sebuah modul tips sukses lulus tes cpns tahun 2000-2001 untuk mengikuti tes cpns tahun 2009.

Mungkin Anda bertanya-tanya, Kok bisa?

Nah disinilah kuncinya. Kunci dimana saya sukses dan lulus tes cpns pada saat itu.

Sebagaimana telah saya sebutkan diatas, untuk mendapatkan contoh-contoh soal cpns itu sangatlah mudah.

Cukup ketik soal cpns atau contoh soal cpns, contoh soal cpns terbaru, contoh soal cpns terkini, contoh soal cpns 2020, dan sebagainya maka Anda akan menemukan ratusan bahkan ribuan contoh-contoh soal cpns.

Namun sekali lagi, disana kalian tidak akan menemukan contoh-contoh soal cpns yang dilengkapi dengan pembahasannya.

Yang dilengkapi dengan bagaimana cara mengerjakannya, apalagi menemukan tips dan trik bagaimana cara menjawab soal-soal cpns tersebut dengan cepat.

Nah, modul tips sukses lulus tes cpns pada penerimaan cpns tahun 2000-2001 tersebut menjawab semuanya.

Mengapa harus belajar contoh soal cpns di awambicara.id?


Pertama
, tentu saja GRATIS!!!

Kedua, pahamilah bahwa tidak ada siapapun yang tau soal-soal cpns yang asli, yang akan diujikan pada saat tes skd cpns nantinya.

Jangan pernah berharap bahwa ratusan atau ribuan contoh-contoh soal cpns yang kalian temui di internet itu akan sama persis dengan soal yang akan keluar pada saat tes skd cpns nantinya.

Jadi, jangan hanya membaca dan menghafal saja.

Ratusan atau ribuan contoh-contoh soal cpns itu tidak akan sama persis dengan yang ada di tes skd cpns nantinya.

Yang harus Anda lakukan adalah mengetahui bagaimana model soal cpns yang sering keluar saat tes skd cpns, dan yang paling utama adalah PEMAHAMAN tentang soal-soal cpns yang sering keluar tersebut.

Semua bukan tentang banyaknya atau kuantitas dari contoh soal cpns yang Anda baca dan ketahui, namun tentang kualitas atau mutu dari contoh soal cpns tersebut.

Sebagai contoh: Bentuk atau model-model soal tes cpns untuk Tes Intelegensia Umum (ITU) itu diantaranya adalah soal-soal aritmatika, soal-soal deret angka, soal logika, dan lain sebagainya.

Bentuk atau model soal cpns yang seperti itu biasanya tidak jauh berbeda dengan bentuk soal tahun-tahun sebelumnya.

Persamaan soal-soal cpns itu terletak pada MODEL atau BENTUK SOAL CPNS nya saja, seperti misalnya soal aritmatika, deret angka, soal logika cerita, dll.

Sedangkan perbedaannya terletak pada isi atau nilai yang ada pada SOAL CPNS tersebut.

Sehingga yang perlu Anda pahami disini adalah bagaimana cara mengerjakan soal-soal cpns, bukan tentang berapa banyak soal-soal cpns yang telah Anda baca atau Anda jawab disitus-situs penyedia soal-soal cpns tadi.

Sebab nilai atau isi SOAL CPNS yang Anda temui pada saat ujian skd cpns nanti, tidak akan sama dengan yang Anda baca atau jawab disitus-situs web tersebut.

Kalaupun nantinya ada yang sama paling hanya satu atau dua soal saja.

Ketiga, jangan jadikan contoh-contoh soal cpns yang beredar diinternet tersebut sebagai acuan Anda dalam mengikuti ujian skd cpns nantinya.

Tapi jadikan contoh-contoh soal cpns tersebut sebagai bahan latihan untuk mengasah kemampuan Anda dalam memahami dan mengerjakan soal-soal cpns tersebut.

Jadikan ratusan contoh-contoh soal cpns yang ada diinternet itu sebagai latihan soal untuk melatih Anda menjawab tipe, model atau bentuk soal cpns dengan cepat dan tepat.

Mengingat waktu yang disediakan untuk mengerjakan tes skd cpns tersebut tidaklah banyak, hanya 90 menit untuk 100 soal tes skd cpns.

Jadi mengapa saya bisa lulus tes cpns tahun 2009 dengan menggunakan modul tips sukses lulus cpns tahun 2000 adalah:

Karena yang saya pelajari disana adalah bagaimana cara menjawab soal-soal cpns tersebut.

Karena yang saya pelajari disana adalah tips dan trik dalam menjawab soal cpns dengan cepat dan tepat, dan

Karena yang saya pelajari disana adalah bagaimana sebuah jawaban soal cpns tersebut dihasilkan.

Bukan mengetahui atau membaca dan menghafal ribuan atau ratusan contoh-contoh soal cpns.

Sebab, mau sebanyak apapun contoh soal yang kita hafal atau baca, itu tidak akan membantu sama sekali.

Kalaupun nantinya ada contoh soal cpns yang Anda baca sama dengan yang ada di tes skd cpns nanti, paling hanya 1 atau 2 soal saja, dan tentu saja itu tidak membantu banyak.

Karena itulah contoh soal cpns yang saya berikan di awambicara.id ini untuk kunci jawabannya saya buat dalam postingan yang terpisah.

Dipostingan kunci jawaban itulah saya memberikan bagaimana cara menjawab soal cpns serta membagikan tips dan trik dalam menjawab soal cpns tersebut dengan cepat dan tepat.

Sehingga, mau bagaimanapun soal cpns yang akan keluar pada saat tes skd cpns nantinya, Anda bisa mengerjakannya dengan cepat dan tepat serta menjawabnya dengan benar.

Itulah alasannya mengapa saya bisa lulus tes cpns tahun 2009 dengan menggunakan modul tips sukses lulus tes cpns tahun 2000.

Semua adalah tentang memahami bagaimana cara menjawab soal cpns, memahami tips dan trik dalam menjawab soal cpns dengan cepat, tepat dan benar.

Sedangkan untuk soal-soal cpns yang memang harus dihafal, seperti soal-soal tes wawasan kebangsaan, itu memang Anda harus sering dan banyak membaca dan menghafal.

Dan inilah alasannya mengapa di situs awambicara.id ini, kami memberikan simulasi twk itu sebanyak 500 soal.

Mengenai situs-situs yang memberikan contoh-contoh soal beserta kunci jawabannya tanpa memberikan penjelasan bagaimana cara menjawabnya,

Apalagi tanpa memberikan tips dan trik dalam menjawabnya, cukup jadikan contoh soal tersebut sebagai bahan latihan saja.

Begitu juga untuk situs-situs yang menyediakan simulasi-simulasi cpns online, jadikan saja sebagai bahan latihan soal, setelah Anda mempelajari bagaimana cara menjawab soal cpns nya disini.

Jadi, belajar dan memahami soal-soal cpns nya di awambicara.id ini, melatih atau mencoba apa yang telah Anda pahami disini dengan soal-soal yang ada ditempat lain.

Nilai atau skor yang diberikan oleh situs-situs simulasi cpns tersebut jangan jadikan patokan bahwa Anda akan lulus pns nantinya.

Karena skor atau nilai yang dikeluarkan oleh situs-situs tersebut belum tentu juga benar adanya, karena mereka tidak memberikan kunci jawabannya, apalagi memberikan bagaimana cara menjawabnya.

Bahkan, ada situs-situs yang demi menarik pembaca, mereka mengadakan kuis atau simulasi cpns online berhadiah.

Jadi, jangan tergiur dan terlena dengan apa yang mereka tawarkan.

Bolehlah untuk coba-coba, atau sebagai tempat menguji apa yang Anda pelajari.

Mereka mengatakan bahwa contoh soal cpns yang mereka berikan itu paling terbaru, paling ter update, terkini dan sebagainya.

Padahal, mau yang paling terbaru, terkini, terupdate sekalipun, tetap tidak akan sama persis dengan soal yang keluar pada tes skd cpns nantinya.

Poinnya adalah cobalah untuk memahami bagaimana sebuah jawaban soal cpns itu didapatkan, atau dengan kata lain bagaimana cara mengerjakan dan menjawab soal-soal cpns tersebut dengan cepat, tepat dan mendapatkan jawaban yang benar.

Untuk mulai belajar disitus awambicara.id Anda bisa langsung masuk kedalam sub-menu SKD disitus ini.

Atau jika Anda ingin lebih spesifik, bisa langsung masuk kedalam sub-menu materi Soal TIU, sub-menu materi Soal TWK dan sub-menu materi Soal TKP di awambicara.id ini.

Sedangkan untuk langsung menuju postingan soal cpns dan pembahasan serta tips dan triknya, Anda bisa langsung mengikuti tautan dibawah ini:

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Latihan Soal Pancasila (Update)
Latihan Soal Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45)
Latihan Soal Sejarah Perjuangan Bangsa
Latihan Soal Sistem Tata Negara Indonesia
Latihan Soal Kemampuan Berbahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar

Tes Inteligensia Umum (TIU)

Contoh Soal Persamaan Kata (Sinonim)
Kunci Jawaban Soal Persamaan Kata (Sinonim)
Contoh Soal Lawan Kata (Antonim)
Kunci Jawaban Soal Lawan Kata (Antonim)
Contoh Soal Padanan Hubungan Kata (Analogi)
Kunci Jawaban Soal Padanan Hubungan Kata (Analogi)
Contoh Soal Deret Angka / Pola Bilangan
Kunci Jawaban Soal Deret Angka / Pola Bilangan
Contoh Soal Aritmatika
Kunci Jawaban Soal Aritmatika
Contoh Soal Silogisme atau Penarikan Kesimpulan
Kunci Jawaban Soal Silogisme atau Penarikan Kesimpulan
Contoh Soal Spasial
Kunci Jawaban Soal Spasial

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Latihan Soal Tes Karakteristik Pribadi Beserta Kunci Jawaban Dan Bobot Nilainya

Kumpulan Soal-Soal Latihan

Kumpulan Latihan Soal Kemampuan Verbal
Kumpulan Latihan Soal Kemampuan Berpikir Logis
Kumpulan Latihan Soal Tes Inteligensia Umum (Update Soal)
Kumpulan Latihan Soal Tes Inteligensia Umum
Kumpulan Latihan Soal Sistem Tata Negara Indonesia
Kumpulan Latihan Soal Kemampuan Numerik
Koleksi 120 Soal Tes Wawasan NKRI Materi TWK

Semangat belajar dan semoga sukses. Terimakasih!

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Bentuk Soal CPNS yang Sering Keluar dalam Tes Seleksi Kompetensi Dasar - SKD"