RBG "Rechtreglement voor de Buitengewesten"
 RBG "Rechtreglement voor de Buitengewesten"

RBG "Rechtreglement voor de Buitengewesten"

Sering dilihat:

awambicara.id - Rechtreglement voor de Buitengewesten atau disingkat RBG diterjemahkan sebagai Reglemen Hukum Daerah Seberang di luar pulau jawa dan Madura...

....adalah hukum acara yang berlaku di persidangan baik perkara perdata maupun pidana di pengadilan di luar pulau Jawa dan Madura. Tercantum dalam Staatblad 1927 No. 227.  

Pada waktu zaman penjajahan Belanda,  RBG "Rechtreglement voor de Buitengewesten" adalah undang-undang yang mengatur hukum acara di pengadilan bagi penduduk pribumi, baik perdata maupun pidana yang berlaku di luar pulau Jawa dan Madura.

RBG "Rechtreglement voor de Buitengewesten"

 RBG "Rechtreglement voor de Buitengewesten"

Pada waktu Indonesia merdeka,  RBG "Rechtreglement voor de Buitengewesten" masih tetap berlaku berdasarkan aturan peralihan UUD 1945, pada aturan peralihan pada Kontitusi Republik Indonesia Serikat dan pada Undang-Undang Dasar Sementara 1950.

Ketiga peraturan peralihan Undang-Undang Dasar menyatakan bahwa RBG masih berlaku.

Pada waktu sekarang,  RBG "Rechtreglement voor de Buitengewesten" masih tetap diadopsi menjadi hukum yang berlaku di Indonesia.

Akan tetapi, hukum acara pidana yang diatur dalam  RBG "Rechtreglement voor de Buitengewesten" tersebut sudah tidak berlaku lagi setelah adanya undang-undang hukum acara pidana, yaitu Undang-Undang No. 8 tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana. Yang sering juga disebut sebagai Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Saat ini, didalam praktik dunia peradilan, RBG "Rechtreglement voor de Buitengewesten" telah dilengkapi oleh banyak sekali peraturan perundang-undangan lain..,

...seperti Undang-Undang No. 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman dan Undang-Undang No. 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung ...

....sebagaimana diubah dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2004 dan terakhir diubah dengan Undang-Undang No. 3 Tahun 2009. Sehingga, hukum acara perdata diatur dalam berbagai peraturan yang terpisah.

Demikian sejarah singkat dari  RBG "Rechtreglement voor de Buitengewesten". Pada dasarnya, tidaklah jauh berbeda sejarah antara HIR dan RBG.

Semoga bermanfaat, terimakasih
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar